Connect with us

Investasi

Ciri dan Cara Menghindari Investasi Bodong yang Marak Terjadi

Jerat Investasi Bodong

Di zaman yang serba maju ini, investasi menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti ke mana harus menginvestasikan dana yang dimiliki. Hal ini menyebabkan banyak yang terjebak dalam investasi bodong yang sedang marak terjadi.

Investasi ini memang terlihat menggiurkan, terlebih dengan iming-iming hasil yang besar dengan kurun waktu yang relatif singkat.

Alih-alih memperoleh keuntungan, kerap kali hasil yang dijanjikan tidak sesuai harapan hingga berakhir dengan kerugian. Untuk menghindari hal tesebut, berikut simak informasi seputar investasi bodong selengkapnya!

Mengenal Tentang Investasi Bodong

Apabila mendengar kata investasi, tentunya yang terlintas di kepala adalah aktivitas yang akan mendatangkan laba sebesar-besarnya.

Sebuah investasi dilakukan dengan cara menanamkan sejumlah modal atau dana pada suatu perusahaan maupun proyek. Kegiatan investasi umumnya akan melibatkan dua pihak, antara lain investor dan perusahaan investasi.

Kendati demikian, kenyataannya di Indonesia masih marak bentuk kegiatan investasi yang ilegal dan tidak bisa dipertanggungjawabkan keberadaannya.

Jenis investasi inilah yang dinamakan dengan investasi bodong. Investasi jenis ini pada umumnya akan mengincar orang-orang dengan minim pengetahuan.

Investasi bodong adalah investasi yang tidak memiliki pengelolaan sumber dana yang jelas.

Oknum di balik adanya investasi ini akan bertindak seolah dana yang diberikan oleh investor dikelola dengan baik.

Kenyataannya, perusahaan investasi ini bahkan tidak mengelola dana tersebut dan terkadang malah melarikan dana yang diberikan oleh sang investor.

Menawarkan keuntungan yang luar biasa fantantis dengan minim resiko menjadi salah satu slogan perusahaan investasi ilegal ini.

Menjamurnya keberadaan investasi ilegal ini juga didukung oleh banyaknya masyarakat yang masih tergiur dengan hasil yang serba instant tersebut. Investasi jenis ini juga biasanya mengincar orang-orang dengan pengetahuan yang minim.

Ciri-Ciri Investasi Bodong

Memilih produk untuk berinvestasi memanglah bukan persoalaan yang mudah bagi sebagian orang. Untuk itu, ciri-ciri yang bisa dilihat agar bisa mengetahui apakah suatu perusahaan melakukan investasi ilegal adalah sebagai berikut

1. Tidak Memiliki Badan Hukum yang Jelas

Apabila seorang investor ingin melakukan investasi, ada baiknya untuk selalu mengecek dan mencari tahu sedalam-dalamnya mengenai badan izin dari perusahaan investasi tersebut. Perusahaan investasi yang tidak memiliki badan hukum, jelas perlu diwaspadai oleh para investor sebagai salah satu perusahaan dengan investasi ilegal.

2. Menjanjikan Jenis Investasi yang Minim Resiko dan Tergolong Sangat Aman

Hal yang perlu diketahui oleh seorang investor bahwa dengan melakukan sebuah investasi pastilah ada resiko yang harus dihadapi. Perusahaan investasi yang menawarkan proses aman minim resiko terutama dengan iming-iming jaminan dari pemerintah perlu diwaspadai. Kelak, jenis investasi seperti ini akan membawa kerugian bagi investor sendiri.

3. Memiliki Produk yang Tidak Jelas

Perusahaan dengan investasi bodong biasanya sama sekali tidak memberikan rincian detail mengenai produknya. Perusahaan ini seakan tidak peduli dengan produk yang ditawarkannya. Para investor harus berhati-hati dalam memberikan dana terutama apabila belum mengetahui secara jelas produk yang akan didapatkan ataupun dibeli.

4. Perusahaan Investasi Ilegal Tidak Menjelaskan Cara Pengelolaan Dana

Perusahaan dengan investasi ilegal ini juga biasanya mengelola keuangannya dengan sistem money game atau piramida. Semua sumber dana yang dimiliki oleh perusahaan bersumber dari para investor yang baru bergabung dan akan diputar pada investor lainnya. Ini menyebabkan seolah-olah seorang investor mendapatkan laba yang begitu besar.

5. Diminta Untuk Terus Merekrut Anggota Baru

Para perusahaan investasi ilegal biasanya berfokus untuk meminta investor merekrut anggota baru untuk bergabung dalam investasi tersebut. Di mana investor yang berhasil menarik anggota baru, akan diiming-imingi imbalan berupa bonus tambahan. Inilah yang perlu diwaspadai dalam berinvestasi. Perusahaan dengan investasi legal tidak akan melakukan program yang berfokus pada perkrutan anggota.

Daftar Investasi Bodong Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Otoritas Jasa Keuangan

Maraknya perusahaan investasi yang tidak bertanggung jawab ternyata sudah menyebabkan kerugian yang begitu besar di kalangan para masyarakat.

Oleh karena itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tegas menutup beberapa perusahaan yang terlibat dengan bisnis investasi ilegal ini.

Sebut saja PT Nusa Media Creative (NMC) yang ditutup oleh OJK pada tahun 2018. PT Nusa Media diketahui telah melakukan edukasi bisnis online dengan multi-level marketing tanpa adanya izin yang jelas. Tentu saja ini menyebabkan adanya kerugian yang ditanggung oleh pihak investor.

Sementara itu PT Graha Sahabat Indomedia atau yang disebut juga PT Sarana Indomedia juga ditutup oleh OJK. Perusahaan ini diketahui melakukan bisnis multi-level marketing yang diiming-imingi bonus referral tanpa izin. Bisnis investasi yang dilakukan oleh PT Sarana Indonesia adalah berbasis sistem keanggotaan.

Disusul dengan ditutupnya PT Dxplor Duta Media. Perusahaan ini menjual berbagai produk sabun yaitu sabun Olive Zaitun, Black Walet with Propolis, serta beberapa minuman seperti “Aloha Noni” dan “Margobila”. Perusahaan dengan multi-level marketing ini tidak memiliki izin yang jelas sehingga harus ditutup oleh OJK karena dianggap ilegal.

PT Ganesha Putra Indonesia yang terletak di kota Semarang juga ditutup oleh OJK karena dianggap sebagai perusahaan dengan investasi bodong. PT Ganesha Putra menjual berbagai produk yang berkaitan dengan kesehatan. Perusahaan ini diputuskan untuk ditutup setelah terbukti melakukan multi-level marketing tanpa izin.

Investasi ilegal bermodus arisan secara online yang dilakukan oleh Ekspres Bigprovit akrhinya ditutup OJK pada tahun 2018. Ekspress Bigprovit terbukti memungut biaya wajib sebesar Rp150.000,- kepada setiap anggotanya. Perusahaan ini menghasilkan 150 orang korban yang sebagian besar adalah ibu rumah tangga.

Ada juga perusahaan investasi ilegal yang berkedok forex trading yang juga ditutup oleh OJK. Salah satunya adalah PT Reymount Futures. Perusahaan ini terbukti mendompleng pialang berjangka yang sudah dicabut izinnya oleh Badan Pengawas Perdangangan Berjangka RI.

Tips Untuk Menghindari jerat Investasi Bodong

Apabila diteliti dari pola tindakan investasi ilegal ini, sesungguhnya mudah bagi para investor menghindar dari oknum tidak bertanggung jawab.

Skema investasi yang dibentuk oleh perusahaan investasi ilegal biasanya berulang dengan kasus yang mirip. Berikut simak beberapa tips mudah untuk menghindari dari investasi bodong:

1. Usahakan Jangan Langsung Menerima Tawaran

Setiap investor harus selalu bertindak sebagai seorang investor yang cerdas. Salah satu caranya adalah dengan selalu menggali informasi lebih dalam sebelum memutuskan untuk berinvestasi pada suatu hal. Informasi yang harus diketahui lebih kepada keuntungan dan juga resiko ke depannya. Semua investasi tentunya memiliki resiko tesendiri.

2. Memastikan Perusahaan Investasi Memiliki Struktur Organisasi yang Jelas

Dalam suatu perusahaan, tentunya memiliki struktur organisasi yang jelas. Mulai dari posisi tertinggi sampai dengan terendah tercantum dalam struktur organisasi tersebut. Pada perusahaan dengan investasi ilegal, hal-hal seperti struktur organisasi ini tidak akan bisa ditemui.

Perusahaan yang menjalankan investasi ilegal didirikan dengan asal-usul yang tidak jelas. Oleh karena itu seorang investor harus memperhatikan dengan baik struktur organisasinya. Semakin jelas organisasi perusahaan, maka makin baik pula target investasi yang akan dilakukan.

3. Pastikan Kegiatan Usaha yang Dilakukan Perusahaan Jelas

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan usaha yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Kegiatan usaha yang jelas akan memberikan dampak positif kepada hasil investasi yang akan dilakukan.

Pada perusahaan yang melakukan investasi ilegal, biasanya tidak akan memiliki track record kegiatan usaha yang jelas.

Mengetahui kegiatan usaha perusahaan yang jelas, termasuk dengan menggali informasi terkait kegiatan operasionalnya akan memberikan keuntungan bagi investor.

Selain bisa membantu untuk mengurangi resiko kerugian, para investor juga menjadi lebih percaya terhadap perusahanan tersebut.

4. Waspada Terhadap Segala Jenis Rayuan Perusahaan

Tips yang terakhir adalah jangan mudah percaya terhadap suatu perusahaan investasi. Seorang investor tidak boleh tergesa-gesa untuk menyerahkan dana dan juga menyetujui perjanjian dengan perusahaan. Pelajari terlebih dahulu segala dokumen dan juga produk investasi yang ditawarkan oleh perusahaan.

Beberapa Jenis Investasi Terbaik yang Bisa Kalian coba

Perbedaan Antara Sistem Ekonomi Islam dengan Sistem Ekonomi Konvensional

Berbicara mengenai investasi, tentunya para investor harus mengetahui berbagai jenis investasi terbaik yang sesuai dengan minatnya. Beberapa jenis contoh investasi yang bisa dilakukan oleh para investor adalah

1. Investasi Properti

Jenis investasi ini sangat cocok bagi investor yang tidak ingin terlalu menduga-duga terhadap dana investasi. Properti atau yang biasa disebut dengan aset tetap, akan terus memiliki nilai yang selalu bertambah. Beberapa contoh investasi properti yang bisa dilakukan adalah investasi tanah,rumah, dan juga real estate.

Penghasilan yang bisa didapatkan dari berinvestasi properti bisa dikatagorikan dalam dua alternatif, yaitu pasif dan aktif.

Penghasilan secara pasif, bisa dirasakan ketika sang pemilik aset menjual properti tersebut. Sedangkan penghasilan aktif bisa dirasakan apabila sang pemilik properti menyewakan aset-asetnya. Contohnya seperti penyewaan tanah dan juga apartment.

Baca Juga: Pasar Modal Adalah: Pengertian, Sistem dan Manfaat Pasar Modal

2. Investasi Reksadana

Investasi jenis ini sudah bukan menjadi hal yang baru dalam kalangan para investor. Reksadana memberikan beberapa pilihan seperti reksadana campuran, dan juga reksadana saham.

Bagi para investor yang ingin berinvestasi dengan jangka panjang, memilih reksadana adalah keputusan yang tepat.

Selain itu, investasi reksadana juga dapat dijangkau oleh siapapun. Terlebih dengan modal yang terbilang rendah, tidak jarang investasi ini mendapatkan perhatian khusus oleh para investor. 

Dalam investasi reksadana, seorang investor sudah otomatis memiliki perantara manajer investasi yang handal. Dana yang diinvestasikan dalam reksadana juga dapat ditarik kapapun sesuai keinginan investor.

3. Investasi Tabungan dan juga Deposito

Tentu saja investasi ini termasuk salah satu yang paling aman untuk dilakukan. Dilindungi dengan jaminan pemerintah, para investor tidak perlu takut ditipu oleh investasi bodong yang sedang marak terjadi. Investasi ini juga biasanya sudah berada dibawah naungan Otoritas Jasa Keuangan.

Tipe investasi tabungan atau deposito ini juga cocok bagi para investor yang tidak ingin berinvestasi dengan resiko terlalu tinggi.

Selain keuntungan yang akan didapatkan jelas angkanya, bunga deposito yang akan dihasilkan juga tergolong aman.

Lakukanlah investasi tabungan atau deposito pada bank-bank besar maupun milik negara.

Demikianlah informasi lengkap terkait dengan investasi bodong mulai dari pengertian hingga tips untuk menghidari invetasi ilegal tersebut.

Apapun jenis investasi yang nantinya akan dipilih, jangan lupa untuk memastikan terlebih dahulu segala kejelasan dari produk tersebut. Jangan lupa untuk melaporkan hal-hal yang dirasa mencurigakan kepada pihak yang berwenang. Semoga bermanfaat!

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Investasi

Keutamaan Menggunakan Broker Forex Terbaik

Dewasa ini tren untuk memulai investasi di usia muda sedang bergejolak. Banyak sekali kawula muda yang mulai tersadar akan pentingnya melakukan investasi. Dari sekian banyak instrumen investasi, Forex menjadi salah satu favorit. Meski tergolong sebagai instrumen yang agresif, tetapi dengan bantuan broker Forex terbaik, risikonya bisa ditekan seminimal mungkin.

Cara Meminimalisasi Risiko Forex

Meski memiliki risiko yang cukup tinggi, tetapi kenyataannya Forex tidak kehilangan peminat. Hal ini tidak lain karena resiko tinggi dari Forex tetap bisa diminimalisasi. Berikut ini langkah yang umumnya dilakukan oleh para investor, atau lebih sering disebut trader, Forex.

1. Melakukan Analisis dengan Membaca Berita

Pertama, para trader akan melakukan analisis keuangan dengan banyak membaca berita perekonomian dunia. Nilai mata uang yang berubah-ubah ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya akibat naik turunnya kekuatan ekonomi suatu negara.

Para trader Forex sering melakukan analisis dengan membaca banyak berita ekonomi dunia sebelum memulai trading. Dari cara ini, para trader bisa memilih nilai mata uang yang aman dan bisa memberikan return atau profit besar.

2. Menggunakan Broker Forex

Selain melakukan analisis, para trader juga banyak yang menggunakan broker. Broker menjadi hal yang sangat penting dalam melakukan trading dan investasi forex. Broker seakan jembatan dalam melakukan trading mata uang. Dengan bantuan broker forex, seorang trader bisa meraup keuntungan yang besar tanpa perlu takut akan risikonya.

Para trader Forex yang sudah lama menekuni dunia investasi di Forex tidak menggunakan dua cara tersebut secara terpisah. Sebaliknya, dua langkah di atas dilakukan secara bersama-sama agar memperkecil resiko kerugian yang akan dialami ketika melakukan trading Forex.

Keutamaan Menggunakan Broker Forex

Menggunakan broker Forex dapat memberikan berbagai keuntungan bagi para trader Forex, terutama para trader pemula. Broker forex terbaik akan selalu membantu para trader pemula agar tidak mengalami kerugian yang besar. Selain itu, berikut ini ada beberapa keutamaan yang bisa didapatkan ketika melakukan trader dengan bantuan broker Forex.

1. Minim Deposit

Sama halnya dengan beberapa instrumen investasi lainnya, investasi dengan menggunakan instrumen Forex juga membutuhkan deposit. Namun dengan bantuan broker forex, seorang trader bisa melakukan transaksi atau trading hanya dengan deposit yang kecil. Deposit yang kecil ini tentu membuat risiko kerugian menjadi kecil pula.

Saat ini para trader juga bisa melakukan deposit para trader melalui bank-bank yang ada di Indonesia. Hal ini tentu memudahkan siapa saja yang ingin memulai trading atau investasi dengan menggunakan Forex.

2. Akses ke Platform Perdagangan

Agar dapat melakukan trading, seorang trader atau investor diharuskan untuk melakukan akses ke platform perdagangan. Khusus untuk Forex, ada banyak sekali platform perdagangan yang bisa diakses. Namun tidak semua platform ini aman dan bisa diakses oleh semua orang, termasuk oleh para trader profesional sekalipun.

Oleh sebab itu, bagian inilah yang menjadi tugas broker Forex. Tugas broker forex adalah membantu para trader atau investor Forex agar dapat mengakses platform perdagangan yang tepat. Beberapa pilihan broker Forex terbaik juga menyediakan alat analisis yang bisa digunakan untuk membantu para trader melakukan analisis dan strategi.

Instrumen Forex menjadi salah satu instrumen investasi yang paling populer karena bisa memberikan profit yang besar. Agar dapat meminimalisasi resiko dari Forex, umumnya para trader atau investor menggunakan bantuan broker. Broker forex terbaik bisa memberikan bantuan terutama pada trader kecil dalam melakukan transaksi Forex di pasar global.

Continue Reading

Investasi

Ingin Melakukan Forex Trading? Ketahui Dulu Badan Regulasi Broker Forex Dunia dan Peranannya 

Badan Regulasi Broker Forex Dunia

Setiap negara mempunyai peraturan sendiri dalam mengatur regulasi yang mengawasi broker forex. Oleh sebab itu, dalam skala dunia dibentuk Badan regulasi broker forex dunia, untuk mengawasi aktivitas bisnis yang dilakukannya.

Khususnya, untuk para trader yang baru pertama kali terjun di dalam bisnis forex tersebut, seringkali menghadapi broker palsu yang melakukan penipuan. Penipuan atau fraud yang dilakukan oleh para broker tersebut, tentunya akan sangat merugikan.

Berangkat dari hal tersebut, sebagai bentuk perlindungan para trader, dibentuklah sebuah badan yang bertugas untuk mengawasi aktivitas para broker tersebut. Dengan demikian, para trader pun akan merasa terlindungi dan merasa aman untuk melakukan bisnis tersebut.

Apa Itu Badan Regulasi Broker Forex Dunia?

Badan regulasi broker forex dunia adalah sebuah badan yang dibentuk untuk mengawasi aktivitas usaha para broker. Dengan demikian, broker dan trader akan menjalankan transaksi bisnis yang sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan.

Sebagaimana pebisnis pada umumnya, yang mempunyai hak untuk dilindungi. Begitu juga dengan para trader membutuhkan perlindungan dari kemungkinan terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh para broker.   Oleh sebab itu, untuk melindungi hak para trader tersebut dibentuklah sebuah badan pengawasan tersebut.

Walaupun setiap negara memiliki peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam penyelenggaraan forex trading tersebut, namun hal tersebut tidak menjamin akan keamanan para trader dalam menjalankan bisnis tersebut.

Tugas Utama Badan Regulasi Broker Forex Dunia

Bertugas sebagai payung yang melindungi para trader dari kemungkinan terjadinya penipuan atau fraud yang dilakukan oleh broker yang tidak bertanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa tugas utama lainnya dari badan tersebut, yaitu:

1. Memberikan Kewenangan Penuh pada Broker Professional 

Sebagai badan yang bertugas mengawasi regulasi aktivitas para broker, badan tersebut akan mengetahui daftar broker yang profesional, dan yang tidak. Dengan mengetahui data tersebut, badan tersebut akan memberikan hak kewenangan penuh pada broker untuk melakukan aktivitas bisnisnya. .

2. Bertanggung Jawab Sepenuhnya pada Departemen Keuangan 

Segala aktivitas yang telah dilakukan oleh badan pengawas tersebut, dipertanggung jawabkan sepenuhnya kepada departemen keuangan. Dengan demikian, kedua lembaga tersebut dapat saling mengawasi atas aktivitas bisnis yang dilakukan. Hal ini menjadi tugas utama, agar tidak sembarangan dalam menjalankan tugasnya.

3. Menjamin Integritas Pasar Keuangan

Tugas lain dari lembaga pengawasan tersebut adalah menjamin integritas pasar keuangan. Dengan demikian, tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan terkait transaksi di pasar keuangan. Khusus untuk pasar keuangan itu sendiri, integritas sangatlah penting. Hal tersebut menyangkut dengan kepercayaan yang bisa berdampak pada pergerakan keuangan di pasar modal.

4. Beberapa Badan Bertugas Lebih Universal

Sebagai contoh di Inggris, yang tidak hanya bertugas untuk mengawasi jalannya aktivitas forex tersebut, namun bersifat lebih universal dengan turut pula mengawasi lembaga keuangan yang terkait di dalamnya. Sebagai contoh, bank-bank, dan juga perusahaan asuransi.

Baca juga: 3 Keuntungan Bisnis Trading Forex dengan Bantuan Robot Forex Sidekick

5. Melakukan Registrasi Daftar Perusahaan Keuangan yang Kompatibel

Para trader akan membutuhkan informasi tersebut dalam melakukan aktivitas bisnisnya, guna tidak terjadi kesalahan dalam menentukan keputusannya. Oleh sebab itu, badan ini pun akan bertugas untuk melakukan registrasi daftar perusahaan keuangan yang kompatibel, serta memberikan informasi tersebut secara akurat pada para trader.

Pentingnya keberadaan badan regulasi broker forex dunia  ini dalam meningkatkan bisnis forex di kancah perekonomian global. Adanya badan tersebut, tidak akan membuat khawatir para trader pemula, untuk memulai bisnis tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu cara meningkatkan perekonomian dalam bisnis forex, dengan cara memotivasi banyak pelaku bisnis pemula untuk mengembangkan dirinya dalam bisnis forex ini, tanpa ada sesuatu yang dikhawatirkan oleh para ‘broker nakal’.

Continue Reading

Investasi

3 Keuntungan Bisnis Trading Forex dengan Bantuan Robot Forex Sidekick

Salah satu instrumen investasi yang banyak dicari dan dimanfaatkan adalah Trading Forex. Banyak sekali keuntungan bisnis Trading Forex yang akan bisa didapatkan.

Namun, karena keuntungan yang besar, maka resiko trading Forex juga sangat besar. Solusinya bisa dengan menggunakan robot Forex Sidekick yang akan membantu Trader selama 24 jam setiap harinya.

Tentang Robot Forex Sidekick

Robot Forex Sidekick merupakan sebuah instrumen atau alat yang akan membantu para trader Forex dalam mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Alat ini juga membantu para trader agar terhindar dari rugi atau loss selama melakukan trading Forex karena bisa diset bekerja secara otomatis. Robot Forex akan membantu para trader untuk melakukan trading Forex kapanpun dan dimanapun.

Keuntungan Bisnis Trading Forex

Sebagai salah satu instrumen yang sangat menjanjikan, trading Forex bisa memberikan profit bisnis yang besar. Namun, trading Forex mengharuskan para tradernya untuk aktif dalam melakukan trading agar bisa meraup profit yang sebesar-besarnya. Berikut ini beberapa keuntungan bisnis trading Forex yang bisa dirasakan oleh para tradernya.

1. Dapat Dilakukan di Mana Saja

Berkat teknologi internet yang sudah maju seperti sekarang ini, melakukan trading Forex saat ini sudah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Para trader bisa melakukan trading dari rumah, dari kantor, atau saat di kendaraan. Syaratnya hanya satu yaitu trader bisa mengakses internet untuk melakukan trading.

Berbeda dengan instrumen investasi lain seperti reksadana yang pasif, instrumen investasi Trading Forex ini menuntut tradernya untuk aktif. Melakukan trading Forex sama halnya sedang berjualan. Trader harus aktif berjual beli, memanfaatkan momen ketika harga beli sedang rendah dan menjual saat harga jual sedang tinggi. Oleh sebab itu, trader wajib terus memantau agar tidak ketinggalan momen tersebut.

2. Modal Kecil, Profit Besar

Para trader bisa memulai trading Forex dengan modal kecil. Inilah yang menyebabkan trading Forex begitu digemari. Modal kecil yang dibutuhkan membuat semua orang bisa terjun untuk berinvestasi, tanpa harus menunggu modal besar. Trading Forex mengenal sistem margin dan leverage yang membuat para trader dapat memulai investasi dengan modal yang terbatas sekalipun.

Selain itu, biaya trading sehari-harinya dalam instrumen trading Forex ini juga sangat rendah. Seorang trader bisa melakukan kontrol secara langsung dalam melakukan transaksi jual beli. Modal harian yang dibutuhkan oleh trader hanyalah akses internet. Melakukan trading Forex juga tidak membutuhkan jasa pialang yang tarifnya tidak murah.

Baca juga:

3. Menjadi Pekerjaan Sampingan dan Penghasilan Tambahan

Keuntungan bisnis trading Forex lainnya ialah trading Forex bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Meski dituntut untuk terus aktif melakukan trading, tetapi trader tidak perlu melakukan pemantauan setiap jam. Yang terpenting, trader Forex harus mengetahui momen-momen yang tepat saat untuk mengakses informasi tradingnya.

Dengan begitu, trading Forex tidak akan mengganggu kegiatan rutinitas harian entah itu sebagai karyawan kantoran atau saat berkumpul dengan keluarga. Ditambah lagi saat ini sudah ada robot Forex yang bisa diatur sesuai keinginan trader untuk melakukan transaksi jual beli Forexnya. Sehingga trader bisa tetap mendapatkan keuntungan saat tidak aktif bertransaksi.

Robot forex bisa diatur sedemikian rupa untuk meningkatkan keuntungan bisnis trading Forex. Adanya robot Forex membuat trader tidak perlu selalu aktif melakukan trading. Selain itu dengan bantuan robot Forex juga akan membantu trader mendapatkan profit yang sangat besar dengan kemungkinan loss atau rugi yang sangat kecil.

Continue Reading

TOP STORIES