Connect with us

Finansial

Laporan Laba Rugi: Pengertian, Jenis, Fungsi, Cara Membuat dan Contohnya

Laporan Laba Rugi

Halo semuanya, ini pertama kalinya saya menulis di website income.id.

Nah, pada artikel kali ini saya akan memabahas tentang seputar laporan laba rugi. Mahasiswa akuntansi pasti sudah tidak asing lagi dengan laporan yang satu ini.

Bagaimana dengan mahasiswa baru (maba) yang masih awal menempuh kuliah akuntansi?

Ya, saya rasa mereka pasti bingung dan bertanya-tanya sebenarnya apa sih laporan laba rugi?

Ini juga terjadi pada saya beberapa tahun lalu saat saya baru saja masuk kuliah sebagai mahasiswa baru jurusan akuntansi.

Sumpah saya bingung banget saat itu, karena basicly saya adalah mantan siswa SMA jurusan IPA yang sudah pasti tidak tahu sebenarnya apa itu laporan akuntansi.

Bahkan nih, beberapa waktu lalu juga ada tetangga saya yang juga baru masuk kuliah dan mengambil jurusan akuntansi bertanya dan belajar pada saya tentang laporan laba rugi ini.

Padahal laporan laba rugi dalam akuntansi ini wajib di pahami oleh para mahasiswa akuntansi loh.

Oke, saya rasa ada cukup banyak orang khususnya mahasiswa baru terutama yang dulunya mengambil jurusan IPA saat SMA masih belum paham tentang laporan laba rugi.

Jangan khawatir karena pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara detail tentang laporan laba rugi terutama buat kalian yang masih menyandang status mahasiswa baru fakultas ekonomi.

Langsung saja yuk kita simak ulasannya berikut in

Apa Itu Laporan Laba Rugi? Laporan Laba Rugi Adalah….

Oke, pertama mari kita bahas dulu pengertian laporan laba rugi.

Saat mendengar kata laporan laba rugi kira-kira apa nih hal pertama yang terbesit dalam pikiran kalian?

Menurut kalian apa sih yang dimaksud dengan laporan laba rugi?

Ya, sesuai dengan namanya laporan laba rugi adalah salah satu jenis laporan keuangan yang menginterpretasikan dan mempresentasikan keadaan keuangan suatu organisasi/lembaga terutama dalam hal laba atau rugi perusahaan.

Menurut corporatefinanceinstitute.com laporan laba rugi adalah laporan keuangan inti dari suatu perusahaan yang menunjukkan laba dan rugi dalam suatu periode akuntansi tertentu.

Simple-nya begini, laporan laba rugi adalah suatu laporan yang menunjukkan apakah suatu lembaga/organisasi perusahaan mengalami kerugian (rugi) atau keuntungan (laba) dalam periode akuntansi yang sudah ditentukan.

Bagaimana caranya? Ya, sudah pasti secara simple untuk mengetahui laba atau rugi suatu usaha, kalian harus mengurangi pendapatan dan biaya-biaya yang kalian keluarkan kan?

Begitu juga perusahaan, untuk mengetahui apakah perusahaan tersebut mengalami kerugian atau keuntungan.

Perusahaan harus membuat laporan laba rugi dengan cara menghitung jumlah semua pendapatan yang didapatkan selama operasi dikurangi dengan beban biaya yang mereka keluarkan selama periode akuntansi tersebut.

Oke, jadi dapatkan disimpulkan bahwa laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang menunjukkan laba dan rugi perusahaan.

Bagaimana caranya?

Baca juga: Tips Membuat Brosur yang Menarik dan Mampu Membius Pembaca

Cara membuat laporan laba rugi adalah dengan mengurangi pendapatan dan beban biaya yang dikeluarkan.

Laba/Rugi = Pendapatan – Beban/Biaya

Satu hal yang harus kalian ketahui, dalam suatu perusahaan wajib hukumnya membuat laporan laba rugi.

Laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan inti yang wajib dibuat setelah laporan posisi keuangan/Neraca, Laporan perubahan arus kas dan laporan ekuitas.

Berbeda dengan jenis laporan yang lainnya, menurut saya laporan laba rugi adalah laporan yang paling simple untuk dibuat karena hanya mencakup 2 hal saja.

Yaitu pendapatan dan biaya-biaya yang dikeluarkan selama periode akuntansi.

Apa maksud dari periode akuntansi?

Periode akuntansi itu adalah periode waktu atau jangka waktu perusahaan dalam membuat laporan keuangan gitu loh.

Satu periode akuntansi berapa lama?

Hal ini tergantung pada kebijakan perusahaan. Ada perusahaaan yang menetapkan periode akuntansi selama 12 bulan (tahunan) dan 3 bulan (triwulan).

Balik lagi ke kebijakan perusahaannya ya.

Jadi, misal perusahaan menetapkan periode akuntansi selama 12 bulan atau periode akuntansi tahunan, maka akuntan perusahaan harus membuat laporan laba rugi dari pendapatan dikurangi biaya-biaya yang dikeluarkan selama 12 bulan.

Begitu juga untuk periode triwulan, maka perusahaan harus membuat laporan laba rugi untuk pendapatan dikurangi biaya-biaya selama 3 bulan beroperasi.

Ini tidak hanya berlaku untuk laporan laba rugi saja, tapi juga berlaku untuk semua laporan keuangan perusahaan.

Pengguna Laporan Laba Rugi

Sudah tahu kan apa itu laporan laba rugi? Oke, sekarang mari kita bahas tentang apa fungsi dan tujuan laporan laba rugi.

Ya, sebagai salah satu laporan keuangan inti dari suatu perusahaan laporan laba rugi memiliki tujuan. Untuk apa laporan laba rugi dibuat?

Tapi sebelum menjawab untuk apa laporan laba rugi dibuat, akan lebih baik jika kalian tahu dulu nih, kira-kira untuk siapa laporan laba rugi ini dibuat?

Oke, jadi dalam suatu perusahaan laporan keuangan akan dibuat untuk para pemangku kepentingan.

Secara umum, ada 2 kelompok pemangku kepentingan yang berbeda yang biasanya membutuhkan laporan laba rugi ini yaitu pengguna internal dan pengguna eksternal.

Apa bedanya? Oke, mari kita bahas kedua pengguna laporan keuangan ini.

1. Pengguna Internal

Nah, pengguna internal laporan keuangan ini adalah pihak internal atau manajemen perusahaan itu sendiri.

Misalnya seperti manajer hingga dewan direksi. Tujuanya apa?

Jadi, tujuannya adalah tentu saja tidak lain mereka butuh laporan laba rugi ini untuk menganalisa kinerja operasi usaha bisnis yang dijalaninya secara keseluruhan.

Nah, dengan mengetahui perusahaan memperoleh laba/rugi, dengan begitu pihak internal akan dengan mudah membuat keputusan di masa yang akan datang agar usaha bisnis semakin maju di masa depan.

Biasanya nih, laporan keuangan yang dibuat untuk pihak manajemen akan dibuat sedetail dan serinci mungkin.

Agar dalam menganalisa dan menetapkan keputusan dapat dilakukan dengan benar dan sesuai keadaan usaha bisnis suatu perusahaan tersebut.

Misalnya nih, pada laporan keuangan laba rugi mereka memperoleh keuntungan atau laba yang cukup signifikan.

Maka bisa saja manajemen perusahaan dapat mengambil keputusan untuk meningkatkan produksi barang yang dijual atau  membuka cabang baru. Begitu juga sebaliknya.

2. Pengguna Eksternal

Dalam suatu perusahaan yang sudah cukup besar atau bahkan perusahaan skala kecil dan menengah sekalipun pasti memiliki pihak eksternal yang juga membutuhkan laporan keuangan laba rugi.

Misalnya nih, seperti investor dan kreditur seperti bank dan lainnya.

Mereka semua adalah pengguna eksternal atau pihak-pihak yang ada di luar perusahaan.

Nah, untuk meningkatkan kredibilatas perusahaan mereka harus tahu informasi keuangan suatu perusahaan.

Oleh karena itu, biasanya perusahaan akan menerbitkan laporan keuangan guna untuk diberitahukan kepada para investor dan kreditur.

Untuk apa?

Ya, tentu saja laporan laba rugi dibuat untuk pengguna eksternal dengan tujuan agar mereka dapat mengetahui keadaan keuangan suatu perusahaan.

Bagi investor atau kreditur yang sudah meminjamkan dananya kepada perusahaan tentu mereka ingin tahu seberapa besar keuntungan perusahaan yang mereka pilih untuk investasi.

Apakah bisa tumbuh dan menjadi lebih menguntungkan? Investor bisa melihatnya dari laporan laba rugi yang dibuat. Begitu juga dengan kreditur lainnya.

Sedangkan untuk calon investor dan calon kreditur, laporan laba rugi akan diperlukan untuk dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk berinvestasi atau meminjamkan dana mereka pada perusahaan tersebut.

Jadi simple saja sih sebenarnya, pengguna eksternal khususnya investor tentu saja membutuhkan laporan keuangan yang positif agar investasi melalui pinjaman dana mereka tidak sia-sia.

Bagaimana dengan kreditur?

Sebenarnya kreditur tidak terlalu peduli tentang laba/rugi suatu perusahaan karena mereka lebih peduli pada arus kas perusahaan tersebut.

Menurut kreditur, apabila arus kas dalam suatu perusahaan lancar maka sudah pasti mereka dapat membayar kembali pinjaman yang mereka miliki.

Se-simple itu!

Eh, ternyata tidak hanya untuk investor atau kreditur juga loh.

Laporan keuangan seperti laporan laba rugi perusahaan juga bisa saja dibutuhkan oleh pesaing.

Kira-kira untuk apa ya?

Ternyata pesaing membutuhkan laporan laba rugi perusahaan lain untuk mengukur kinerja perusahaan tersebut.

Dengan adanya laporan ini, pesaing bisa mengukur seberapa baik kinerja perusahaan kompetitor.

Dengan begitu pesaing juga akan dapat memutuskan apakah mereka harus bersaing memasuki pasar baru atau membangun strategi baru.

Wah, banyak sekali ya pengguna yang ingin tahu informasi keuangan melalui laporan keuangan perusahaan ini?

Fungsi dan Tujuan Laporan Laba Rugi

Sekarang kalian sudah tahu kan untuk siapa laporan laba rugi dibuat?

Nah, saya rasa sekarang kalian sudah bisa simpulkan kira-kira untuk apa laporan laba rugi dibuat?

Ya, dapat disimpulkan bahwa fungsi dan tujuan laporan laba rugi adalah sebagai berikut.

1. Pengambilan Keputusan Manajemen

Pertama, sudah pasti laporan laba rugi dibuat agar manajemen dan dewan direksi sebagai pihak internal perusahaan mengetahui keadaan keuangan perusahaannya sendiri.

Dengan begitu, mereka akan dapat menganilisis untuk kepentingan pengambilan keputusan agar usaha bisnisnya lebih maju di masa depan.

2. Keputusan untuk Berinvestasi

Sedangkan untuk para investor dan calon investor, laporan laba rugi memiliki fungsi dan tujuan untuk dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi.

Jika laporan keuangan suatu perusahaan baik, maka kemungkinan besar investor akan tetap berinvestasi dan calon investor mulai untuk berinvetasi.

3. Mengkomunikasikan Profitabilitas Perusahaan

Oke, sebenarnya dari kedua fungsi dan tujuan laporan laba rugi tersebut dapat disimpulkan bahwa laporan laba rugi memiliki fungsi dan tujuan untuk mengkomunikasikan profitabilitas suatu perusahaan kepada para pemangku kepentingan.

Dengan begitu, baik manajemen, investor dan kreditur dapat mengetahui profit dan aktivitas bisnis yang dilakukan selama periode akuntansi.

Jenis Laporan Laba Rugi

Berdasarkan cara pembuatannya laporan laba rugi dibagi menjadi dua jenis yaitu.

1. Laporan Laba Rugi Single Step

Yaitu jenis laporan laba rugi yang hanya menunjukkan 1 kategori pendapatan dan satu kategori biaya/pengeluaran. Lebih simple.

2. Laporan Laba Rugi Multiple Step

Yaitu jenis laporan laba rugi yang dibuat dengan mengurangi pendapatan dan biaya yang dibuat dengan cara memisahkan akun biaya ke akun lain yang lebih relevan berdasarkan fungsinya.

Misalnya seperti biaya operasi dan biaya non-operasional untuk menghitung laba kotor, sedangkan laba operasi untuk menghitung laba bersih.

Jenis laporan yang paling sering digunakan adalah laporan laba rugi multiple step karena lebih rinci dan detail.

Format dan Cara Membuat Laporan Laba Rugi

Berikut ini format dan tata cara membuat laporan laba rugi pada perusahaan dagang agar kalian paham dan mengerti.

  • Tulisan nama perusahaan dan judul laporan lengkap dengan periode akuntansinya pada bagian atas.
  • Masukkan total pendapatan dari penjualan. Untuk laporan laba rugi perusahaan dagang kalian bisa masukkan juga diskon, retur dan pendapatan lainnya hingga menjadi total penjualan.
  • Masukkan HPP (Harga Pokok Penjualan) beserta angkanya.
  • Tulis laba/rugi kotor setelah HPP. Kurangkan total penjualan dengan HPP.
  • Masukkan biaya-biaya yang sudah dikeluarkan secara rinci.
  • Hitung laba/rugi sebelum pajak dengan mengurangkannya laba/rugi kotor dengan biaya-biaya.
  • Masukkan besaran pajak, lalu kurangkan dengan laba/rugi sebelum pajak dengan besarnya pajak.
  • Selesai, sekarang kalian bisa tahu berapa laba/rugi perusahaan.

Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan

Nah, untuk lebih jelasnya saya akan ilustrasikan pada gambar contoh laporan laba rugi perusahaan berikut ini.

Oke, jadi laporan laba rugi adalah salah satu laporan keuangan yang menyajikan pendapatan dan biaya-biaya yang dikurangkan hingga terdapat hasil laba/rugi bersih perusahaan.

Baca Juga: Laporan Keuangan Perusahaan, Lengkap dan Mendalam !

Sekarang kalian sudah paham kan? semoga artikel ini bermanfaat ya!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apps

Download Aplikasi Nabung Saham Online Gratis Bagi Pemula

Pada zaman ini sedang diramaikannya terkait aplikasi nabung saham online yang dapat diakses oleh semua orang terutama bagi pemula. Ketika mendengar tentang soal saham menjadi salah satu hal yang ditakutkan oleh sebagian besar orang. Pada dasarnya saat menabung saham sama halnya menabung uang di bank masyarakat dapat menyisihkan sebagian hasilnya untuk menabung saham.

Namun perbedaanya dari menabung di bank yaitu ketika menabung saham hanya saja yang ditabung yaitu saham hak atas kekayaan dan penghasilan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Saat ini kita dimudahkan oleh teknologi dengan menabung saham saat ini akan semakin mudah bagi pemula. Berikut ini aplikasi nabung saham online yang dapat diinstal dengan mudah dan gratis.

1. Aplikasi Indonesia Stock Exchange dari Live Saham

Aplikasi Indonesia Stock Exchange ini adalah aplikasi penyedia detail harga pasar termasuk pendapatan, grafik arus kas, dan data historis. Dengan adanya aplikasi ini dapat melacak pendapatan perusahaan untuk jangka panjang. Keunggulan dari aplikasi Indonesia Stock Exchange ini dapat memantau kinerja keuangan perusahaan juga dilengkapi informasi lengkap agar tetap berada di puncak pasar saham.

Namun ada pula fitur unggulan dari aplikasi Indonesia Stock Exchange mulai dari pengguna dapat memantau harga real time dan kinerja saham, setiap saham memiliki data harga historis, dan detail perusahaan tersebut, memberikan sinyal tren pasar dengan nilai rata-rata bergerak dan indikator. Fitur yang ditawarkan aplikasi ini sangat baik hingga menjadikan aplikasi menempati posisi unggulan.

2. Indonesia Stock Exchange Data

Kali ini ada pula aplikasi nabung saham yang tak kalah baik dari aplikasi lainnya. Dalam aplikasi ini akan banyak membantu dalam mengambil keputusaan saat bertransaksi. Indonesia Stock Exchange dan akan memberikan banyak informasi lengkap yang akan membantu saat melakukan transaksi saham baik untuk perdagangan maupun investasi. 

Fitur yang ditawarkan dari aplikasi ini mulai dari daftar pantauan saham yang dipersonalisasi, dilengkapi dengan perhitungan untung / rugi, juga adanya pembaruan berita investasi dan pasar saham. Yang paling menjadi nilai tambah dari aplikasi ini fitur yang digunakan sangat mudah dipahami oleh semua orang.

3. Stockbit

Stockbit adalah aplikasi yang di klaim sebagai aplikasi investasi saham dengan tampilan sederhana yang dilengkapi dengan tempat berdiskusi, menganalisis, dan memperdagangkan saham. Tak hanya itu pengguna bisa mendapatkan data waktu tentang ide perdagangan, berita, sentimen, dan analisis dari ribuan investor dan pedagang nyata.

Stockbit bermitra dengan Sinarmas Sekuritas untuk mempermudah investasi saham. Pengguna bisa dengan mudah membeli dan menjual saham secara online. Biaya komisi mulai dari 0,15% yang hanya tersedia di pasar Indonesia. 

Aplikasi  ini dapat membantu untuk pelajari cara berinvestasi dalam saham tanpa adanya modal. Stockbit juga dilengkapi dengan fitur yang mencatatkan saham yang banyak dibicarakan oleh para investor dan trader di forum saham. Pada forum saham terdapat ratusan ribu pedagang dan investor yang mendiskusikan rekomendasi saham dan membuat keputusan yang lebih baik.

4. POEMS ID

Aplikasi ini dilengkapi dengan 2 layanan yang pertama prostock merupakan layanan yang membantu dalam meningkatkan saham secara aman dan mudah. Orang yang menanam modal dapat menganalisa prediksi tren harga saham dengan bantuan laporan data pasar terbaru yang didukung oleh Tradingview.

Kedua adalah layanan profund yaitu salah satu layanan investasi online yang terpercaya di Indonesia dengan biaya terjangkau. Investor dapat melihat informasi terkait pertumbuhan dana dalam waktu yang sebenarnya. Saat ini layanan profunds menempati sebagai supermarket reksadana online yang terbesar nomor 1 di Indonesia.

Tak hanya itu Poems ID dilengkapi dengan smart fitur yang memberikan saran paket dana bagi investor pemula. Hal ini tentunya akan membantu dalam urusan profil risiko untuk mempertahankan keadaan dan beacuan pada target. Kemudian dilengkapi fitur nabung saham secara otomatis yang membantu menentukan tanggal pembelian dan jumlah roduk saham / reksa dana yang dibeli.

5. RTI Business

Aplikasi nabung saham online yang selalu memberikan update berita Pasar Saham Indonesia yang terdiri dari info harga, grafik, analisis, data keuangan, tindakan korporasi, statistik utama, dan berita ke perangkat pengguna.

Dengan aplikasi ini memudahkan untuk melakukan pemantauan dalam mengelola dan analisis saham perusahaan. Dengan melihat kedalaman pasar, kinerja harga, kisaran tinggi-rendah, bagan historis, berita, bagan keuangan, buku harian harga, dan bagan investor. Setelah itu pengguna dapat dengan mudah mengetahui informasi pasar terkini dari Indeks BEI

Inilah rekomendasi Aplikasi nabung saham online yang dapat digunakan oleh semua orang secara mudah. Dari aplikasi ini banyak sekali yang menawarkan fitur untuk membantu dalam mempelajari cara menabung saham dengan mudah ataupun berinvestasi dalam saham tanpa adanya modal. Adanya teknologi terbaru ini yang akan banyak membantu pengguna dalam memantau pasar terkini dengan mudah. 

REVISI

PLAGIASI

Continue Reading

Investasi

Keutamaan Menggunakan Broker Forex Terbaik

Dewasa ini tren untuk memulai investasi di usia muda sedang bergejolak. Banyak sekali kawula muda yang mulai tersadar akan pentingnya melakukan investasi. Dari sekian banyak instrumen investasi, Forex menjadi salah satu favorit. Meski tergolong sebagai instrumen yang agresif, tetapi dengan bantuan broker Forex terbaik, risikonya bisa ditekan seminimal mungkin.

Cara Meminimalisasi Risiko Forex

Meski memiliki risiko yang cukup tinggi, tetapi kenyataannya Forex tidak kehilangan peminat. Hal ini tidak lain karena resiko tinggi dari Forex tetap bisa diminimalisasi. Berikut ini langkah yang umumnya dilakukan oleh para investor, atau lebih sering disebut trader, Forex.

1. Melakukan Analisis dengan Membaca Berita

Pertama, para trader akan melakukan analisis keuangan dengan banyak membaca berita perekonomian dunia. Nilai mata uang yang berubah-ubah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya akibat naik turunnya kekuatan ekonomi suatu negara.

Para trader Forex sering melakukan analisis dengan membaca banyak berita ekonomi dunia sebelum memulai trading. Dari cara ini, para trader bisa memilih nilai mata uang yang aman dan bisa memberikan return atau profit besar.

2. Menggunakan Broker Forex

Selain melakukan analisis, para trader juga banyak yang menggunakan broker. Broker menjadi hal yang sangat penting dalam melakukan trading dan investasi forex. Broker seakan jembatan dalam melakukan trading mata uang. Dengan bantuan broker forex, seorang trader bisa meraup keuntungan yang besar tanpa perlu takut akan risikonya.

Para trader Forex yang sudah lama menekuni dunia investasi di Forex tidak menggunakan dua cara tersebut secara terpisah. Sebaliknya, dua langkah di atas dilakukan secara bersama-sama agar memperkecil resiko kerugian yang akan dialami ketika melakukan trading Forex.

Keutamaan Menggunakan Broker Forex

Menggunakan broker Forex dapat memberikan berbagai keuntungan bagi para trader Forex, terutama para trader pemula. Broker forex terbaik akan selalu membantu para trader pemula agar tidak mengalami kerugian yang besar. Selain itu, berikut ini ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika melakukan trader dengan bantuan broker Forex.

1. Minim Deposit

Sama halnya dengan beberapa instrumen investasi lainnya, investasi dengan menggunakan instrumen Forex juga membutuhkan deposit. Namun dengan bantuan broker forex, seorang trader bisa melakukan transaksi atau trading hanya dengan deposit yang kecil. Deposit yang kecil ini tentu membuat risiko kerugian menjadi kecil pula.

Saat ini para trader juga bisa melakukan deposit para trader melalui bank-bank yang ada di Indonesia. Hal ini tentu memudahkan siapa saja yang ingin memulai trading atau investasi dengan menggunakan Forex.

2. Akses ke Platform Perdagangan

Agar dapat melakukan trading, seorang trader atau investor diharuskan untuk melakukan akses ke platform perdagangan. Khusus untuk Forex, ada banyak sekali platform perdagangan yang bisa diakses. Namun tidak semua platform ini aman dan bisa diakses oleh semua orang, termasuk oleh para trader profesional sekalipun.

Oleh sebab itu, bagian inilah yang menjadi tugas broker Forex. Tugas broker forex adalah membantu para trader atau investor Forex agar dapat mengakses platform perdagangan yang tepat. Beberapa pilihan broker Forex terbaik juga menyediakan alat analisis yang bisa digunakan untuk membantu para trader melakukan analisis dan strategi.

Instrumen Forex menjadi salah satu instrumen investasi yang paling populer karena bisa memberikan profit yang besar. Agar dapat meminimalisasi resiko dari Forex, umumnya para trader atau investor menggunakan bantuan broker. Broker forex terbaik bisa memberikan bantuan terutama pada trader kecil dalam melakukan transaksi Forex di pasar global.

Continue Reading

Finansial

Tips Melakukan Pinjaman dengan Aplikasi Pinjaman Online

Pertumbuhan fintech di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Terbukti saat ini masyarakat Indonesia bisa dengan mudah untuk mendapatkan pinjaman secara online. Mengajukan pinjaman secara online memang sah-sah saja. Namun, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online agar tetap aman ketika mendapatkan pinjaman.

1. Gunakan Aplikasi Terpercaya

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan bantuan pinjaman secara online dengan mudah. Namun, tidak semua aplikasi tersebut aman untuk digunakan. Beberapa aplikasi menawarkan pinjaman dengan sangat mudah hingga membuat konsumen terlena. Pada ujungnya, konsumen dibuat kesulitan membayar karena berbagai hal.

Aplikasi yang terpercaya adalah aplikasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dilansir dari rancahpost.com, setidaknya saat ini ada delapan aplikasi pinjaman yang sudah terbukti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Aplikasi yang sudah terdaftar di OJK tidak akan memberikan beban yang berlebihan kepada konsumennya dan dijamin keamanannya oleh OJK.

Otoritas Jasa Keuangan merupakan sebuah lembaga yang ditunjuk oleh negara untuk mengatur tentang perlindungan konsumen di bidang keuangan. Salah satu yang diatur adalah perihal bunga yang tidak boleh di atas batas wajar. Oleh sebab itu, hanya aplikasi-aplikasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sajalah yang terbukti aman.

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Setelah melihat berbagai aplikasi yang menawarkan pinjaman online, selanjutnya perhatikan syarat dan ketentuan yang diajukan oleh aplikasi tersebut. Setiap aplikasi pasti memiliki syarat dan ketentuan sendiri-sendiri yang bisa dibaca oleh para penggunanya, tak terkecuali aplikasi pinjaman online. Perhatikan dengan betul setiap isi dari syarat dan ketentuannya agar tidak terjadi hal yang merugikan di kemudian hari.

Beberapa hal yang perlu dicurigai adalah ketika aplikasi tersebut meminta akses terhadap berbagai hal ada smartphone konsumen. Otoritas Jasa Keuangan sudah mengatur batasan-batasan akses yang bisa dilakukan oleh aplikasi terhadap smartphone konsumen. Aplikasi yang meminta akses berlebihan sangat berbahaya dan dapat dicurigai telah keluar dari regulasi yang dibuat oleh OJK.

3. Memiliki Layanan Konsumen

Sama seperti pinjaman secara offline melalui bank atau perusahaan P2P lainnya, aplikasi pinjaman online juga wajib memiliki Layanan Konsumen. Pastikan juga aplikasi yang digunakan untuk mengajukan pinjaman memiliki layanan konsumen yang jelas dan bisa dihubungi dengan mudah. Aplikasi yang terpercaya memiliki nomor telepon, email, bahkan alamat kantor yang jelas.

Adanya Layanan Konsumen ini juga menjadi salah satu syarat yang diatur oleh OJK. Dengan adanya Layanan Konsumen ini membuat konsumen mudah untuk melakukan komunikasi terkait dengan status pinjaman yang diajukan. Adanya Layanan Konsumen ini menjadi bukti bahwa aplikasi tersebut tidak hanya mementingkan keuntungan semata, tetapi juga bertujuan untuk membantu konsumennya.

4. Pelajari Bunga dan Biaya Pinjaman

Satu hal yang juga wajib diperhatikan adalah mempelajari bunga dan biaya pinjaman yang diajukan oleh aplikasi pinjaman online. Otoritas Jasa Keuangan telah mengatur agar bunga pinjaman tidak berlebihan yang berpotensi menyebabkan konsumen mengalami kesulitan pembayaran. Sesuai ketentuan yang sudah disepakati, bunga untuk pinjaman online dibatasi 24% perbulan flat atau 0,8% per hari maksimal.

Memahami bunga dan biaya pinjaman ini penting agar di kemudian hari tidak ada komplain terkait tingginya bunga dan tempo bayar pinjaman. Aplikasi yang mematok bunga terlalu tinggi sangat berbahaya karena bisa membuat konsumennya kesulitan untuk membayar pinjaman beserta bunganya.

Melakukan pinjaman online sebaiknya perlu berhati-hati. Pastikan aplikasi yang dituju telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, konsumen akan tetap terlindung akan hak-haknya yang berkaitan dengan pinjaman online.

Continue Reading

TOP STORIES