Connect with us

Inspirasi

Inilah Daftar Kekayaan Prabowo Subianto yang Ternyata Tajir Banget

Prabowo Subianto (Foto: suratkabar.id)

Siapa yang tidak kenal Prabowo Subianto? Mantan capres periode 2019-2024 tersebut harus menerima kekalahan dengan rivalnya yaitu Joko Widodo waktu itu.

Namun, meskipun gagal menjadi presiden, dirinya ternyata ditunjuk langsung oleh Jokowi menjadi menteri pertahanan. Diketahui kekayaan Prabowo bernilai fantastis, hingga Rp1,9 triliun.

Jumlah tersebut diduga dari hasil keahliannya mengendalikan kerajaan bisnis di berbagai bidang. Mulai dari pertambangan, perikanan, kelapa sawit, sampai batu bara.

Dari kerja kerasnya tersebut, Prabowo dikenal punya harta kekayaan melimpah ruah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa perusahaan yang dikelola olehnya serta daftar kekayaan yang dimiliki.

Perusahaan Yang Dikelola Langsung Oleh Prabowo Subianto

Prabowo selain menjadi politikus terkenal, nyatanya ia juga seorang pengusaha yang ulung.

Di duga kekayaan prabowo sebagian besar memang bersumber dari perusahaan-perusahaan yang telah dikelola nya sejak lama. Berikut daftar perusahaan sebagai sumber kekayaan prabowo subianto.

1. PT Kiani Kertas

PT Kiani Kertas atau biasa disebut sebagai PT Kertas Nusantara ini merupakan salah satu anak cabang perusahaan yang dibangun oleh prabowo. Induk dari perusahaan ini adalah PT Nusantara Energy. Sebelumnya, PT Kiani kertas ini adalah perusahaan milik Bob Hasan. Bob Hasan juga merupakan pengusaha yang cukup dekat dengan Presiden Soeharto.

Baru setelah itu dibeli oleh Prabowo dan diganti namanya menjadi PT Kertas Nusantara. Sekaligus menjadi salah satu anak perusahaan dari PT Nusantara Energy. PT Kertas Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan bubur kertas. Diketahui pabrik bubur kertas ini merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara.

2. Perusahaan Bidang Pertambangan

Prabowo juga memiliki usaha di bidang pertambangan. Beberapa perusahaan pertambangan yang dimiliki olehnya masih masuk dalam daftar anak cabang PT Nusantara Energy. Setidaknya ada 7 anak cabang perusahaan PT Nusantara Energy yang bergerak di bidang pertambangan.

Ada PT Nusantara Berau Coal, PT Batubara Nusantara Coal, kemudian PT Nusantara Wahana Coal. Selain itu ada sekitar 4 perusahaan lagi yang masih berkembang dengan baik hingga saat ini.

3. PT Tanjung Redeb Hutani

Selain pertambangan, Prabowo juga punya bisnis di bidang kehutanan. Dalam bidang ini, dirinya secara langsung mengelola PT Tanjung Redeb Hutani yang terletak di Berau Kalimantan Timur. Namun sebenarnya perusahaan tersebut merupakan usaha patungan. Tujuan pendirian perusahaan ini adalah menghasilkan kayu pulp.

Perusahaan ini berdiri atas kerjasama saham dari PT Tanjung Redeb HUtani dan PT Inhutani. Status dari PT Tanjung Redeb Hutani ini sudah berbadan hukum sejak 10 juni 1993.

4. PT Tidar Kerinci Agung

Dalam bidang usaha pengolahan sawit, Prabowo punya PT Tidar Kerinci Agung. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1984. Namun dikelola oleh keluarga besar Soemitro Djojohadikusumo, yang tak lain adalah orang tua Prabowo. Bisnis sawit punya prabowo diketahui ada 2 lahan, yaitu ada di Sumatera barat dan provinsi Jambi.

Hingga saat ini perusahaan ini setidaknya telah melakukan penanaman sawit seluas 16.048 hektar. Bisa dibayangkan dari bisnis ini saja berapa besar kekayaan prabowo, mengingat harga sawit cukup tinggi di pasaran.

5. PT Jaladri Swadesi Nusantara

Prabowo juga diketahui punya bisnis di bidang perikanan. PT Jalandri Sulawesi Nusantara merupakan perusahaan penangkapan ikan yang berdiri sejak September 2001. Prestasi terbaik perusahaan ini adalah pada tahun 2002 dimana berhasil memproduksi ikan tuna seberat 100 ton per bulan.

Daftar Kekayaan Prabowo Subianto

Selain kelima perusahaan di atas, sebetulnya prabowo masih memiliki sekitar 27 perusahaan lain yang ada di dalam dan luar negeri. Prabowo juga mempunyai beberapa aset lain yang jumlahnya fantastis hingga diduga nilainya sekitar 1,9 triliun rupiah. Berikut daftar kekayaan Prabowo sebagai sumber referensi

Tanah Dan Bangunan

Prabowo diketahui punya sejumlah tanah dan bangunan yang letakanya didominasi di Jakarta dan Bogor. Tidak main-main jika ditotal daftar kekayaan prabowo berupa aset tanah dan bangunan nilainya mencapai Rp230,44 miliar. Berikut perincian aset tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Prabowo Subianto

  • Aset berupa tanah dan bangunan dengan jumlah total luas sebesar 841 meter persegi / 850 meter persegi senilai Rp24,84 miliar. Tanah dan bangunan tersebut berada di Jakarta selatan.
  • Tanah dengan luas total sebesar 48.970 meter persegi. Untuk aset ini nilainya mencapai Rp6,46 miliar. Aset tanah tersebut berada di Bogor.
  • Aset tanah di Bogor dengan total luas seluruhnya sebesar 8.905 meter persegi. Tanah tersebut diketahui bernilai sekitar Rp5,46 miliar.
  • Tanah seluas 8.365 meter persegi dan bangunan seluas 2.175 meter persegi. Kedua aset tersebut berlokasi di Jakarta selatan. Total nilai dari keduanya mencapai Rp.124,76 miliar.
  • Bangunan dengan luas total sekitar 760 meter persegi. Berlokasi di Bogor, bangunan ini bernilai sekitar Rp5 miliar.
  • Ada juga tanah di bogor dengan luas sebesar 2.100 meter persegi. Nilai dari aset tanah tersebut mencapai Rp45 milar.
  • Aset tanah dan bangunan di Bogor dengan luas masing-masing yaitu 1 meter persegi dan 180.00 meter persegi. Tanah dan bangunan ini ada di Bogor dengan total nilainya sebesar Rp15 miliar.
  • Tanah dan bangunan di Bogor dengan luas masing-masing 1 meter persegi/61 meter persegi. Keduanya bernilai sekitar Rp400 juta.
  • Aset tanah seluas 10.000 meter persegi dan dan bangunan 800 meter persegi. Keduanya berlokasi di Bogor dengan nilai total sebesar Rp3 miliar.
  • Bangunan dengan total luas area 500 meter persegi yang berlokasi di Bogor. Nilai untuk bangunan tersebut diketahui sebesar Rp500 juta.

Alat Transportasi

Kekayaan prabowo juga bisa dilihat dari kepemilikan sejumlah alat transportasi yang jika ditotal nilainya cukup besar. Aset milik prabowo tersebut jika ditotal jumlahnya sekitar Rp1,43 miliar. Berikut perincian selengkapnya

  • Toyota Alphart yang termasuk mobil mewah berjenis minibus. Mobil ini diketahui Kluaran tahun 2005. Nilai untuk mobil alphard milik prabowo ini adalah sekitar Rp400 juta.
  • Honda CR-V yaitu sejenis mobi jeep keluaran tahun 2007. Nilai untuk mobil ini yaitu Rp200 juta.
  • Land Rover, mobil jeep dengan nilai Rp50 juta.
  • Mitsubshi Pajero, mobil jeep mewah keluaran tahun 2000 dengan tafsiran nilai Rp175 juta.
  • Toyota Land Cruiser jeep keluaran tahun 2000. Mobil ini bernilai sekitar Rp50 juta.
  • Motor merek Suzuki keluaran tahun 2002 dengan nilainya sekitar Rp7,5 juta.
  • Mobil merek Toyota Lexus keluaran sekitar tahun 2002. Nilai untuk mobil ini Rp500 juta.
  • Land Rover, mobil jeep keluaran tahun 1992 dengan nilai sekitar Rp50 juta.

Harta Bergerak Lainnya, Surat Berharga, Serta Kas Dan Setara Kas

Selain aset tanah, bangunan, dan sejumlah kendaraan, kekayaan prabowo juga bisa dilihat dari jenis harta lain.

Diketahui, prabowo memiliki sejumlah harta bergerak lain yang nilainya tidak main-main. Harta bergerak lain yang dimilikinya saat ini mencapai 127 jenis dengan nilai totalnya sebesar Rp16,42 miliar.

Belum lagi surat berharga yang dimilikinya. Diketahui, harta prabowo yang paling besar adalah dari surat berharganya tersebut. Prabowo ternyata mempunyai kepemilikan saham di 26 perusahaan dengan nilai totalnya sebesar Rp1,70 triliun.

Prabowo juga mempunyai sejumlah uang tunai, deposito, tabungan, serta setara kas lainnya. Untuk nilainya sendiri ada dalam 2 rekening, yaitu dalam negeri dan luar negeri.

Dalam bentuk rupiah, prabowo punya 4 rekening yang jumlah totalnya sebesar Rp20,5 miliar. Sedangkan rekening dolar ada 1 buah dengan nilai sebesar US 3.134.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Sosok Nadim Makarim

Itulah perician daftar kekayaan Prabowo Subianto serta perusahaan yang dimiliki olehnya. Menariknya, dengan jumlah aset sebesar itu, Prabowo diketahui tidak punya saldo hutang sama sekali. Kepiawaiannya mengelola bisnis memang tidak bisa diragukan lagi.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Inspirasi

Kekayaan Hotman Paris Berapa ya, 4.5 Trilyun bener gak sih ?

Hotman Paris Hutapea. (Foto: Instagram/@hotmanparisofficial)

Pasti pernah dengar jargon ‘Di atas langit masih ada Hotman Paris’ kan ?

Jargon ini begitu familiar di telinga masyarakat. Tidak sembarang jargon, karena ini memang berdasarkan kenyataan. Kekayaan Hotman Paris menurut beberapa sumber nilainya mencapai 4,5 triliun rupiah. Bagi orang biasa tentu jumlah ini bisa dibilang fantastis.

Hotman Paris juga ternyata diketahui punya aset mobil yang harganya 11 miliar. Menurut berbagai sumber, dirinya juga bayar pajak sebesar 30 miliar.

Sebenarnya dari mana saja sumber kekayaan Hotman Paris si pengacara nyentrik tersebut? Bagi yang masih penasaran dari mana saja sumber kekayaan Hotman Paris, simak uraian berikut ini

Tentang Hotman Paris Dengan Kekayaan Yang Dimilikinya

Sebelum mencari tahu, apa saja sumber kekayaan Hotman Paris sebaiknya kenali dulu pengacara nyentrik tersebut.

Hotman Paris Hutapea yang saat ini berusia 58 tahun, memang punya profesi sebagai seorang pengacara. Namun, dibanding pengacara lain di Indonesia rasanya dia bisa dikatakan paling banyak diberitakan.

Salah satunya karena penampilannya yang selalu terlihat glamour dan mewah. Hal itu terlihat dari outfit serta aksesoris yang dikenakannya.

Jangan lupa kendaraan-kendaraan yang digunakannya yang juga kerap menyedot perhatian publik. Hotman bahkan seperti seorang kolektor mobil mewah karena saking banyaknya unit yang dimiliki.

Pengacara Hotman Paris pernah mengenyam pendidikan master hukum di University of Technology, Sydney, Australia.

Pengacara terkenal di Indonesia tersebut kini telah dikaruniai 3 orang anak. Penasaran Hotman Paris dilahirkan di mana? Dirinya ternyata lahir di sebuah kota bernama Laguboti yang letaknya ada di Sumatera Utara.

Ada sebuah kisah menarik yang pernah diceritakan olehnya. Entah itu saking kayanya atau bagaimana pernah suatu hari ia dan istrinya mengunjungi Milan. Dengan santainya ia membawa uang cash yang nilainya tidak sedikit yaitu sekitar 20 ribu euro atau sekitar Rp300 juta.

Oleh karena tingkahnya tersebut, Hotman dan istrinya sempat diperiksa petugas karena dikira teroris. Namun, kasus tersebut berakhir damai dengan Hotman yang harus membayar denda sebesar Rp 3,2 juta.

Bahkan ia mengaku pernah menyimpan uang di kaos kaki saat di Milan sebanyak 30 ribu euro atau sekitar Rp450 juta.

Sumber Kekayaan Hotman Paris

Hotman Paris (Foto: Instagram)

Setelah tahu sebetulnya siapa Hotman Paris, pasti penasaran mengapa Hotman dijuluki pengacara tajir. Selain karena penampilannya yang selalu mewah, Hotman dikenal punya beberapa bisnis yang dijalani. Sumber kekayaannya juga sebagian berasal dari sana. Berikut apa saja sumber kekayaan Pengacara Hotman Paris selengkapnya

Bayaran Menjadi Pengacara Yang Nilainya Tidak Biasa

Sumber kekayaan Hotman Paris yang pertama tentu saja berasal dari profesinya sebagai seorang pengacara kondang. Hotman Paris ini sudah dikenal menjadi pengacara dari berbagai kasus besar, termasuk artis papan atas. Menjadi pengacara dari kasus besar, tentu saja fee yang didapatkan juga pasti nilainya tidak biasa.

Atas prestasinya, Hotman Paris bahkan tidak sungkan memasang tarif miliaran rupiah. Menurut beberapa sumber, per kasus Hotman biasanya mematok tarif sampai RP1,3 miliar. Hotman juga cerita jika dirinya pernah dibayar sebesar Rp160 miliar, untuk kasus perusahaan tambang. Kalau feenya saja sudah semahal ini, Hotman tidak cuma kaya tapi bisa dikatakan konglomerat.

Meskipun menetapkan tarif yang tidak biasa untuk setiap jasa yang ia berikan, Hotman termasuk orang yang punya jiwa sosial tinggi. Untuk kasus klien yang kebetulan punya dana minim, ia bahkan rela tidak dibayar. Dengan syarat, kliennya benar-benar berasal dari golongan tidak mampu.

Punya Villa Mewah Dan Hotel

Sumber kekayaan Hotman Paris tidak lepas dari beberapa aset yang dimilikinya. Termasuk villa yang hingga saat ini jumlahnya sudah mencapai 12 unit yang letaknya tersebar di Bali. Hotman punya villa yang menurutnya paling mewah yang diberi nama Cliff Hotman Paris VI Pandawa. Villa ini dibangun dengan nuansa eksklusif di Uluwatu Bali.

Oleh karena super eksklusif, maka jangan tanya tarif sewanya yang mencapai 29 juta rupiah per malam. Cliff Hotman Paris VI pandawa dibangun di atas lahan seluas 1500 meter. Fasilitasnya juga sangat mewah, salah satunya menawarkan pemandangan yang mengarah langsung ke samudera Hindia.

Selain Villa, Hotman juga punya beberapa hotel yang letaknya tersebar di banyak daerah. Salah satu yang paling terkenal adalah hotel Sere Nauli. Hotel ini berada di tanah kelahirannya sendiri yaitu daerah Laguboti, Sumatera Utara. Hotman bahkan punya komitmen untuk memperbanyak hotel dan villanya hingga 50 unit di masa depan.

Bisnis Jual Beli Ratusan Ruko

Sepertinya Bang Hotman ini punya ketertarikan tersendiri dengan bisnis properti. Terbukti selain mengelola villa dan hotel, dia juga kedapatan mengurus bisnis jual beli ruko. Jumlah ruko yang dimiliki olehnya saat ini mencapai 200 unit letaknya tersebar di seluruh Jakarta.

Ada sumber yang menyebutkan Hotman Paris pernah ketahuan memborong sebuah gedung dengan 18 lantai di kawasan Jakarta. Jumlah unit ruko yang mencapai ratusan tersebut, akhirnya banyak orang menjulukinya sebagai investor ruko kelas kakap. Ada yang penasaran berapa tarif sewa ruko miliki Hotman Paris?

Bagi yang berminat untuk menyewa Ruko milik pengacara kondang tersebut mulai saja dengan menyiapkan dana sebesar Rp200 juta. Dari pendapatan sewa ruko ini saja, Hotman bahkan bisa mengeruk keuntungan yang fantastis. Anggap saja ke 200 unit tersebut, semuanya full tersewa. Maka setidaknya ia bisa mengantongi uang senilai Rp400 miliar.

Punya Acara TV Sendiri

Selain menjadi pengacara dan pintar mengelola bisnis property, Hotman juga diketahui eksis di layar kaca televisi Indonesia. Bukan sebagai actor maupun bintang iklan, Hotman bahkan punya acara sendiri. Bertajuk ‘Hotman Paris Show” acara TV ini begitu menarik perhatian publik. “Hotman Paris Show” sudah lebih dulu mengudara sejak tahun 2017 hingga sekarang.

Acara TV yang dipandunya tersebut tayang sekali dalam seminggu. Setiap episodenya, Hotman Paris bahkan dibayar ratusan juta untuk program TVnya tersebut. Bagi yang bukan berasal dari kalangan artis, nilai segitu sangat menakjubkan sekali.

Sudahlah dari fee pengacara, lalu dari bisnis property yang dengan baik dijalankan olehnya. Sekarang ditambah juga dengan pendapatan dari membawakan acara TV. Tidak heran jika Hotman Paris dikenal sebagai pengacara tajir dengan total kekayaan mencapai triliunan rupiah.

Koleksi Barang Mewah

Kekayaan Hotman Paris tidak bisa lepas dari banyaknya aset barang mewah yang dimiliki olehnya. Sudahlah itu pendapatan feenya yang ratusan juta rupiah per kasus. Belum Lagi penghasilan yang didapatkan dari bisnis propertinya. Jika dijumlahkan bisa triliunan rupiah.

Maka dengan uang yang segitu banyaknya tidak heran, jika banyak barang-barang mewah telah menjadi koleksi di rumahnya. Lihat saja outfit serta aksesoris yang dipakainya sehari-hari. Hotman Paris bahkan pernah ketahuan mengenakan jam tangan mewah dengan harga Rp 30 miliar. Pernah juga kedapatan memakai jas yang harganya puluhan bahkan ratusan juta rupiah.

Belum lagi koleksi cincin berlian yang juga kerap kali dipakainya pasti nilainya tidak murah. Tentang penampilan Hotman yang selalu glamour ini Hotman bahkan mendapatkan julukan sebagai ‘Pengacara 30 milyar’. Ia juga mendapat julukan lain sebagai ‘The Most Dangerous Lawyer’ yang didapatkannya dari Majalah SWA.

Baca Juga: Inilah Sumber Kekayaan Ruben Onsu Yang Bikin Geleng Kepala!

Kekayaan Hotman Paris juga terlihat dari kegemarannya mengkoleksi mobil mewah. Ada banyak sekali deretan mobil mewah yang pernah mampir di garasi mobil rumahnya. Mulai dari jenis lamboghini, Hummer, Cadillac, Audi, Hingga Ferrari.

Itulah informasi tentang sumber kekayaan Hotman Paris. Pengacara nyentrik yang terkenal tajir dan bergelimang harta. Semua kekayaannya tersebut, sudah pasti Hotman dapatkan dengan kerja keras dan perjuangan besar.

Continue Reading

Inspirasi

Inilah Sumber Kekayaan Ruben Onsu Yang Bikin Geleng Kepala!

Instagram/ruben_onsu

Sosok Ruben Onsu mungkin tidak ada yang tidak tahu. Kehadirannya yang sering muncul di televisi, membuat salah satu artis ini tak pernah luput dari sorotan kamera.

Berita terbaru tentang dirinya yaitu soal pengambilan hak asuh seorang bocah lelaki bernama Bertrand. Sebelum kabar tersebut mencuat, berita kekayaan Ruben Onsu pun sempat diperbincangkan.

Berawal dari statement rekan artis Ruben sendiri yaitu Raffi Ahmad yang mengaku pernah melihat isi ATM miliknya berjumlah Rp27 milyar.

Sejak saat itu, publik pun seakan bertanya-tanya, berapa sih sebetulnya kekayaan ruben Onsu?

Nah supaya tidak penasaran lagi, simak beberapa sumber kekayaan Ruben Onsu berikut ini

Kekayaan Ruben Onsu dari Presenter Acara TV

Instagram/ruben_onsu

Menjadi presenter acara TV merupakan salah satu sumber kekayaan Ruben Onsu.

Sebelum berhasil mengelola bisnis seperti sekarang, Ruben memang dikenal mengawali karir sebagai seorang artis. Pelan-pelan menapaki karir, hingga saat ini dirinya dinobatkan menjadi salah satu artis kondang Indonesia.

Bagi yang belum tahu, dulu sekitar tahun 1990-an Ruben sempat mengambil peran dalam Lenong Bocah.

Berangkat dari sana, Ruben pun akhirnya sering mendapat tawaran-tawaran lain untuk bermain peran. Paling sering sih, Ruben diajak untuk menjadi pembawa acara karena gayanya yang kocak dan terkesan luwes.

Keahliannya tersebut lah yang mengantarkan Ruben hingga kini menjadi presenter TV favorit di Indonesia. Ini juga yang akhirnya menjadi sumber kekayaannya loh.

Jangan kaget dengan tarif yang bisa diterimanya. Disebut-sebut, per acara Ruben bisa digaji Rp10 juta. Kalau 1 bulan saja full kerja, Rp300 juta kontan bisa masuk kantong.

Kekayaan Ruben Onsu dari Bisnis Ayam Geprek

Instagram/ruben_onsu

Selain menjalani profesi sebagai artis, Ruben ternyata juga jago berbisnis. Bisnis Ayam Geprek ini dikenal menjadi bisnis paling sukses dan menjadi salah satu sumber kekayaan Ruben Onsu.

Bisnis ayam geprek yang diberi nama “Bensu” ini resmi berdiri sejak April 2017. Diluar dugaan bisnis kuliner ini ternyata berkembang pesat.

Mengapa bisa dikatakan berkembang pesat? Lihat saja gerainya sekarang sudah mencapai 10 buah dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Bisa dibayangkan bukan? Gerai sebanyak itu, tentu punya banyak sekali karyawan pendukung. Menurut informasi terakhir sih, karyawan dari Bisnis Ayam Geprek Bensu saat ini sudah mencapai 3.500 orang.

Ayam geprek Bensu ini sebetulnya hanya olahan ayam biasa yang digoreng. Sengaja digeprek kemudian dikombinasikan dengan sambal.

Sebagai pelengkap, turut pula disediakan menu lain seperti jamur goreng, tahu tempe, serta terong goreng. Jika dipikir menu seperti ini tergolong sederhana.

Namun nyatanya, setiap outlet yang kini jumlahnya sudah mencapai 104 buah itu tak pernah sepi pengunjung. Penasaran dengan keuntungan bersih bisnis Ruben yang ini? Menurut sebuah warta ekonomi, dari bisnis ini Ruben bisa meraup keuntungan Rp7 juta per harinya.

Kekayaan Ruben Onsu dari Bisnis Minuman Kemasan

Instagram/ruben_onsu

Bisnis minuman kemasan pun diduga menjadi sumber kekayaan Ruben Onsu selanjutnya.

Minuman kemasan produksinya kali ini dinamai dengan “Bensu Drink”.

Pemasaran produknya ini, dia memilih pakai 2 cara. Pertama produknya dia pasarkan melalui gerai-gerai Ayam Gepreknya. Hal ini dilakukan supaya lebih mudah menjangkau pembeli.

Kedua, Ruben memilih untuk memasarkannya lewat e-commerce seperti Shoppe. Pemasaran online seperti ini, bertujuan supaya lebih banyak orang yang tahu dengan produk terbarunya tersebut.

Bensu Drink itu minuman apa sih? Nah, bagi yang belum tahu, Bensu Drink merupakan minuman dalam kemasan dengan banyak varian rasa.

Konsumen setidaknya bisa memilih 4 varian rasa. Mulai dari rasa apel, jambu, leci, serta rasa mangga. Harga yang dipatok untuk minuman tersebut yaitu Rp4 ribu rupiah per botolnya.

Bakso Dan Makanan Beku

Instagram/ruben_onsu

Berpikir jika Ayam Gepreknya makin sukses, Ruben pun berinisiatif untuk membuat bisnis dengan menjual bakso.

Berangkat dari pengamatannya tentang orang Indonesia yang cukup menyukai makanan tersebut. Tidak tanggung-tanggung peminat baksonya itu tidak hanya berasal dari Indonesia saja loh, bahkan hingga Hongkong.

Apa saja sih, bakso yang ditawarkan? Cukup bervariasi mulai dari bakso goreng, bakso urat, hingga ada bakso telur.

Banyak peminat kuliner ini, salah satunya karena harganya yang cukup terjangkau. Seporsi menu bakso dihargai kisaran Rp3 ribu hingga Rp12 ribu saja. Bagi yang ingin beli paketan, harganya mulai Rp15 ribu hingga Rp25 ribuan saja.

Ruben juga diketahui mengelola bisnis makanan beku. Bisnis ini masih tergolong baru, produknya pun masih minim.

Baru ada Bensu Nugget Stick Keju, Bensu Sosis, serta Bensu Otak-otak. Harganya bekisar antara Rp22 ribu hingga Rp47 ribu per packnya. Dua bisnis kuliner ini juga termasuk salah satu dari sumber kekayaan Ruben Onsu.

Big Ben Kopi

Instagram/ruben_onsu

Setelah minuman kemasan Bensu Drink, rupanya Ruben ingin mencoba bisnis minuman lain.

Kali ini dia membuka bisnis perkopian dengan mengusung nama “Big Ben Kopi”. “Big Ben Kopi” ini semacam kedai kopi namun juga melayani menu lain. Untuk wilayah Jakarta, Ruben sudah membuka kedai di Tebet, Lebak Bulus, juga Benhill.

Namun, baru-baru ini Ruben juga membuka cabang “Big Ben Kopi” di daerah Surabaya tepatnya di Gubeng.

Tidak hanya kopi yang disajikan di tempat ini, namun banyak variasi menu lain. Disediakan juga minuman cokelat, green tea, serta waffle aneka isian.

Tidak hanya melayani minum ditempat, Big Ben Kopi juga mengemas kopi dalam bentuk botol kecil sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana.

Kedai kopi ini cukup favorit terutama kalangan anak mudah maupun mahasiswa karena harganya yang terjangkau. Minumannya dijual rata-rata Rp8 ribu hingga Rp28 ribu saja.

Bisnis Sarwendah

Instagram/ruben_onsu

Kekayaan Ruben Onsu juga tidak boleh dilepaskan dari peran istrinya Sarwendah. Selain dikenal punya paras cantik, ternyata ia mirip dengan suaminya pintar berbisnis.

Sebelumnya Sarwendah juga merupakan seorang artis, yaitu mantan salah satu member girlband Cherrybelle. Sarwendah cukup lihai mengelola 2 bisnis sekaligus.

Pertama bisnis makanan ringan “Snack SOS” yang menyediakan beragam pilihan makanan ringan.

Mulai dari Sompe, telinga gajah, maupun aneka kripik lainnya. Selain makanan ringan, Sarwendah juga diketahui mengelola bisnis minuman kesehatan berupa jus dalam kemasan. Untuk kedua bisnis tersebut, Sarwendah memilih memasarkannya secara online.

Clothing Line Serta MOP Channel

Instagram/ruben_onsu

Sumber Kekayaan Ruben Onsu yang lain berasal dari bisnis Clothing Linenya yang cukup sukses.

Awalnya, bisnis clothing linenya tersebut berangkat dari kebiasaan sang istri yang menyukai daster untuk pakaian sehari-hari di rumah. Akhirnya Ruben dan istrinya sepakat membuat bisnis clothing line yang menyediakan daster dengan label batik kuda mas.

Selain itu, Ruben juga mulai melirik bisnis digital entertainment dan vision yang saat ini memang sedang trend.

Baca Juga: Inilah Daftar Kekayaan Prabowo Subianto yang Ternyata Tajir Banget

MOP channel yang ia dirikan ternyata berafiliasi langsung dengan youtube. MOP (Media Onsu Perkasa) menyediakan aneka pilihan sub channel yang menarik. Mulai dari Bensurvive, Cuap-cuap, Santai, dan masih banyak lagi.

Jangan kaget saat tahu, berapa subscriber MOP Chanel yang hingga kini sudah menyentuh angka 1.278.767 pengguna. Informasi lain menyebutkan ada sekitar 625 video di MOP Channel yang sudah ditonton sebanyak 144.182.694 kali. Dengan perhitungan tersebut, MOP Channel bahkan bisa meraih pendapatan adsense hingga Rp233 juta atau setara 3,7 milyar.

Melihat informasi di atas ternyata sumber kekayaan Ruben Onsu banyak juga. Dari pendapatan bisnisnya ditambah dengan profesinya sendiri menjadi artis, tidak heran dirinya punya saldo ATM milyaran. Sekarang, tidak perlu penasaran lagi, apa saja sumber kekayaan artis Ruben Onsu.

Continue Reading

Inspirasi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Sosok Nadim Makarim

Nadim makarim (Foto: Go-jek)

Siapa orang Indonesia yang tidak tahu Go jek?

Aplikasi transportasi paling populer ini bahkan sudah masuk menjadi bisnis deacorn. Apa sudah tahu siapa pendiri aplikasi Gojek? Namanya Nadim Makarim, salah satu orang hebat dengan segudang prestasi. Ingin tahu lebih jauh tentang dirinya? Simak uraian selengkapnya berikut ini

Sekilas Biografi Nadim Makarim

Nadim Makarim (kemdikbud.go.id)

Pertama-tama akan dibahas dahulu tentang biografi seorang Nadim Makarim. Dalam biografi ini akan dijelaskan tentang kehidupan keluarga, latar belakang pendidikan serta kehidupan pernikahan beliau. Berikut penjelasan selengkapnya

Latar Belakang Keluarga Nadim Makarim

Nadim makarim (sumber: facebook/sarimakkiphotography)

Diketahui dari beberapa sumber Nadim ternyata lahir di Singapura. Tanggal tepatnya yaitu 4 Juli 1984. Beliau lahir dari pasangan Nono Anwar Makarim yaitu ayahnya Dan seorang ibu bernama Atika Algadrie. Ayahnya, Nano Anwar Makarim merupakan seorang keturunan minang-Arab yang berprofesi sebagai aktivis dan pengacara terkemuka.

Ibunya, Atika Algadrie berprofesi sebagai penulis lepas. Fakta yang tidak banyak orang tahu, jika Atika Algadrie merupakan putri dari Hamid Algadrie. Beliau merupakan salah satu dari sekian orang yang menjadi perintis kemerdekaan Indonesia. Nadim punya saudari perempuan yang bernama Rayya Makarim. Saudarinya tersebut bekerja sebagai penulis naskah film.

Pendidikan Nadim Makarim

Soal pendidikan, Nadim Makarim diketahui mengenyam sekolah dasarnya di Jakarta. Begitu juga pada jenjang sekolah menengah pertamanya. Namun setelah lulus SMP , beliau memilih melanjutkan pendidikannya ke tingkat SMA ke Singapura.

Nadim Makarim dikenal sebagai sosok yang begitu mandiri di mata keluarganya. Terbukti, saat tahun 2002 tepatnya ketika lulus SMA, beliau memilih untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Nadim memilih jurusan yang cukup bergengsi yaitu hubungan internasional di Brown University. Hebatnya lagi, selama berkuliah dirinya pun sempat mengikuti pertukaran pelajar.

Saat itu, beliau mengikuti program foreign exchange di London School of economics selama kurang lebih setahun. Setelah lulus sarjana, Nadim pun melanjutkan program masternya. Kala itu, beliau memilih melanjutkan studinya nya di Harvard Business School. Lagi-lagi Nadim menorehkan prestasinya dengan memperoleh gelar MBA dari studinya tersebut.

Kehidupan Pernikahan

Kini Nadim Makarim pun sudah tidak sendiri. Beliau akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang wanita cantik yang ia pilih menjadi istrinya. Diketahui istri dari pendiri Gojek tersebut bernama Franka Franklin.

Keduanya melangsungkan pernikahan sekitar tahun 2014 lalu. Dari pernikahannya tersebut, keduanya diketahui telah memiliki satu orang putri bernama Solara Franklin Makarim. Uniknya, baik Nadim dan istrinya ternyata punya perbedaan keyakinan.

Nadim Makarim dari lahir memang beragam islam. Sementara Franklin istrinya merupakan penganut agama Kristen yang taat. Namun keduanya membuktikan jika perbedaan lah yang malah membuat sesuatu menjadi lebih indah. Terbukti dengan pernikahan mereka yang bisa lenggeng hingga sekarang.

Perjalanan Karier Dan Bisnis Yang Dibangun Olehnya

Nadim Makarim (Foto: Go-jek)

Selanjutnya adalah soal perjalanan karir dan bisnis. Jadi setelah lulus bergelar MBA, Nadim tidak langsung mengelola bisnis. Beliau nyatanya juga pernah beberapa kali bekerja di perusahaan. Sampai akhirnya membuka bisnis sendiri, bahkan saat ini menjadi salah satu jajaran menteri. Berikut perjalanan karir dan bisnis yang dijalani oleh seorang Nadim

1. Bekerja Di McKinsey & Co 

Setelah lulus dan mendapat gelar MBA, Nadim Makarim memilih untuk kembali ke Indonesia. Kala itu beliau langsung diterima menjadi konsultan manajemen di perusahaan Mckinsey & Company. Beliau bekerja di tempat tersebut selama lebih kurang tiga tahun. Namun kemudian Nadim memilih untuk resign.

2. Menjadi Co-Founder Dan Managing Director Di Zalora Indonesia

Menjadi seorang konsultan manajemen, tidak membuatnya cukup puas. Setelah resign dari pekerjaan sebelumnya, Nadim diketahui bekerja di Zalora sekitar tahun 2011 hingga 2012. Kala itu, langsung menduduki jabatan sebagai Co-Founder dan Managing Director.

Sayangnya tahun 2012, Nadim memilih resign kembali. Menurutnya pengetahuan yang ia peroleh dari bekerja di Zalora sudah cukup untuk membangun bisnis sendiri. Setelah keluar dari Zalora inilah, pelan-pelan Nadim mulai membangun startup Gojek. 

3. Sempat Bekerja di Kartuku

Keluar dari Zalora, Nadim pun mencoba untuk bekerja di Kartuku. Di sana ia menghabiskan waktu untuk menggali ilmu Selama setahun yaitu dari tahun 2013 hingga tahun 2014. Pekerjaan ini dilakoninya sambil menjalankan bisnis Gojek yang juga baru dirintis olehnya. Sebagai informasi “Kartuku” merupakan salah satu sistem pembayaran non tunai di Indonesia.

Pada awal-awal berdiri dulu Kartuku sempat booming. Hal ini karena kala itu hampir tidak ada kompetitor lain seperti saat ini. Setelah banyak bermunculan kompetitor, Kartuku mulai sepi peminat. Sampai akhirnya kini diakuisisi sendiri oleh Gojek menjadi Gopay.

4. Berhasil Mengembangkan Gojek

Tepatnya pada tahun 2010, Gojek resmi didirikan sendiri oleh Nadim. Menurut beberapa sumber menyebutkan, jika kini Gojek sudah masuk dalam salah satu dari 19 deacorn di dunia. Awal berdiri Gojek ini merupakan pelayanan call centre. Lingkup pelayanan hanya pengiriman barang serta ride hailing dengan motor.

Kini, Gojek telah berubah banyak dengan menyediakan lebih dari 20 pelayanan. Sekaligus membawa Gojek menjadi bisnis dengan valuasi mencapai USD 10 miliar. Atas prestasinya ini, Nadim bahkan masuk dalam 150 orang terkaya di Indonesia versi majalah Globe Asia. Dengan total kekayaan mencapai US 100 juta.

5. Menjadi Salah satu Menteri Pada Kabinet Indonesia Maju

Karir puncak Nadim Makarim adalah ketika dirinya terpilih menjadi salah satu jajaran menteri yang ditunjuk langsung oleh presiden Jokowi. Atas keputusan tersebut, Nadim pun akhirnya mengundurkan diri dari Gojek. Tepatnya tanggal 23 Oktober 2019, presiden Joko Widodo secara resmi mengangkatnya sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan.

Baca Juga: Daftar Startup Terbaik dan Terbesar di Indonesia Bergelar Unicorn

Baca Juga: Bahas Tuntas Potensi Startup di Indonesia saat ini

Prestasi Terbaik, Masuk Majalah Time

Prestasi yang kini telah diraih oleh Nadim memang semua termasuk membanggakan. Namun, selain dirinya yang berhasil masuk dalam jajajaran kabinet menteri, baru-bari ini Nadim pun kembali menorehkan prestasi terbaiknya. Prestasi tersebut adalah namanya yang masuk dalam majalah “Time” sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia.

Fakta tersebut dikutip dari laman resmi majalah “Time”, tepatnya tanggal 14 November 2019. Majalah Time sendiri telah merilis 100 orang yang berkontribusi dalam membentuk masa depan dunia bisnis, olahraga, kesehatan, dan lainnya. Istimewanya, nama Nadim Makarim terbukti tercantum dalam daftar 100 orang tersebut.

Pada daftar tersebut, Nadim ditempatkan dalam kategori leaders atau pemimpin. Bersanding dengan menteri lingkungan hidup jepang Shinjiro Quesada, serta beberapa pemimpin muda lainnya. Sebagai informasi, selain kategori pemimpin, majalah time juga merilis daftar nama-nama influencer di kategori artis, tokoh fenomenal, penemu, maupun kalangan pengacara.

Telah banyak diketahui, jika Nadim telah resmi keluar dari Gojek, dan memenuhi permintaan Presiden Jokowi untuk menjadi menteri. Pada kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut, Nadim diberi wewenang sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan sampai 5 tahun mendatang. Jabatan inilah yang membuat dirinya dianggap sebagai pemimpin masa depan ekonomi terbesar ke-16 dunia.

Wakil Direktur Center For Strategic and International Studies, Brian Harding mengungkapkan jika Nadim mampu membawa anak muda berjiwa wirausaha dalam kabinet. Daftar orang berpengaruh menurut Time saat ini didominasi oleh tokoh usia muda. Membuat Nadim yang berusia 35 tahun cukup layak untuk masuk dalam daftar tersebut.

Itulah sekilas tentang seorang Nadim Makarim. Pendiri sebuah Startup yang sukses di Indonesia yaitu Gojek. Bagi yang penasaran tentang beliau, artikel ini mungkin bisa menjadi bahan informasi.

Continue Reading

TOP STORIES