Connect with us

Lifestyle

Kelebihan Menggunakan Jasa Jersey Printing Ketika Membuat Jersey Olahraga

Foto: Garudaprint.com

Kebutuhan jersey untuk tim olahraga itu sangat penting. Jersey bagi tim olahraga bisa menjadi sebuah identitas yang membedakannya dengan tim lain.

Untuk membuat jersey bagi tim olahraga ini bisa menggunakan jasa pembuatan seperti Garuda Printing. Membuat jersey dengan bantuan jasa jersey printing bisa memberikan keuntungan. Berikut ini beberapa keuntungannya.

Tentang Garuda Printing

Garuda Printing adalah sebuah jasa pembuatan jersey yang sudah berpengalaman. Dalam membuat jersey, Garuda Printing menggunakan alat dan bahan terbaik sehingga menghasilkan sebuah jersey yang berkualitas.

Terbukti, hasil jersey dari Garuda Printing selalu memuaskan kliennya, awet, dan tentu saja tahan lama. Garuda Printing menggunakan teknik pencetakan sublimation sesuai pesanan.

Hingga saat ini, jasa jersey printing yang beralamatkan di Solo ini sudah melayani hingga lebih dari 1000 tim. Sehingga setidaknya ada lebih dari 50.000 jersey berkualitas yang sudah pernah diproduksi oleh Garuda Printing. Garuda Printing melayani pembuatan jersey untuk berbagai tim olahraga mulai dari futsal, sepeda, badminton, dan sebagainya.

Garuda Printing memiliki tim yang sangat profesional dan dapat dipercaya. Terbukti semua komplain yang diterima oleh Garuda Printing bisa terselesaikan dengan baik dan memuaskan. Tim layanan pelanggan (customer service) benar-benar membantu klien bila terjadi masalah dalam pembuatan jersey.

Keuntungan Menggunakan Jasa Jersey Printing

Untuk membuat sebuah jersey olahraga memang lebih disarankan menggunakan bantuan jasa pembuatan jersey daripada membuat sendiri. Berikut ini beberapa keuntungan menggunakan jasa pembuatan jersey dalam membuat jersey untuk olahraga.

1. Desain Sesuai Selera

Umumnya, jasa pembuatan jersey sudah memiliki beberapa desain yang bisa dipilih untuk pembuatan jersey. Namun, sebagian jasa pembuatan jersey juga memberikan kebebasan kliennya dalam menentukan sebuah desain untuk jerseynya sendiri. Salah satunya adalah Garuda Printing yang sudah berpengalaman dalam jasa pembuatan jersey ini.

Desain jersey memegang peranan penting karena ini menjadi simbol identitas sebuah tim. Selain itu, desain pada jersey juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi tim tersebut. Oleh sebab itu, terkadang masing-masing tim memiliki desain untuk jerseynya masing-masing.

2. Hasil Print Jersey Memuaskan

Jasa pembuatan jersey menggunakan bahan kain terbaik dan alat yang canggih dalam membuat jersey. Hal ini untuk memastikan agar hasil cetakan jerseynya benar-benar memuaskan kliennya. Seperti halnya Garuda Printing yang menggunakan mesin cetak modern dengan teknik sablon sublimasi. Dengan begitu hasil warna sablonnya menjadi sangat baik dan memuaskan kliennya.

Garuda Printing juga menggunakan kain dry-fit yang disukai oleh para atlet. Kain drifit ini sangat cocok digunakan untuk jersey karena kemampuan penyerapan keringatnya yang baik dan cepat kering. Bahannya juga kuat dan lentur sehingga tidak akan mengganggu pergerakan atlet yang mengenakan jersey buatan dari Garuda Printing.

Baca Juga: 6 Tahun Bela Los Blancos, Ini Timbunan Kekayaan Gareth Bale

3. Harga Terjangkau, Proses Cepat dan Tidak Repot

Klien tentu akan sangat dimudahkan dengan adanya jasa pembuatan jersey seperti Garuda Printing. Proses pembuatannya sangat cepat dan tidak akan merepotkan klien sedikitpun. Klien hanya perlu datang dan memesan jersey sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau, jauh lebih murah dibanding dengan membuat jersey sendiri. Untuk sebuah proses pembuatan jersey, harga yang ditawarkan biasanya sudah termasuk jasa desain, pencetakan, hingga harga bahan baku.

Garuda Printing menjadi sebuah jasa pembuatan jersey yang sudah berpengalaman dan membantu lebih dari 1000 tim olahraga. Jasa jersey printing asal Solo, Jawa Tengah ini selalu memberikan hasil yang maksimal dalam setiap pembuatan jerseynya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lifestyle

7 Cara Membuat Air Terjun Aquascape yang Mudah Ditiru

Cara Membuat Air Terjun Aquascape

Saat ini sudah banyak aquarium yang dibuat menggunakan teknik aquascape guna mempercantik tampilannya dan membuatnya lebih indah ketika dipandang. Terdapat aksesoris yang menjadi hiasan hingga menyerupai taman pada bawah laut, salah satunya air yang terjun. Adapun cara membuat air terjun aquascape yang menambahkan pasir putih untuk komponen pendukung, antara lain:

1. Menyiapkan Alat serta Bahan yang Dibutuhkan

Saat bagian awal ini terlihat sederhana, tapi harus diperhatikan setiap komponen yang dipakai. Mempersiapkan semua alat serta bahan yang dibutuhkan sejak awal sangat diperlukan untuk menunjang kelancaran proses pembuatannya. Detail sekecil apapun juga harus ditangani nantinya agar membuahkan hasil sebagaimana yang diinginkan.

Adapun bahan yang dibutuhkan seperti akuarium dengan ukuran yang menyesuaikan kebutuhan dan bentuknya juga mengikuti selera yang buat. Hal lainnya yang disiapkan adalah paralon, selang aerator, pipa dan benda-benda lain yang dipakai untuk menghiasinya. Jika semuanya sudah tersedia bisa dilanjutkan pada langkah berikutnya.

2. Pasangkan Sambungan Pralonnya

Sebenarnya untuk cara membuat air terjun aquascape gampang untuk dilaksanakan ketika keperluannya telah dilengkapi dengan baik. Di sini akan ada proses pemasangan dari paralon yang digunakan untuk tempat masuknya selang nantinya. Jadi ukuran sebaiknya dengan tinggi 10 cm atau biasanya disebut jenis B. Keseimbangan setiap bendanya juga dilihat.

Langkah pertama itu memasang paralon bentuk T, sehingga dapat disambungkan pada satunya lagi yang ukurannya 10 cm itu. Perhatikan polanya, jangan sembarangan menempel. Hal ini karena setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagaimana sisi atas untuk aerator, lalu bawahnya diperuntukkan tempat pasir untuk turunnya aliran air yang terjun.

3. Sambungkan Belokan

Giliran berikutnya membuat sambungan belokan yang tujuannya untuk mengalirkan pasir yang ada. Lihatlah bagian-bagian yang ada pada paralon yang dibentuk tersebut, jangan sampai ada lubang kecil yang mempengaruhi jalannya hal lain pada tempat itu. Usahakan bisa terhubung dengan rapat tanpa celah.

Pemilihan bahan yang bagus dan tahan saat terkena air cocok untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama. Manfaat yang diperoleh jika memakai sesuatu yang tahan akan kondisi sekitarnya lebih menguntungkan daripada benda yang hanya bisa dimanfaatkan sementara.

4. Memasukkan Selang Aeratornya

Apabila sambungannya sudah terhubung sesuai harapan bisa lanjut masukkan selang aerator dalam pipa yang sudah disiapkan sebelumnya. Mulai dari bagian atasnya pipa T terus berlanjut pada sisi bawahnya hingga melewati belokan yang ada. Kecermatan dalam mengerjakannya diperlukan agar tidak ada yang terlewat.

Kesalahan yang dibuat akan berpengaruh pada jalannya pasir, jadi arahnya jangan sampai terbalik. Pastikan ukurannya sudah benar pada bagian selangnya jangan terlalu besar ataupun kekecilan. Apabila ada sedikit kekurangan akan mempengaruhi semua proses yang telah dijalankan sebelumnya.

5. Beri Lubang Pada Paralon Guna Masuknya Pasir

Saat akan masuk pada paralon jenis A ini berikan lubang dengan diameternya 3 cm sampai 5 cm sesuai dengan kebutuhannya. Ketika melubangi usahakan tidak mengenai bagian ujungnya agar mudah untuk pengaliran, kecilnya tingkat kesalahan yang dibuat dapat merusak yang dilaksanakan. Tekanan paralon juga dipengaruhi oleh lubang yang dibuat.

Ketepatan saat menyusun semua bahan yang ada sangat dipertaruhkan guna memperoleh hasil yang memuaskan. Butuh ketelitian dan cukup memakan waktu saat membuat aquascape yang menakjubkan. Pada hakikatnya fungsi dari lubang ini untuk menyedot pasir serta mengalirkannya, sehingga harus benar-benar sesuai.

6. Pasang Paralon Beserta Penampungan Pasir

Ketika tahapan nomor satu sampai lima dilalui tanpa ada masalah, lanjut cara membuat air terjun aquascape untuk buat air terjunnya. Pasangkan paralon sebagai lintasan untuk air yang mengalami tanjakan dan turunan. Mesin aerator juga berada di posisi yang tepat sesuai fungsinya. Hal ini bermaksud supaya bisa dihidupkan dengan lancar.

Selanjutnya pasang penampung pasir pada paralon B sebelah depannya dengan peletakkan dari bawah. Pastikan tempat tampungan letaknya tepat, agar isinya tidak keluar jalur hingga berserakan pada area luar. Penampungannya dibuat miring jangan lurus, supaya pasirnya dapat turun dengan mudah. Biasanya tingkat kemiringan mencapai 45°.

7. Taruh Rangkaian Pipa ke Air

Ketika semua rangkaian yang dibuat sudah jadi, tahap terakhirnya bikin aquascape bentuk air yang terjun dengan memasukkan pada akuarium. Taruh sebagaimana yang diinginkan tapi tidak boleh menghilangkan kemiringan yang sudah dibuat. Selain itu pastikan semua perangkat terpasang dengan rapi tanpa celah.

Hal ini bertujuan agar yang sudah didesain sebelumnya dapat dijalankan dengan lancar. Periksa setiap sisi yang ada, seperti kekuatan paralon, lubangnya dan lainnya agar mampu berjalan begitu baik. Apabila terdapat yang tak rapat, dapat ditambahkan lem serta pengerat lainnya.

Demikian penjelasan tentang cara membuat air terjun aquascape dengan gampang untuk ditiru serta menciptakan suatu karya yang luar biasa menawannya. Hal ini bisa dilakukan pada tempat yang tidak terlalu luas. Tapi memiliki ruang yang cukup untuk siklus udara dan airnya.

Continue Reading

Education

Penjelasan Singkat Mengenai Budidaya Tanaman Hidroponik Mudah

Budidaya Tanaman Hidroponik

Sejak awal pandemi, muncul banyak hobi baru seperti memasak sampai berbudidaya, salah satunya ialah budidaya tanaman hidroponik dengan sangat mudah. Kata “hidroponik” sendiri datang dari Bahasa Yunani, yakni “hydro” dengan arti air serta “ponos” dengan arti kerja. Maka dapat diartikan sebagai budidaya tumbuhan tanpa tanah dengan memberikan nutrisi lewat air.

Penyusunannya pun bisa dibuat bertingkat, hingga mampu menghemat area. Dengan begitu, metode tersebut sering dipilih oleh masyarakat perkotaan yang hanya memiliki area tanam berukuran kecil.

Sarana untuk Budidaya Hidroponik

Meskipun budidaya hidroponik memakai air, tetapi tumbuhan itu tidak hanya dibiarkan diam di air. Tumbuhan tentunya masih membutuhkan sarana penyangga. Di bawah ini adalah 5 sarana atau media yang bisa dipilih untuk budidaya hidroponik:

1. Sarana Mineral Wool atau Rockwool

Sarana mineral wool terdiri atas berbagai batu, umumnya kapur, bara, dan basalt. Bebatuan ini sudah dipanaskan di suhu 1.600oC. Usai pendinginan, serat-seratnya diiris berdasarkan keperluan. Sarana yang ini lebih higienis, jadi, lebih pas untuk dipakai pada budidaya sayuran.

2. Sarana Hidroton

Sarana ini dibuat dari tanah liat yang sudah dipanaskan di suhu melebihi 1.000oC. Karena bentuknya yang kecil bulat menyerupai gundu, sarana ini praktis untuk digunakan. Hidroton pun mempunyai tingkat pH stabil dan aerasi sempurna, hingga sanggup mengemas air bersih secara baik.

3. Zeolit

Media ini tersusun atas senyawa zat kimia alumino-silikat yang terhidrasi bersama kalium, barium, dan natrium. Tingginya aktivitas katalis serta kemampuannya menukar ion membuatnya pas bagi budidaya tanaman hidroponik. Dengan tingginya nilai KTK, zeolit bisa mengikat sekaligus menyerap pupuk. Sarana ini mengandung berbagai unsur yang diperlukan tumbuhan dan mengeluarkannya berdasarkan keperluan.

4. Hidrogel

Sarana tanam hydrogel dibuat dari polymer crystal dengan penyerapan tinggi. Hidrogel sanggup menyerap serta mengemas air hingga 600 kali beratnya. Warnanya yang bermacam-macam pun membuatnya sering dipakai untuk budidaya tanaman hias.

5. Cocopeat atau Serbuk Sabut Kelapa

Media organik ini berdaya tampung air cukup besar, yakni sampai 73% dari volumenya. Meski begitu, serbuk ini mempunyai zat tanin dengan kemungkinan menghambat pertumbuhan. Untuk menghilangkannya, merendam cocopeat sampai busa putihnya hilang.

Teknik Membudidayakan Hidroponik

Seperti cocok tanam lainnya, hidroponik pun mempunyai teknik tersendiri. Tekniknya disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang mau dibudidayakan. Di bawah ini adalah 5 teknik budidaya yang dapat dipilih sesuai tumbuhan:

1.  Teknik Deep Flow

TekniK DF merupakan yang paling terkenal, terlebih di rumah, karena kemampuannya untuk menampung banyak tumbuhan secara bertingkat. Nutrisinya dialirkan lewat akar tanaman lalu kembali ke bak awal menggunakan timer lewat pompa.

Konsepnya menggenang di pipa. Jadi, kalau terjadi pemadaman listrik, tumbuhan tidak akan mati, karena terus dinutrisi. Teknik ini cocok untuk membudidayakan bayam, selada, dan sawi.

2. Teknik Nutrient Film

Memiliki bentuk wadah miring, teknik ini senantiasa meneruskan air bernutrisi di akar tumbuhan. Tanaman ada di net pot dengan gantungan akar yang akan dialirkan air serta nutrisi.

Melalui bak, air itu dipompa ke pipa dan akar tumbuhan, kemudian kembali lagi menuju bak itu. Sayuran seperti kailan dan pakcoy tepat dibudidayakan menggunakan teknik NF.

3. Drip Technique (Teknik Tetes)

Dengan wadah datar, sesuai namanya teknik drip bekerja dengan tetesan. Air bernutrisi di penampungan dipompa ke selang tumbuhan sampai akar, supaya tumbuhan memperoleh nutrisi itu. Teknik ini tepat bagi pembudidayaan aneka buah, seperti stroberi dan melon. 

4. Sistem Floating Hydroponic

Sistem FH menanamkan net pot pada rongga gabus, hingga mengapungkan tumbuhan. Wadahnya yang tertutup memang menyulitkan oksigen untuk masuk. Maka sediakanlah airstone di bawah wadah untuk menciptakan gelembung udara.

Untuk merawatnya, diperlukan cukup lama kontrol kepekaan larutan. Ini harus dilakukan karena pengendapan larutan nutrisi bisa saja memperlambat laju pertumbuhan. Penanaman berbatang kuat semacam kangkung dan bayam sebaiknya menggunakan sistem ini.

5.  Sistem Aeroponics

Sistem ini memuat oksigen tinggi dan mudah menyerap, sebab terarah kepada akarnya secara langsung. Karena tidak memerlukan pengaturan pada debit airnya, sehingga dapat menghemat nutrisi maupun air, namun perakitannya memerlukan biaya besar. Sistem ini bisa digunakan untuk membudidayakan sawi atau selada. 

Keuntungan Hidroponik

Ada berbagai keuntungan dari budidaya tanaman hidroponik. Pertama, tumbuhan akan memperoleh kandungan air serta nutrisi yang tepat. Ini karena efisiensi penggunaan air pada hidroponik mencapai 10% dari air yang dibutuhkan tumbuhan di tanah.

Kedua, areanya bisa dikendalikan dengan mudah di dalam rumah kaca. Jadi, tidak terlalu membutuhkan pestisida maupun herbisida, bahkan mungkin tidak perlu sama sekali. 

Ketiga, budidaya ini tidak memerlukan tanah, jadi bisa dilakukan di daerah mana pun, termasuk daerah dengan tanah buruk. Keempat, cara ini memungkinkan hasil maksimum dari penanaman sayur dan buah tanpa bergantung pada cuaca.

Itulah penjelasan singkat mengenai budidaya tanaman hidroponik mudah untuk lahan kecil. Budidaya ini sangat dapat dilakukan di rumah saja. Jadi, tak perlu khawatir lagi apabila hanya memiliki lahan kecil yang sangat terbatas. 

Continue Reading

Education

Kupas Tuntas Cara Menanam Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman yang sangat berguna. Tumbuhan ini memiliki nama latin Epipremnum Aureum yang termasuk dalam suku talas-talasan. Sirih gading biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Namun, banyak orang yang menggunakan tanaman sirih gading sebagai obat herbal. Setiap orang memiliki cara menanam sirih gading yang bervariasi.

Cara Menanam Sirih Gading

Tanaman ini biasanya ditanam di tanah dan dirambatkan ke bambu atau media yang telah dibuat. Selain itu, sirih gading juga di tanam di pot yang diletakkan di pekarangan rumah. Berikut tips dan trik menanam sirih gading.

Cara Menanam Sirih Gading di Tanah Lapang

Menanam sirih gading di tanah lapang seperti pekarangan rumah sangatlah mudah. Namun, tetap harus diperhatikan agar tanaman sirih gading tumbuh subur dan lebat. Keuntungan menanam sirih gading di tanah adalah daun akan lebih besar, tanaman akan lebih tinggi dan lebat.

1. Pilih Tanah Yang Bagus

Tanah yang bagus akan mempengaruhi kualitas dari sirih gading ini. Biasanya sirih gading yang di tanam di pekarangan rumah akan dibiarkan lebat dan tinggi. Demi mendapatkan kualitas sirih gading yang baik maka kualitas tanah juga harus diperhatikan.

Untuk mendapatkan kualitas yang baik, tanah dapat dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Pupuk kompos atau pupuk kandang yang digunakan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sirih gading yang tidak didapatkan dari tanah.

2. Cahaya Yang Cukup

Cahaya sinar matahari dalam tumbuhan sangatlah berguna untuk berfotosintesis. Begitu juga dengan sirih gading yang membutuhkan cahaya sinar matahari yang cukup. Jika tidak mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup, sirih gading tidak akan tumbuh lebat.

3. Air Yang Cukup

air yang cukup sangat diperlukan dalam perawatan sirih gading. Penyiraman sirih gading sehari sekali cukup untuk membuat sirih gading tumbuh dengan baik. Jika air yang diperlukan oleh sirih gading kurang maka daun sirih gading akan berwarna hijau terang dan tidak akan tumbuh dengan lebat.

4. Pemupukan

Pemupukan sangatlah penting dalam pertumbuhan sirih gading. Pupuk ini berfungsi untuk menambah nutrisi sirih gading dan juga tanah yang sudah habis nutrisinya karena diambil oleh sirih gading. Pupuk yang digunakan dalam penanaman sirih gading bisa menggunakan pupuk kimia atau pupuk organik. Pemupukan biasanya dilakukan 3 bulan sekali.

Cara Menanam Sirih Gading di Pot

Menanam sirih gading selain di tanah pekarangan rumah juga bisa ditanam di dalam pot. Biasanya cara menanam sirih gading seperti ini dilakukan oleh para penjual tanaman maupun ibu rumah tangga yang suka mendekorasi rumah dengan tanaman.

1. Siapkan Pot dan Media Tanam

Menanam sirih gading di dalam pot sangatlah mudah. Pot yang digunakan dalam menanam sirih gading dapat bermacam ukuran dan jenis.

Selain itu, media tanam yang digunakan dalam menanam sirih gading di dalam pot haruslah yang bernutrisi. Pilihlah tanah yang memiliki humus yang bagus,pupuk kandang dan pasir yang bagus dengan perbandingan 1:1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Dalam menanam sirih gading dalam pot diperlukan bibit unggul. Biasanya, sirih gading yang unggul memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau tua.

Pilih bibit sirih gading yang berasal dari daun dan batang yang berkualitas. Kemudian potong 15 cm dan tancapkan dalam pot.

3. Air Yang Cukup

Sama seperti cara menanam sirih gading di tanah lapang. Air yang cukup dibutuhkan dalam menanam sirih gading di dalam pot. Beri air secukupnya 2-3 hari sekali hingga sirih gading tumbuh dengan baik.

Pemberian air yang berlebihan juga bisa membuat sirih gading cepat busuk. Namun, pemberian air yang kurang juga membuat tanaman sirih gading layu, kering dan mudah mati. 

4. Cahaya Yang Cukup

Pada awal menanam sirih gading jangan ditaruh pada bawah sinar matahari langsung. Hal itu tidak dianjurkan karena dapat membuat bibit sirih gading kering dan mati. Cukup taruh di teras rumah yang tidak langsung terkena cahaya sinar matahari. Letakan sirih gading di area yang lumayan redup hingga sirih gading berkembang dengan baik.

5. Pemupukan

Menanam sirih gading di dalam pot juga membutuhkan pemupukan.  Biasanya pemupukan untuk tanaman di pot lebih  dianjurkan dilakukan 2-3 bulan sekali dengan kadar pupuk yang sesuai  Pemupukan ini bertujuan untuk tetap mempertahankan kualitas tanah didalam pot.

Pupuk yang digunakan dalam pot sama dengan pupuk yang digunakan saat menanam di tanah. Idealnya pupuk yang digunakam untuk pot adalah pupuk organik. 

Cara Menanam Sirih Gading Dalam Air

Saat ini dunia pertanian dan perkebunan berkembang pesat. Menanam tidak hanya di tanah namun juga bisa dilakukan di air. Tanaman sirih gading juga bisa dilakukan secara hydroponic atau di dalam air. Pengguna media ini sudah berkembang pesat saat ini. Media dan alat yang dibutuhkan yaitu

1. Pilih Media Yang Tepat

Memilih media yang tepat menjadi kunci dalam menanam sirih gading di air. Biasanya media yang digunakan yaitu botol kaca bening. Setelah mendapatkan media yang tepat, berilah air dan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang diperlukan dalam penanam ini bisa didapatkan di toko pertanian. kemudian campurlah air dan nutrisi dengan perbandingan 1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Pemilihan bibit unggul untuk menanam sirih gading menggunakan air harus betul diperhatikan. Pilih bibit yang tidak memiliki batang dan daun yang kering atau yang tidak terdapat hama.Pembibitan untuk penanam hydrophonic bisa dengan batang.  Batang yang digunakan untuk bibit tanaman sirih gading haruslah batang tua dan kuat. 

3. Tanam Dan Tata

Setelah mendapatkan bibit yang unggul, ambil bibit dengan membiarkan tangkai daun sirih gading tetap ada. Kemudian potong batang hingga akar kelihatan disela-sela tangkai daun. Kemudian masukan dan tata bibit sirih gading di dalam botol.

Setelah mengetahui kupas tuntas cara menanam sirih gading, mari mulai mendekorasi rumah dengan sirih gading. Selain sebagai media mendekorasi rumah, tanaman hias sirih gading juga bisa di jual dan menambah penghasilan di musim pandemi. 

Continue Reading

TOP STORIES