Connect with us

Education

Ilmu Administrasi Negara [Ulasan Lengkap]

Dari sekian banyak jurusan kuliah, ada salah satu yang cukup menarik perhatian. Jurusan tersebut dikenal dengan ilmu administrasi negara.

Walaupun banyak peminatnya, namun masih banyak juga yang belum paham betul tentang seluk beluk ilmu tersebut.

Berikut serba serbi tentang Ilmu administrasi negara yang bisa diketahui terutama bagi yang masih awam.

Pengertian Ilmu Administrasi Negara     

Untuk mengenal lebih jauh tentang jenis ilmu ini, sebetulnya ada 2 pengertian. Ada pengertian secara umum dan dalam artian lebih khusus.

Jika dilihat dalam arti secara umum, ilmu ini lebih kepada sebuah program studi yang mempelajari tata kelola. Tata kelola disini juga termasuk semua hal yang berhubungan dengan manajemen administrasi negara.

Tata kelola serta manajemen akan dipelajari lebih spesifik dalam ilmu ini. Diantaranya pelajaran tentang administrasi pemerintah, termasuk semua unsur di dalamnya. Ada juga pengertian dalam artian lebih khusus dan lebih kompleks.

Ilmu tentang administrasi negara yaitu cabang ilmu yang di dalamnya akan mempelajari segala proses yang dilakukan baik oleh seseorang maupun kelompok organisasi.

Segala rangkaian proses tersebut ada kaitannya dengan pelaksanaan atau penerapan peraturan dan hukum yang ada hubungannya dengan urusan-urusan negara.

Dan yang paling penting, semua peraturan yang dimaksud disini adalah peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Termasuk diantaranya badan legislatif, eksekutif, serta yudikatif.

Yang Dipelajari Dalam Ilmu Administrasi Negara

Jika dilihat dari namanya “administrasi”, maka ilmu yang dipelajari tentu saja tidak jauh-jauh dari merapikan, atau mengelola sesuatu.

Mahasiswa yang belajar ilmu ini akan berkutat dengan sejumlah data-data, berkas, atau aturan-aturan dibarengi dengan belajar teknologi untuk mengimplementasikannya. Mahasiswa dalam studi ilmu ini setidaknya dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi yaitu

1. Menganalisis Interaksi Antar Pelaku Dalam Sebuah Pemerintahan Publik

Nantinya mahasiswa setelah mempelajari ilmu ini, diharapkan akan mampu menyusun kebijakan termasuk manajemen pelayanan publik. Selain itu, mereka juga perlu memahami interaksi pelaku dengan pemerintah lainnya. Termasuk dalam aspek ekonomi, sosial, politik, budaya, serta pertahanan dan keamanan. Dengan menggunakan pendekatan ekonomi politik.

2. Mampu Untuk Menganalisis Serta Mengevaluasi Kebijakan Yang Ditujukan Untuk Publik

Setelah memahami interaksi pelaku dengan pemerintah, mahasiswa juga dituntut untuk semakin pandai untuk melakukan evaluasi serta menganalisis. Tentu dalam bidang kebijakan publik dengan memakai prinsip-prinsip. Selain itu juga menggunakan metode kuantitatif serta kualitatif untuk seluruh siklus kebijakan yang ada.

3. Mampu Mengkaji Regulasi

Mahasiswa juga dituntut untuk kemudian bisa melakukan pengkajian terhadap regulasi yang relevan. Selain itu juga mengkaji lebih dalam tentang hasil analisis kebijakan . Nantinya hasil tersebut dapat berupa catatan, uraian, atau kertas kerja kebijakan. Nantinya hal tersebut akan menjadi bahan membuat naskah kebijakan.

4. Mampu Mengorganisasikan Kegiatan

Kemudian setelah kebijakan berhasil dibuat, maka mahasiswa juga harus bisa untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut. Untuk mengimplementasikannya, diperlukan kelihaian dalam mengorganisasikan kegiatan. Hal ini bermanfaat karena dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik.

5. Mampu Mengusulkan Ide Atau Gagasan Reformasi Kebijakan

Menurut sumber dari fia.ui.ac.id, seorang mahasiswa jurusan ilmu administrasi negara juga dituntut untuk mampu mengusulkan ide sekaligus gagasan. Tentu saja yang berhubungan dengan reformasi kebijakan serta manajemen layanan publik.

Mata Kuliah Yang Harus Diambil Pada Ilmu Administrasi Negara

image: Pixabay.com

Secara umum ada beberapa mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini. Seperti diantaranya ilmu Sistem Dan Hukum Administrasi Negara, Statistik Sosial, Sumber daya Manusia. Ada juga ilmu Demografi, Manajemen, Administrasi Pemerintah daerah dan masih banyak lagi.

Setidaknya untuk bisa lulus, mahasiswa jurusan ini harus dapat menyelesaikan sekitar 144 hingga 146 SKS. Di antara jumlah sks tersebut di dalamnya terdapat macam-macam mata kuliah yang sempat dijelaskan diatas. Selain itu, ada juga tambahan mata kuliah lain. Diantaranya seperti mata kuliah pengembangan kepribadian.

Di dalamnya termasuk pendidikan agama serta kewarganegaraan. Ada juga mata kuliah keahlian dan ketrampilan, yang mencakup pengantar sosiologi, ilmu politik, filsafat administrasi, dan lain-lain. Selain itu ada yang namanya mata kuliah keahlian berkarya yaitu sudah masuk ke penjurusan.

Yang termasuk dalam mata kuliah keahlian berkarya adalah pengantar ilmu administrasi negara, ilmu manajemen publik, dan masih banyak lagi.

Selain itu mahasiswa juga harus memilih mata kuliah untuk penjurusan yang disesuaikan dengan minatnya. Ada juga mata kuliah khusus yang harus ditempuh setelah mengambil konsentrasi.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun ini

Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Sebelum memutuskan untuk kuliah dengan mengambil jurusan ini, tentu penting untuk mengetahui prospek kerja nantinya setelah lulus. Tidak usah takut jurusan ini nantinya tidak akan dapat bekerja.

Karena tidak mungkin jurusan dibuka namun tidak menyediakan lapangan kerja untuk lulusannya. Berikut prospek kerja apa saja setelah lulus dari jurusan administrasi negara :

1. ASN (Aparatur Sipil Negara)

Karena jurusan ini banyak membahas tentang administrasi negara tentu saja lulusannya paling cocok bekerja di pemerintahan. Salah satunya menjadi aparatur sipil negara atau dulu yang lebih familiar disebut pegawai negeri sipil. Di kantor pemerintahan, nanti mereka akan bekerja untuk mengurusi administrasi serta mengawasi pelaksanaan kebijakan serta manajemen publik.

2. Sebagai Seorang Akademisi

Mahasiswa jurusan administrasi negara yang telah lulus menempuh S1 dan ada niatan melanjutkan S2 maka akan berpeluang menjadi akademisi. Menjadi seorang akademisi baik di tingkat dosen maupun ke level peneliti. Setelah paham benar tentang ilmu ini bukan hal yang tidak mungkin jika nanti bisa menjadi pakar.

Dengan menjadi pakar maka bisa lebih lebar mengembangkan ilmu ini. Bisa menjadi bahan rujukan untuk orang-orang baik untuk bidang yang sama maupun untuk bidang lainnya.

3. Menjadi Staf Anggota Badan Legislatif

Bahkan setelah lulus, bisa juga menjadi anggota badan legislatif. Namun untuk mewujudkannya, harus dimulai dengan menjadi anggota partai politik dulu. Ilmu yang telah dipelajari tentu saja sangat berguna di badan legislatif. Hal ini karena badan legislatif memang bertugas untuk menampung aspirasi publik tang dijadikan acuan membuat kebijakan.

4. Seorang Aktivis LSM

Seumpama kurang suka dengan hal yang berbau politik, bisa juga terjun di bidang non politik. Misalnya dengan mendirikan atau bergabung dengan LSM. Memang LSM lahir dari aspirasi masyarakat, namun mereka juga punya kewenangan untuk mengawasi kebijakan pemerintah. Termasuk memberikan masukan terkait pelayanan yang diberikan untuk masyarakat.

5. Menjadi Konsultan Pemerintahan

Selain langsung terjun ke pemerintahan, bisa  juga dengan menjadi mitra mereka. Menjadi mitra pemerintahan artinya dapat membantu memecahkan masalah administrasi hingga masalah pemerintah lainnya dengan bertindak sebagai konsultan.

Itulah apa saja yang menjadi serba-serbi ilmu administrasi negara. Baik tentang pengertian, apa saja yang dipelajari, mata kuliah yang harus ditempuh, serta prospek kerja bagi lulusan.

Bisa menjadi inspirasi bagi yang masih bingung memilih jurusan kuliah, dan menjadi pengetahuan yang masih awam dengan ilmu ini.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Peran Indonesia dalam Organisasi Internasional, Bikin Bangga !

Menurut N.A Maryam organisasi internasional yaitu sebuah bentuk organisasi yang dibentuk berdasarkan perjanjian.

Dimana hasil perjanjian tersebut, akhirnya melibatkan 3 atau lebih negara yang kemudian berperan menjadi anggota organisasi.

Indonesia, juga terhitung ikut serta dalam beberapa organisasi internasional.

Berikut apa saja peran Indonesia dalam organisasi internasional yang bisa diketahui :

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional PBB

image: un.org

Peran Indonesia dalam organisasi PBB mulanya adalah sebagai keikutsertaannya dalam sejarah berdirinya organisasi tersebut.

Indonesia sendiri secara resmi masuk menjadi anggota ke 60 PBB tepat pada tanggal 28 September 1950.

Setelah itu, Indonesia memang sempat keluar yang dilatarbelakangi oleh rasa protesnya terhadap organisasi tersebut.

Hal tersebut terkait dengan diterimanya Malaysia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB.

Namun tanggal 28 September 1966, Indonesia masuk lagi sekaligus membawanya menjadi salah satu struktur PBB yaitu menjadi dewan tetap.

Keanggotaan dewan tetap ini akan disandang hingga tahun 2020 nanti.

Keanggotaan dewan tetap PBB ini tidak begitu saja diraih dengan mudah oleh Indonesia.

Terpilihnya Indonesia tersebut didasarkan pada kepemilikan rasa toleransi yang tinggi.

Hal ini secara tidak langsung dapat berperan dalam mewujudkan perdamaian dunia.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional MEA

MEA
image: asean.org

MEA atau yang lebih dikenal Masyarakat Ekonomi Asean, merupakan organisasi sosial yang dibentuk tahun 2015 lalu.

Berdirinya organisasi ini ditengarai oleh fenomena era globalisasi dimana semua negara ASEAN mau tidak mau harus mempersiapkan diri.

Peran Indonesia dalam organisasi ini adalah sebagai pelaksana MEA.

Tujuan didirikan MEA supaya beberapa sektor ekonomi negara-negara ASEAN tetap stabil meskipun terkena efek dari globalisasi.

Mereka khawatir, jika sampai terjadi kondisi dimana tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya akibat persaingan bisnis yang semakin ketat.

Adanya MEA ini diharapkan akan memacu daya saing pebisnis di Indonesia agar bekerja lebih profesional.

Selain itu, pengusaha dalam negeri pun dapat lebih terpacu untuk memperbaiki kualitas produknya.

Dengan begitu, secara otomatis mereka akan lebih siap untuk bersaing dengan produk asing yang turut beredar di pasaran.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional GNB

image: medium.com

Organisasi GNB atau biasa disebut Gerakan Non Blok berdiri pada tahun 1961.

Peran Indonesia sendiri berperan aktif yaitu sebagai salah satu pendiri organisasi tersebut.

Bahkan pada tahun 1992 Indonesia berhasil ditunjuk sebagai ketua gerakan non blok.

Kedudukan ini diraih saat dilaksanakannya konferensi negara-negara non blok yang saat itu digelar di Jakarta.

Organisasi ini merupakan usaha negara-negara untuk meredakan ketegangan antara blok barat dan blok timur.

Jika keduanya tidak segera diselesaikan, perdamaian dunia pasti akan ikut terancam.

Dengan keikutsertaan Indonesia ini, artinya negara tersebut turut serta dalam meredakan ketegangan antara blok barat dan blok timur.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional APEC

image: apec.org

APEC atau Asia Pacific Economic Coorporation didirikan bulan januari tahun 1989.

Anggota dari organisasi ini berjumlah 20 negara dari asia serta beberapa negara di samudera pasifik. Adapun tujuan dari dibentuknya APEC ini adalah

  • Membuat pertumbuhan serta pembangunan ekonomi di kawasan asia pasifik semakin kuat.
  • Hubungan kerja sama ekonomi antar anggota APEC makin erat.
  • Memacu tingkat perkembangan pasar bebas area asia pasifik.

Tentu saja keikutsertaan Indonesia dalam APEK ini punya beberapa peran khusus. Terutama saat digelar KTT APEC tahun 1994 lalu.

Saat itu Indonesia berperan sebagai ketua periode tahun 1994 dan menjadi negara tuan rumah KTT APEC pada tahun yang sama.

Selain itu di waktu yang sama Indonesia juga berperan dalam perumus bogor declaration, serta menjadi pendorong terbentuknya ECOTECH.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional OKI

image: oic-oci.org

OKI atau Organisasi Konferensi Islam awalnya berdiri tahun 1969, setelah para negara islam mengadakan KTT Islam.

Namun berubah nama menjadi organisasi kerjasama islam tepat pada tanggal 28 Juli 2011.

OKI sendiri berdiri atas dasar reaksi demi meningkatkan solidaritas islam, mendukung perdamaian dunia, serta melindungi tempat-tempat islam.

Selain itu, OKI juga bertujuan untuk wadah agar lebih mudah mengkoordinasikan hubungan kerjasama antar negara anggota.

OKI kemudian berfokus untuk membantu memperjuangkan kemerdekaan palestina sehingga menjadi negara berdaulat.

Indonesia juga berperan dalam mewujudkan tujuan tersebut.

Salah satunya yaitu upaya Indonesia untuk memfasilitasi penyelesaian konflik antara Moro National Liberation Front dengan pemerintah Filipina.

Peran Indonesia yang lain adalah ikut serta dalam mendukung berdirinya negara palestina.

Bentuk dukungan dari gerakan tersebut adalah dengan dibukanya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina tahun 1989.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional OPEC

image: opec.org

OPEC lebih dikenal sebagai organisasi internasional yang anggotanya merupakan negara-negara penghasil serta pengekspor minyak dunia.

Seluruh anggotanya diketahui telah mengendalikan 61% ekspor serta bisa dikatakan menguasai 80% cadangan minyak dunia.

Awal berdiri OPEC beranggotakan 5 negara di dunia.

Diantaranya Iran, Irak, Kuwait, Arab Saudi serta Venezuela.

Kemudian pada tahun yang sama Indonesia mulai bergabung.

Perannya dalam organisasi ini pun nyata yaitu berkedudukan sebagai sekjen OPEC yang saat itu dijabat oleh Prof. Subroto. Jabatan ini disandang sejak tahun 1988 hingga 1994.

Saat itu Indonesia berperan menjadi penengah jika ada negara anggota OPEC yang terlibat konflik.

Sayangnya sejak tahun 2008 status keanggotaan Indonesia ini mulai dibekukan.

Hal ini terkait dengan Indonesia yang mulai melakukan impor minyak dari negara lain.

Tentu saja hal ini menimbulkan ketidaksetujuan anggota OPEC lainnya.

Peran Indonesia Dalam Organisasi Internasional G-20

image: upload.wikimedia.org/wikipedia

Sebagai informasi, Indonesia merupakan satu-satunya negara ASEAN yang menjadi adggota G-20 ini.

Kelompok G-20 ini sendiri sebetulnya beranggotakan 19 negara kemudian bertambah dengan masuknya negara Uni Eropa.

Anggota organisasi kelompok G-20 ini dapat dikatakan menguasai 75% perdagangan dunia.

Sementara Indonesia sendiri berperan sebagai anggota dari organisasi ini.

Seperti yang telah diketahui Indonesia ini mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil setiap tahunnya.

Hal ini tentu saja menjadikan negara tersebut menjadi salah satu sumber kekuatan ekonomi dunia.

Apalagi Indonesia memiliki model pembangunan yang tergolong lengkap.

Sebut saja kepemilikan sumber daya alam yang melimpah serta sumber daya manusia yang berkualitas.

Selain itu Indonesia sendiri juga memiliki letak geografis yang stabil. Begitu juga iklim demokrasinya yang cenderung cukup stabil setiap waktu.

Itulah beberapa peran Indonesia dalam organisasi internasional. Dengan mengetahui cukup banyak peran Indonesia dalam organisasi internasional dapat menjadi bukti nyata negara ini cukup aktif dalam organisasi global.

Langkah Indonesia untuk memajukan kehidupan dalam negeri ternyata juga bisa terlihat keseriusanya. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan negara luar.

Header Image: indonesia.go.id

Continue Reading

Education

Sekilas Tentang Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Selesai lulus SMA, pasti banyak yang punya keinginan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Bandung, menjadi kota yang menyediakan tempat belajar tingkat universitas cukup banyak.

Salah satunya yaitu Universitas Komputer Indonesia. Bagi yang ingin tahu tentang kampus yang berlokasi di Jawa barat ini, berikut uraian selengkapnya.

Tata Cara Pendaftaran Universitas Komputer Indonesia

Sama dengan prosedur pendaftaran kampus atau universitas lain di Indonesia, unikom juga mengharuskan calon maba untuk daftar secara online.

Namun, selain melakukan pendaftaran secara resmi melalui website resmi kampus, memang perlu langkah-langkah khusus. Berikut informasi selengkapnya

1. Membayar Sejumlah Biaya Pendaftaran Terlebih Dahulu

Pertama untuk memulai proses pendaftaran, calon maba harus melakukan pembayaran sejumlah biaya pendaftaran terlebih dahulu.

Ada 2 pilihan, calon maba bisa membayarnya via ATM atau datang langsung setor pada bank. Nomor rekening resmi kampus yaitu 1031960660 atas nama FORM UNIKOM.

Jangan lupa untuk mencatat data transaksi. Termasuk nomor transaksi serta nomor transfer.

Khususnya bagi yang memilih membayar via transfer ATM. Biaya pendaftaran masuk sebesar 350 ribu rupiah.

2. Mempersiapkan Kelengkapan Data Akademik

Nantinya setelah masuk website, calon maba akan diminta mengisi form pendaftaran. Selain itu juga perlu mengupload beberapa dokumen penunjang.

Persiapkan semuanya terlebih dahulu yang lengkap. Supaya nantinya proses pendaftaran bisa sukses dan lebih cepat.

3. Buka Website Resmi Universitas

image: unikom.ac.id

Setelah semua siap, tinggal buka website resmi kampus yaitu di Unicom.ac.id. Setelah laman website tersebut terbuka, tinggal cari dan klik tab “Daftar”.

Kemudian setelah itu akan dibawa ke pop up yang menanyakan apa ingin daftar sekarang?, dan klik tab tersebut.

4. Mengisi Formulir Dan Melakukan Pengecekan

Setelah tab daftar sekarang terbuka, maka akan dialihkan pada halaman paduan pengisian formulir pendaftaran online. Kira-kira berisi agar pendaftar  benar-benar melakukan pengisian data dengan benar.

Setelah itu pendaftar juga diminta untuk memberikan nomor berikut alamat surel sebagai kode konfirmasi pendaftaran. Lalu pendaftar diminta untuk melakukan pengecekan ulang.

5. Mengisi Data Informasi Secara Lengkap

Data-data yang akan diisikan pada form pendaftaran harus diisi dengan sebaik-baiknya. Termasuk kontak pribadi, terkait data diri seperti nama, asal sekolah, informasi orang tua serta jurusan yang ingin dipilih. Jika ada data 1 saja yang tidak tepat mengisinya maka bisa terjadi masalah nantinya.

6. Mengisi Data Pembayaran

Setelah semua data pada form pendaftaran diisi, maka jangan lupa untuk mengisikan data pembayaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

Akan ada form khusus untuk diisi terkait informasi hal ini. Pendaftar hanya tinggal isikan saja tanggal, nomor transfer juga siapa nama pengirim.

7. Periksa Data Kembali

Setelah semua terisi, jangan lupa cek kembali semua apakah ada yang tertinggal atau belum terisi. Usahakan semua sudah diisi dengan benar.

Hal ini akan memudahkan pihak admin untuk melakukan verifikasi sehingga lebih cepat diproses. Jika sudah yakin terisi lengkap, silahkan klik “kirim” yang letaknya di bawah formulir.

8. Melakukan Cetak Kartu

Pendaftar akan mendapatkan konfirmasi dari admin seputar konfirmasi pendaftaran yang telah dilakukan. Baik melalui email maupun telepon.

Hal ini menjadi bukti jika pendaftaran sudah berhasil terverifikasi. Baru kemudian pendaftar bisa langsung mencetak kartu ujian untuk melakukan seleksi masuk di unikom.

9. Mengikuti Ujian Seleksi Masuk Universitas Komputer Indonesia

Proses terakhir sebelum resmi menjadi maba di unikom adalah terlebih dahulu mengikuti ujian masuk.

Jika setelah mengerjakan, pihak unikom memutuskan pendaftar diterima, maka akan diberitahu melalui email. Baru bisa resmi menjadi maba unikom.

Perkiraan Biaya Dan Pilihan Jurusan Universitas Komputer Indonesia

Dilansir dari situs resmi unicom.ac.id, universitas ini memiliki setidaknya 6 fakultas.

Bagi yang masih penasaran berapa kisaran biaya untuk setiap fakultas, bisa melihat informasi di bawah ini. Berikut uraian selengkapnya :

1. Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer

Bagi calon maba yang berminat untuk masuk fakultas teknik dan komputer ada beberapa pilihan jurusan yang dipilih.

Setidaknya ada  11 jurusan yang menjadi pilihan. Pendaftar bisa memilih sesuai minat masing-masing. Berikut beberapa jurusan di fakutas teknik dan komputer di unikom :

  • Teknik Informatika
  • Sistem Komputer
  • Teknik Komputer
  • Teknik Elektro
  • Sistem Informasi
  • Teknik Sipil
  • Teknik Arsitektur
  • Manajemen Informatika
  • Teknik Perencanaan Wilayah Dan Kota
  • Komputerisasi Akuntansi

Pendaftar yang berminat untuk masuk fakultas ini harus membayar biaya pengembangan pendidikan dengan kisaran 6 hingga 9 juta rupiah.

Sementara untuk biaya tiap semesternya akan dikenakan biaya antara 5 juta hingga 8 juta rupiah.

2. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis

Meskipun namanya universitas komputer, unikom ini juga menyediakan fakultas ekonomi dan bisnis juga.

Ada beberapa pilihan studi s1 yang bisa dipilih oleh calon maba. Berikut jurusan apa saja yang ada di fakultas ekonomi dan bisnis unikom :

  • Akuntansi
  • Manajemen
  • Manajemen Pemasaran
  • Keuangan Dan Perbankan

Calon maba jurusan ini akan dikenakan biaya pengembangan sekitar 6 juta hingga 8 juta rupiah.

Sementara untuk per semesternya biaya yang harus dibayarkan bekisar antara 5 hingga 7 juta rupiah.

3. Fakultas Hukum

Untuk fakultas hukum memang jurusan yang ditawarkan hanya jurusan ilmu hukum saja.

Namun jangan salah, ilmu hukum yang bisa diambil di kampus ini tidak kalah dengan sistem pengajaran di kampus lain. Berikut kisaran biaya yang harus dibayarkan oleh peminat jurusan ini :

  • Biaya untuk pengembangan pendidikan 7 juta rupiah
  • Biaya studi per semester 6 juta rupiah

Baca juga: Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun ini

4. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Bagi yang berminat terjun di dunia politik, mempelajarinya bisa di kampus ini. Unikom juga menyediakan fakultas ilmu sosial dan politik dengan beragam jurusan yang bisa dipilih. 

Jurusan apa saja yang disediakan di fakultas ilmu sosial politik unikom adalah ilmu komunikasi, ilmu pemerintahan dan ilmu hubungan internasional.

Biaya pengembangan pendidikan yang harus dibayar calon maba untuk fakultas ini adalah 8 juta rupiah. Serta per semesternya dengan biaya 7 juta rupiah.

5. Fakultas Desain

Calon maba yang suka dengan dunia desain, masuk universitas komputer indonesia juga bisa menjadi pilihan terbaik.

Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih pada fakultas ini. Diantaranya adalah desain komunikasi visual atau desain interior.

Biaya untuk pengembangan pendidikan, fakultas ini mematok biaya 7 hingga 8 juta rupiah. Sedangkan per semester sebesar 6 hingga 7 juta rupiah.

6. Fakultas Sastra

Bahkan universitas komputer Indonesia sudah menyediakan fakultas sastra, dengan pilihan 2 jurusan.

Ada jurusan sastra inggris serta sastra jepang. Biaya pengembangan pendidikan untuk fakultas ini sekitar 7 jutaan. Dan 6 jutaan rupiah untuk biaya tiap semesternya.

Itulah informasi tentang Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) untuk kalian ketahui.

Terkait bagaimana prosedur pendaftarannya serta apa saja fakultas berikut jurusan pilihannya serta perkiraan biaya masing-masing.

Bisa menjadi bahan informasi untuk yang sedang mencari kampus di daerah Jawa Barat khususnya Bandung.

NOTE: Jumlah Perkiraan Biaya Diatas Bisa Berubah Sewaktu-Waktu Karena Berbagai Hal

Header Image: Kampus UNIKOM

Continue Reading

Education

Pengertian ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Agar tidak salah dalam mengatur perekonomian, alangkah baiknya kamu untuk mempelajari ilmu ekonomi. Jika ada kesalahan dalam pengaturan ekonomi, maka akan berakibat fatal terhadap kehidupan.

Misalnya saja di dalam suatu Negara terjadi kesalahan dalam pengaturan ekonomi, maka nantinya rakyat akan terkena imbasnya.

Ilmu ekonomi berhubungan erat dengan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang ilmu ekonomi, berikut adalah beberapa penjelasan tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli beserta ruang lingkupnya

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu yang di dalamnya terdapat berbagai macam asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian sebuah barang atau kekayaan.

Agar lebih memahami tentang ilmu ekonomi, berikut adalah beberapa penjelasan tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli

1. Ilmu Ekonomi Menurut Adam Smith

Seorang ahli bernama Adam Smith merupakan seorang filsuf politik ekonomi yang cukup terkenal, selain itu Adam Smith juga pernah mencetuskan sistem ekonomi kapitalis pada abad ke 18 dan 19. Perlu diketahui bahwa Adam Smith sangat terkenal sekali dengan salah satu teorinya yakni teori keunggulan mutlak.

Arti dari ilmu ekonomi menurut Adam Smith adalah suatu ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang tingkah laku manusia.

Tingkah laku manusia tersebut diartikan sebagai sebuah usaha yang dilakukan manusia untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas dan tidak terbatas dalam mencapai sebuah tujuan ataupun cita-cita.

2. Ilmu Ekonomi Menurut Aristoteles

Arti dari ilmu ekonomi menurut Aristoteles adalah sebuah ilmu kajian yang dapat dilakukan dengan 2 cara jalan. Cara jalan yang pertama ialah dengan cara menggunakan atau memakai semua hal yang mendekatinya untuk dipakai.

Sedangkan cara jalan yang kedua ialah menggunakan segala hal yang kemungkinan dapat ditukarkan dengan sebuah barang. Jadi dari situlah dapat disimpulkan bahwa ekonomi dapat memunculkan nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

3. Ilmu Ekonomi Menurut John Stuart Mill

Perlu diketahui bahwa John Stuart Mill merupakan seorang filsuf yang sangat terkenal di Inggris. John Stuart Mill merupakan anak dari seorang sejarawan bernama James Mill. Tak hanya itu saja, John Stuart Mill ternyata juga pernah berjasa dalam melakukan reformasi Utilitarianisme sosial di Negara Inggris.

Pengertian ilmu ekonomi menurut John Stuart Mill adalah sebuah cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mana di dalamnya terdapat pembahasan tentang seluk beluk pengeluaran dan penagihan. Selain itu dalam ilmu tersebut juga terdapat pembahasan tentang kegiatan distribusi dan produksi.

4. Ilmu Ekonomi Menurut Abraham Maslow

Seorang ahli bernama Abraham Maslow merupakan seorang psikolog dan inspirator dalam hal teori identitas, kepribadian dan softskill.

Abraham Maslow mempunyai pendapat tersendiri tentang ilmu ekonomi yaitu salah satu cabang ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah kehidupan manusia.

Masalah dalam kehidupan manusia yang dimaksud oleh Abraham Maslow adalah masalah yang berhubungan dengan perekonomian. Untuk menyelesaikan masalah tersebut nantinya harus dengan cara menerapkan sumber perekonomian yang ada dan sesuai dengan teori dan prinsip yang bersifat efektif dan efisien.

5. Ilmu Ekonomi Menurut Paul Anthony Samuelson

Pengertian ilmu ekonomi menurut Paul Anthony Samuelson adalah suatu ilmu yang di dalamnya terdapat cara-cara yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan dan penggunaan berbagai sumber terbatas.

Setelah itu sumber terbatas tersebut nantinya akan dapat digunakan untuk memunculkan dan menghasilkan berbagai macam produk dan berbagai macam komoditi. Setelah itu, produk komoditi tersebut akan dipasarkan ke seluruh lapisan masyarakat dengan cara didistribusikan..

Dengan begitu, setiap orang akan memiliki peluang untuk mendapatkan banyak keuntungan dengan modal yang kecil. Jadi intinya adalah, ilmu ekonomi merupakan sebuah studi atau ilmu tentang semua kegiatan manusia sehari-hari yang dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan dan menikmati kehidupan yang layak dan makmur.

6. Ilmu Ekonomi Menururt Khursid Ahmad

Arti ilmu ekonomi menurut Khursid Ahmad adalah sebuah ilmu yang di dalamnya terdapat berbagai macam hal yang berhubungan dengan upaya-upaya untuk memahami setiap adanya permasalahan ekonomi dengan perilaku manusia. Khursid Ahmad mengatakan bahwa kedua hubungan tersebut dilihat melalui sudut pandang ajaran agama Islam.

7. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut M. Manullang

Arti dari ilmu ekonomi menurut M. Manullang adalah sebuah ilmu pengetahuan yang di dalamnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang semua hal yang ada dalam kehidupan masyarakat yaitu usaha untuk mencapai kemakmuran.

Kemakmuran menurut M Manullang adalah sebuah keadaan dimana setiap orang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan sehari-hari yang biasa digunakan manusia adalah berupa barang dan jasa.

8. Ilmu Ekonomi Menurut Hermawan Kertajaya

Perlu diketahui bahwa Hermawan Kertajaya merupakan seorang tokoh pakar pemasaran yang lahir di Indonesia namun prestasinya sudah dikenal di mata dunia. Hermawan Kertajaya pernah menempuh pendidikan di Institut Teknologi Surabaya namun Hermawan Kertajaya tidak menyelesaikan pendidikannya.

Walaupun pendidikannya tidak diselesaikan, Hermawan Kertajaya malah mendapatkan gelar Honoris Causa dari Institut Teknologi Surabaya atas dedikasi ilmu yang dimilikinya dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia.

Pengertian ilmu ekonomi menurut Hermawan Kertajaya adalah sebuah wadah yang terdapat berbagai macam sektor-sektor industri yang telah melekat di dalamnya.

Mau Kuliah ? Baca ini ya : Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun ini

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

image: Pixabay

Setelah mempelajari tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, sekarang saatnya untuk mempelajari tentang ruang lingkup ilmu ekonomi. Ruang lingkup ilmu ekonomi terbagi menjadi 2 yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang ruang lingkup ilmu ekonomi :

1. Ekonomi Makro

Pengertian dari ekonomi makro ialah sebuah cabang ilmu atau studi yang di dalamnya terdapat pelajaran tentang keseluruhan perilaku ekonomi melalui pemakaian efisien dari berbagai macam faktor produksi demi tercapainya masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ekonomi makro merupakan penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang nantinya dapat diukur dari hasil pendapatan. Hal tersebut menjadi sebuah alasan mengapa ekonomi makro selalu disebut sebagai teori pendapatan.

2. Ekonomi Mikro

Pengertian dari ekonomi mikro ialah sebuah cabang ilmu yang di dalamnya terdapat pelajaran tentang aspek-aspek individual dari suatu kegiatan ekonomi.

Perlu diketahui bahwa ekonomi mikro selalu menggunakan analisis produsen dan analisis konsumen dalam suatu pasar.

Jadi intinya, ekonomi mikro merupakan penentuan dari sebuah harga. Hal tersebut menjadi sebuah alasan mengapa ekonomi mikro selalu disebut sebagai teori harga.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli beserta ruang lingkupnya.

Jadi ilmu ekonomi itu sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari karena setiap hari semua masyarakat selalu melakukan transaksi ekonomi.

Jika setiap orang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ekonomi maka perekonomian di suatu Negara akan tertata dan tidak akan kacau.

Header Image: Pixabay

Continue Reading

TOP STORIES