Connect with us

Entertainment

Sepak Terjang Perjalanan Karier Sulli Eks f(x) Hingga Akhir Hayatnya

Sulli was a member of the girl group f(x). 
Han Myung-Gu/WireImage/Getty Images

Berita duka datang dari dunia hiburan Korea Selatan. Pasalnya aktris sekaligus penyanyi asal Korea, Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal dengan nama Sulli ditemukan meninggal dunia.

Sebelum meninggal, Sulli sempat menjalin kontak telepon dengan sang manajer pada Minggu (13/10/2019) pukul 18.30 waktu setempat.

Namun keesokan harinya, sang manajer akhirnya memutuskan untuk menghampiri rumah Sulli karena tak kunjung mendapat jawaban saat meneleponnya.

Pada saat itu juga, manajer menemukan Sulli sudah tidak bernyawa di lantai dua rumah sang artis di kawasan Seongnam, Provinsi Gyeonggi, Seoul Selatan, Senin (14/10/2019) sekitar pukul 15.21 waktu setempat.

Pihak kepolisian Seongnam saat ini masih menginvestigasi kasus meninggalnya Sulli. Dugaan sementara, Sulli meninggal karena bunuh diri.

Berita duka tersebut tentu mengejutkan banyak pihak. Tak hanya keluarga, penggemar hingga rekan artisnya yang lain pun juga sangat merasa kehilangan.

Bagaimana tidak? Sehari sebelum meninggalnya, Sulli masih melakukan syuting iklan dan juga tampil sebagai cameo di drama hits ‘Hotel del Luna’. Bahkan belum lama ini, Sulli juga menggunggah video di akun Instagram pribadinya, @jelly_jilli.

Wanita yang masih menginjak usia 25 tahun ini, dikabarkan mengakhiri hidupnya karena depresi berat. Sulli kerap kali mendapat komentar negatif atau di-bully banyak orang.

Meski memiliki kehidupan yang cukup berat, Sulli sendiri dapat dikatakan memiliki karier yang cemerlang. Sulli telah mencatatkan banyak sekali karya, mulai dari sebagai penyanyi, aktris, hingga model iklan.

Kali ini, Income.id ingin merangkum perjalanan karier Sulli, mulai dari debutnya hingga akhir hayatnya, seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Debut Sebagai Aktris Cilik

image: ©SBS

Sulli lahir pada tanggal 29 Maret 1994 di Kota Yangsan, provinsi Gyeongsang Selatan, Korea Selatan. Tapi sejak kecil ia adalah seorang warga Busan.

Nama asli Sulli adalah Choi Jin Ri. Jinri itu sendiri artinya adalah kebenaran. Sulli merupakan putri tunggal dari keluarganya, ia memiliki dua saudara yang lebih tua.

Sejak kecil, ia sudah tertarik menjadi aktris. Hal ini membuat sang ibu akhirnya mendaftarkan Sulli ke sekolah akting.

Bahkan demi mendukung karier sang anak, keluarga Sulli sampai rela pindah ke Seoul pada tahun 2004. Ketika itu, Sulli masih duduk di kelas 4 Sekolah Dasar.

Tak sia-sia, setahun setelah pindah ke Seoul, yaitu pada tahun 2005, ketika Sulli duduk di kelas 5 Sekolah Dasar, Sulli mendapatkan peran pertamanya sebagai putri Sun-Hwa, karakter utama versi muda dalam drama SBS berjudul ‘The Ballad of Seodong’. Penampilannya kala itu mendapat cukup perhatian dari banyak orang karena parasnya yang sangat cantik.

‘The Ballad of Seodong’ merupakan drama yang dibintangi oleh Jo Hyun-Jae, Lee Bo-Young, dan Ryu Jin. Drama ini tayang di SBS pada 5 September 2005 hingga 21 Maret 2006.

Drama ini didasarkan pada lagu rakyat tertua di Korea yang ditulis oleh Seodong, rakyat jelata yang mengagumi kecantikan Putri Seonhwa, putri dari Raja Jinpyeong dari Kerajaan Silla.

Selain mendapatkan peran di drama ‘The Ballad of Seodong’, Sulli juga menjadi pemeran pendukung dalam drama SBS lain berjudul ‘Love Needs a Miracle’.

Pada 2006, ia menjadi pemain pendukung dalam drama teater ‘Vacation’. Drama teater ini merupakan serial yang dibintangi oleh member TVXQ pada tahun 2006 silam. ‘Vacation’ merupakan drama 4 episode dengan cerita yang berbeda tiap episodenya.

Dalam drama ini, Sulli mucul di episode 4 yang berjudul Eternal. Ia beradu akting dengan Yoochun sebagai gadis kecil dari masa lalu yang sangat dicintainya.

Trainee SM Entertainment dan Tetap Akting

Image: ©SM Entertainment

Setelah debut sebagai seorang aktris cilik yang menawan, Sulli berkeinginan untuk debut sebagai seorang penyanyi. Sulli pun mulai belajar musik dan melanjutkan pendidikan di Seoul Performing Arts High School.

Sulli kemudian juga mengikuti audisi di SM Entertainment dengan menyanyikan lagu milik group girl S.E.S berjudul ‘Chingu (Friend)’.

Berkat kerja kerasnya, Sulli dinyatakan lolos audisi dan diterima menjadi trainee SM Entertainment. Sulli pun pindah ke asrama dan berbagi kamar dengan Taeyeon SNSD serta Tiffany Girl’s Generation hingga 2007.

Meski sedang trainee, Sulli tetap aktif di dunia akting. Namun kini tak hanya membintangi drama, Sulli kerap menjajal peruntungan di drama city (kumpulan drama pendek yang hanya memiliki satu episode dengan cerita berbeda) dan film layar lebar.

Sulli mendapat peran kecil dalam film Punch Lady dan drama city berjudul ‘The Flower Girl is Here’ (2007) serta film Babo (2008).

Sulli menjalani masa training yang cukup panjang. Ia menjalani kehidupan sebagai trainee setidaknya selama 4 tahun sebelum akhirnya debut.

Debut Bersama f(x)

Pada tahun 2009, Sulli bersama dengan 4 kawannya, yakni Amber, Victoria, Cyrstal Jung, dan Luna sama-sama debut sebagai girlband f(x) yang diproduksi SM Entertainment, dengan lagu perdana ‘La Cha Tha’.

Dalam masa debut ini, ia mendapat banyak perhatian dari penggemar. Wajah cantik dan kemampuan menyanyi yang cukup mumpuni, membuat Sulli dengan cepat menjadi idola banyak orang.

Meski telah menjadi penyanyi, Sulli tetap terjun di dunia akting. Ia memerankan drama populer berjudul ‘Oh! My Lady’ yang tayang di SBS pada 22 Maret hingga 11 Mei 2010.

Dalam drama yang dibintangi sejumlah aktor dan aktris ternama Korea, seperti Chae Rim, Choi Siwon, dan Park Han Byeol ini, Sulli tampil sebagai cameo di episode pertama dan menjadi partner runaway Siwon.

Drama ini merupakan komedi romantis seorang bintang top dan manajernya yang berusia 35 tahun. Sang manajer berusaha mendapatkan uang untuk memperoleh hak asuh atas anaknya.

Selanjutnya, Sulli juga membintangi sitkom Korea yang berjudul ‘Welcome To The Show’. Sitkom yang tayang pada 2011 silam ini, merupakan sitkom yang menunjukkan bagaimana kehidupan di balik layar peran idol, penyanyi, manajer, dan produser acara Inkigayo.

Dalam drama ini, Sulli muncul sebagai dirinya sendiri. Ia beradu peran dengan Im Seulong dan Nichkhun 2PM.

Lalu, Sulli juga tampil di film dokumenter SM Entertainment yang berjudul I Am.

Pada 2012, popularitas Sulli semakin menanjak usai membintangi drama ‘To The Beautiful You’, yang mana saat itu ia menjadi peran utama dan beradu akting dengan Minho SHINee.

Bahkan berkat drama ini, ia berhasil mendapat penghargaan New Star Award dalam ajang SBS Drama Award tahun 2012 silam.

Drama ini sendiri merupakan versi korea dari drama Jepang ‘Hana Kimi’ atau yang berjudul lengkap ‘Hanzakari no Kimitachi e’.

Dalam drama ini, Sulli berperan sebagai Koo Jae Hee, seorang wanita yang menyamar menjadi seorang laki-laki. Ia pun bersekolah dan tinggal di asrama pria untuk membantu seorang atlet favoritnya yang diperankan oleh Minho SHINee.

Setelah membintangi drama tersebut, ia muncul dalam sejumlah judul film, seperti The Pirates (2014) dan Fashion King (2014).

Sulli Keluar f(x) dan Diterpa Skandal

©Instagram/jelly_jilli

Sementara itu, di tahun 2014 juga, f(x) merilis album baru dengan konsep yang seksi dan misterius. Album tersebut berjudul Red Light. Sayangnya, selama kegiatan promosi untuk album Red Light ini Sulli harus hiatus panjang, yaitu hingga 14 bulan hingga di tahun 2015.

Setelah cukup lama hiatus, SM Entertainment pun mengumumkan bahwa Sulli telah hengkang dari grup yang membesarkan namanya. Pihak agensi menyatakan bahwa Sulli ingin fokus pada karier beraktingnya.

Ada berbagai macam alasan ia keluar dari girlband yang cukup membesarkan namanya, Sulli memutuskan hengkang dari grup dengan alasan ingin fokus di dunia seni peran dan karena jadwal syuting yang sangat padat.

Sulli juga mengatakan lelah dengan kabar miring yang menerpanya, khususnya gosip dirinya yang berpacaran dengan Choiza.

Sementara alasan lainnya adalah ia mengalami penyakit mental setelah mendapat serangan komentar dan rumor daring yang berbahaya dari warganet.

Alasan Sulli hengkang dari f(x) dianggap tak masuk akal oleh warganet atau beberapa penggemar. Sejak itu, Sulli pun punya banyak haters.

Dalam perjalanan karier pasca keluar dari f(x), Sulli juga banyak dikabarkan tersandung banyak kontroversi, salah satunya ketika ia tidak sengaja memperlihatkan buah dada saat live streaming. Saat itu, Sulli disinyalir sedang mabuk, sehingga tidak sadar bajunya tersingkap.

Sulli juga makin menghadapi cercaan karena beradegan intim di film Real (2017), bersama Kim Soo Hyun.

Sederet Prestasi Sulli

Meski begitu berat kehidupannya, Sulli tetap tak peduli dengan haters-nya. Ia bahkan tetap merangkai prestasi dengan caranya sendiri.

Pada 2018, setelah cukup sukses dengan kariernya sebagai entertainer, Sulli juga melebarkan sayapnya dengan mendirikan sebuah bisnis bernama Jinri Store. Kabar bahagia ini dibagikannya melalui akun Instagram pribadinya.

Ia mengunggah sebuah foto yang menunjukkan kartu namanya. Dalam kartu nama tersebut ia diketahui menjadi CEO dari unit bisnis yang bernaung di bawah SM Entertainment tersebut.

Selain itu, Sulli juga terpilih menjadi model kosmetik ternama dunia, Estee Lauder. Pesona Sulli dianggap cocok untuk mencerminkan serangkaian kosmetik dan perawatan terkenal dunia itu.

Sulli pun mendapatkan banyak pujian dari penggemar dengan penampilannya. Di akun Instagram milik Sulli, sang artis disebut sangat cantik.

Baca Juga: Demam Film Joker Merajalela, Ini Fakta Menarik yang Harus Kalian Tahu

Beberapa dari mereka juga memberikan dukungan kepada Sulli, yang masih terus menghadapi haters.

Pada Maret 2019, Sulli terpilih tampil untuk sampul majalah Cosmopolitan Korea. Dalam pemotretan, Sulli terlihat cantik dengan rambut panjangnya.

Dalam pemotretan tersebut, Sulli membicarakan bagaimana kehidupannya sekarang ini. Ia mengaku sedang menikmati waktu santai sambil beristirahat dan mulai belajar menari.

Sulli bahkan mengakui bahwa dengan dirinya yang baru ini, ia mengharapkan orang lain akan menganggapnya sebagai wanita yang percaya diri.

Tapi tampaknya pernyataan Sulli soal keinginannya untuk disebut sebagai wanita percaya diri mendapat banyak tanggapan dari warganet. Sayangnya, warganet justru melontarkan komentar negatif terhadap tanggapan tersebut.

Pada Juni 2019, Sulli meluncurkan single solo berjudul ‘Goblin’. Lagu ini menceritakan penderitaan sosok yang mengalami gangguan kejiwaan. Dalam video klipnya, digambarkan seseorang dengan gangguan kesehatan mental yang memiliki tiga kepribadian berbeda.

Tahun 2019 merupakan tahun yang sibuk bagi Sulli. Ia disibukkan dengan sejumlah kegiatan solonya. Salah satunya, menjadi panel dalam talk show baru bertajuk ‘Night of Hate Comments’.

Sulli juga muncul dalam drama sukses tahun ini, Hotel Del Luna. Dalam drama yang diperankan oleh IU, sang sahabat, Sulli berperan sebagai Jang Ji Eun. Ia muncul di episode 10.

Kemunculan Sulli dalam drama ini pun sempat menjadi perbincangan publik. Drama ini memang menampilkan banyak aktor dan aktris ternama sebagai cameo.

Itulah perjalanan karier Sulli, mulai dari debut sebagai aktris cilik, menjadi Trainee SM Entertainment, debut bersama f(x), menjadi pemeran utama, dan sukses bersolo. Sangat banyak ya pelajaran positif yang bisa kita ambil.

Selamat jalan, Sulli. Karyamu tak akan pernah hilang ditelan waktu dan akan selalu dikenang!

Milenial yang tertarik dengan bisnis, keuangan, dan kuliner. Meski tak terlalu jago bertutur kata, namun senang menyalurkannya dalam sebuah tulisan. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Entertainment

Demam Film Joker Merajalela, Ini Fakta Menarik yang Harus Kalian Tahu

(image: Forbes.com)

Apa kamu sudah menonton film Joker? Bagi pecinta DC Universe, tentu sudah tak asing lagi dengan karakter villain musuh abadi Batman yang diciptakan oleh DC Comics ini.

Film garapan Todd Philiips yang diperankan oleh Joaquin Phoenix (Arthur Fleck atau Joker), dan sederet nama-nama besar yang ikut serta bermain, seperti aktor kawakan Robert de Niro (Muraay Franklin), Zazie Beetz (Sophie Dumond), Frances Conroy (Penny Fleck), Brett Cullen (Thomas Wayne), dan Marc Maron (Ted Marco) tentu wajib buat masuk di daftar list film kamu bulan Oktober.

Bagaimana tidak? Film Joker yang baru saja tayang 5 hari ini, yaitu sejak 2 Oktober 2019 lalu, sudah masuk peringkat 10 besar film dengan rating tertinggi versi IMDb.

Menurut pantauan di situs IMDb pada Minggu, 6 Oktober 2019, nilai yang diraih Joker tak main-main, yakni 8,8 versi IMDb dan 9,1 versi IMDb users. Ini membuktikan Joker benar-benar diminati.

Joker merupakan film pertama sekaligus pembuka lini terbaru khusus untuk film-film DC Comics yang berdiri sendiri, yakni DC Black.

Sineas Todd Phillips menyebut, Joker versinya terpisah dari film-film DC Extended Universe (DCEU). Bahkan tidak bersinggungan dengan Batman yang akan dimainkan Robert Pattinson. Joker akan diikuti sejumlah biografi para musuh.

Film Joker sendiri tidak mengisahkan mengenai pertarungannya dengan Batman. Film ini malah menceritakan tentang kisah awal mula terbentuknya karakter Joker yang sejatinya bukanlah seorang kriminal, melainkan hanya seorang komedian.

Mengutip laman CNN Indonesia, film Joker berfokus pada perjalanan sosok komedian gagal, Arthur Fleck (dibintangi Phoenix), pria yang diabaikan oleh masyarakat dan berubah menjadi penjahat yang sangat keji.

Arthur tumbuh dari masyarakat kalangan bawah yang terus gagal untuk meraih kesuksesan dalam profesinya sebagai komedian stand up. Hidupnya kerap dirundung pilu.

Hal itu diperjelas dalam trailer, kala berusaha menghibur seorang anak kecil di dalam bus sekalipun raut muka Arthur Fleck terlihat sedang diliputi rasa kecewa dan putus asa. Ia kemudian dihardik oleh ibu si anak karena dianggap mengganggu.

Selain itu, pekerjaannya sebagai badut yang bertugas memegang papan penanda di jalanan membuatnya dirundung, bahkan pernah sampai terkapar di sebuah gang. Arthur Fleck tampak terbiasa diperlakukan tak adil oleh lingkungan sekitar.

Titik terbawah hidup Arthur terjadi saat ia diolok-olok oleh presenter yang diperankan Robert De Niro lewat siaran TV nasional. Begitu banyak kekecewaan yang membuatnya menjadi pribadi pahit dan akhirnya berubah menjadi pembunuh.

Arthur mengubah identitas dirinya dengan menjadi Joker, menampilkan pribadi baru yang jahat.

Bagi kamu yang sudah nonton filmnya atau baru akan nonton filmnya, wajib banget buat tahu beberapa fakta menarik film Joker ini. Apa saja ya fakta menarik dari film Joker ini? Yuk, cek uraiannya berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Kontroversial Film Joker Tapi Banjir Pujian

(image: Forbes.com)

Sebelum resmi tayang, hadirnya kembali badut psikopat ini ternyata dikabarkan sempat menuai kontroversi. Bukan hanya di Indonesia, tapi beberapa negara lain yang menayangkan film tersebut.

Penghayatan tingkat tinggi aktor Joaquin Phoenix sebagai Joker, dikhawatirkan menginspirasi masyarakat awam yang mentalnya kurang stabil untuk melakukan aksi serupa.

Seperti yang diketahui, Joker melakukan aksi penembakan di stasiun kereta api dan sejumlah ruang publik. Banyaknya adegan kekerasan fisik, membuat Joker dikategorikan ke dalam R-rated yaitu penonton berusia 17 tahun ke bawah harus didampingi orangtua.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, bahkan Angkatan Darat AS dan Departemen Kepolisian Los Angeles (LAPD) waspada dan berjaga-jaga saat pemutaran perdana film Joker. Satu bioskop disebut sudah melarang penonton datang memakai kostum.

Penjagaan itu menyusul sebagai antisipasi peristiwa penembakan massal yang terjadi di penayangan film Batman: The Dark Knight Rises, pada 2012 silam di Colorado. Saat itu, 12 orang tewas akibat peluru panas yang dilepaskan secara membabi-buta oleh seorang pria dari depan layar bioskop.

Namun meski sempat menuai kontrovesi, Joker juga banjir pujian. Contohnya usai penayangan perdana di Venice Film Festival yang dihelat pada 31 Agustus 2019 kemarin, Joker mendapatkan sambutan hangat dari para penonton dan kritikus film.

Mulai dari standing ovation selama 8 menit hingga ragam pujian dari kritikus. Hal ini merupakan sebuah kehormatan tertinggi yang bisa didapatkan sebuah film.

Tidak hanya menerima apresiasi penonton, Joker juga menerima piala The Golden Lion, yang merupakan penghargaan untuk Film Terbaik dalam perhelatan bergengsi yang berlangsung 28 Agustus hingga 7 September 2019 lalu.

Joker mampu mengalahkan film besutan Roman Polanski berjudul An Officer and a Spy yang berada di posisi kedua sekaligus meraih gelar Silver Lion.

Atas keberhasilan meraih gelar Golden Lion, banyak kalangan yang mulai memperhitungkan film Joker di ajang yang lebih bergengsi, yakni Academy Awards atau Piala Oscars yang digelar awal tahun depan.

Tak hanya itu saja, bahkan sebelum resmi dirilis, Joker sudah lebih dulu mendapatkan rating 9,6/10 di IMDb dan 93 persen versi Rotten Tomatoes.

Mimpi Jadi Nyata, Belajar dari Penderita Gangguan Tertawa, hingga Turun Berat Badan Drastis

(image: Forbes.com)

Penghayatan tingkat tinggi aktor Joaquin Phoenix sebagai Joker menjadi salah satu faktor keberhasilan film ini. Lantas, bagaimana sosok Joaquin Phoenix ini?

Bernama lengkap Joaquin Rafael Phoniex, merupakan seorang aktor, produser, musisi, dan aktivis asal Amerika yang lahir di San Juan, pada 28 Oktober 1974 (usia 44 tahun).

Mengutip laman Liputan6.com, Joaquin Phoenix adalah aktor yang memulai karier di dunia akting sejak kecil. Ia tampil pertama kali di serial “Seven Brides for Seven Brothers” pada 1982, saat usianya masih 8 tahun. Karena kemampuannya yang luar biasa dalam berakting dan menjiwai sebuah karakter, Joaquin Phoenix pun masuk kategori aktor papan atas Hollywood.

Terpilihnya Joaquin Phoenix sebagai Joker tak terlalu mengejutkan, mengingat rekam jejaknya yang lumayan sering memerankan karakter nyeleneh dan antagonis. Walaupun sudah berkarier bertahun-tahun, Joaquin Phoenix juga mengaku masih tetap gugup saat berakting.

Film terkenal yang diperankan oleh Joaquin Phoenix, yaitu Commodus di Gladiator (2000) dan karakter Theodore Twombly di film Her (2013). Selain itu ada juga film Sign (2002), Hotel Rwanda (2004), dan Maria Magdalene (2018). Phoenix juga pernah menjadi dubber di film Brother Bear (2003).

Di sisi lain, Phoenix sendiri ternyata terkenal sebagai aktor yang menolak untuk berkomitmen dalam berbagai film superhero karena dia harus memerankan tokoh yang sama dalam rangkaian film.

Bahkan Marvel pernah menawarkan beberapa tokoh superhero yang untuk diperankan oleh Joaquin Phoenix, seperti Doctor Strange dan The Hulk. Namun Joaquin Phoenix menolak itu semua karena ia merasa kurang sreg dengan sekuel dan crossover yang kerap lahir di film superhero.

Hingga akhirnya, Joaquin Phoenix sempat dipertimbangkan untuk menjadi Batman di film Batman: Year One karya Darren Aronofsky.

Sayang, proyek Batman: Year One dibatalkan. Padahal, Darren Aronofsky sudah menyatakan keinginan meminang Joaquin Phoenix ke sejumlah media, pada September 2017.

Yang terjadi kemudian, pihak DC Comics bersama para petinggi Warner Bros. menggagas film Batman terbaru semester pertama tahun ini. Bintang film Twilight Saga, Robert Pattinson dipercaya menjadi Sang Manusia Kelelawar.

Akan tetapi, kali ini Joaquin Phoenix tidak bisa menolak untuk memerankan film Joker. Dalam sebuah wawancara yang dilansir dari Collider.com, Joaquin Phoenix mengatakan bahwa ia sudah sejak lama memimpikan peran jadi sosok joker.

“Tiga atau empat tahun yang lalu, saya menelepon agen saya dan berkata, ‘Mengapa mereka tidak mau mengambil salah satu dari karakter ini dan hanya membuat film dengan anggaran lebih rendah tentang itu, sebuah film tetapi sebuah studi karakter, dan mengapa tidak mengambil salah satu dari penjahat?’,” ungkap Joaquin Phoenix.

Film Joker merupakan film yang berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan dengan DC Universe. Hal inilah yang membuat Phoenix dengan mudahnya setuju, ketika sang sutradara menawarkan script film yang diadaptasi dari tokoh komik yang lahir tahun 1940.

Selain itu, fakta menarik lainnya Joaquin Phoenix ternyata merupakan teman baik dari Heath Ledger, yang dikenang sebagai sosok Joker sejati dari musuh besarnya batman.

Dalam mendalami karakter tokoh antagonis populer tersebut, Joaquin Phoenix ternyata tak main-main. Terutama soal tawa Joker yang ikonis.

Joaquin Phoenix ternyata mengaku terinspirasi dari orang-orang yang menderita tawa patologis, atau sejenis gangguan tertawa tanpa sebab dan tidak bisa dikontrol.

Dilansir dari NME, Joaquin Phoenix mengungkapkan hal ini dalam sebuah wawancara dengan Vernerdi.

“Saya melihat video yang menunjukkan orang yang menderita tawa patologis, penyakit mental yang membuat mimikri tidak dapat dikendalikan,” kata Joaquin Phoenix.

Tak hanya itu saja perjuangan dari Joaquin Phoenix untuk memerankan Joker. Demi Joker, Joaquin Phoenix menurunkan bobot hingga 23 kilogram. Aktor ini mengatur pola makan di bawah pengawasan tim dokter.

Joaquin mengonsumsi sejumlah sayur dan buah di antaranya apel, selada, dan kacang hijau rebus. Transformasi fisik ini membuat para kritikus yakin Joaquin akan masuk nominasi Oscar tahun depan.

Film DC dengan Bujet Termurah

(image: Forbes.com)

Dibalik fakta-fakta yang telah disebutkan di atas, ternyata ada fakta lainnya yang sangat menarik yang mesti kalian tahu. Jika pada film-film DC kerap menganggarkan bujet tinggi, mulai dari Suicide Squad (2016) yang menghabiskan sekitar USD 175 juta atau film Justice League (2016) dengan kisaran bujet USD 300 juta, namun rupanya, Joker kali ini dibuat dengan bujet yang tak sebesar film DC lainnya. Jika dibandingkan dengan film-film DC lain, Joker jauh di bawah rata-rata.

Mengutip laman Viva.co.id yang melansir Screen Rant, Joker kabarnya hanya menelan bujet produksi USD 64 juta. Tentu saja, jauh di bawah film lain dalam genre-nya. Aquaman misalnya, sampai menghabiskan USD 160 juta dan Shazam USD 100 juta.

Joker diprediksi bisa memecah rekor box office Oktober, mengalahkan Venom dari Sony Pictures, yang tayang tahun lalu. Jika yang dibutuhkan untuk balik modal sekitar dua kali lipat dari bujet, maka Joker hanya butuh sekitar Rp128 juta saja.

Itulah beberapa fakta menarik dari film Joker yang harus kalian ketahui. Menarik, bukan? Untuk kamu yang belum nonton film ini, yuk segera nonton! Tapi ingat ya, film ini bukan untuk anak-anak. Selamat menonton!

Continue Reading

TOP STORIES