Connect with us

Investasi

Ingin Tahu Cara Nabung Saham Di BCA Sekuritas ? Berikut Panduannya!

Saat ini menabung saham sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat. Banyak perusahaan Sekuritas yang menawarkan cara menabung saham dengan syarat yang mudah. Namun bagaimana cara nabung saham di BCA Sekuritas ? Berikut Panduannya !

1.Pastikan Mempunyai Buku Rekening BCA

Buku rekening ini adalah buku tabungan biasa, bukan buku untuk menabung saham. Gunanya adalah untuk dijadikan syarat pembukaan rekening Sekuritas nantinya. Buku rekening ini juga diperlukan sebagai poin penilaian Bank, apakah nasabah tersebut merupakan nasabah yang aktif atau tidak.

Dalam artian dari buku rekening tersebut akan diketahui mengenai aktivitas transaksi, baik berupa dana masuk atau dana keluar. Hal ini diperlukan sebagai jaminan, bilamana aktivitas menabung saham ada kendala dalam pendanaan.

2. Membuka Rekening Sekuritas

Cara nabung saham di BCA Sekuritas selanjutnya yaitu membuka rekening Sekuritas. Ada 2 cara dalam pembukaan rekening ini. yaitu dengan cara offline maupun online. Untuk cara pembukaan rekening secara offline, tinggal mendatangi kantor bCA Sekuritas setempat.

Sementara untuk pembukaan rekening secara online, cara-caranya sebagai berikut :

  • Download pembukaan rekening di https://www.bca sekuritas.co.id.
  • Isi formulir pembukaan rekening Sekuritas.
  • Masukkan semua persyaratan berupa foto/salinan dalam menu online trading. Syarat-syarat yang dimaksud diantaranya fotokopi KTP, NPWP dan foto buku rekening BCA bagian depan.
  • Kirimkan ke alamat BCA Sekuritas pusat.
  • Tunggu hingga 5 hari, dan BCA akan mengirimkan surat persetujuan berikut nomor PIN, username dan password.
  • Gunakan nomor PIN, username dan password saat akan menabung saham nantinya.

3. Siapkan Deposit Awal

Untuk memulai menabung saham di BCA Sekuritas, langkah pertama adalah menyiapkan deposit awal. Jumlah minimal untuk deposit awal ini berbeda-beda, tergantung perusahaan Sekuritas yang dipilih.

Namun, untuk menabung saham di BCA Sekuritas, jumlah minimal deposit yang wajib disetorkan yaitu sebesar 1 juta rupiah. Dengan penyetoran sebesar itu, maka nasabah bisa langsung melakukan transaksi jual beli saham.

4. Memilih Perusahaan Yang Sahamnya Akan Dibeli

Sebelum membeli saham, ada baiknya untuk memilih dan menentukan perusahaan yang sahamnya akan dibeli. Ini sangat penting, mengingat kredibilitas/likuiditas sebuah perusahaan akan menentukan harga saham di pasaran.

Perusahaan dengan likuiditas baik, secara langsung akan berpengaruh terhadap saham yang ada di pasaran. Untuk mengetahui perusahaan-perusahaan dengan likuiditas terbaik bisa dilihat dengan metode blue chip LQ45.

5. Mulai Membeli Saham

Membeli saham adalah salah satu cara nabung saham di BCA Sekuritas. Dimana dengan membeli saham, nasabah berperan aktif dalam setiap transaksi investasi saham. Adapun caranya yaitu sebagai berikut :

  • Download aplikasi BCAS BEST Mobile 2.0.
  • Pilih perusahaan yang sahamnya akan dibeli.
  • Masukkan PIN berikut username serta password.
  • Pilihlah menu buy, dan isi jumlah Lot saham yang akan dibeli. Untuk 1 lot biasanya berjumlah 100 lembar saham. Dengan ketentuan 1 Lot saham BCA per tahun 2020, yaitu sebesar Rp. 3.345.000,-.
  • Klik Confirm.

6. Membeli Saham Dari Perusahaan Yang Berbeda

Cara ini dimaksudkan, agar saat saham yang dibeli dari perusahaan yang satu mengalami masalah, maka nasabah bisa fokus terhadap saham dari perusahaan yang lainnya. Setidaknya agar resiko yang mungkin didapat tidak terlalu besar.

Misalnya, dengan deposit sebesar 1 juta rupiah, nasabah bisa membeli 1 Lot saham dari perusahaan A, dan sebagian lagi merupakan saham dari perusahaan B. Cara nabung saham dari BCA Sekuritas dengan model ini, disebut diversifikasi saham.

7. Selalu Memantau Transaksi Saham

Setelah melakukan pembelian saham, ada baiknya untuk selalu memantau pergerakan saham. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi harga saham di pasaran. Umumnya, harga saham akan mengalami kenaikan minimal 10 % dalam 1 tahun.

Maka, jika ternyata saham yang dibeli tidak mengalami kenaikan signifikan, maka bisa dipastikan ada masalah dengan perusahaan dan saham yang dipilih. Cara nabung saham di BCA Sekuritas yang bisa dilakukan nasabah diantaranya dengan menjual saham seketika maupun membeli saham yang lain.

8. Siapkan Dana Darurat

Menyiapkan dana darurat merupakan cara nabung saham di BCA Sekuritas yang bisa dibilang sangat penting. Mengapa demikian ? karena ada kalanya, harga saham di pasaran tidak sesuai dengan diharapkan. Maka nasabah memerlukan tambahan dana untuk membeli saham lain.

Dana darurat ini juga diperlukan bilamana ada saham yang dijual dengan melalui lelang/bid. Jika beruntung, nasabah akan mendapatkan harga saham yang terendah, dalam aktivitas lelang saham ini.

9.Menjual Saham

Menjual saham bisa dilakukan bilamana  harga saham sudah melampaui harga beli saham maupun jika saham tersebut tidak mengalami kenaikan signifikan. Cara yang pertama tentu saja untuk mendapatkan keuntungan/profit gain yang diinginkan.

Sementara cara kedua yaitu dimaksudkan karena saham yang telah dibeli tersebut tidak mengalami kenaikan yang diharapkan, sehingga nasabah berencana membeli saham yang lain, dengan cara menjual dahulu saham yang bermasalah tersebut.

Itu beberapa informasi mengenai cara nabung saham di BCA Sekuritas. Pada prinsipnya, menabung saham di BCA Sekuritas hampir sama dengan menabung saham di perusahaan Sekuritas yang lainnya. Hanya saja, jika di BCA Sekuritas, nasabah tidak akan merasa khawatir, karena sebelumnya BCA telah mempunyai nama besar sebagai lembaga keuangan/bank yang bonafid.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Finansial

Cara Membeli Saham Antam Agar Tidak Salah Dalam Berinvestasi

Emas merupakan salah satu alat tukar menukar yang masih bisa digunakan hingga sekarang. Selain sebagai alat tukar, emas juga bisa digunakan sebagai investasi khususnya pada saham Antam yang lebih menguntungkan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu cara membeli saham Antam. Oleh sebab itu, simak pembahasannya berikut ini.

Cara Membeli Saham Antam

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa saham Antam memang cara berinvestasi emas yang cukup menguntungkan. Namun, hal tersebut tidak berarti terhindar dari resiko kerugian. Resiko seperti harga saham yang turun dan sebagainya masih tetap menjadi momok menakutkan bagi beberapa orang. Namun tentu saja, apabila harga saham ini naik, keuntungan akan dimiliki.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk membeli saham Antam ini diberbagai platform yang tersedia. Pada pembahasan kali ini PT Aneka Tambang (Persero) akan menjadi platform yang dipilih. Alasan yang membuat PT Aneka Tambang dipilih untuk membeli saham Antam adalah karena lebih terpercaya dengan nama besar yang sudah dikenal banyak orang.

1. Masuk ke software online pada menu trading

Langkah pertama untuk membeli saham Antam adalah dengan login ke akun software online yang sudah terdaftar melalui kantor sekuritas atau melalui online. Jika belum memiliki akun saham, maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu. Mendaftar akun saham dapat dilakukan melalui kantor sekuritas terdekat di daerah masing-masing atau dengan membuka akun secara online.

2. Mengatur Pembelian Saham

Setelah mendaftar akun saham dan masuk ke software online. Cara membeli saham Antam selanjutnya yaitu masuk ke software trading dan pilih menu Trade pada aplikasi untuk membeli saham Antam. Disini akan tampil ikon buy pada area kiri. Klik ikon buy tersebut atau bisa juga dengan menekan keyboard Alt + F2.

Pada tampilan selanjutnya, akan ada bagian New Order. Disinilah pembelian saham Antam dilakukan. Sebelum membeli saham Antam, perhatikan symbol pada menu tersebut. Jika ingin membeli saham Antam, pilih kode saham Antam dari perusahaan yaitu ANTM (pasar reguler/RG). Ketika kode ANTM dipilih, akan terlihat tampilan dari transaksi bid offer dari harga saham.

Kemudian, lihat pada menu Price dan Lots dibagian bawah tengah. Price (harga) dan Lots (lot) ini digunakan untuk mengatur seberapa banyak saham yang akan dibeli sesuai dengan keinginan awal. Perlu diketahui, minimal pembelian adalah satu lot dengan kelipatannya. Satu lot disini sama dengan 100 lembar saham yang akan dibeli.

Sedangkan untuk harga saham akan menyesuaikan bid offer yang tertera pada bagian tengah dari menu. Biasanya bid offer atau harga sekarang ini memiliki warna hijau di sebelah kanan. Harga saham akan menyesuaikan nilai terakhir dari offer tersebut. Harga ini akan mempengaruhi berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membeli saham Antam.

Rumus uang yang dikeluarkan untuk membeli saham Antam adalah nilai saham dikali jumlah lot dikali 100 lembar. Sebagai contoh, jika saham Antam yang akan dibeli sebanyak 10 lot dengan harga terakhir adalah Rp 560, maka uang yang harus dikeluarkan sebesar Rp560 x 10 lot x 100 lembar atau sama dengan Rp560.000 ditambah fee beli yang harus dibayar. Setelah yakin untuk membeli saham, silahkan tekan buy dan saham Antam telah dibeli.

3. Menganalisa Grafik Saham Antam Sekarang

Ada hal lain yang penting untuk diketahui jika berminat untuk membeli saham Antam. Salah satunya adalah mengetahui grafik dari saham Antam itu sendiri. Grafik saham Antam dapat dilihat melalui software online trading yang tersedia. Melakukan analisa mendalam pada produk saham satu ini akan menambah keuntungan yang akan diperoleh dikemudian hari.

Menganalisa grafik saham juga menentukan keputusan-keputusan tertentu. Untuk yang ingin membeli saham, grafik ini berguna untuk mengetahui kemungkinan naik atau turunnya harga saham. Biasanya, saham Antam lebih baik dibeli pada saat harga sedang turun agar bisa dijual pada saat harga naik.

Jika ingin menjual saham Antam yang dimiliki, perhatikan pula posisi harga saham apakah sudah memenuhi atau lebih tinggi dari harga awal pada saat membeli saham. Tentu saja sangat disarankan untuk mempertahankan saham apabila harga masih sama atau bahkan lebih rendah dari harga awal. Hal ini untuk menghindari kerugian dari menjual saham.

Perlu diingat bahwa harga saham ini akan berubah seiring waktu dan memiliki kemungkinan naik turun. Untuk mereka yang masih pemula sebaiknya mempelajari terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk membeli saham dan kapan waktu yang tepat untuk menjual saham.

Demikian informasi seputar cara membeli saham Antam. Berinvestasi emas dengan saham Antam tentu saja memiliki kemungkinan mendapat keuntungan yang besar. Namun, perlu perhatian dan pemahaman khusus dalam menentukan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual saham Antam ini agar mendapat profit yang maksimal. Semoga pembahasan ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Continue Reading

Investasi

Cara Nabung Saham IDX yang Bisa Berikan Penghasilan Menjanjikan

Peminat investasi melalui saham sekarang ini semakin meningkat. Salah satu cara yang tepat untuk memiliki penghasilan dan juga tabungan untuk masa depan memang dengan bergabung dalam bursa efek. Banyak pemula yang mencari cara nabung saham idx karena memang prospeknya cukup bagus. Biasanya orang menyebut investasi dengan saham ini dengan istilah bermain saham. Prosesnya yang seperti bermain sebuah game membuat istilah itu kerap dipakai.

Cara Nabung Saham IDX

Tidak susah kok untuk memiliki sebuah tabungan berupa saham. Langkah-langkahnya sangat mudah dan sederhana. Dibawah ini aka nada sedikit ulasan tentang cara nabung saham idx dan juga mengenal saham bagi para pemula. Yuk langsung simak aja ya.

Cara Menabung Saham di Bursa Efek Indonesia

Menabung adalah salah satu cara untuk menjamin masa depan yang cerah. Cara nabung saham IDX bisa dilakukan siapa saja karena memang mudah dan sederhana. Berikut ini adalah tahapannya:

1. Siapkan Dokumen Pribadi

Hal pertama yang harus disiapkan agar bisa menabung saham IDX adalah menyiapkan dokumen pribadi. Cara nabung saham idx yang pertama ini adalah untuk memulai investasi dengan cara mendaftarkan diri pada perusahaan sekuritas.

Dokumen pribadi yang dibutuhkan adalah Kartu Tanda Penduduk atau kartu identitas. Kedua ada Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP. Lalu yang paling penting adalah buku tabungan. Untuk NPWP sendiri tidak harus disertakan jika memang tidak ada. Yang tidak boleh dilewatkan adalah KTP dan buku tabungan. Juga ada materai Rp 6.000,- sebanyak 2 lembar.

2. Mengisi Formulir Pada Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas ini adalah perusahaan yang berada di bawah pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan diawasi oleh pihak OJK maka perusahaan itu bisa berperan sebagai broker atau perantara perdagangan efek.

Setelah mengisi formulir pada salah satu perusahaan sekuritas di kota masing-masing artinya rekening baru telah dibuat. Dalam melakukan pengisian formulir harus dilakukan dengan teliti dan sebenar-benarnya. Jangan sampai ada informasi yang dibuat-buat atau ada salah tulis dan semacamnya.

3. Setor Dana Awal

Setelah sudah terdaftar di salah satu perusahaan sekuritas serta sudah memiliki rekening untuk menabung saham maka langkah selanjutnya adalah menyetorkan dana awal pada rekening. Setiap perusahaan memiliki jumlah minimum untuk setoran awal pemilik rekening efek yang baru.

Jadi saat mendaftar dan membuka rekening efek pada perusahaan sekuritas baiknya cari informasi sedetail mungkin. Siapkan dana yang dibutuhkan untuk setoran awal agar rekening bisa digunakan. Saat sudah mendapatkan keuntungan isi rekening bisa ditambahkan lagi di lain hari. Semakin besar isi rekening efek maka akan semakin banyak juga keuntungan yang bisa didapatkan.

4. Lakukan Investasi

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan maka investasi sudah berjalan. Untuk bisa mendapatkan keuntungan dari investasi saham adalah dengan memantau secara rutin dan terjadwal. Jika keuntungan yang didapat sudah cukup lumayan, tidak ada salahnya untuk terus menambah isi rekening agar lebih menguntungkan.

Dalam investasi saham ini sendiri keuntungan yang didapatkan ada dua. Ada keuntungan yang didapatkan dari kenaikan harga di pasar saham serta dari pembagian keuntungan perusahaan sekuritas.

5. Gunakan Aplikasi Untuk Transaksi

Agar lebih mudah melakukan jual beli saham IDX alangkah baiknya menggunakan bantuan aplikasi. Apalagi sekarang ini sudah masuk zaman serba digital. Selain mudah untuk melakukan transaksi, mudah pula untuk memantau perdagangan di pasar saham.

Jual beli saham bisa dilakukan selama hari kerja di jam-jam tertentu. Tepatnya pasar saham buka dari jam 9 pagi sampai 12 siang, lalu akan buka kembali jam 1 siang sampai 4 sore. Saat itulah transaksi bisa dilakukan dan dipantau.

Keuntungan Menabung Saham

Cara nabung saham IDX yang sangat mudah membuat salah satu cara berinvestasi ini sangat sayang jika dilewatkan. Seperti yang sempat disinggung sebelumnya dimana keuntungan menabung saham diperoleh dari dua hal. Pertama ada capital gain atau keuntungan dari kenaikan harga di pasar saham. Lalu yang kedua ada dividen atau pembagian keuntungan dari perusahaan.

Namun keuntungan terbesar terletak pada capital gain. Kenaikan harga pada pasar saham bisa tinggi dan berlipat-lipat dalam kurun waktu yang cukup panjang. Bagi para pemula mungkin penasaran juga bagaimana cara menjual atau membeli sebuah saham.

Nah, untuk melakukan pembelian investor harus punya dana sesuai harga saham dan dibayarkan pada perusahaan sekuritas yang bersangkutan. Sementara untuk penjualan, dana keseluruhan yang diperoleh oleh investor merupakan nilai dari harga jual yang sudah dikurangi dengan biaya transaksi dan pajak.

Bagaimana, baik cara nabung saham IDX dengan transaksinya cukup mudah dan sederhana bukan? Apalagi sekarang semua proses bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja dengan bantuan gadget. Keuntungan yang diperoleh pun bisa menjadi penghasilan yang menjanjikan dan ditabung untuk menjamin masa depan yang cerah.

Continue Reading

Investasi

Pahami Cara Investasi Emas Antam Bagi Pemula yang Mudah Dilakukan

Emas merupakan salah satu barang berharga yang kerap dijadikan sebagai investasi. Emas memiliki potensi yang tinggi untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Salah satu emas yang banyak digunakan dalam berinvestasi yakni emas antam. Keberadaannya memiliki potensi yang kuat, sehingga tidak sedikit pebisnis berlomba-lomba menginvestasikannya. Cara investasi emas antam tentunya bisa dilakukan dengan mudah oleh para pemula. Berikut ini informasi sekilas agar investasi emas antam bisa menguntungkan.

Sekilas Tentang Emas Antam

Bagi para pebisnis, emas Antam sudah tidak asing lagi di telinga. Jenis emas batangan yang bernaung di bawah PT. Antam/ Aneka Tambang, Tbk. Setiap emas Antam memiliki sertifikat yang membuktikan keaslian dari barang tersebut. Emas Antam tentunya sulit untuk dipalsukan. Masing-masing emas memiliki sertifikat yang berisikan informasi lengkap terkait dimensi, berat, kemurnian hingga nomor seri emas.

Pembelian emas Antam disarankan untuk membeli di kawasan yang merupakan distributor resmi dari PT. Antam. Setiap distributor akan menyuguhkan beragam emas yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Ketika proses pembelian telah dilakukan secara tepat, maka selanjutnya emas bisa dijadikan investasi. Cara investasi emas Antam tentunya harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

Cara Investasi Emas Antam Bagi Pemula

Setelah mengetahui sekilas informasi emas Antam, selanjutnya pahami cara investasi  yang bisa dilakukan guna mencapai keberuntungan. Beberapa cara berikut bisa dijadikan sebagai salah satu teknik dalam berinvestasi.

1.   Berinvestasi Emas di Pegadaian

Sejak tahun 2015, pegadaian meluncurkan sebuah layanan yang menguntungkan yakni berinvestasi emas. Hal ini dilakukan dengan cara menabung emas di pegadaian. Program yang satu ini disuguhkan kepada setiap lapisan masyarakat yang membutuhkan tempat untuk menginvestasikan beragam emas, seperti emas Antam.

Program tabungan emas di pegadaian bisa dilakukan dengan mudah. Cara yang satu ini cocok untuk dicoba para pemula yang ingin berinvestasi emas Antam. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, mulai dari mengisi formulir berisikan identitas diri hingga tahapan lainnya yang akan diinstruksikan oleh pihak pegadaian yang bersangkutan.

Untuk berinvestasi tentunya harus memiliki modal. Menginvestasikan emas di pegadaian memiliki modal yang terjangkau. Berinvestasi di pegadaian tentunya akan lebih aman untuk dilakukan. Selain itu, proses pencairan bisa dilakukan dengan mudah.

2.   Investasi Emas Sebagai Modal Usaha

Cara investasi emas Antam lainnya yang bisa dicoba yakni menginvestasikannya sebagai modal usaha. Investasi dengan cara yang satu ini tentunya tidak mudah untuk dilakukan. Butuh kerja keras untuk menstabilkan usaha yang dilakukan guna mendapatkan keuntungan dari investasi emas. Hasilnya akan berbeda jika tidak bisa mempertahankan usaha dengan baik, bukan untung melainkan kerugian yang didapatkan.

Menginvestasikan emas sebagai modal usaha hendaknya dilakukan dengan penuh kegigihan. Usaha yang dilakukan hendaknya sesuai dengan kemampuan, sehingga bisnis dapat stabil dan berkembang sesuai yang diinginkan.

Cara yang satu ini memang cukup menantang, karena jika usaha yang dilakukan bangkrut, maka emas pun tidak akan kembali. Alih-alih mendapatkan keuntungan yang berlimpah, pelaku usaha akan mendapatkan kerugian dan emas yang diinvestasikan tidak dapat digantikan.

3.   Menerapkan Investasi Emas Cara Klasik

Selanjutnya, bisa mencoba dengan teknik klasik. Cara yang kerap dicontohkan oleh para orang tua di masa lampau. Cara yang satu bisa dicoba dan dipercaya efektif dalam investasi emas Antam. Investasi emas dengan cara klasik yakni melakukan pembelian emas di saat harga jualnya rendah, sehingga bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah dan dijual kembali ketika harga jual kembali naik.

Pada dasarnya, investasi emas cara klasik ini bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang yang bisa dijalankan hingga beberapa hitungan tahun. Teknik yang diwariskan orang tua ini cukup efektif dan memiliki potensi yang tinggi untuk mendapatkan masa depan yang menguntungkan.

4.   Menerapkan Sistem Bursa Berjangka

Selanjutnya yang bisa dicoba yakni dengan sistem bursa berjangka. Teknik yang satu ini cukup menantang untuk dicoba, karena cukup berisiko. Sistemnya hampir sama dengan pegadaian yang diawali dengan sebuah modal untuk dijadikan deposit. Investasi dengan sistem bursa berjangka memiliki risiko tinggi, tentunya hasil yang didapatkan pun sangat menguntungkan.

Bursa berjangka merupakan pasar khusus yang memiliki kontrak tertentu dengan berbagai opsi masa depan yang beragam. Teknik yang satu ini hendaknya dipahami secara tepat, sehingga pelaku bisnis tidak mengambil risiko tinggi hanya untuk mendapatkan sebuah kerugian. Alih-alih merugi, sebaiknya melatih diri untuk siap melakukan investasi dengan sistem bursa berjangka.

5.   Teknik Menabung

Cara lainnya yang bisa dicoba yakni menerapkan teknik menabung. Sama halnya dengan menabung uang, cobalah untuk memulai menabung emas Antam. Tabungan emas tentunya lebih menggiurkan, karena di masa depan bisa dipanen dan tentunya dijual dengan harga yang tinggi. Untuk memulainya, tidak perlu terlalu tinggi, contohnya mulai menabung emas 0,5 gram, selanjutnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Sama halnya dengan uang, ketika emas sudah terkumpul banyak maka bisa dijual dan mendapatkan keuntungan yang besar. Cara yang satu ini merupakan salah satu teknik teraman yang bisa dicoba para pemula. Alih-alih terkena inflasi, menabung emas akan terjaga keutuhannya bahkan bisa meningkat jika dikonversikan ke dalam bentuk uang, terutama ketika harga jualnya tinggi.

Nah, itulah beberapa cara investasi emas Antam yang bisa dicoba, terutama oleh para pemula. Setiap teknik memiliki kelebihan dan kelemahannya. Hal ini dapat diantisipasi dengan ketelitian dan kesungguhan dalam berinvestasi. Selamat mencoba!

Continue Reading

TOP STORIES