Connect with us

Tech

7 Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis

Hp saat ini seakan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kebanyakan orang. Tidak hanya untuk alat komunikasi saja, HP juga dipakai untuk hiburan dan lainnya. Penggunaan yang tidak sewajarnya kadang membuat baterai HP menjadi cepat habis. Ada beberapa cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis dan bisa dicoba.

Namun yang harus diingat cara-cara yang akan dibahas di bawah ini hanya yang kebetulan baterai HP masih layak dipakai. Bukan yang sudah menggembung alias rusak, atau umurnya yang sudah kelewat tua. Bagi yang merasa baterai HP nya semestinya masih berfungsi dengan baik tapi punya kendala cepat habis, berikut cara memperbaikinya :

1. Sebisa Mungkin Turunkan Tingkat Kecerahan Layar HP

Tingkat kecerahan layar akan berpengaruh pada penggunaan daya baterai HP. Salah satu cara untuk memperbaiki baterai HP yang cepat habis adalah mengurangi kecerahan layar. Cobalah untuk melakukan hal ini terutama jika berada di dalam ruangan. Nanti jika kebetulan berada di luar ruangan, silahkan naikkan kecerahan kembali di tingkat yang lebih tinggi.

2. Batasi Aplikasi Pada Layar Belakang

Tidak semua orang tahu jika aplikasi yang terbuka ternyata masih aktif bahkan setelah selesai ditutup sekalipun. Kebanyakan aplikasi-aplikasi seperti ini diam-diam masih berjalan di latar belakang. Jangan salah, aplikasi yang model begini banyak menyebabkan baterai hp cepat habis.

Lalu bagaimana caranya untuk mematikan aplikasi tersebut supaya baterai tidak cepat habis? Cukup pergi ke menu notifikasi lalu pilih opsi ‘aplikasi dan notifikasi’. Setelah itu silahkan pilih ‘lanjutkan’ dan klik ‘baterai’. Lalu pilih menu ‘pembatasan latar belakang’. Dengan begitu aplikasi yang berjalan diam-diam di layar belakang akan otomatis mati.

3. Pantau Aplikasi Apa Saja Yang Sedang Berjalan

Ada lagi cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis adalah dengan terus memantau aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Selain ada aplikasi yang tetap berjalan walaupun sudah ditutup, ada lagi jenis aplikasi yang diketahui menguras banyak baterai. Biasanya aplikasi seperti itu sudah terkena virus atau bug.

Jadi sering-seringlah pantau penggunaan baterai per aplikasi. Caranya dengan membuka menu pengaturan, lalu pilih opsi ‘baterai’ kemudian ‘menu’ lalu klik ‘penggunaan baterai’. Selain itu jika merasa punya aplikasi yang sekiranya tidak digunakan sebaiknya langsung uninstall saja. Setidaknya ini bisa membuat awet penggunaan baterai.

4. Usahakan Untuk Memakai Aplikasi Versi Lite

Kebanyakan aplikasi-aplikasi media sosial memang tergolong boros baterai. Sedangkan rata-rata orang jaman sekarang tidak bisa lepas dari sosial media bukan? Tenang, ada cara supaya bisa tetap eksis namun HP tetap aman dari boros baterai. Caranya adalah dengan mengunduh versi lite nya.

Versi lite dari sebuah aplikasi sangat hemat dari segi kapasitas dan daya baterai. Pada umumnya versi lite lebih ditujukan pada penggunaan HP dengan spesifikasi rendah. Namun tidak ada salahnya menggunakan versi lite untuk HP dengan spesifikasi tinggi untuk membuat baterai lebih tahan lama bukan?

5. Unduh Aplikasi Penghemat Baterai

Bila ingin memperbaiki baterai HP yang cepat habis tidak ada salahnya untuk mengunduh aplikasi penghemat baterai. Setidaknya dengan begitu penggunaan daya bisa terpantau dengan baik. Ada beberapa aplikasi penghemat baterai yang bisa dicoba seperti BetterBatteryStats atau Battery HD +.

Jenis aplikasi seperti itu akan mencoba menganalisis kinerja HP ketika digunakan. Nanti aplikasi tersebut akan memberikan informasi, aplikasi mana pada HP yang menjadi penyebab baterai cepat habis. Dengan begitu pengguna bisa melakukan hal lebih lanjut. Misalnya dengan menghapus aplikasi tersebut.

6. Batasi Penggunaan Layanan Location / GPS

Hampir semua aplikasi yang terinstall pada HP smartphone saat ini membutuhkan layanan GPS untuk menggunakannya. Hal ini menyebabkan GPS kadang tetap selalu menyala bahkan ketika aplikasi yang membutuhkannya sedang dalam posisi off. Padahal penggunaan GPS yang selalu aktif benar-benar menguras banyak daya baterai.

Solusinya adalah pergilah ke menu ‘location service’. Selanjutnya pilihlah aplikasi mana yang sekiranya sangat perlu untuk menyalakan GPS. Misalnya untuk aplikasi maps saja karena pastinya harus bisa digunakan sewaktu-waktu.

Baca juga : Download Aplikasi Nabung Saham Online Gratis Bagi Pemula

7. Jangan Lupa Matikan Bluetooth Ketika Tidak Digunakan

Mematikan sambungan bluetooth jika tidak digunakan juga termasuk cara memperbaiki baterai HP yang cepat habis. Pasalnya bluetooth sama dengan GPS yang ketika aktif dalam waktu yang lama akan banyak menguras daya baterai. Keduanya bekerja terus untuk mencari perangkat lain yang dalam posisi berdekatan sehingga membutuhkan daya baterai lebih banyak.

Tapi sebetulnya saat ini sudah muncul bluetooth dengan teknologi canggih yang mengklaim dapat lebih hemat daya yaitu bluetooth jenis v5.0. Tapi sayangnya bluetooth jenis ini masih belum banyak digunakan oleh HP dengan spesifikasi menengah ke bawah. Jalan terbaik adalah mematikannya di kala sudah tidak sedang digunakan.

Itu tadi beberapa cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis. Saat ini HP memang tidak bisa lepas dari keseharian banyak orang. Sehingga tidak jarang pengguna HP mengeluh baterainya cepat kehabisan daya.

Membeli power bank memang salah satu solusi jika ingin daya baterai tetap awet. Namun jika tidak ada budget untuk membeli perangkat tersebut, silahkan pakai cara di atas.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apps

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah Terbaik dan Terpercaya

Aplikasi Pinjaman Online Bunga Rendah

Pinjaman online menjadi populer dan terkenal karena keganasannya, seperti bunga yang sangat tinggi dan perlakuan kasar para penagih hutangnya. Lalu adakah pinjaman online yang aman dan terpercaya? Tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak aplikasi pinjaman online bunga rendah dan dibawah pengawasan OJK. Berikut adalah pembahasannya.

1. Investree

Aplikasi pinjaman online bunga rendah yang pertama ialah Investree. Berbeda dengan aplikasi pinjaman online lain, Investree mengajukan bunga sesuai dengan jenis pinjamannya. Ada 2 jenis pinjaman dari Investree, yang pertama ialah pinjaman untuk pembayaran tagihan, dan yang kedua ialah pinjaman untuk pedagang daring.

Pinjaman untuk pembayaran tagihan, dikenakan bunga sebesar 1 persen per bulan atau 12-20 persen per tahun. Sementara bunga yang dikenakan untuk pedagang daring ialah 0,9 persen per bulan atau maksimal 24 persen per tahun. Investree juga menyediakan pinjaman untuk karyawan. Bunga yang dikenakan sebesar 20 – 55 persen per tahun.

2. Koinworks

Aplikasi pinjaman online bunga rendah yang kedua adalah Koinworks. Meskipun Koinworks bukan merupakan aplikasi pinjaman jaminan bank, tetapi tidak perlu diragukan kualitasnya. Aplikasi ini sangat cocok untuk yang sedang membutuhkan dana cepat, karena tanpa jaminan bank dana akan lebih mudah dan cepat dicairkan.

Selain itu pendaftaran online yang sangat fleksibel, dapat memudahkan siapa saja yang akan mengisinya. Bunga yang dikenakan oleh Koinworks sangatlah rendah, hanya 0,75-1,67 persen per bulan. Koinworks dapat memberikan dana pinjaman yang besar, yakni mencapai 250 juta.

3. KlikACC

Aplikasi pinjaman online bunga rendah yang ketiga ialah KlikACC. KlikACC mengenakan bunga mulai dari 1 persen per bulan. Bunga yang dikenakan sesuai dengan hasil survey kredit calon peminjam dan jenis produk pinjamannya. Aplikasi ini merupakan aplikasi pinjaman yang sangat mendukung UMKM, untuk membantu melebarkan sayap para pemilik UMKM dari segi modal.

KlikACC dapat memberikan uang pinjaman yang sangat besar, yakni mencapai 2 hingga 4 Miliar. Dengan bunga yang rendah dan keamanan yang dijamin OJK, tidak heran jika banyak UMKM yang meminjam modal dari aplikasi ini.

4. Modalku

Aplikasi pinjaman online bunga rendah yang keempat ialah Modalku. Modalku menjadi salah satu aplikasi pinjaman yang diminati banyak orang, karena dapat meminjam tanpa perlu menjaminkan aset. Hampir sama dengan KlikACC, Modalku juga merupakan pinjaman online yang fokus pada UKM lokal. Modalku sangat memprioritaskan UKM yang sedang membutuhkan modal.

Bunga yang dikenakan oleh Modalku terbilang cukup rendah, yakni mulai dari 1 persen per bulan atau 12 persen per tahun. Modalku juga memberlakukan bunga sebesar 3 persen untuk biaya administrasi, nantinya akan dipotong langsung dari uang pinjaman. Uang pinjaman yang dapat diberikan oleh Modalku ialah 50 juta hingga 2 miliar.

5. Aktivaku

Aplikasi pinjaman online bunga rendah yang kelima ialah Aktivaku. Sama seperti aplikasi pinjaman online yang lain, besar bunga di Aktivaku sesuai dengan jumlah uang yang dipinjam. Bunga yang dikenakan ialah sebesar 14 hingga 21 persen per tahun. Uang pinjaman yang diberikan lumayan besar, yakni mencapai 2 miliar.

Aktivaku menjadi salah satu aplikasi pinjaman online yang memiliki fasilitas cukup lengkap. Diantaranya ialah Supply Chain Financing, Credit Take Over atau pengalihan pembayaran kredit, Mortgage atau fasilitas untuk membeli rumah langsung dari developer, dan Project Financing yang berguna untuk memberikan biaya untuk kegiatan produktif.

6. Amartha

Aplikasi pinjaman online dengan bunga rendah yang keenam ialah Amartha. Amartha merupakan aplikasi pinjaman online yang sangat memprioritaskan perempuan. Jadi Amartha akan memberikan modal untuk para perempuan yang ingin membuka usaha, seperti membuka warung sembako dan usaha produksi skala rumahan. Aplikasi ini bisa menjadi solusi untuk para ibu rumah tangga yang sedang mencari modal usaha.

Bunga yang dikenakan ialah sebesar 1,25 persen per bulan atau sama dengan 15 persen per tahun. Uang pinjaman yang diberikan biasanya sebesar 3 juta, dengan tenor pinjaman selama 50 minggu.

7. Modal Rakyat

Aplikasi pinjaman online dengan bunga rendah yang ketujuh ialah Modal Rakyat. Modal Rakyat agak sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya, perbedaannya ialah bunga ditentukan dari tingkat resiko atas data yang telah diberikan. Bunga yang dikenakan ialah mulai dari 10 hingga 30 persen per tahun. Uang pinjaman yang diberikan mulai dari 500 ribu hingga 2 miliar.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Tercanggih Tahun 2020 Hemat Kuota

8. Teralite

Aplikasi pinjaman online dengan bunga minim yang terakhir ialah Teralite. Teralite tidaklah seperti pinjaman online pada umumnya, karena aplikasi ini bukan menawarkan uang pinjaman melainkan kredit dengan jaminan. Jaminan yang diterima ialah BPKB dan sertifikat rumah. Bunga yang dikenakan ialah 1 persen per bulan untuk BPKB mobil, dan 2 persen per bulan untuk BPKB motor.

Itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi pinjaman online bunga rendah terbaik dan terpercaya. Pastikan lebih bijak dalam memilih aplikasi pinjaman online. Jangan mudah tertipu dengan janji manis dari aplikasi pinjaman online ilegal. Pilihlah aplikasi yang sudah terdaftar OJK seperti aplikasi-aplikasi diatas, agar tidak ada penipuan dan pemerasan. 

Continue Reading

Gadget

Cara Memberikan Kamera HP yang Buram dengan Mudah

Bagian vital pada smartphone yang sering digunakan pengguna adalah kamera HP. Maka pengguna juga harus merawat kamera dengan cara membersihkan kamera HP yang buram agar gambar terlihat lebih baik. Dan bisa juga mencari beberapa penyebab kenapa kamera HP menjadi buram.

Oleh karena itu, pentingnya menggunakan beberapa cara yang mudah untuk membersihkan kamera HP. Maka diharapkan pengguna bisa mendapatkan kembali lensa kamera yang optimal dan tidak buram.

Penyebab Kamera HP yang Buram

Ada beberapa hal tentunya yang menyebabkan kamera HP menjadi buram. Cobalah untuk memperhatikan hal berikut ini guna memahami penyebab yang terjadi pada kamera HP. Inilah beberapa penyebab yang biasanya mengganggu lensa kamera, yaitu :

  • Adanya kotoran yang menempel pada kamera, bisa saja debu, minyak atau penyebab lain. Karena terkadang kamera sering tersentuh oleh kulit.
  • Jika smartphone memakai casing, maka bisa jadi casing menjadi salah satu penyebab kamera buram. Dikarenakan kualitas casing HP yang kurang baik.
  • Kamera berembun juga bisa dikarenakan terkena air yang tidak langsung dikeringkan, sehingga buram.
  • Bisa juga berasal dari kualitas kamera yang memang kurang memadai.
  • Kamera HP memang sedang mengalami kerusakan fatal, sehingga terlihat buram.

Itulah beberapa hal yang bisa diperhatikan saat mengetahui penyebab kamera HP menjadi buram. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara yang mudah dilakukan agar kamera HP tidak buram lagi.

Cara Membersihkan Kamera HP yang Buram

Jika hasil foto kurang memuaskan disebabkan adanya kamera HP yang buram. Kemudian setelah menganalisa penyebabnya, maka bisa dilakukan dengan beberapa cara mudah untuk membersihkan lensa kamera.

1. Bersihkan Lensa Kamera HP

Cobalah bersihkan lensa kamera HP dengan cara sederhana, yaitu menggunakan kapas, tisu atau kain lembut. Beri sedikit air agar agak basah dan gosokkan pada kamera HP. Lakukan langkah tersebut secara benar dan perlahan menggosok di area kamera secara searah.

Jika sudah selesai melakukan hal tersebut, maka cobalah kamera HP untuk mengambil gambar. Jika gambar atau hasil foto terlihat jernih seperti biasa. Maka kamera HP terlihat buram, disebabkan karena hal kecil, seperti debu dan kotoran. Dan membersihkannya cukup dengan digosok perlahan saja di area lensa.

2. Gunakan Pasta Gigi untuk Membersihkan Lensa

Salah satunya dengan cara membersihkan kamera HP yang buram menggunakan pasta gigi. Cukup dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada lensa kamera dan digosok perlahan. Karena jika menggosok terlalu kuat, dikhawatirkan akan merusak atau menggores lensa kamera hp.

Setelah dioleskan pasta gigi, bersihkan dengan menggunakan cotton bud, tisu atau kain lembut. Sehingga tidak akan menggores kamera HP ketika menggosok lensanya, jadi tetap aman dan tidak buram lagi. Dan lensa kamera yang telah dibersihkan dengan pasta gigi, siap digunakan.

3. Cobalah Pakai Minyak Kayu Putih

Biasanya kondisi buram pada lensa kamera HP disebabkan oleh debu. Maka cobalah dengan minyak kayu putih. Karena minyak kayu putih dianggap sangat ampuh menghilangkan debu seketika bahkan lensa begitu mengkilap.

Meskipun bau aroma minyak kayu putih begitu menyengat, namun bisa ampuh membersihkan lensa kamera yang buram. Cara melakukannya pun sangat mudah, tinggal meneteskan minyak kayu putih pada bagian lensa. Kemudian tunggulah hasilnya, minyak kayu putih mampu membuat lensa HP kembali normal dan lebih jernih.

4. Gunakan Selotip

Bisa dengan air biasa, pasta gigi atau minyak kayu putih yang digosokkan ke lensa kamera. Jika sudah terlihat bersih, salah satu cara lainnya yaitu melindungi lensa dengan selotip. Pilihlah selotip transparan untuk digunakan pada lensa kamera.

Fungsi dari selotip ini melindungi agar debu tidak langsung ke lensa. Potong sedikit selotip bening atau transparan sesuai ukuran lensa, kemudian ditempelkan ke bagian kamera HP. Sehingga bisa menjadi pelindung untuk lensa kamera dari debu atau air yang akan menempel. Dan sewaktu-waktu bisa diganti dengan melakukan hal yang sama.

5. Pakai Hair Dryer

Biasanya kamera buram bisa disebabkan pengembunan pada lensa HP. Artinya ada titik-titik air di dalam lensa HP yang terlihat. Hal ini menyebabkan kualitas foto jadi terlihat buram.Maka cobalah gunakan hair dryer untuk menghilangkan embun pada kamera HP.

Saat alat hair dryer sudah siap, maka tempelkan seperti akan mengeringkan rambut ke bagian lensa kamera. Lakukan beberapa menit hingga titik embun pada lensa terlihat hilang dan lensa kamera terlihat kering. Selanjutnya tes kamera HP apakah sudah kembali normal dan gambar tidak buram lagi.

Itulah beberapa cara membersihkan kamera HP yang buram untuk bisa membuat kamera HP normal kembali. Dengan melakukan cara yang benar dan mudah ini, lensa kamera jadi lebih optimal dan maksimal digunakan untuk mengambil gambar foto.

Setelah dibersihkan dengan minyak kayu putih, biasanya hasil foto juga terlihat lebih jernih. Karena sudah tidak ada debu atau kotoran yang menghalangi lensa kamera. Dan lensa kamera HP bisa bekerja secara maksimal untuk menangkap gambar.

Continue Reading

Apps

5 Aplikasi Android Tercanggih Tahun 2020 Hemat Kuota

Dari semua aplikasi yang terdapat di Play Store, ada beberapa aplikasi yang bisa dibilang memiliki kemampuan yang sangat canggih. Rentetan aplikasi android yang canggih ini memiliki kemampuan untuk dapat menghemat kuota hingga melihat password WiFi. Berikut ini adalah beberapa aplikasi tercanggih untuk ponsel Android yang bisa ditemukan di Play Store.

1. SoundHound

Pengguna ponsel Android pasti pernah mendengar lagu yang enak tetapi tidak mengetahui siapa penyanyi dan apa judul lagunya. Pengguna ponsel Android pasti juga pernah mendengar lagu sampai hafal diluar kepala tetapi tidak tahu siapa penyanyi dan judul lagunya. Penasaran dengan lagu yang sering didengar tetapi tidak tahu judul dan penyanyinya, maka aplikasi SoundHound bisa membantu.

Aplikasi Android yang sangat canggih ini bisa membantu pengguna ponsel Android untuk melakukan identifikasi lagu. Aplikasi SoundHound akan membantu menemukan penyanyi dan judul lagu yang sedang diputar dalam sekejap. Selain itu, aplikasi SoundHound juga akan membantu memunculkan lirik lagu yang sedang diputar tersebut.

2. AirDroid

Aplikasi AirDroid mungkin sudah sering didengar dan cukup populer di kalangan para pengguna ponsel Android. Aplikasi AirDroid ini bisa membantu proses pemindahan data dari ponsel ke komputer tanpa perlu kabel data. Bahkan, aplikasi AirDroid ini juga membuat pengguna ponsel Android untuk dapat mengakses pesan dan log panggilan.

Caranya, pengguna ponsel Android cukup menginstal aplikasi AirDroid pada ponsel masing-masing, membuat akun, dan login. Selanjutnya, pengguna aplikasi tersebut dapat login di website AirDroid melalui komputer yang tersambung dengan internet menggunakan akun yang didaftarkan. Pengguna aplikasi AirDroid sudah bisa mengakses ponsel Androidnya melalui komputer.

3. Clap to Find

Satu lagi aplikasi Android yang tidak kalah canggih adalah Clap to Find. Aplikasi ini sangat membantu bagi para pengguna ponsel Android yang sering lupa menaruh ponselnya. Caranya juga sangat mudah yaitu cukup dengan menepuk tangan, ponsel Android yang terpasang aplikasi ini akan memberikan notifikasi. Adanya notifikasi ini membuat pemilik ponsel bisa mengetahui lokasi ponselnya berada.

Ada beberapa notifikasi yang bisa diatur. Secara default, aplikasi ini akan memutar nada dering sebagai notifikasi. Namun, pengguna bisa mengaturnya dengan hanya mode getar hingga menyalakan lampu kilat kamera. Adanya aplikasi ini tentu membantu pemilik ponsel Android yang sering lupa menempatkan ponselnya.

4. Adobe Spark Post

Para desainer tentu sudah tidak asing lagi dengan Adobe yang terkenal mengeluarkan berbagai aplikasi membuat desain. Adobe juga mengeluarkan aplikasi desain yang bisa digunakan di ponsel Android yaitu Adobe Spark Post. Aplikasi canggih dari Adobe ini dapat membantu para desainer untuk membuat desain bagus dengan cepat.

Adobe Spark Post ini memiliki berbagai template keren yang bisa digunakan. Template ini bisa membantu para desainer, bahkan yang pemula sekalipun, untuk membuat sebuah desain yang menarik.

5. TrueCaller

Aplikasi canggih terakhir yang terdapat di Play Store adalah Truecaller. Para pengguna ponsel tentu sering menerima panggilan dari nomor-nomor tak dikenal yang sangat mengganggu. Berkat adanya aplikasi Truecaller, pengguna ponsel pintar Android bisa membantu mengetahui siapa pemilik nomor tak dikenal tersebut.

Aplikasi Truecaller akan memunculkan nama pemilik nomor tak dikenal tanpa perlu menyimpan nomor tersebut. Selain itu, aplikasi Truecaller juga dapat membantu pengguna Android untuk melakukan blokir terhadap nomor-nomor yang mengganggu agar hidup lebih tenang.

Ada banyak sekali aplikasi Android canggih yang terdapat di dalam Play Store. Aplikasi-aplikasi canggih tersebut dapat membantu pemilik ponsel Android untuk berbagai hal mulai dari mencari lagu hingga memberi tahu nomor tak dikenal.

Continue Reading

TOP STORIES