Connect with us

Personal Finance

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam

keuangan islam

Uang merupakan salah satu bentuk harta yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Islam menganjurkan setiap umatnya untuk dapat menjaga hartanya dengan sebaik-baiknya.

Menjaga harta dengan mengatur keuangan adalah salah satu upaya yang dilakukan apalagi untuk mengatur keuangan pribadi.

Namun bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang baik dan benar?

Mengatur keuangan pribadi dan keuangan rumah tangga jelas sangat berbeda. Keuangan pribadi adalah hak orang tersebut yang memilikinya.

Namun keuangan rumah tangga adalah milik dan tanggung jawab antara suami dan istri sehingga membutuhkan kesepakatan dan kerjasama yang baik.

Berikut ini adalah cara Islam mengatur keuangan dalam rumah tangga.

Pahami Dahulu Siapa Yang Berhak Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga Menurut Islam

image: Pixabay

Cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang pertama adalah dimulai dari mengetahui dahulu siapa yang berhak mengatur keuangannya.

Di dalam sebuah rumah tangga terdapat suami dan istri yang memiliki haknya masing-masing dalam hal keuangan dan harta.

Sudah jelas dalam Al-Qur’an bahwa hak istri terkait keuangan terbagi menjadi dua yakni mahar dan nafkah.

Mahar sendiri merupakan mas kawin atau harta yang diberikan suami kepada istri dengan penuh kerelaan.

Suami tidak berhak meminta mahar istrinya untuk memenuhi kebutuhan keluarga kecuali jika istri ikhlas menyedekahkan maharnya untuk suami.

Sedangkan nafkah adalah kewajiban suami untuk mencukupi kebutuhan makanan, pelayanan, tempat tinggal, dan obat istri.

Sedangkan hak suami dalam keuangan dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah An-Nisa ayat 34 yang mana Allah telah melebihkan laki-laki daripada wanita karena kaum laki-laki merupakan pemimpin bagi kamu wanita. Dan sebagian harta laki-laki telah dinafkahkan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa suami memiliki kewajiban untuk menafkahi kebutuhan istri seperti pelayanan, makanan, obat, dan tempat tinggal sesuai dengan kemampuan suami.

Suami dapat memberikan hak sepenuhnya kepada istri untuk mengelola keuangan, namun dengan catatan uang pendapatan suami tetap menjadi hak dan milik suami.

Namun dalam Islam,  jika istri ikut bekerja dan memiliki pendapatan sendiri maka suami tidak berhak mencampuri urusan pendapatan istri karena istri memiliki otoritas penuh atas pendapatannya sendiri.

Kecuali jika sebelumnya sudah disepakati bahwa penghasilan istri akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara Rasulullah Mengatur Keuangan

image: Dubai/ Pixabay

Sebagai Umat Islam yang taat kepada ajaran Rasulnya, akan lebih baik selalu mengaitkan segala sesuatu yang dikerjakan dengan Al-Qur’an, hadist, dan sunnah Rasulullah.

Bahkan dalam mengatur keuangan, Rasulullah memiliki rahasia yang tentunya dapat diterapkan oleh umatnya.

Berikut ini adalah rahasia Rasulullah sebagai cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam.

1. Mengetahui Pengeluaran Keuangan

Uang adalah salah satu bentuk harta yang akan dipertanggungjawabkan oleh masing-masing individu di akhirat kelak.

Oleh sebab itu sebagai umat Islam harus benar-benar paham dan mengetahui untuk apa saja uang yang telah mereka pergunakan.

Maka tidak ada salahnya jika setiap rumah tangga membuat pembukuan keuangan sendiri untuk mengetahui aktifitas keuangan setiap harinya.

Dengan membuat pembukuan seperti itu, akan membuat kondisi keuangan rumah tangga sangat transparan bagi suami maupun istri.

Selain itu suami dan istri dapat melihat kebutuhan apa saja yang menjadi skala prioritas sehingga dapat membantu dalam proses menghemat keuangan.

2. Bersedekah

Telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Adz-Dzariyat ayat 19 bahwa dalam harta yang kita miliki terdapat hak orang miskin.

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk senantiasa menyedekahkan sebagian hartanya untuk orang lain yang membutuhkan.

Sesungguhnya jika seseorang bersedekah, bukannya mengurangi rezeki yang kita miliki melainkan akan Allah tambahkan nikmat dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika suami dan istri menyisihkan sedikit pendapatannya untuk bersedekah.

Ini merupakan rahasia kedua Rasulullah sebagai cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam.

3. Pemasukan dan Pengeluaran yang Seimbang

Besar pasak daripada tiang merupakan peribahasa yang sering didengar jika menemukan seseorang yang lebih besar pengeluarannya daripada pendapatannya.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh perilaku boros dan gaya hidup yang berlebih.

Oleh sebab itu, hindarilah gaya hidup berlebih dan boros karena orang yang berperilaku boros dan suka menghamburkan uang adalah saudara setan seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 26-27.

4. Tidak Menumpuk Harta

Umat Islam dianjurkan untuk menumpuk hartanya untuk dapat membantu orang lain.

Jika seseorang menumpuk hartanya tanpa sedikitnya menggunakan harta tersebut untuk membantu saudara atau kerabatnya yang sedang kesusahan, maka usahanya tersebut tidak bermanfaat.

Ada baiknya jika menumpuk harta untuk dijadikan sebagai modal usaha. Dengan begitu keuangan akan terus berjalan dan bisa menjadi manfaat bagi orang lain.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam Yang Dicontohkan Rasulullah

Image: Pixabay

Saking sempurnanya Islam, segala bentuk aspek kehidupan manusia di muka bumi telah diatur dalam Islam.

Tujuannya agar umat Islam tidak salah mengambil keputusan dan selalu berada dalam koridor yang benar.

Ada 5 cara yang dicontohkan Rasulullah dalam mengatur keuangan rumah tangga.

1. Komitmen Dana Pemenuhan Kebutuhan dan Pembelajaan Adalah Kewajiban Suami

Saat melakukan Haji Wada’, Rasulullah mengatakan bahwa suami harus mengayomi istri karena istri merupakan mitra penolong bagi suami.

Seorang suami telah menikahi istri dengan amanah Allah. Bahkan suami berhak melarang kediamannya didatangi oleh orang yang dibencinya kepada istri.

Maka istri memiliki hak untuk dipenuhi kebutuhan nafkah dan pakaian secara lazim.

2. Kewajiban Menafkahi Orang Tua Yang Membutuhkan

Dalam Islam, seorang anak yang berkecukupan wajib untuk menafkahi orang tua dan saudaranya yang masih kecil.

Pasangan suami istri harus meyakini bahwa menafkahi orang tua seperti layaknya membayar hutang yang bukan sekedar sukarela melainkan kewajiban.

Ini merupakan bentuk berbuat baik terhadap orang tua dan sekaligus untuk membalas kebaikan dan kasih sayang yang orang tua kita berikan dari dalam kandungan hingga saat ini.

3. Istri Boleh Membantu Keuangan Suami

Cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang dicontohkan Rasulullah yakni istri boleh membantu keuangan suami.

Jika suami tidak mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga maka istri diperbolehkan membantu keuangan suami. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berdagang atau bekerja.

Ini juga menjadi perilaku tolong menolong dalam kebaikan yang diperbolehkan dalam Islam.

4. Istri Bertanggung Jawab Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Istri bertanggung jawab mengatur konsumsi dan belanja rumah tangga dalam koridor lima tujuan syariat islam.

Syariat tersebut bertujuan untuk memelihara agama, akal, harta, jiwa, dan kehormatan.

Tanggung jawab tersebut ada karena suami telah berusaha dan bekerja dari harta yang halal untuk menafkahi kebutuhan istri.

5. Istri Berkewajiban untuk Hemat dan Ekonomis

Sebagai seorang istri ada baiknya jika ia dapat mengatur keuangan dari harta yang diberikan suami dengan sehemat mungkin.

Dengan begitu beban suami dapat sedikitnya berkurang dan istri dapat menjadi mitra yang baik bagi suami.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang sudah dijelaskan secara rinci.

Mengatur keuangan rumah tangga memang tidaklah mudah namun akan terasa ringan jika dilakukan menurut apa yang diajarkan oleh Islam.

Dan kunci kesuksesan dari mengatur keuangan rumah tangga ada pada kerjasama dan komunikasi yang baik dari suami dan istri.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Personal Finance

7 Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Perhitungan Dana Pensiun Ketika Menggunakan The 4% Rule

Perhitungan Dana Pensiun

Ketika sudah bekerja cukup lama hingga mencapai usia di mana tidak dapat melakukan pekerjaannya lagi, itulah saat paling rentan dalam perekonomian. Sehingga butuh pengolahan dana agar tidak terjadi kesulitan pada masa tua. Adanya perhitungan dana pensiun diperlukan untuk mencapai kesejahteraan dalam menyambung hidup. Berikut disajikan hal-hal yang perlu dipertimbangkan, diantaranya:

1. Keefektifan Rumus

Adanya formula khusus yang digunakan untuk menghitung uang yang diperoleh seorang karyawan. Sayangnya keefektifan dari rumus ini berlaku untuk orang-orang yang usianya 25 sampai 30 tahun. Apabila melebihi batas umur itu akan ada beberapa kemungkinan yang membuatnya tak menghasilkan nominal yang tepat.

Hal ini disebabkan naik turunnya perekonomian, serta hal-hal lain yang tidak bisa diprediksi akan terjadi lalu mempengaruhi semua bidang kehidupan. Inilah salah satu kelemahan dari the 4% rule karena keadaan yang tak menentu dapat berpengaruh dalam hal yang luas. Sehingga bukan alat yang efisien untuk dijadikan pedoman hitungan.

2. Perubahan Nilai Investasi

Semua orang saat melakukan perhitungan dana pensiun juga harus melihat ada atau tidaknya perubahan suatu nilai dari investasi yang berlangsung. Tidak boleh asal mengambil keputusan tanpa melihat sekitarnya. Besarnya dampak dimunculkan dari kejadian ini. Pantauan dikerjakan tidak hanya dalam satu waktu, tapi beberapa kali.

Tak ada yang mampu memastikan pergolakan yang terjadi dalam dunia industri ketika berdampak pada bidang perekonomian. Adanya nilai investasi yang terjadi itu bisa mengalami kenaikan bahkan penurunan yang tak terduga. Aktivitas seperti ini bisa memberikan hal buruk pada perhitungan yang dilaksanakan, karena bisa saja jauh diluar prediksi.

3. Adanya kemungkinan Inflasi

Usaha dalam menghitung jumlah uang yang didapatkan itu bagus, tapi hasilnya tidak bisa dipastikan benar juga. Segala kemungkinan dapat terjadi, besar maupun kecil hal itu akan memiliki pengaruh. Jadi validitas dari the 4% rule untuk perhitungan uang ketika pensiun bisa dipikirkan kembali.

Banyak faktor yang terlibat serta ikut menentukan kredibilitasnya. Sehingga butuh kecermatan dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan uang, agar tidak terjadi hal diluar batas kewajaran.

4. Pengeluaran yang Tidak Tetap

Gaji tetap dan sudah ada perincian dana untuk memenuhi kebutuhan apa saja. Namun tak bisa dipungkiri bahwa hal-hal yang telah direncanakan kadang tak berjalan lurus. Hal ini menjadi penyebab butuh alat pendukung lainnya dalam memastikan hasil dari hitungan yang dikerjakan. Tidak ada yang tahu masa mendatang serta peristiwa yang terjadi.

Maka penting untuk melakukan pertimbangan saat perhitungan dananya, agar terhindar dari hal-hal tak mengenakan. Ketelitian dalam menghitung sangat dibutuhkan, apalagi untuk dana pensiun. Hal ini untuk menunjang kehidupan pada masa tua supaya tetap nyaman tanpa gangguan minimnya dana sebab tak bisa kelola.

5. Kondisi Ekonomi Tak Stabil

Pentingnya perhitungan dana pensiun ini berkaitan dengan kondisi ekonomi yang terdapat di suatu wilayah. Ketidakstabilan yang terjadi membuat tak bisa diperkirakan jumlahnya. Alasan ini yang bikin rumus 4% itu takkan dapat menangani kondisi yang ada, jika tidak diamati terlebih dahulu.

Memonitor segala pemasukan serta pengeluaran berperan aktif terhadap prosedur yang dijalankan. Kebutuhan masa depan juga tidak bisa diprediksi jika tak ada keseimbangan dalam berbagai bidang yang bersangkutan dalam melakukan perhitungannya. Gunakan kesempatan yang ada sebaik mungkin selama menghitung uang pensiun, agar memperoleh hasil yang valid.

6. Perkiraan hanya untuk Satu Sumber Pendapatan

Hanya ada satu sumber pendapatan yang bisa diolah menggunakan formula the 4% rule ini. Apabila kegiatannya bercabang, butuh perhitungan lebih dari satu kali dengan memperhatikan kondisi yang ada, agar tidak terjadi kesalahan. Perkiraan hitungan yang dihasilkan dapat diperiksa kembali sesuai keadaan saat itu.

Sebenarnya pemeriksaan suatu kondisi yang berhubungan dengan uang itu tak dapat dilakukan satu kali. Butuh beberapa kali pemeriksaan agar memperoleh hitungan dana yang sesuai dengan harapan. Jangan menyepelekan hal sederhana ketika melakukan kegiatan ini. Semua yang dikerjakan berdampak nantinya.

7. Mengontrol Keuangan

Pada saat mau menghitung pakai rumus, sesuaikan ketentuannya dan lakukan pengontrolan yang tepat supaya tak timbul kecacatan hitungan. Sebenarnya untuk mengendalikan uang agar stabil itu tidak begitu mudah. Hal ini dikarenakan kebutuhan setiap bulannya tak selalu sama, sehingga kadang pengeluaran membengkak.

Bukan hanya itu, ada faktor lainnya membuat pengendalian yang dilakukan keluar dari jalur yang ada. Perkara ini yang membuat naik dan turunnya dana pensiun. Banyak hal harus dipersiapkan ketika melakukan perhitungan, tak bisa sembarangan bahkan menentang aturan dari the 4% rule.

Demikian ulasan yang bisa menjadi referensi perihal yang butuh dipikirkan dalam perhitungan dana pensiun dengan mudah tanpa ada masalah. Kegiatan yang dilakukan mampu meminimalisir perkara yang berkaitan kekurangan uang, karena proses pengalokasiannya yang salah.

Continue Reading

Personal Finance

6 Alasan Mengapa Memilih Alterra Bills sebagai Layanan Bill Payments Terbaik

Saat ini sudah banyak website yang menyediakan layanan untuk melakukan bill payment. Namun, meskipun banyak, tetap harus hati-hati dalam memilihnya. Sebab, tak semua memiliki keamanan dan kulaitas baik. Salah satu yang menyediakan layanan bills adalah Alterra Bills. Begitu banyak alasan memilih alterra bills baik untuk dijadikan layanan bill payments.

Alterra Bills menyediakan layanan untuk melakukan bill payment dari sabang sampai merauke. Melalui layanan bill payment ini nantinya semua yang terlibat akan dihubungkan satu sama lain, sehingga menjadi layanan bill payments terbaik. Maka dari itu, inilah beberapa alasan mengeapa Alterra Bills sangat cocok untuk dipilih sebagai layanan bill payments terbaik.

1. Terdapat Ratusan Mitra Kanal Pembayaran

Banyaknya mitra kanal pembayaran pada layanan bill payments disini menjadi alasan pertama mengapa memilih Alterra Bills. Terdapat ratusan mitra kanal pembayaran yang tersebar di berbagai kota yang ada di Indonesia. Mitra kanal pembayaran merupakan bagian penting dalam pelaksanaan bill payments. Tanpa adanya mitra kanal pembayaran, pelaksanaan bill payments akan terhambat.

Mitra kanal pembayaran di layanan bill payments ini semuanya sudah berpengalaman dan berkualitas. Memiliki jam terbang yang mumpuni dan baik. Sudah lebih dari 200 kali melayani kanal pembayaran membuat mitra kanal pembayarannya sudah tidak diragukan lagi. Pelayanan yang sudah dilakukan oleh mitra ialah modern retail, e-commerce, bank, dan digitan commerce.

2. Memiliki Beragam Macam Produk Digital

Produk digital merupakan sebuah produk virtual yang dijadikan sebuah layanan online. Untuk produk digital bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing. Pada layanan bill payments disini terdapat lebih dari 1.500 produk digital yang dapat dipilih dengan bebas. Kategori produk digitalnya antara lain BPJS, Voucher Games, Token Listrik, Telkom, dan produk digital lainnya.

3. Memakai Dasbor Real Time

Alasan selanjutnya mengapa memilih alterra bills sebagai layanan bill payments terbaik ialah karena layanan bill payments disini sudah memakai dasbor real time. Layanan bill payments yang satu ini memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk memantau segala informasi terkait disertai fitur notifikasi. Mulai dari sisa deposit, pembayaran, produk yang tersedia, dan lainnya.

4. Terhubung dengan Telco Provider dan Aggregator Resmi Biller

Telco provider merupakan sebuah layanan penyedia telekomunikasi di dunia digital. Sementara itu, Aggregator Biller ialah sebuah perusahaan yang menyuplai produk digital yang dibutuhkan oleh tiap layanan bill payment. Layanan bill payments disini sudah bekerja sama dengan Aggregator Resmi Biller dan terhubung dengan Telco Provider. Artinya, sudah memiliki kualitas yang tinggi.

5. Memberi Pelayanan 24/7

Melayani pelanggan dengan baik adalah prioritas paling utama bagi layanan bill payments disini. Kenyamanan pelanggan menjadi kepuasan tersendiri bagi pihak terkait. Oleh sebab itu, layanan bill payments disini menyediakan pelayanan 24 jam. Maka, tak perlu khawatir jika ada membutuhkan pelayanan yang mendadak. Sebab layanan bill payments disini siap melayani kapanpun.

6. Memiliki Kemudahan pada Integrasi API

Alasan terakhir mengapa layanan bills payments disini ialah karena sudah memiliki kemudahan pada integrasi API yang telah disediakan. Integrasi API merupakan dimana ada dua buah sistem yang nantinya akan diintegrasikan menjadi satu meski berasal dari lingkungan yang berbeda. Kemudahan integrasi API pada layanan bills payment ini mampu memberikan kenyamanan pengguna.

Demikian 6 alasan mengapa memilih alterra bills sebagai layanan bill payments terbaik. Banyaknya layanan bills payment yang tersedia masih belum terjamin kualitasnya. Akan tetapi, alterra bills memiliki kualitas yang baik serta tidak perlu diragukan lagi. Semoga ulasan mengenai layanan bill payments ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

Finansial

BPJS Ketenagakerjaan Online Memberikan Banyak Kemudahan Bagi Semua

image: bpjs-kesehatan.go.id

Adanya sebuah jaminan tentu menjadi hal yang penting untuk dimiliki sekarang ini bukan? Terlebih bagi seorang pekerja, mendapatkan jaminan sosial menjadikan hal yang akan memberikan sebuah manfaat baik itu dari pekerja maupun perusahaan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) salah satu bidang yang dipercaya pemerintah untuk menyelenggarakan program tersebut. Bahkan kini semakin mudah dengan adanya akses BPJS Ketenagakerjaan online yang bisa dilakukan.

Apa Program Dari BPJS Itu?

Banyak sekali manfaat yang akan didapatkan ketika mendaftarkan dalam BPJS Ketenagakerjaan online ini, tentunya banyak program yang ada dan bisa kita nikmati. Berbagai program tersebut tentunya sangat bermanfaat dan memberikan keuntungan bagi pesertanya. Adapun program yang disediakan dari BPJS tersebut, seperti halnya:

1. Adanya Jaminan Kematian

Semua orang tentu akan merasakan mati bukan? Namun bagaimana ketika kita meninggal tidak memiliki apapun yang bisa ditinggalkan untuk anak cucu kita. Hal ini mungkin tidak terlalu penting bagi mereka yang memiliki banyak perusahaan besar yang bisa diwariskan. Dengan adanya BPJS ketenagakerjaan ini akan mampu memberikan jaminan kematian yang tentunya memberikan manfaat uang tunai yang bisa diberikan kepada ahli waris.

Dengan adanya hal itu pasti akan menjadikan manfaat besar bagi ahli waris dengan memanfaatkan uang tunai yang ada tersebut dikedepannya. Jaminan kematian yang satu ini bukan karena akibat dari kecelakaan kerja ya. Santunan kematian, santunan berkala 24 bulan, dan biaya pemakaman menjadi salah satu manfaat ketika mendaftar dalam BPJS ketenagakerjaan ini.

2. Jaminan Kecelakaan Kerja

Setiap pekerjaan pasti memiliki risiko, seringan dan seberat apapun risiko dalam bekerja itu akan kita temui. Ketika mendapatkan sebuah perlindungan atas segala risiko yang ada dalam bekerja akan menjadikan diri kita lebih nyaman tentunya. Baik itu dari kecelakaan yang ada di tempat kerja, akses menuju ke tempat kerja, atau bahkan penyakit yang ditimbulkan dari lingkungan kerja. Semua hal itu masuk dalam jaminan yang diberikan oleh program BPJS ini.

Bahkan sekarang ini BPJS Ketenagakerjaan online telah memudahkan kita untuk mengakses dan memberikan penjelasan ketika kita tidak paham akan hal ini. Segala perlindungan atas risiko kecelakaan kerja, serta perawatan, dan santunan selama tidak bekerja menjadi hal yang bisa dirasakan.

3. Lebih Nyaman Dengan Jaminan Hari Tua

Saat muda tidak perlu diherankan tenaga yang kita gunakan untuk bekerja akan maksimal dan mampu melakukan segala hal dengan mudah. Namun ketika umur sudah tidak lagi muda dan kita sudah memasuki umur dimana tenaga sudah tidak bisa diandalkan. Tentunya hal tersebut menjadi pemikiran tersendiri bagaimana kehidupan yang akan dilalui setelahnya bukan?

Adanya jaminan hari tua berupa uang tunai yang besarnya merupakan akumulasi dari iuran yang kita berikan serta tambahan hasil pengembangannya bisa menjadi uang yang tak disangka-sangka. Manfaat yang ada tentunya akan sangat dirasakan ketika kita sudah tidak aktif dalam bekerja. BPJS ketenagakerjaan online menjadikan akses untuk mendapatkan jaminan yang atau ini lebih mudah tentunya.

4. Beda Dengan Jaminan Hari Tua, Ini Untuk Jaminan Pensiun

Pastikan kita bisa membedakan antara hari tuan dan pensiun. Meskipun pensiun relatif bagi mereka yang berusia menuju tua, namun faktanya jaminan dari BPJS ini dibedakan antara keduanya. Jaminan yang diberikan untuk mempertahankan derajat sehingga kehidupan peserta tetap layak meskipun sudah pensiun.

BPJS ketenagakerjaan memberikan sebuah uang tunai untuk pensiun ini bisa untuk ahli waris, pensiun cacat, untuk pensiun anak, pensiun orang tua, maupun untuk pensiun hari tua diri mereka sendiri. Banyaknya pilihan ini tergantung dari apa yang akan digunakan dari dana pensiun yang diberikan ketika kita telah tidak bekerja. Menjadi langkah yang aman bukan sebagai anggaran di masa tua?

Siapa Yang Perlu Untuk Mendaftar BPJS Ketenagakerjaan Online Ini?

Banyaknya program yang disediakan oleh badan penyelenggara jaminan sosial ini menjadikan sebagai orang yang sadar akan pentingnya jaminan tentu haruslah mendaftar. Mengingat manfaat yang akan diterima bukan suatu kerugian ketika kita membayar iuran setiap bulannya. Jika anda termasuk dalam salah satu pihak yang disebutkan dibawah ini, itu berarti sangat penting untuk melakukan pendaftaran BPJS ini, diantaranya:

  • Seorang pemimpin perusahaan atau pemberi kerja: Jika memiliki sebuah perusahaan alangkah lebih baik untuk mendaftarkan karyawan yang ada untuk mengikuti BPJS ketenagakerjaan ini. terlebih kini BPJS ketenagakerjaan online memudahkan untuk siapa pun dalam melakukan pendaftaran. Hal ini menjadikan akses yang sangat membantu dalam perusahaan untuk mengontrol program yang ada.
  • Penerima upah atau gaji: Jika anda orang yang selalu menerima upah dan gaji dari perusahaan, pastikan diri anda mendapatkan layanan BPJS ketenagakerjaan ini. dengan menghubungi BPJS ketenagakerjaan secara online bisa dengan mudah ketika hendak mendaftar. Hanya dengan mengisi formulir baik untuk perusahaan dan pendaftaran pekerja, kini prosesnya sangat cepat.
  • Pekerja Jasa Konstruksi: Baik itu pekerja harian lepas, borongan, dan perjanjian kerja pada periode tertentu dalam skala usaha jasa konstruksi sangat penting untuk mendaftarkan jaminan sosial ini. proyek yang terbilang wajib untuk mendaftarkan pekerjaanya dalam BPJS ketenagakerjaan online ini seperti proyek APBD, Dana Internasional, APBN, proyek swasta, maupun yang lainnya.
  • Pekerja migran Indonesia: Termasuk dalam pekerja yang akan, sedang, atau telah melakukan sebuah pekerjaan diluar negeri? Tentu pekerjaan itu sangat menyenangkan. Selain bisa mendapatkan penghasilan, kita bisa sekaligus jalan-jalan dan mengetahui dunia luar yang luas. Nah, bagi yang melakukan pekerjaan diluar negeri tersebut, pastikan untuk mendaftarkan diri dalam BPJS ketenagakerjaan itu ya.

Kemudahan Dari BPJS Ketenagakerjaan Online

Teknologi yang semakin canggih tentunya harus menjadikan semua orang yang berada di era digital ini harus pandai dalam mengoperasikannya. Sama halnya dengan program jaminan yang penting ini. adanya BPJS ketenagakerjaan secara online menjadikan langkah inovasi yang memudahkan siapa saja untuk mengakses ketika mereka memerlukan pelayanan. Nah, berikut ini beberapa hal yang dimudahkan dengan adanya BPJS sistem online:

1. Pendaftaran Peserta

Tidak harus datang ke kantor BPJS yang mungkin jauh dari tempat tinggal atau perusahaan. Hanya dengan menggunakan koneksi internet dan masuk ke website BPJSketenagakerjaan.go.id kemudian pilih opsi daftar menjadi hal yang sangat dimudahkan.

2. Mengklaim Secara Online

Bagi yang ingin mencairkan saldo JHT, akan dilakukan dengan mudah dengan adanya BPJS ketenagakerjaan online ini. hanya dengan bermodalkan laptop dan koneksi internet, proses klaim akan terbilang cepat.

3. Mendaftar Antrean Secara Online

Ingin melakukan klaim, atau mengurus kartu yang hilang dan rusak? Takut lama menunggu antrean karena disibukkan dengan bekerja? Melakukan pendaftaran antrean BPJS ketenagakerjaan yang dilakukan secara online solusinya. layanan antrean online ini bisa digunakan untuk melakukan klaim data, registrasi, maupun segala hal pelayanan dari BPJS ini.

Hadirnya BPJS ketenagakerjaan online memang sangat menunjang segala pelayanan yang ada. Caranya yang mudah dan juga adanya langkah prosedur yang jelas dirasa semua orang bisa menggunakan akses BPJS online ini. Jika membutuhkan segala pelayanan yang berhubungan dengan jaminan sosial, pilih saja sistem online yang semakin memudahkan.

Continue Reading

TOP STORIES