Connect with us

Personal Finance

Cara Mengatur Keuangan Toko, Penting Banget Nih !

Cara mengatur keuangan toko adalah langkah pertama yang wajib kamu ketahui jika kamu ingin sukses berdagang.

Karena dengannya, untung dan rugi bisa diperhitungkan dengan seksama.

Sebaliknya,

Mengacuhkan keuangan toko, justru membuat laju bisnis tidak jelas. Wajar, jika konsep (acuh) ini yang digunakan, usaha kamu dipastikan akan segera gulung tikar.

Apalagi untuk pebisnis pemula, mempelajari cara mengatur keuangan toko adalah kewajiban.

Jika perlu, silakan mengundang ekonom profesional, supaya neraca lebih rapi dan efektif.

Berikut ini ada beberapa cara mengatur keuangan toko yang tokcer. Dijamin, jika cara ini digunakan, prospek laba toko lebih cerah. Ini dia cara tersebut, yaitu:

image: Pixabay

1. Buat Pembukuan Terperinci

Cara pertama adalah membuat pembukuan terperinci. Pastikan, draft antara uang toko dengan uang pribadi dimasukkan pada buku berbeda. Ini untuk mencegah terjadinya kesalahan input data.

Selanjutnya, input keuangan sesuai niche-nya. Jika uang pribadi masukkan ke buku individu.

Sedangkan modal dan laba toko masukkan ke pembukuan khusus toko.

Jika ini dilakukan secara rutin, pedagang akan mudah memonitor perkembangan toko. Sehingga evaluasi yang dilakukan tidak salah.

Ini merupakan kunci pertama yang harus dilakukan oleh pebisnis pemula.

Karena dari sinilah awal progresifitas toko ke depan. Artinya, semakin baik pembukuan keuangannya, peluang bisnis merugi bisa dikekang. Sehingga bisnis jangka panjang bisa tumbuh maksimal.

2. Mencatat Semua Transaksi Keuangan

Untuk mengetahui pergerakan toko, segala transaksi keuangan yang ada harus tercatat. Baik dana yang masuk maupun yang keluar.

Pastikan cermat ketika menulisnya. Karena jika salah input satu saja, draft bisa dirombak. Karena hasil total di akhir bisa selisih.

Nah, sebagai manusia, tentu sifat lupa tidak bisa dicegah. Ini bisa jadi masalah, jika berkaitan dengan data modal, rugi dan untung toko.

Maka dari itu, sebisa mungkin, catat keuangan di awal transaksi. Pastikan pula, buku ada di tempat yang mudah diingat.

Yang paling penting adalah pembukuan harus dipegang oleh ahlinya. Jauhkan dari tangan orang tidak bertanggung jawab.

Karena risikonya adalah, data keuangan bisa berubah. Kasus ini sudah banyak terjadi.

Pemilik toko merugi jutaan rupiah karena terlalu percaya kepada bawahan sehingga dipasrahkan sebagai pencatat bukti transaksi keuangan.

3. Hentikan Kebiasaan Menumpuk Barang

Masalah laten pebisnis pemula ialah, menyesakkan toko dengan barang-barang yang sama. Ini didasarkan pada argumen, semakin banyak barang, berarti toko terbilang “wah”.

Jika stock barang berbeda, tidak menjadi masalah. Pilihan pelanggan tentu lebih banyak.

Namun, jika yang ditumpuk barang yang sama, tentu ini tindakan berlebihan yang bisa mengganggu keuangan toko.

Maka dari itu, saran kami, lebih baik tumpuk produk dengan jumlah sedikit. Jika habis, baru dilakukan pemesanan selanjutnya.

Langkah ini lebih elegan. Terutama bagi pemula yang memiliki modal usaha minim.

4. Hindari Pembelian dengan Berhutang

Memberi pinjaman kepada orang yang membutuhkan adalah amal. Namun, tidak untuk modal toko. Karena ini terkait dengan perputaran bisnis.

Selain itu, pastikan orang yang membeli di toko, membayar pada waktu itu juga. Sehingga pencatatannya lebih mudah.

Sedangkan kalau berhutang, lebih baik jangan diberikan. Tolaklah dengan halus dan bijak. Pastikan pelanggan sadar kalau berhutang adalah tidak baik.

Apalagi berhutang di toko yang uang hasil penjualan juga termasuk modal yang harus kembali dijalankan sebagai sarana memesan barang.

5. Utamakan Pembayaran Tunai

Jika ingin keuangan toko lebih rapi, pastikan metode transaksi menggunakan uang tunai. Karena sistem kredit, justru membuat pembukuan tidak teratur.

Ingat, produk yang dibeli orang, tersimpan di dalamnya modal dagang.

Jika dana ini tidak kembali pada waktu itu juga, beresiko pedagang mengeluarkan uang dari kebutuhan harian untuk berbelanja.

Tentu ini tidak baik untuk perkembangan toko. Bahkan, bisnis bisa selesai dengan kerugian yang besar.

Hal ini juga berlaku untuk transaksi via toko online. Kalau perlu, lakukan transaksi jika transfer uang tunai sudah sesuai harga.

Jangan memberanikan diri menutupi bayaran sementara. Karena kita tidak tahu apakah pelanggan jujur membayar atau justru akan menipu.

image: Pixabay

6. Hitung Persentase Keuangan

Cara mengatur keuangan toko selanjutnya adalah menghitung persentasi keuangan.

Yang perlu ditotal adalah seluruh hasil bisnis baik laba bersih maupun laba kotor.

Setelah ketemu nilainya, baru dipetakan fungsinya. Mana yang tergolong profit bersih, modal dan profit yang akan dijadikan biaya untuk kebutuhan toko dan pribadi.

Untuk merealisasikan hal ini dibutuhkan perencana akuntansi yang handal. Jika pedagang tidak bisa melakukannya, bisa menyewa konsultan keuangan yang cerdas.

Karena ini berhubungan dengan draft keuangan, bagan, input data dan deteksi peluang bisnis yang cukup rumit.

7. Mencatat Kebutuhan Toko

Kebutuhan toko harus didahulukan, jika ingin bisnis berkembang dengan baik. Hal ini sudah termasuk biaya perawatan, biaya listrik serta gaji pegawai.

Modal usaha juga masuk ke dalam taksasi ini.

Pencatatan ini diperlukan untuk merapikan pembukuan. Sehingga, pedagang mengetahui mana kebutuhan yang sudah tersedia dan mana yang masih harus dibeli.

Selain itu, konsep ini dibutuhkan sebagai pemilahan kebutuhan yang harus didahulukan dan yang ditunda.

Yang perlu diperhatikan adalah catat kebutuhan yang berfungsi vital bagi bisnis. seperti uang sewa toko atau uang untuk membeli tanah demi membuat jaringan toko yang baru.

Jika kebutuhan ini tidak didahulukan, tentu rencana matang sebelumnya bisa gagal di tengah jalan. Sehingga untuk merealisasikan, pedagang harus menunggu tahun yang akan datang.

8. Membuka Tabungan

Untuk menjaga kesehatan keuangan toko, pastikan jika modal maupun profit disimpan dengan baik. Gunakan jasa perbankan untuk melakukannya.

Yang terpenting adalah, simpan dana tersebut, jika kebutuhan toko sudah terpenuhi.

Selain itu, pastikan dana yang ditabung tidak asal di ambil. Karena ini justru membuat pedagang malas untuk menabung kembali.

Apa lagi jika catatannya tidak teliti. Maka dari itu, tabung dan catat uang anda. Ambil jika benar-benar butuh. Pastikan sebagian besarnya dialokasikan untuk kebutuhan bisnis.

Ingin membuka bisnis baru, pastikan cara mengatur keuangan toko di atas harus dipahami. Karena ini penentu keberhasilan dalam berbisnis.

Salah mengatur keuangan, baik yang berupa modal atau untung, bisnis bisa rusak. Tidak hanya kerugian yang di derita, bisnis juga bisa selesai.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Personal Finance

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Perhitungan Dana Pensiun Ketika Menggunakan The 4% Rule

Perhitungan Dana Pensiun

Ketika sudah bekerja cukup lama hingga mencapai usia di mana tidak dapat melakukan pekerjaannya lagi, itulah saat paling rentan dalam perekonomian. Sehingga butuh pengolahan dana agar tidak terjadi kesulitan pada masa tua. Adanya perhitungan dana pensiun diperlukan untuk mencapai kesejahteraan dalam menyambung hidup. Berikut disajikan hal-hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:

1. Keefektifan Rumus

Adanya formula khusus yang digunakan untuk menghitung uang yang diperoleh seorang karyawan. Sayangnya keefektifan dari rumus ini berlaku untuk orang-orang yang usianya 25 sampai 30 tahun. Apabila melebihi batas umur itu akan ada beberapa kemungkinan yang membuatnya tak menghasilkan nominal yang tepat.

Hal ini disebabkan naik turunnya perekonomian, serta hal-hal lain yang tidak bisa diprediksi akan terjadi lalu mempengaruhi semua bidang kehidupan. Inilah salah satu kelemahan dari the 4% rule karena keadaan yang tak menentu dapat berpengaruh dalam hal yang luas. Sehingga bukan alat yang efisien untuk dijadikan pedoman hitungan.

2. Perubahan Nilai Investasi

Semua orang saat melakukan perhitungan dana pensiun juga harus melihat ada atau tidaknya perubahan suatu nilai dari investasi yang berlangsung. Tidak boleh asal mengambil keputusan tanpa melihat sekitarnya. Besarnya dampak dimunculkan dari kejadian ini. Pantauan dikerjakan tidak hanya dalam satu waktu, tapi beberapa kali.

Tak ada yang mampu memastikan pergolakan yang terjadi dalam dunia industri ketika berdampak pada bidang perekonomian. Adanya nilai investasi yang terjadi itu bisa mengalami kenaikan bahkan penurunan yang tak terduga. Aktivitas seperti ini bisa memberikan hal buruk pada perhitungan yang dilaksanakan, karena bisa saja jauh diluar prediksi.

3. Adanya kemungkinan Inflasi

Usaha dalam menghitung jumlah uang yang didapatkan itu bagus, tapi hasilnya tidak bisa dipastikan benar juga. Segala kemungkinan dapat terjadi, besar maupun kecil hal itu akan memiliki pengaruh. Jadi validitas dari the 4% rule untuk perhitungan uang ketika pensiun bisa dipikirkan kembali.

Banyak faktor yang terlibat serta ikut menentukan kredibilitasnya. Sehingga butuh kecermatan dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan uang, agar tidak terjadi hal diluar batas kewajaran.

4. Pengeluaran yang Tidak Tetap

Gaji tetap dan sudah ada perincian dana untuk memenuhi kebutuhan apa saja. Namun tak bisa dipungkiri bahwa hal-hal yang telah direncanakan kadang tak berjalan lurus. Hal ini menjadi penyebab butuh alat pendukung lainnya dalam memastikan hasil dari hitungan yang dikerjakan. Tidak ada yang tahu masa mendatang serta peristiwa yang terjadi.

Maka penting untuk melakukan pertimbangan saat perhitungan dananya, agar terhindar dari hal-hal tak mengenakan. Ketelitian dalam menghitung sangat dibutuhkan, apalagi untuk dana pensiun. Hal ini untuk menunjang kehidupan pada masa tua supaya tetap nyaman tanpa gangguan minimnya dana sebab tak bisa kelola.

5. Kondisi Ekonomi Tak Stabil

Pentingnya perhitungan dana pensiun ini berkaitan dengan kondisi ekonomi yang terdapat di suatu wilayah. Ketidakstabilan yang terjadi membuat tak bisa diperkirakan jumlahnya. Alasan ini yang bikin rumus 4% itu takkan dapat menangani kondisi yang ada, jika tidak diamati terlebih dahulu.

Memonitor segala pemasukan serta pengeluaran berperan aktif terhadap prosedur yang dijalankan. Kebutuhan masa depan juga tidak bisa diprediksi jika tak ada keseimbangan dalam berbagai bidang yang bersangkutan dalam melakukan perhitungannya. Gunakan kesempatan yang ada sebaik mungkin selama menghitung uang pensiun, agar memperoleh hasil yang valid.

6. Perkiraan hanya untuk Satu Sumber Pendapatan

Hanya ada satu sumber pendapatan yang bisa diolah menggunakan formula the 4% rule ini. Apabila kegiatannya bercabang, butuh perhitungan lebih dari satu kali dengan memperhatikan kondisi yang ada, agar tidak terjadi kesalahan. Perkiraan hitungan yang dihasilkan dapat diperiksa kembali sesuai keadaan saat itu.

Sebenarnya pemeriksaan suatu kondisi yang berhubungan dengan uang itu tak dapat dilakukan satu kali. Butuh beberapa kali pemeriksaan agar memperoleh hitungan dana yang sesuai dengan harapan. Jangan menyepelekan hal sederhana ketika melakukan kegiatan ini. Semua yang dikerjakan berdampak nantinya.

7. Mengontrol Keuangan

Pada saat mau menghitung pakai rumus, sesuaikan ketentuannya dan lakukan pengontrolan yang tepat supaya tak timbul kecacatan hitungan. Sebenarnya untuk mengendalikan uang agar stabil itu tidak begitu mudah. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap bulannya tak selalu sama, sehingga kadang pengeluaran membengkak.

Bukan hanya itu, ada faktor lainnya membuat pengendalian yang dilakukan keluar dari jalur yang ada. Perkara ini yang membuat naik dan turunnya dana pensiun. Banyak hal harus dipersiapkan ketika melakukan perhitungan, tak bisa sembarangan bahkan menentang aturan dari the 4% rule.

Demikian ulasan yang bisa menjadi referensi perihal yang butuh dipikirkan dalam perhitungan dana pensiun dengan mudah tanpa ada masalah. Kegiatan yang dilakukan mampu meminimalisir perkara yang berkaitan kekurangan uang, karena proses pengalokasiannya yang salah.

Continue Reading

Personal Finance

6 Alasan Mengapa Memilih Alterra Bills sebagai Layanan Bill Payments Terbaik

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan layanan untuk melakukan bill payment. Namun, meskipun banyak, tetap harus hati-hati dalam memilihnya. Sebab, tak semua memiliki keamanan dan kulaitas baik. Salah satu yang menyediakan layanan bills adalah Alterra Bills. Begitu banyak alasan memilih alterra bills baik untuk dijadikan layanan bill payments.

Alterra Bills menyediakan layanan untuk melakukan bill payment dari sabang sampai merauke. Melalui layanan bill payment ini nantinya semua yang terlibat akan dihubungkan satu sama lain, sehingga menjadi layanan bill payments terbaik. Maka dari itu, inilah beberapa alasan mengeapa Alterra Bills sangat cocok untuk dipilih sebagai layanan bill payments terbaik.

1. Terdapat Ratusan Mitra Kanal Pembayaran

Banyaknya mitra kanal pembayaran pada layanan bill payments disini menjadi alasan pertama mengapa memilih Alterra Bills. Terdapat ratusan mitra kanal pembayaran yang tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia. Mitra kanal pembayaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan bill payments. Tanpa adanya mitra kanal pembayaran, pelaksanaan bill payments akan terhambat.

Mitra kanal pembayaran di layanan bill payments ini semuanya sudah berpengalaman dan berkualitas. Memiliki jam terbang yang mumpuni dan baik. Sudah lebih dari 200 kali melayani kanal pembayaran membuat mitra kanal pembayarannya sudah tidak diragukan lagi. Pelayanan yang sudah dilakukan oleh mitra ialah modern retail, e-commerce, bank, dan digitan commerce.

2. Memiliki Beragam Macam Produk Digital

Produk digital merupakan sebuah produk virtual yang dijadikan sebuah layanan online. Untuk produk digital bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Pada layanan bill payments disini terdapat lebih dari 1.500 produk digital yang dapat dipilih dengan bebas. Kategori produk digitalnya antara lain BPJS, Voucher Games, Token Listrik, Telkom, dan produk digital lainnya.

3. Memakai Dasbor Real Time

Alasan selanjutnya mengapa memilih alterra bills sebagai layanan bill payments terbaik ialah karena layanan bill payments disini sudah memakai dasbor real time. Layanan bill payments yang satu ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk memantau segala informasi terkait disertai fitur notifikasi. Mulai dari sisa deposit, pembayaran, produk yang tersedia, dan lainnya.

4. Terhubung dengan Telco Provider dan Aggregator Resmi Biller

Telco provider merupakan sebuah layanan penyedia telekomunikasi di dunia digital. Sementara itu, Aggregator Biller ialah sebuah perusahaan yang menyuplai produk digital yang dibutuhkan oleh tiap layanan bill payment. Layanan bill payments disini sudah bekerja sama dengan Aggregator Resmi Biller dan terhubung dengan Telco Provider. Artinya, sudah memiliki kualitas yang tinggi.

5. Memberi Pelayanan 24/7

Melayani pelanggan dengan baik adalah prioritas paling utama bagi layanan bill payments disini. Kenyamanan pelanggan menjadi kepuasan tersendiri bagi pihak terkait. Oleh sebab itu, layanan bill payments disini menyediakan pelayanan 24 jam. Maka, tak perlu khawatir jika ada membutuhkan pelayanan yang mendadak. Sebab layanan bill payments disini siap melayani kapanpun.

6. Memiliki Kemudahan pada Integrasi API

Alasan terakhir mengapa layanan bills payments disini ialah karena sudah memiliki kemudahan pada integrasi API yang telah disediakan. Integrasi API merupakan dimana ada dua buah sistem yang nantinya akan diintegrasikan menjadi satu meski berasal dari lingkungan yang berbeda. Kemudahan integrasi API pada layanan bills payment ini mampu memberikan kenyamanan pengguna.

Demikian 6 alasan mengapa memilih alterra bills sebagai layanan bill payments terbaik. Banyaknya layanan bills payment yang tersedia masih belum terjamin kualitasnya. Akan tetapi, alterra bills memiliki kualitas yang baik serta tidak perlu diragukan lagi. Semoga ulasan mengenai layanan bill payments ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

Finansial

BPJS Ketenagakerjaan Online Memberikan Banyak Kemudahan Bagi Semua

image: bpjs-kesehatan.go.id

Adanya sebuah jaminan tentu menjadi hal yang penting untuk dimiliki sekarang ini bukan? Terlebih bagi seorang pekerja, mendapatkan jaminan sosial menjadikan hal yang akan memberikan sebuah manfaat baik itu dari pekerja maupun perusahaan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) salah satu bidang yang dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan program tersebut. Bahkan kini semakin mudah dengan adanya akses BPJS Ketenagakerjaan online yang bisa dilakukan.

Apa Program Dari BPJS Itu?

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika mendaftarkan dalam BPJS Ketenagakerjaan online ini, tentunya banyak program yang ada dan bisa kita nikmati. Berbagai program tersebut tentunya sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi pesertanya. Adapun program yang disediakan dari BPJS tersebut, seperti halnya:

1. Adanya Jaminan Kematian

Semua orang tentu akan merasakan mati bukan? Namun bagaimana ketika kita meninggal tidak memiliki apapun yang bisa ditinggalkan untuk anak cucu kita. Hal ini mungkin tidak terlalu penting bagi mereka yang memiliki banyak perusahaan besar yang bisa diwariskan. Dengan adanya BPJS ketenagakerjaan ini akan mampu memberikan jaminan kematian yang tentunya memberikan manfaat uang tunai yang bisa diberikan kepada ahli waris.

Dengan adanya hal itu pasti akan menjadikan manfaat besar bagi ahli waris dengan memanfaatkan uang tunai yang ada tersebut dikedepannya. Jaminan kematian yang satu ini bukan karena akibat dari kecelakaan kerja ya. Santunan kematian, santunan berkala 24 bulan, dan biaya pemakaman menjadi salah satu manfaat ketika mendaftar dalam BPJS ketenagakerjaan ini.

2. Jaminan Kecelakaan Kerja

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, seringan dan seberat apapun risiko dalam bekerja itu akan kita temui. Ketika mendapatkan sebuah perlindungan atas segala risiko yang ada dalam bekerja akan menjadikan diri kita lebih nyaman tentunya. Baik itu dari kecelakaan yang ada di tempat kerja, akses menuju ke tempat kerja, atau bahkan penyakit yang ditimbulkan dari lingkungan kerja. Semua hal itu masuk dalam jaminan yang diberikan oleh program BPJS ini.

Bahkan sekarang ini BPJS Ketenagakerjaan online telah memudahkan kita untuk mengakses dan memberikan penjelasan ketika kita tidak paham akan hal ini. Segala perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, serta perawatan, dan santunan selama tidak bekerja menjadi hal yang bisa dirasakan.

3. Lebih Nyaman Dengan Jaminan Hari Tua

Saat muda tidak perlu diherankan tenaga yang kita gunakan untuk bekerja akan maksimal dan mampu melakukan segala hal dengan mudah. Namun ketika umur sudah tidak lagi muda dan kita sudah memasuki umur dimana tenaga sudah tidak bisa diandalkan. Tentunya hal tersebut menjadi pemikiran tersendiri bagaimana kehidupan yang akan dilalui setelahnya bukan?

Adanya jaminan hari tua berupa uang tunai yang besarnya merupakan akumulasi dari iuran yang kita berikan serta tambahan hasil pengembangannya bisa menjadi uang yang tak disangka-sangka. Manfaat yang ada tentunya akan sangat dirasakan ketika kita sudah tidak aktif dalam bekerja. BPJS ketenagakerjaan online menjadikan akses untuk mendapatkan jaminan yang atau ini lebih mudah tentunya.

4. Beda Dengan Jaminan Hari Tua, Ini Untuk Jaminan Pensiun

Pastikan kita bisa membedakan antara hari tuan dan pensiun. Meskipun pensiun relatif bagi mereka yang berusia menuju tua, namun faktanya jaminan dari BPJS ini dibedakan antara keduanya. Jaminan yang diberikan untuk mempertahankan derajat sehingga kehidupan peserta tetap layak meskipun sudah pensiun.

BPJS ketenagakerjaan memberikan sebuah uang tunai untuk pensiun ini bisa untuk ahli waris, pensiun cacat, untuk pensiun anak, pensiun orang tua, maupun untuk pensiun hari tua diri mereka sendiri. Banyaknya pilihan ini tergantung dari apa yang akan digunakan dari dana pensiun yang diberikan ketika kita telah tidak bekerja. Menjadi langkah yang aman bukan sebagai anggaran di masa tua?

Siapa Yang Perlu Untuk Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Online Ini?

Banyaknya program yang disediakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial ini menjadikan sebagai orang yang sadar akan pentingnya jaminan tentu haruslah mendaftar. Mengingat manfaat yang akan diterima bukan suatu kerugian ketika kita membayar iuran setiap bulannya. Jika anda termasuk dalam salah satu pihak yang disebutkan dibawah ini, itu berarti sangat penting untuk melakukan pendaftaran BPJS ini, diantaranya:

  • Seorang pemimpin perusahaan atau pemberi kerja: Jika memiliki sebuah perusahaan alangkah lebih baik untuk mendaftarkan karyawan yang ada untuk mengikuti BPJS ketenagakerjaan ini. terlebih kini BPJS ketenagakerjaan online memudahkan untuk siapa pun dalam melakukan pendaftaran. Hal ini menjadikan akses yang sangat membantu dalam perusahaan untuk mengontrol program yang ada.
  • Penerima upah atau gaji: Jika anda orang yang selalu menerima upah dan gaji dari perusahaan, pastikan diri anda mendapatkan layanan BPJS ketenagakerjaan ini. dengan menghubungi BPJS ketenagakerjaan secara online bisa dengan mudah ketika hendak mendaftar. Hanya dengan mengisi formulir baik untuk perusahaan dan pendaftaran pekerja, kini prosesnya sangat cepat.
  • Pekerja Jasa Konstruksi: Baik itu pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja pada periode tertentu dalam skala usaha jasa konstruksi sangat penting untuk mendaftarkan jaminan sosial ini. proyek yang terbilang wajib untuk mendaftarkan pekerjaanya dalam BPJS ketenagakerjaan online ini seperti proyek APBD, Dana Internasional, APBN, proyek swasta, maupun yang lainnya.
  • Pekerja migran Indonesia: Termasuk dalam pekerja yang akan, sedang, atau telah melakukan sebuah pekerjaan diluar negeri? Tentu pekerjaan itu sangat menyenangkan. Selain bisa mendapatkan penghasilan, kita bisa sekaligus jalan-jalan dan mengetahui dunia luar yang luas. Nah, bagi yang melakukan pekerjaan diluar negeri tersebut, pastikan untuk mendaftarkan diri dalam BPJS ketenagakerjaan itu ya.

Kemudahan Dari BPJS Ketenagakerjaan Online

Teknologi yang semakin canggih tentunya harus menjadikan semua orang yang berada di era digital ini harus pandai dalam mengoperasikannya. Sama halnya dengan program jaminan yang penting ini. adanya BPJS ketenagakerjaan secara online menjadikan langkah inovasi yang memudahkan siapa saja untuk mengakses ketika mereka memerlukan pelayanan. Nah, berikut ini beberapa hal yang dimudahkan dengan adanya BPJS sistem online:

1. Pendaftaran Peserta

Tidak harus datang ke kantor BPJS yang mungkin jauh dari tempat tinggal atau perusahaan. Hanya dengan menggunakan koneksi internet dan masuk ke website BPJSketenagakerjaan.go.id kemudian pilih opsi daftar menjadi hal yang sangat dimudahkan.

2. Mengklaim Secara Online

Bagi yang ingin mencairkan saldo JHT, akan dilakukan dengan mudah dengan adanya BPJS ketenagakerjaan online ini. hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet, proses klaim akan terbilang cepat.

3. Mendaftar Antrean Secara Online

Ingin melakukan klaim, atau mengurus kartu yang hilang dan rusak? Takut lama menunggu antrean karena disibukkan dengan bekerja? Melakukan pendaftaran antrean BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan secara online solusinya. layanan antrean online ini bisa digunakan untuk melakukan klaim data, registrasi, maupun segala hal pelayanan dari BPJS ini.

Hadirnya BPJS ketenagakerjaan online memang sangat menunjang segala pelayanan yang ada. Caranya yang mudah dan juga adanya langkah prosedur yang jelas dirasa semua orang bisa menggunakan akses BPJS online ini. Jika membutuhkan segala pelayanan yang berhubungan dengan jaminan sosial, pilih saja sistem online yang semakin memudahkan.

Continue Reading

TOP STORIES