Connect with us

Personal Finance

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam

keuangan islam

Uang merupakan salah satu bentuk harta yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Islam menganjurkan setiap umatnya untuk dapat menjaga hartanya dengan sebaik-baiknya.

Menjaga harta dengan mengatur keuangan adalah salah satu upaya yang dilakukan apalagi untuk mengatur keuangan pribadi.

Namun bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang baik dan benar?

Mengatur keuangan pribadi dan keuangan rumah tangga jelas sangat berbeda. Keuangan pribadi adalah hak orang tersebut yang memilikinya.

Namun keuangan rumah tangga adalah milik dan tanggung jawab antara suami dan istri sehingga membutuhkan kesepakatan dan kerjasama yang baik.

Berikut ini adalah cara Islam mengatur keuangan dalam rumah tangga.

Pahami Dahulu Siapa Yang Berhak Mengatur Keuangan Dalam Rumah Tangga Menurut Islam

image: Pixabay

Cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang pertama adalah dimulai dari mengetahui dahulu siapa yang berhak mengatur keuangannya.

Di dalam sebuah rumah tangga terdapat suami dan istri yang memiliki haknya masing-masing dalam hal keuangan dan harta.

Sudah jelas dalam Al-Qur’an bahwa hak istri terkait keuangan terbagi menjadi dua yakni mahar dan nafkah.

Mahar sendiri merupakan mas kawin atau harta yang diberikan suami kepada istri dengan penuh kerelaan.

Suami tidak berhak meminta mahar istrinya untuk memenuhi kebutuhan keluarga kecuali jika istri ikhlas menyedekahkan maharnya untuk suami.

Sedangkan nafkah adalah kewajiban suami untuk mencukupi kebutuhan makanan, pelayanan, tempat tinggal, dan obat istri.

Sedangkan hak suami dalam keuangan dijelaskan dalam Al-Qur’an Surah An-Nisa ayat 34 yang mana Allah telah melebihkan laki-laki daripada wanita karena kaum laki-laki merupakan pemimpin bagi kamu wanita. Dan sebagian harta laki-laki telah dinafkahkan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa suami memiliki kewajiban untuk menafkahi kebutuhan istri seperti pelayanan, makanan, obat, dan tempat tinggal sesuai dengan kemampuan suami.

Suami dapat memberikan hak sepenuhnya kepada istri untuk mengelola keuangan, namun dengan catatan uang pendapatan suami tetap menjadi hak dan milik suami.

Namun dalam Islam,  jika istri ikut bekerja dan memiliki pendapatan sendiri maka suami tidak berhak mencampuri urusan pendapatan istri karena istri memiliki otoritas penuh atas pendapatannya sendiri.

Kecuali jika sebelumnya sudah disepakati bahwa penghasilan istri akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Cara Rasulullah Mengatur Keuangan

image: Dubai/ Pixabay

Sebagai Umat Islam yang taat kepada ajaran Rasulnya, akan lebih baik selalu mengaitkan segala sesuatu yang dikerjakan dengan Al-Qur’an, hadist, dan sunnah Rasulullah.

Bahkan dalam mengatur keuangan, Rasulullah memiliki rahasia yang tentunya dapat diterapkan oleh umatnya.

Berikut ini adalah rahasia Rasulullah sebagai cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam.

1. Mengetahui Pengeluaran Keuangan

Uang adalah salah satu bentuk harta yang akan dipertanggungjawabkan oleh masing-masing individu di akhirat kelak.

Oleh sebab itu sebagai umat Islam harus benar-benar paham dan mengetahui untuk apa saja uang yang telah mereka pergunakan.

Maka tidak ada salahnya jika setiap rumah tangga membuat pembukuan keuangan sendiri untuk mengetahui aktifitas keuangan setiap harinya.

Dengan membuat pembukuan seperti itu, akan membuat kondisi keuangan rumah tangga sangat transparan bagi suami maupun istri.

Selain itu suami dan istri dapat melihat kebutuhan apa saja yang menjadi skala prioritas sehingga dapat membantu dalam proses menghemat keuangan.

2. Bersedekah

Telah dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Adz-Dzariyat ayat 19 bahwa dalam harta yang kita miliki terdapat hak orang miskin.

Rasulullah mengajarkan umatnya untuk senantiasa menyedekahkan sebagian hartanya untuk orang lain yang membutuhkan.

Sesungguhnya jika seseorang bersedekah, bukannya mengurangi rezeki yang kita miliki melainkan akan Allah tambahkan nikmat dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika suami dan istri menyisihkan sedikit pendapatannya untuk bersedekah.

Ini merupakan rahasia kedua Rasulullah sebagai cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam.

3. Pemasukan dan Pengeluaran yang Seimbang

Besar pasak daripada tiang merupakan peribahasa yang sering didengar jika menemukan seseorang yang lebih besar pengeluarannya daripada pendapatannya.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh perilaku boros dan gaya hidup yang berlebih.

Oleh sebab itu, hindarilah gaya hidup berlebih dan boros karena orang yang berperilaku boros dan suka menghamburkan uang adalah saudara setan seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 26-27.

4. Tidak Menumpuk Harta

Umat Islam dianjurkan untuk menumpuk hartanya untuk dapat membantu orang lain.

Jika seseorang menumpuk hartanya tanpa sedikitnya menggunakan harta tersebut untuk membantu saudara atau kerabatnya yang sedang kesusahan, maka usahanya tersebut tidak bermanfaat.

Ada baiknya jika menumpuk harta untuk dijadikan sebagai modal usaha. Dengan begitu keuangan akan terus berjalan dan bisa menjadi manfaat bagi orang lain.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam Yang Dicontohkan Rasulullah

Image: Pixabay

Saking sempurnanya Islam, segala bentuk aspek kehidupan manusia di muka bumi telah diatur dalam Islam.

Tujuannya agar umat Islam tidak salah mengambil keputusan dan selalu berada dalam koridor yang benar.

Ada 5 cara yang dicontohkan Rasulullah dalam mengatur keuangan rumah tangga.

1. Komitmen Dana Pemenuhan Kebutuhan dan Pembelajaan Adalah Kewajiban Suami

Saat melakukan Haji Wada’, Rasulullah mengatakan bahwa suami harus mengayomi istri karena istri merupakan mitra penolong bagi suami.

Seorang suami telah menikahi istri dengan amanah Allah. Bahkan suami berhak melarang kediamannya didatangi oleh orang yang dibencinya kepada istri.

Maka istri memiliki hak untuk dipenuhi kebutuhan nafkah dan pakaian secara lazim.

2. Kewajiban Menafkahi Orang Tua Yang Membutuhkan

Dalam Islam, seorang anak yang berkecukupan wajib untuk menafkahi orang tua dan saudaranya yang masih kecil.

Pasangan suami istri harus meyakini bahwa menafkahi orang tua seperti layaknya membayar hutang yang bukan sekedar sukarela melainkan kewajiban.

Ini merupakan bentuk berbuat baik terhadap orang tua dan sekaligus untuk membalas kebaikan dan kasih sayang yang orang tua kita berikan dari dalam kandungan hingga saat ini.

3. Istri Boleh Membantu Keuangan Suami

Cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang dicontohkan Rasulullah yakni istri boleh membantu keuangan suami.

Jika suami tidak mampu memenuhi kebutuhan rumah tangga maka istri diperbolehkan membantu keuangan suami. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berdagang atau bekerja.

Ini juga menjadi perilaku tolong menolong dalam kebaikan yang diperbolehkan dalam Islam.

4. Istri Bertanggung Jawab Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Istri bertanggung jawab mengatur konsumsi dan belanja rumah tangga dalam koridor lima tujuan syariat islam.

Syariat tersebut bertujuan untuk memelihara agama, akal, harta, jiwa, dan kehormatan.

Tanggung jawab tersebut ada karena suami telah berusaha dan bekerja dari harta yang halal untuk menafkahi kebutuhan istri.

5. Istri Berkewajiban untuk Hemat dan Ekonomis

Sebagai seorang istri ada baiknya jika ia dapat mengatur keuangan dari harta yang diberikan suami dengan sehemat mungkin.

Dengan begitu beban suami dapat sedikitnya berkurang dan istri dapat menjadi mitra yang baik bagi suami.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga menurut Islam yang sudah dijelaskan secara rinci.

Mengatur keuangan rumah tangga memang tidaklah mudah namun akan terasa ringan jika dilakukan menurut apa yang diajarkan oleh Islam.

Dan kunci kesuksesan dari mengatur keuangan rumah tangga ada pada kerjasama dan komunikasi yang baik dari suami dan istri.

Header Image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Personal Finance

Manfaat Lain Slip Gaji Karyawan yang Jarang Diketahui

Bagi kamu yang berstatus sebagai karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan, tentu sudah tak asing lagi dengan slip gaji karyawan yang selalu diterima setelah menerima gaji bulanan.

Secara umum, slip gaji karyawan merupakan bukti otentik atau bukti resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja kepada pekerja atau pegawai.

Dalam slip gaji karyawan yang diberikan perusahaan, terdapat bagian-bagian nominal tertentu, baik terperinci maupun hanya sekadar rangkuman. Terkait dengan gaji bersihnya, seperti gaji pokok, penambah gaji, dan pengurang gaji termasuk nilai pinjaman jika ada.

Slip gaji tetap diterbitkan, baik perusahaan tersebut memberikan gaji take home pay atau yang lain.

Bagi perusahaan, slip gaji karyawan berfungsi sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Atau dengan kata lain sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan berkaitan dengan sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak karyawan.

Hal ini tercatat dalam Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang berbunyi, “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah (slip gaji) yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada saat upah dibayarkan”.

Sementara untuk pekerja, slip gaji merupakan bukti kejelasan proses penggajian atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan.

Nah, yang sering terjadi, masih banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat lain dari slip gaji. Memang apa saja sih manfaat lainnya? Berikut manfaat lain dari slip gaji karyawan yang telah dirangkum oleh Income.id:

Slip Gaji Karyawan Sebagai Syarat Kartu Kredit

Slip gaji karyawan bisa digunakan ketika akan mengajukan sebuah kartu kredit. Slip gaji menjadi penentu apakah pengajuanmu akan diterima dan berapa jumlah limit yang diterima setiap bulannya.

Slip Gaji Karyawan untuk Kredit Alat Elektronik

Sering kali keinginan membeli alat-alat elektronik harus dikesampingkan mengingat masih banyak kebutuhan lain yang harus lebih diprioritaskan. Hal itulah yang menyebabkan sebagian orang memilih membeli televisi, kulkas, mesin cuci, atau peralatan elektronik lain secara kredit.

Untuk yang belum tahu, sudah ada beberapa perusahaan seperti FIF atau ADIRA yang menawarkan jasa pembelian alat-alat elektronik secara kredit.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah ketersediaan slip gaji karyawan, sebagai pertimbangan kemampuan debitur dalam membayar cicilan setiap bulannya dan menentukan jangka waktu cicilannya.

Kredit Motor dan Mobil

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari slip gaji karyawan adalah dalam hal pengajuan kredit kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor.

Jika ingin membeli sebuah kendaraan dengan sistem cicil, kamu harus melampirkan slip gaji bersamaan dengan dokumen lainnya sebagai syarat mengambil kredit tersebut.

Tentu saja jenis, merek, dan DP atau uang muka kendaraan akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan.

Slip Gaji Karyawan Sebagai Syarat KPR

Bagi kamu yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), memiliki slip gaji karyawan menjadi syarat utama yang harus dipenuhi.

Melalui slip gaji, bank penyedia akan menganalisa kemampuanmu dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya.

Idealnya, slip gaji yang diserahkan atau gaji bulanan kamu harus tiga kali lipat lebih besar dari jumlah cicilan per bulan. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan cicilan dengan jumlah pendapatanmu.

Syarat KTA

Ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Slip gaji karyawan juga merupakan syarat wajib jika kamu ingin mengajukan pinjaman dana kepada KTA.

Kesesuaian dengan kemampuan membayar dapat dilihat dari slip gaji dan disertakan dalam formulir pengajuan kredit tanpa jaminan tersebut.

Sama seperti pengajuan KPR, besarnya slip gaji berpengaruh pada penilaian dan persetujuan Bank terhadap kredit yang kamu ajukan.

Menawar Gaji di Perusahaan Baru

Mungkin banyak yang tidak tahu ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan pelamarnya untuk melampirkan slip gaji saat melamar pekerjaan.

Nah, gunanya slip gaji karyawan ini sebagai alat untuk tawar-menawar (negosiasi) gaji di tempat kerja baru dengan pihak HRD perusahaan.

Pelamar dalam hal ini bisa menaikkan (mark up) gajinya di kantor lama, lalu memasang gaji jauh lebih tinggi di kantor baru.

Tapi dengan slip gaji, HRD perusahaan dapat mengetahui kebenaran berapa sebenarnya gajimu di kantor lama, sehingga kamu tidak bisa seenaknya memberikan penawaran gaji tinggi. HRD perusahaan kantor baru pun dapat memperkirakan gaji yang pas sesuai dengan pengalaman kerjamu.

Intinya, kunci saat negosiasi gaji adalah buka harga dengan permintaan gaji naik dari kantor sebelumnya, namun tetap melihat kemampuan dan pengalaman kerjamu.

Yuk, Simpan Slip Gajimu

Berdasarkan penjabaran yang telah diuraikan di atas, kini kita tahu bahwa banyak manfaat dan kegunaan yang bisa kamu dapat dari slip gaji karyawan.

Selain untuk mengetahui angka gaji bersih yang memuat berapa gaji pokok, tunjangan-tunjangan, maupun potongan-potongan seperti untuk BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, sampai pajak yang harus dibayar, slip gaji karyawan ternyata sangat membantu kamu untuk berbagai urusan, mulai dari mengajukan kartu kredit, mengajukan kredit alat elektronik, mengajukan kredit motor dan mobil, mengajukan KPR, mengajukan KTA, hingga menawar gaji di perusahaan baru.

Seiring perkembangan, slip gaji kini tak hanya menggunakan kertas, tapi dapat diberikan dalam bentuk elektronik atau via e-mail sehingga mudah disimpan serta tak takut hilang ataupun rusak.

Baca Juga: Peluang Usaha Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan, Cek Yuk!

Mengingat begitu banyak manfaat yang diperoleh dari slip gaji karyawan, yuk simpan baik-baik slip gajimu.

Bagi kamu yang  masih mendapatkan slip gaji menggunakan kertas, taruh di tempat yang mudah diingat ya, sehingga nantinya mudah ditemukan saat kamu membutuhkan.

Continue Reading

Personal Finance

Pinjaman Online Terbaik Buat Kamu Yang Gak Punya Jaminan

Saat ini sudah ada beberapa layanan fintech pinjaman online yang menawarkan kemudahan untuk masyarakat. Terutama bagi yang sedang butuh pinjaman dana pribadi, pinjaman cicilan, atau yang lagi butuh pinjaman uang cepat.

Kemudahan yang ditawarkan layanan pinjaman online tersebut adalah mampu memberikan kredit cepat, langsung cair, serta tanpa jaminan.

Namun rata-rata masih memberikan tenor pinjaman jangka pendek yaitu 10 hingga 30 hari saja. Padahal saat ini masyarakat tidak hanya membutuhkan pinjaman tanpa agunan jangka pendek saja.

Mereka juga mencari yang dapat memberikan pinjaman cicilan selama beberapa bulan. Apakah ada fintech yang mampu memberikan fasilitas tersebut? Berikut uraian selengkapnya

Pinjaman Online Tunai Kita

tunaikita.com

Salah satu rekomendasi pinjaman online yang mampu menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan cicilan per bulan adalah Tunai Kita.

Dana plafon yang bisa diberikan oleh Tunai Kita ini bekisar antara Rp4 hingga Rp20 juta. Sementara untuk tenor pinjaman sendiri mulai dari 3 hingga 6 bulan. Tenor cicilan ini sangat menarik.

Pasalnya jika di bank, biasanya cicilan bulanan dilakukan minimal 6 bulan yang bagi sebagian orang waktu tersebut cukup lama.

Sementara pinjaman online Tunai Kita mampu memberikan pinjaman dengan bayar bulanan dalam waktu 3 bulan saja. Bahkan proses peminjaman dana di Tunai Kita ini sangat cepat.

Jika semua syarat mampu dipenuhi pemohon, uang bisa langsung cair dalam hitungan menit. Namun ada sejumlah peraturan yang diberlakukan bagi calon nasabah Tunai Kita.

Diantaranya, jika ingin melakukan pengajuan pinjaman saat ini hanya bisa melalui aplikasi Android saja. Tidak bisa melalui website atau IOS.

Selain itu bagi pemohon juga harus telah berusia 21 hingga  55 tahun. Harus mempunyai KTP, NPWP, serta rekening bank atas nama pemohon.

Tunai Kita juga hanya melayani pencairan dana pada 7 bank terpilih. Termasuk BCA, Mandiri, BRI, Danamon, Bank Mega, dan Bank Permata.

Pinjaman Online Tunaiku

tunaiku.com

Tunaiku bisa menjadi rekomendasi pinjaman online tanpa jaminan dan memberikan tenor pinjaman mulai 6 hingga 12 bulan.

Dana plafon yang mampu diberikan juga cukup besar yaitu mulai dari Rp2 hingga Rp20 juta rupiah. Yang menarik pada Tunaiku ini adalah mampu memberikan masa bayar bulanan hingga 12 bulan.

Padahal fintech lain rata-rata hanya mampu memberikan layanan cicilan bulanan maksimal 6 bulan. Jika ingin mencoba melakukan pinjaman di Tunaiku, syaratnya cukup mudah.

Pemohon hanya harus telah berusia 21 hingga 55 tahun, memiliki rekening bank yang masih aktif, dan sedang bekerja atau berpenghasilan. Bisa pekerja swasta atau kalangan PNS.

Ada ketentuan khusus yang diperuntukkan bagi calon peminjam Tunaiku. Diantaranya adalah mereka hanya akan memberikan pinjaman dana bagi pemohon yang bekerja.

Jadi bagi yang berprofesi sebagai pengusaha, tidak diperkenankan untuk melakukan pinjaman. Selain itu ada wilayah tertentu di Indonesia yang bisa mereka layani.

Termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Gresik, Jogjakarta, Surabaya, Sidoarjo, Medan, Surabaya, Pekan baru. Denpasar, Palembang, dan Makassar.

Ketentuan terakhir, proses pencairan dana di Tunaiku sedikit lebih lama yaitu 1 hingga 3 hari kerja. Hal ini karena proses pengajuan tidak sepenuhnya online, harus bertemu kurir dulu untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak.

Pinjaman Online Julo

julo.co.id

Pinjaman online Julo bisa dipilih bagi yang ingin mencari pinjaman dana online tanpa jaminan apapun.

Julo mengklaim punya kelebihan dari sisi kemudahan dan kecepatan dana bisa cair. Plafon yang mampu diberikan mulai dari Rp2 hingga Rp8 juta. Pengembalian pinjaman tersebut juga bisa dilakukan dengan mencicil selama 3 hingga 6 bulan.

Pemohon hanya diharuskan berdomisili di area yang telah ditentukan. Termasuk area Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Manado, Kaltim, Bali, serta Riau.

Selain itu pemohon juga harus berstatus sebagai pekerja (bisa PNS atau swasta dengan penghasilan minimal Rp2 juta per bulan). Saat pengajuan, pemohon diharuskan mengunggah beberapa dokumen.

Diantaranya seperti KTP, Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan, serta Foto diri saat memegang KTP.

Penting untuk diketahui, nanti dana yang cair hanya akan ditransfer pada rekening atas nama pemohon sendiri. Dari mulai pengajuan hingga pencairan dana, pada umumnya hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 hari kerja saja.

Soal bunga, sebetulnya Julo memberikan bunga pinjaman yang cukup rendah yaitu 1,5% sampai 4% untuk per bulannya.

Namun, Julo juga mengenakan biaya provisi yang besarnya 5% dari pinjaman awal saat sebelum dicairkan. Jika dihitung-hitung setelah ditambah biaya provisi ini jumlah bunga yang dibayarkan tidak bisa dikatakan kecil.

Dana Kini

danakini.co.id

Pinjaman online untuk beli barang?

Coba saja Dana Kini. Dana Kini punya pilihan beberapa jenis pinjaman.

Pertama layanan cicilan tanpa kartu kredit. Dengan layanan ini pemohon akan dibantu untuk pembiayaan pembelian barang pada toko tertentu yang sudah menjadi partner Dana Kini.

Menariknya pembelian barang yang dicicil tersebut tanpa perlu menggunakan kartu kredit dengan jangka waktu pembayaran cicilan yang bisa dipilih sendiri. Bisa 6, 12, 18, hingga paling lama 24 bulan. Layanan kedua adalah Dana Kini Produktif.

Pada layanan produktif ini pemohon akan dibantu untuk pembiayaan pembelian produk dari toko yang telah bekerja sama dengan Dana Kini (Kawan Lama).

Namun, syaratnya pembelian barang tersebut harus dengan tujuan untuk mendukung usaha produktif yang sedang dikembangkan pemohon. Bunga yang dikenakan rendah dan jangka waktu cicilan bisa mencapai 24 bulan.

Tenor pinjaman 24 bulan inilah keistimewaan dari Dana Kini. Sementara pinjaman online lain hanya mampu memberikan masa pembayaran bulanan rata-rata maksimal 12 bulan saja.

Namun ingat, Dana Kini merupakan pinjaman yang hanya bisa dipergunakan untuk pembelian barang saja, bukan untuk dana tunai.

DanaFix

danafix.id

Ingin pinjaman tanpa agunan, tanpa proses rumit dan panjang, tanpa dokumen yang banyak? Dana Fix ini bisa dicoba.

DanaFix merupakan salah satu fintech yang melayani pinjaman online bagi masyarakat dan beroperasi di bawah naungan PT Danafix Online Indonesia.

Tidak seperti beberapa fintech pinjol pada umumnya, yang hanya mampu melayani pemohon di area tertentu.

Danafix bisa melayani masyarakat seluruh Indonesia. Layanan Danafix ini adalah memberikan pinjaman dana bagi pemohon dan bisa dicicil. Plafon yang mampu diberikan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp6 juta.

Sementara tenor pinjaman bisa dipilih, mulai dari 61 hingga 180 hari. Pemohon dana hanya harus telah berumur 21 hingga 60 tahun. Sudah berpenghasilan minimal Rp2 juta perbulan, serta tinggal dan bekerja di Indonesia.

Bunga cicilan DanaFix cukup rendah yaitu 15% perbulan, dengan biaya keterlambatan sebesar Rp100 ribu.

Untuk melakukan pengajuan pinjaman, pemohon harus mengunduh aplikasi DanaFix ini melalui GooglePlay.

Setelah itu tinggal menyiapkan dokumen seperti KTP, nama kontak saudara yang serumah, serta kontak kantor tempat bekerja. Jika semua sudah siap hanya harus ikuti saja prosesnya hingga dana bisa cair.

Itulah beberapa rekomendasi pinjaman online yang dapat dicicil pembayarannya per bulan. Saat ini sudah banyak fintech yang mampu memberikan pinjaman dana untuk masyarakat. Hal ini karena kemudahan dan kecepatan dana pinjaman bisa langsung cair dalam waktu singkat.

Namun yang juga harus diperhatikan bagi peminjam dana online adalah penggunaan dana itu sendiri.

Oleh karena dana plafon pinjol relatif kecil, maksimalkan hanya digunakan untuk hal-hal yang paling dibutuhkan saja.

Selain itu, jangan lupa juga setiap bulan sisihkan uang untuk membayar bunga pinjaman berikut cicilannya. Karena jika terlambat akan terkena biaya administrasi penagihan  yang jumlahnya bisa lebih besar.

Continue Reading

Personal Finance

Tips Menabung Buat Kalian yang Susah Mengatur keuangan

tips menabung

Menabung sebetulnya menjadi hal wajib yang harus dilakukan terutama bagi seorang pekerja yang memperoleh pendapatan tiap bulan.

Namun sebagian orang masih sulit untuk melakukannya, bahkan tidak tahu cara memulainya.

Jika kalian masih tidak mampu menyisihkan uang untuk ditabung, ikuti saja tips menabung yang bisa coba diikuti berikut ini.

Sisihkan Tabungan Di Awal Bulan

Pada umumnya pegawai menerima gaji awal bulan. Pada saat inilah langsung kelola gaji dengan baik. Pisahkan segera uang yang akan ditabung kemudian sisanya bisa digunakan untuk kepentingan lain.

Langkah pertama adalah menentukan besarnya uang yang akan ditabung. Karena tidak sedikit orang yang gagal menabung karena kurang tepat menentukan nominal tabungan.

Paling aman, setidaknya sisihkan 10 % dari gaji untuk tabungan. Jangan takut jika terlalu sedikit, karena itu lebih baik daripada tidak menabung sama sekali.

Cara seperti ini akan membuat uang lebih aman tersimpan dan menghindarkan uang akan terpakai untuk keperluan yang tidak penting.

Catat Semua Pengeluaran

Tips menabung berikutnya adalah mulai mencatat semua pengeluaran per bulan.

Mencatat beberapa pengeluaran ini akan berguna untuk membantu menjaga keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan.

Yang perlu diperhatikan adalah selalu prioritaskan kebutuhan dan hindari mendahulukan keinginan ketika ingin mengeluarkan uang.

Catat masing-masing pengeluaran dan kelompokkan. Misalnya uang untuk transportasi, untuk sembako, cicilan rumah atau uang kos, dan lain-lain. Ingat saat belanja di mall usahakan untuk mengendalikan diri. Beli saja barang yang butuh bukan hanya yang sekedar diinginkan.

Lunasi Dulu Utang – Tips Menabung Paling Manjur

Melunasi utang ternyata juga merupakan salah satu tips menabung yang bisa diterapkan. Tidak jarang utang bisa menjadi penyebab beban pikiran.

Utang yang belum terlunasi, malah akan membuat perencanaan keuangan menjadi kacau. Untuk itu segeralah untuk melunasi utang jika berencana untuk memiliki tabungan secepatnya.

Jika tidak terhalang utang, maka akan lebih bebas menyisihkan uang untuk ditabung. Perencanaan keuangan makin mudah dan lancar.

Tetapkan Tujuan Menabung

Menetapkan tujuan menabung juga termasuk tips menabung yang harus kalian lakukan.

Tujuan dapat membuat seseorang lebih terarah, bersungguh-sungguh, dan bisa fokus mengejar impian. Maka dari itu menetapkan tujuan sangat penting termasuk untuk menabung.

Dengan punya tujuan yang jelas untuk menabung akan lebih efektif ketimbang sama sekali tidak punya.

Selain tujuan yang harus jelas sebaiknya tujuan tersebut juga dapat diukur pencapaiannya. Tujuan ini bisa menjadi motivasi supaya tetap semangat untuk menabung

Ambil contoh saja, jika tujuan jangka pendek seperti untuk liburan. Atau tabungan jangka panjang untuk biaya pendidikan, dan lain sebagainya.

Baru bisa tahu, berapa banyak uang yang dibutuhkan supaya tujuan tersebut tercapai. Selain itu berapa lama waktu menabung hingga bisa mencapai jumlah tersebut.

Bawa Bekal Ke Kantor

Sebagai seorang pekerja, sebagian besar waktu akan disibukkan di kantor. Termasuk ketika makan siang. Karena di kantor, tentu tidak seperti di rumah yang bisa setiap saat bisa memasak dengan bebas.

Kebanyakan pekerja memilih membeli makanan di luar untuk makan siang. Jika ingin rencana menabung berhasil, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan ini.

Bayangkan saja berapa uang yang dikeluarkan jika setiap hari harus makan siang di luar, pastinya cukup besar. Daripada boros, pertimbangkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah.

Selain lebih hemat, membawa bekal juga lebih terjamin kebersihannya. Siapa tahu, makanan yang dijual di luar ternyata tidak bersih yang bisa membawa penyakit.

Pakai Transportasi Umum

Lokasi kantor jauh dari rumah? Pastinya butuh kendaraan untuk sampai ke sana. Menggunakan transportasi umum untuk pergi ke kantor bisa menjadi tips menabung yang  bisa dicoba. Daripada harus menggunakan kendaraan pribadi, cara ini bisa jauh lebih hemat.

Selisih rupiah antara naik kendaraan umum dan pakai kendaraan pribadi akan besar. Jika memakai kendaraan pribadi, uang akan habis untuk bensin, biaya parkir, dan lainnya.

Belum lagi jika terlalu lama dipakai bisa saja kendaraan perlu diservis. Biaya yang harus dikeluarkan tentu lebih banyak daripada pakai kendaraan umum.

Ongkos kendaraan umum tidak seberapa besar. Selain itu, tidak harus menyetir sendiri jadi tidak lelah. Pastinya selisih uang bisa dipakai untuk menabung.

Hindari Pengeluaran Tidak Penting

Jika ingin bisa menabung, upayakan untuk tidak menganggap remeh segala pengeluaran kecil yang dirasa sepele.

Terutama bagi  yang suka membeli kopi di kedai yang mahal setiap pagi. Jika sesekali mungkin tidak terasa. Namun coba pikirkan jika kebiasaan tersebut dilakukan setiap pagi. Berapa rupiah yang harus keluar.

Coba renungkan kembali apakah meminum kopi mahal ala café itu perlu?

Apa tidak lebih baik diganti dengan menyeduh sendiri kopi di kantor. Bukankan rasanya juga tidak jauh beda. Selain itu menyeduh kopi sendiri juga jauh lebih hemat.

Dari pada harus menghabiskan uang hanya demi satu cup kopi mahal, lebih baik sisihkan uangnya untuk ditabung.

Pertimbangkan Untuk Menggunakan Sistem Menabung Otomatis

BCA Black

Tips menabung selanjutnya adalah mulailah untuk mempertimbangkan sistem tabungan otomatis.

Hampir semua bank di Indonesia sudah menyediakan fitur seperti ini untuk para nasabahnya. Jadi nanti cara kerja tabungan otomatis ini, begitu awal bulan setelah gaji ditransfer maka akan otomatis terpotong sebagian ke rekening tabungan.

Cara ini cukup ampuh, terutama bagi yang boros dan suka tidak terkontrol menggunakan uang setelah gajian. Hal ini juga membuat seseorang lebih disiplin menyisihkan uangnya untuk ditabung. Tabungan otomatis ini tidak bisa diambil setiap waktu.

Pada umumnya rekening tabungan seperti ini hanya bisa diambil 1 kali dalam setahun atau tergantung kebijakan masing-masing bank.

Memanfaatkan Diskon

diskon

Kalau sudah hobi memang sangat susah ditinggalkan. Salah satunya jika seseorang memang pada dasarnya hobi belanja.

Begitu dapat gaji, memang sangat sulit untuk tidak pergi belanja hingga lupa diri. Alhasil, uang yang seharusnya bisa ditabung, malah terpakai untuk berbelanja. Ada tips sendiri bagi para penggila belanja supaya tetap bisa menabung.

Tipsnya adalah cobalah mencari terlebih dahulu pusat perbelanjaan yang kebetulan menawarkan diskon. Atau setidaknya cari tempat belanja yang mempunyai program cashback. Penawaran seperti ini sangat banyak ditemukan saat ini.

Apalagi jika bertepatan dengan event-event tertentu. Jika belanja diskon, sisa uang pasti bisa disisihkan untuk ditabung.

Menjadikan Tabungan Sebagai Aset Rill

Perbedaan Antara Sistem Ekonomi Islam dengan Sistem Ekonomi Konvensional

Tips menabung yang terakhir adalah coba jadikan uang tabungan menjadi aset rill contohnya saja berupa emas.

Hal ini bisa jadi pengontrol supaya lebih bisa mengendalikan diri untuk tidak berbelanja yang tidak perlu. Menjadikan tabungan sebagai emas, artinya uang tabungan tidak akan bisa sembarang diambil sewaktu-waktu.

Jika tabungan yang dimiliki masih berbentuk uang, seseorang akan mudah tergiur untuk menggunakannya karena gampang diambil kapan pun.

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Menurut Islam

Menjadikan tabungan menjadi aset emas adalah cara paling efektif. Setidaknya bisa bebas menabung tanpa takut uang terpakai untuk keperluan yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Itu tadi tips menabung yang bisa coba diikuti. Bagi yang kesulitan untuk menabung coba saja menerapkan cara-cara di atas. Mulai lah menabung untuk masa depan yang lebih baik.

Continue Reading

TOP STORIES