Cara Mengirim Email Lamaran Pekerjaan Agar Dilirik Perusahaan

Cara Mengirim Email Lamaran Pekerjaan

Email adalah pesan elektronik yang menyampaikan pesan penting dan file yang penting dengan cepat. Penggunaan email lebih ke formal karena pada umumnya digunakan untuk mengirim pesan ke perusahaan atau badan terkait hal penting. Salah satunya melamar pekerjaan di sebuah perusahaan dengan mudah. Ada banyak cara mengirim email lamaran pekerjaan agar dilirik perusahaan yang jarang diketahui.

Penggunaan email untuk lamaran pekerjaan saat ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan agar mempermudah pelamar kerja. Dokumen yang penting dapat dilampirkan di email karena fitur tersebut sudah ada pada Email. Menggunakan email dalam melamar pekerjaan akan mempermudah perusahaan menemukan calon karyawan yang berkualitas. Dari penulisan email dapat dilihat bagaimana kualitas dan kemampuan pelamar.

Setiap perusahaan pasti memiliki ID email yang dapat dihubungi ketika ingin mengetahui informasi terbaru. Ketika mengirimkan email kepada perusahaan harus memperhatikan beberapa hal agar tidak terjadi kesalahan. Melamar pekerjaan dengan email harus menggunakan kata terbaik yang kreatif dan sopan. Hal ini dapat menarik perhatian HRD perusahaan yang memeriksa email pelamar kerja. Langsung saja untuk mengetahui cara mengirim email lamaran pekerjaan agar dilirik perusahaan, berikut ini.

1. Pastikan Menggunakan Email Pribadi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menggunakan email pribadi sesuai dengan nama pelamar. Jika menggunakan email yang kurang profesional akan memperlihatkan bahwa pelamar tidak memiliki niat baik dalam melamar pekerjaan. Gunakan email pribadi agar terlihat profesional dan pastikan email perusahaan yang dituju sudah benar. Jika ada kesalahan menuliskan email perusahaan maka surat lamaran kerja tidak akan sampai ke perusahaan.

2. Persiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan Perusahaan

Pada saat mengumumkan lowongan pekerjaan akan ada persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Perusahaan akan melihat pelamar yang mengirimkan dokumen sesuai dengan persyaratan yang dibuka. Dokumen tersebut harus dibuat serapih mungkin dan sekreatif mungkin agar HRD perusahaan memberikan waktu untuk membacanya. Sesuatu yang unik dan baru akan menarik dimata HRD, gunakan format dokumen yang profesional dan tersusun agar terlihat rapi.

3. Isi Subject Email Sesuai Persyaratan

Selanjutnya isi subjek email sesuai dengan persyaratan yang diinfokan pada pemberitahuan lowongan kerja. Subjek tersebut biasanya diisikan terkait judul lampiran dari email tersebut. Yang ada di subjek tersebut pada umumnya adalah keterangan lamaran kerja beserta posisi lowongan tersebut titik dengan mengisi subjek maka perusahaan dapat mengecek bahwa email tersebut adalah berisikan surat lamaran pekerjaan.

4. Isi Body Email Dengan Profesional

Pada body email pelamar dapat mengisikan data diri mengenai informasi identitas pelamar. Pada body email harus diisi agar HRD perusahaan melirik email yang dikirimkan tersebut. Jelaskan kualitas diri secara singkat namun bisa jelas dan padat. Pada body email ini dapat diisikan lebih dari 1000 kata. Pastikan penggunaan kata harus profesional dan gunakan susunan kata yang baik. Menjelaskan maksud pelamar mengirimkan email kepada perusahaan adalah hal yang penting.

5. Menggunakan Bahasa Yang Formal

Hal penting selanjutnya adalah bahasa yang digunakan harus sopan dan formal sehingga HRD perusahaan melihat sisi positif pelamar. Bahasa formal yang ditujukan kepada perusahaan sangat penting karena terlihat bahwa pelamar menghargai HRD perusahaan. HRD akan tertarik membaca email pelamar secara keseluruhan jika bahasa yang digunakan menarik perhatiannya.

6. Perhatikan Waktu Pengiriman Email

Selanjutnya ada cara mengirim email lamaran pekerjaan yang dilirik perusahaan yaitu dengan memperhatikan waktu pengiriman email. Kirimkan email ketika jam kerja perusahaan tersebut agar langsung diperiksa oleh perusahaan. Selain itu memperhatikan waktu pengiriman email di saat jam kerja sangat menghargai perusahaan tersebut. Ketika mengirimkan email di saat jam kerja maka dapat dibaca orang perusahaan dengan cepat.

7. Periksa Email Sebelum Dikirim

Langkah terakhir yang dapat dilakukan oleh pelamar kerja jika mengirimkan email ke perusahaan adalah memeriksa email tersebut. Pastikan email yang akan dikirim kan sudah memiliki persyaratan yang lengkap dan email sudah benar. Jika ada kesalahan maka perusahaan tidak dapat mentoleransi pelamar yang tidak teliti. Hal kecil ini sangat menjadi nilai besar sebuah perusahaan ternama untuk menilai kedisiplinan calon karyawannya.

Itulah informasi mengenai cara mengirim email lamaran pekerjaan yang yang menarik perhatian perusahaan agar HRD membaca secara keseluruhan. Rata-rata lamaran pekerjaan yang dikirimkan oleh pelamar tidak dibaca secara menyeluruh. Dengan cara di atas maka pelamar bisa membuat HRD melirik email lamaran pekerjaan. Email merupakan pesan elektronik yang dapat dikirimkan secara online online hanya dengan smartphone atau PC.

Jangan melakukan hal yang tidak sesuai persyaratan karena dapat menandakan bahwa pelamar bukan orang yang tertib akan aturan. Sebelum mengirimkan email pastikan kelengkapan dokumen dan juga penggunaan kata dengan mengulang memeriksanya sebanyak 3 kali. Selain itu dapat meminta bantuan teman untuk memeriksa penggunaan tata bahasa dan juga kelengkapan dokumen.

Check Also

Gaji Pilot

Inilah Gaji Pilot dari Berbagai Maskapai di Indonesia

Memiliki profesi sebagai pengemudi pesawat terbang atau pilot sekarang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang …