Connect with us

Education

Begini Cara Membuat Jurnal ilmiah yang Baik dan Benar

Jurnal merupakan sebuah publikasi yang bersifat ilmiah, dimana didalamnya memuat tulisan yang diterbitkan dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan dibuatnya jurnal adalah untuk dijadikan sebagai salah satu referensi penulisan. Tata Cara membuat jurnal sendiri diperlukan teknik penulisan yang baik dan benar.

Bagaimana cara membuatnya?

1. Membuat Judul Yang Menarik

Tahapan pertama dalam cara membuat jurnal yang baik dan benar adalah membuat judul yang menarik. Judul harus mencerminkan pokok pembahasan tulisan tersebut. Dengan membaca judul tersebut, diharapkan pembaca dapat mengetahui garis besar materi yang dibahas.

Dalam menentukan sebuah judul, tidak boleh memiliki makna ganda karena bisa menyebabkan kesalahan persepsi.

Apabila menulis judul menggunakan bahasa Indonesia, maka tidak boleh melebihi 12 kata. Sedangkan apabila menulis menggunakan bahasa Inggris, maka tidak boleh melebihi 10 kata.

Penulisan judul dalam dokumen haruslah menggunakan huruf kapital semua dan dicetak tebal. Adapun posisi teksnya berada di tengah atas halaman tersebut.

2. Menulis Abstrak Secara Singkat dan Berisi

Perlu diingat bahwa abstrak tidak sama dengan ringkasan. Dalam sebuah jurnal, abstrak memiliki fungsi untuk menyampaikan secara singkat isi jurnal yang dibahas.

Tata cara penulisan abstrak sendiri harus memuat minimal 250 kata yang memasukkan unsur tujuan, metode, hasil serta kesimpulannya. Dalam penulisannya dilarang menggunakan kutipan ataupun singkatan.

Salah satu tips menulis abstrak yang mudah adalah dengan mengambil poin-poin penting setiap bagian dari jurnal. Setelah mengetahui poin-poin tersebut, maka tinggal menyusunnya menjadi kalimat yang mudah dipahami.

Pada dasarnya dalam penulisan abstrak ini ditulis paling akhir setelah membuat kesimpulan agar memudahkan dalam menyusunnya.

Jangan lupa untuk menuliskan kata kunci yang digunakan pada bagian akhir penulisan abstrak. Kata kunci mengandung 3-5 kata dan dapat diambil dari inti pokok pembahasan tersebut. Format penulisannya adalah Kata Kunci : (masukkan kata kunci yang digunakan).

3. Menjabarkan Pendahuluan Dengan Jelas

Dalam cara membuat jurnal ilmiah yang benar, pendahuluan ditulis dengan sungguh-sungguh dan secara jelas.

Pendahuluan harus memuat hal-hal seperti latar belakang, permasalahan yang akan dibahas hingga manfaat dari jurnal penelitian tersebut. Adapun format penulisannya adalah diketik dengan menghabiskan halaman sekitar 4-6 halaman tergantung dari pembahasan jurnal.

4. Mendata Barang dan Metode Yang Digunakan

Seperti yang diketahui bahwasanya jurnal memiliki banyak macamnya. Apabila memilih untuk menyusun sebuah jurnal penelitian, maka barang-barang yang digunakan dalam penelitian wajib dituliskan. Selain mendaftar barang, wajib menuliskan metode yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Pada dasarnya penulisan metode penelitian ini bergantung pada tema jurnal yang diambil.

Contohnya apabila jurnalnya berupa penelitian, maka harus memuat hal-hal seperti lokasi dan menjelaskan metode apa yang digunakan. Dalam penulisannya harus disampaikan dengan rinci dan jelas agar pembahaca dapat mengetahui permasalahan yang sedang dibahas.

5. Menuliskan Hasil Penelitian Secara Singkat dan Jelas

Penulisan hasil dalam cara membuat jurnal penelitian disarankan untuk menggunakan tabel. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca untuk menganalisa data yang diperoleh. Disisi lain, penggunaan tabel juga memudahkan dalam membandingkan hasilnya. Data yang dituliskan haruslah data asli, tidak dibuat-buat, memiliki bukti yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

6. Menguraikan Pembahasan Dengan Detail

image: pixabay

Pembahasan ditulis dengan menganalisa hasil yang telah diperoleh. Dalam penulisannya harus disesuaikan dengan dasar teori dan metode penelitian yang digunakan. Pembahasan dalam cara membuat jurnal makalah yang baik disertai dengan analisa permasalahan yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

7. Membuat Kesimpulan

Kesimpulan ditulis secara ringkas dan jelas dari pembahasan yang telah dibahas. Dalam kesimpulan harus mencakup pembuktian dari hipotesis penelitian yang telah dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode yang digunakan.

Di akhir tulisan bisa disematkan kalimat yang berisikan tentang meminta saran perbaikan dari metode yang digunakan agar lebih baik lagi.

8. Menuliskan Daftar Pustaka

Ada beberapa aturan penting dalam penulisan daftar pustaka yang benar. Apabila jurnal tersebut merupakan karya ilmiah, maka daftar pustaka bisa ditulis setelah teks terakhir. Artinya bisa di bawah dari kesimpulan yang dibuat tanpa harus berganti halaman.

Akan tetapi apabila jurnal tersebut merupakan sebuah makalah, buku ataupun penelitian, maka penulisan harus berganti halaman. Aturan penulisan daftar pustaka yang benar adalah harus dicetak huruf kapital dan tebal. Unsur-unsur yang termuat dalam daftar pustaka diantaranya adalah:

  • Nama pengarang buku yang dijadikan sebagai acuan.
  • Tahun berapakah buku tersebut pertama kali diterbitkan.
  • Judul buku beserta dengan subjudul yang dijadikan sebagai acuan penulisan.
  • Lokasi penerbitan buku hingga nama penerbitnya.

Perlu diingat bahwa unsur di atas tergantung dari sumber mana yang digunakan sebagai pustakanya. Akan berbeda lagi jika sumber pustakanya berasal dari website terpercaya atau bisa juga dari jurnal lain.

Baca juga ya: Sejarah Perkembangan Internet di dunia dari Tahun ke Tahun

Dalam cara membuat jurnal dengan susunan yang benar, poin utamanya adalah isinya harus benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Penulisan jurnal harus mematuhi aturan yang berlaku sesuai dengan kategori yang ingin diambil.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Inilah Daftar dan Biaya Sekolah Penerbangan Bandung Saat Ini

Biaya Sekolah Penerbangan Bandung

Memiliki cita-cita atau keinginan untuk bekerja dalam bidang penerbangan merupakan hal yang tidak mudah dilakukan. Dengan alasan karena membutuhkan proses cukup panjang dan jumlah biaya luar biasa yang harus dikeluarkan. Memang biaya sekolah penerbangan Bandung tidak murah namun cita-cita bekerja di penerbangan bisa terjamin.

Berbagai sekolah penerbangan di Jawa Barat khususnya Bandung memang sangat banyak dan memiliki kualitas yang baik. Kualitas yang bagus tentu tidak lepas dengan biaya yang cukup mahal sehingga dapat menimba ilmu di sekolah tersebut. Lantas berapa biaya harus dikeluarkan? Berikut merupakan paparan mengenai daftar dan biaya sekolah penerbangan Bandung:

1. Bandung Pilot Academy (BPA)

Bandung Pilot Academy atau disingkat dengan BPA memang sudah tidak asing lagi untuk mancanegara yang berlokasi di Jawa Barat. Memang sekolah penerbangan ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja, namun juga di luar Indonesia mengenal sekolah tersebut. Tahun 2008 adalah tahun didirikan sekolah penerbangan yang satu ini.

Adapun lisensi yang ditawarkan BAP ini antara lain MER, CPL, PPL, dan juga IR. Agar bisa masuk di sekolah tersebut pun harus melewati beberapa tahap seperti score TOEIC yang dimiliki sudah di atas 400. Mengenai biaya harus dikeluarkan kurang lebih 768 juta. Biaya tersebut bukan hanya biaya pendidikan namun juga tempat tinggal siswa.

2. Universitas Nurtanio

Universitas Nurtanio yang sudah dibangun sejak tahun 1967 ini masih di bawah asuhan dari sebuah yayasan milik seorang TNI AU. Meskipun nama awal dari sekolah ini adalah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Angkasa namun sudah banyak yang berminat daftar di sekolah ini. Akan tetapi sekolah ini baru mendapatkan sertifikat AMTO dan DSKU pada tahun 2018.

Program yang ditawarkan oleh sekolah penerbangan ini yakni program sarjana dan juga program diploma. Kedua program tersebut menawarkan berbagai pilihan jurusan yang dapat dipilih seperti listrik pesawat, motor pesawat, dan lain-lain. Adapun biaya yang dibutuhkan untuk sekolah di Universitas Nurtanio kurang lebih Rp15 juta setiap semester.

3. Gema Mahardika Persada Academy (GMP)

Apabila memiliki impian untuk sekolah di sekolah penerbangan namun tidak ingin menjadi seorang pilot, GMP lah jawabannya. Gema Mahardhika Persada Academy atau disingkat GMP tidak menawarkan pelatihan untuk menjadi pilot. Akan tetapi jenis jurusan yang ditawarkan seperti pramugari dan juga kelas airline staff namun hanya berupa teori saja.

Menariknya sekolah di GMP adalah sudah dijamin sampai mendapatkan pekerjaan berdasarkan program yang dipilih. Hal tersebut dikarenakan sekolah ini sudah bekerja sama dengan berbagai bandara yang ada di Indonesia. Adapun rincian biaya yang harus disiapkan oleh calon siswa kurang lebih Rp30 hingga Rp45 juta.

4. Global Aviation Flying School

Global Aviation Flying School adalah sekolah untuk siswa yang tinggal di Bandung dan memiliki impian menjadi seorang pilot. Berbagai fasilitas yang memadai sehingga pelatihan pun sudah disediakan oleh sekolah tersebut. Memang sekolah penerbangan khusus pilot ini dianggap sebagai salah satu sekolah yang memiliki kualitas tinggi.

Selain itu, para alumni yang berasal dari sekolah ini sudah diakui oleh pihak regulasi pemerintah dan regulasi internasional. Berbagai persyaratan harus dipenuhi oleh calon siswa seperti dari segi usia, tinggi badan, dan lain sebagainya. Adapun biaya yang dikeluarkan oleh calon pilot kurang lebih 700 juta serta fasilitas yang akan digunakan.

5. Flight Attendant & Airline Staff Training

Fligt Attendant & Airline Staff Training atau disingkat FAAST yang juga dapat menciptakan alumni yang berkualitas. Sekolah penerbangan FAAST pada awalnya didirikan di Kota Yogyakarta yang kemudian dipindahkan ke Bandung. Sama seperti sekolah penerbangan lainnya yang juga membutuhkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan yang dimaksud seperti kesehatan calon siswa, tinggi badan, usia, dan lain sebagainya. Mengenai biaya sekolah penerbangan Bandung di FAAST kurang lebih 30 juta untuk setiap semester. Memang cukup mahal namun alumni bisa langsung bekerja di bandara.

6. Nasional Aviation Airline Education Center

NASA merupakan sebuah sekolah penerbangan yang didirikan di tahun 2007 silam dan sudah menciptakan banyak alumni. Nama pendiri dari Nasional Aviation Airline Education Center yaitu R. Guntur Sunarko Putro. Legalitas resmi pun sudah dimiliki oleh sekolah NASA sehingga pengarahan untuk alumni bekerja tentunya jelas.

Menimba ilmu di NASA tidak membutuhkan waktu lama dan bisa menjadi seorang pilot maupun staff di bandara. Berbagai fasilitas pun sudah disediakan seperti mini cabin, alat praktik, dan lain sebagainya. Masalah yang dibutuhkan untuk sekolah di NASA kurang lebih 900 juta yang sudah disertai dengan berbagai fasilitas yang disediakan.

Itulah beberapa paparan mengenai daftar dan biaya sekolah penerbangan Bandung. Biaya yang dibutuhkan memang lumayan besar agar bisa menimba ilmu di sekolah tersebut. Akan tetapi berbagai fasilitas pun disediakan untuk menunjang proses pendidikan siswa. Berbagai jurusan pun ditawarkan seperti pilot maupun staff bandara.

Continue Reading

Education

Penjelasan Singkat Mengenai Budidaya Tanaman Hidroponik Mudah

Budidaya Tanaman Hidroponik

Sejak awal pandemi, muncul banyak hobi baru seperti memasak sampai berbudidaya, salah satunya ialah budidaya tanaman hidroponik dengan sangat mudah. Kata “hidroponik” sendiri datang dari Bahasa Yunani, yakni “hydro” dengan arti air serta “ponos” dengan arti kerja. Maka dapat diartikan sebagai budidaya tumbuhan tanpa tanah dengan memberikan nutrisi lewat air.

Penyusunannya pun bisa dibuat bertingkat, hingga mampu menghemat area. Dengan begitu, metode tersebut sering dipilih oleh masyarakat perkotaan yang hanya memiliki area tanam berukuran kecil.

Sarana untuk Budidaya Hidroponik

Meskipun budidaya hidroponik memakai air, tetapi tumbuhan itu tidak hanya dibiarkan diam di air. Tumbuhan tentunya masih membutuhkan sarana penyangga. Di bawah ini adalah 5 sarana atau media yang bisa dipilih untuk budidaya hidroponik:

1. Sarana Mineral Wool atau Rockwool

Sarana mineral wool terdiri atas berbagai batu, umumnya kapur, bara, dan basalt. Bebatuan ini sudah dipanaskan di suhu 1.600oC. Usai pendinginan, serat-seratnya diiris berdasarkan keperluan. Sarana yang ini lebih higienis, jadi, lebih pas untuk dipakai pada budidaya sayuran.

2. Sarana Hidroton

Sarana ini dibuat dari tanah liat yang sudah dipanaskan di suhu melebihi 1.000oC. Karena bentuknya yang kecil bulat menyerupai gundu, sarana ini praktis untuk digunakan. Hidroton pun mempunyai tingkat pH stabil dan aerasi sempurna, hingga sanggup mengemas air bersih secara baik.

3. Zeolit

Media ini tersusun atas senyawa zat kimia alumino-silikat yang terhidrasi bersama kalium, barium, dan natrium. Tingginya aktivitas katalis serta kemampuannya menukar ion membuatnya pas bagi budidaya tanaman hidroponik. Dengan tingginya nilai KTK, zeolit bisa mengikat sekaligus menyerap pupuk. Sarana ini mengandung berbagai unsur yang diperlukan tumbuhan dan mengeluarkannya berdasarkan keperluan.

4. Hidrogel

Sarana tanam hydrogel dibuat dari polymer crystal dengan penyerapan tinggi. Hidrogel sanggup menyerap serta mengemas air hingga 600 kali beratnya. Warnanya yang bermacam-macam pun membuatnya sering dipakai untuk budidaya tanaman hias.

5. Cocopeat atau Serbuk Sabut Kelapa

Media organik ini berdaya tampung air cukup besar, yakni sampai 73% dari volumenya. Meski begitu, serbuk ini mempunyai zat tanin dengan kemungkinan menghambat pertumbuhan. Untuk menghilangkannya, merendam cocopeat sampai busa putihnya hilang.

Teknik Membudidayakan Hidroponik

Seperti cocok tanam lainnya, hidroponik pun mempunyai teknik tersendiri. Tekniknya disesuaikan dengan jenis tumbuhan yang mau dibudidayakan. Di bawah ini adalah 5 teknik budidaya yang dapat dipilih sesuai tumbuhan:

1.  Teknik Deep Flow

TekniK DF merupakan yang paling terkenal, terlebih di rumah, karena kemampuannya untuk menampung banyak tumbuhan secara bertingkat. Nutrisinya dialirkan lewat akar tanaman lalu kembali ke bak awal menggunakan timer lewat pompa.

Konsepnya menggenang di pipa. Jadi, kalau terjadi pemadaman listrik, tumbuhan tidak akan mati, karena terus dinutrisi. Teknik ini cocok untuk membudidayakan bayam, selada, dan sawi.

2. Teknik Nutrient Film

Memiliki bentuk wadah miring, teknik ini senantiasa meneruskan air bernutrisi di akar tumbuhan. Tanaman ada di net pot dengan gantungan akar yang akan dialirkan air serta nutrisi.

Melalui bak, air itu dipompa ke pipa dan akar tumbuhan, kemudian kembali lagi menuju bak itu. Sayuran seperti kailan dan pakcoy tepat dibudidayakan menggunakan teknik NF.

3. Drip Technique (Teknik Tetes)

Dengan wadah datar, sesuai namanya teknik drip bekerja dengan tetesan. Air bernutrisi di penampungan dipompa ke selang tumbuhan sampai akar, supaya tumbuhan memperoleh nutrisi itu. Teknik ini tepat bagi pembudidayaan aneka buah, seperti stroberi dan melon. 

4. Sistem Floating Hydroponic

Sistem FH menanamkan net pot pada rongga gabus, hingga mengapungkan tumbuhan. Wadahnya yang tertutup memang menyulitkan oksigen untuk masuk. Maka sediakanlah airstone di bawah wadah untuk menciptakan gelembung udara.

Untuk merawatnya, diperlukan cukup lama kontrol kepekaan larutan. Ini harus dilakukan karena pengendapan larutan nutrisi bisa saja memperlambat laju pertumbuhan. Penanaman berbatang kuat semacam kangkung dan bayam sebaiknya menggunakan sistem ini.

5.  Sistem Aeroponics

Sistem ini memuat oksigen tinggi dan mudah menyerap, sebab terarah kepada akarnya secara langsung. Karena tidak memerlukan pengaturan pada debit airnya, sehingga dapat menghemat nutrisi maupun air, namun perakitannya memerlukan biaya besar. Sistem ini bisa digunakan untuk membudidayakan sawi atau selada. 

Keuntungan Hidroponik

Ada berbagai keuntungan dari budidaya tanaman hidroponik. Pertama, tumbuhan akan memperoleh kandungan air serta nutrisi yang tepat. Ini karena efisiensi penggunaan air pada hidroponik mencapai 10% dari air yang dibutuhkan tumbuhan di tanah.

Kedua, areanya bisa dikendalikan dengan mudah di dalam rumah kaca. Jadi, tidak terlalu membutuhkan pestisida maupun herbisida, bahkan mungkin tidak perlu sama sekali. 

Ketiga, budidaya ini tidak memerlukan tanah, jadi bisa dilakukan di daerah mana pun, termasuk daerah dengan tanah buruk. Keempat, cara ini memungkinkan hasil maksimum dari penanaman sayur dan buah tanpa bergantung pada cuaca.

Itulah penjelasan singkat mengenai budidaya tanaman hidroponik mudah untuk lahan kecil. Budidaya ini sangat dapat dilakukan di rumah saja. Jadi, tak perlu khawatir lagi apabila hanya memiliki lahan kecil yang sangat terbatas. 

Continue Reading

Education

Kupas Tuntas Cara Menanam Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman yang sangat berguna. Tumbuhan ini memiliki nama latin Epipremnum Aureum yang termasuk dalam suku talas-talasan. Sirih gading biasanya ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Namun, banyak orang yang menggunakan tanaman sirih gading sebagai obat herbal. Setiap orang memiliki cara menanam sirih gading yang bervariasi.

Cara Menanam Sirih Gading

Tanaman ini biasanya ditanam di tanah dan dirambatkan ke bambu atau media yang telah dibuat. Selain itu, sirih gading juga di tanam di pot yang diletakkan di pekarangan rumah. Berikut tips dan trik menanam sirih gading.

Cara Menanam Sirih Gading di Tanah Lapang

Menanam sirih gading di tanah lapang seperti pekarangan rumah sangatlah mudah. Namun, tetap harus diperhatikan agar tanaman sirih gading tumbuh subur dan lebat. Keuntungan menanam sirih gading di tanah adalah daun akan lebih besar, tanaman akan lebih tinggi dan lebat.

1. Pilih Tanah Yang Bagus

Tanah yang bagus akan mempengaruhi kualitas dari sirih gading ini. Biasanya sirih gading yang di tanam di pekarangan rumah akan dibiarkan lebat dan tinggi. Demi mendapatkan kualitas sirih gading yang baik maka kualitas tanah juga harus diperhatikan.

Untuk mendapatkan kualitas yang baik, tanah dapat dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang. Pupuk kompos atau pupuk kandang yang digunakan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh sirih gading yang tidak didapatkan dari tanah.

2. Cahaya Yang Cukup

Cahaya sinar matahari dalam tumbuhan sangatlah berguna untuk berfotosintesis. Begitu juga dengan sirih gading yang membutuhkan cahaya sinar matahari yang cukup. Jika tidak mendapatkan cahaya sinar matahari yang cukup, sirih gading tidak akan tumbuh lebat.

3. Air Yang Cukup

air yang cukup sangat diperlukan dalam perawatan sirih gading. Penyiraman sirih gading sehari sekali cukup untuk membuat sirih gading tumbuh dengan baik. Jika air yang diperlukan oleh sirih gading kurang maka daun sirih gading akan berwarna hijau terang dan tidak akan tumbuh dengan lebat.

4. Pemupukan

Pemupukan sangatlah penting dalam pertumbuhan sirih gading. Pupuk ini berfungsi untuk menambah nutrisi sirih gading dan juga tanah yang sudah habis nutrisinya karena diambil oleh sirih gading. Pupuk yang digunakan dalam penanaman sirih gading bisa menggunakan pupuk kimia atau pupuk organik. Pemupukan biasanya dilakukan 3 bulan sekali.

Cara Menanam Sirih Gading di Pot

Menanam sirih gading selain di tanah pekarangan rumah juga bisa ditanam di dalam pot. Biasanya cara menanam sirih gading seperti ini dilakukan oleh para penjual tanaman maupun ibu rumah tangga yang suka mendekorasi rumah dengan tanaman.

1. Siapkan Pot dan Media Tanam

Menanam sirih gading di dalam pot sangatlah mudah. Pot yang digunakan dalam menanam sirih gading dapat bermacam ukuran dan jenis.

Selain itu, media tanam yang digunakan dalam menanam sirih gading di dalam pot haruslah yang bernutrisi. Pilihlah tanah yang memiliki humus yang bagus,pupuk kandang dan pasir yang bagus dengan perbandingan 1:1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Dalam menanam sirih gading dalam pot diperlukan bibit unggul. Biasanya, sirih gading yang unggul memiliki daun yang lebar dan berwarna hijau tua.

Pilih bibit sirih gading yang berasal dari daun dan batang yang berkualitas. Kemudian potong 15 cm dan tancapkan dalam pot.

3. Air Yang Cukup

Sama seperti cara menanam sirih gading di tanah lapang. Air yang cukup dibutuhkan dalam menanam sirih gading di dalam pot. Beri air secukupnya 2-3 hari sekali hingga sirih gading tumbuh dengan baik.

Pemberian air yang berlebihan juga bisa membuat sirih gading cepat busuk. Namun, pemberian air yang kurang juga membuat tanaman sirih gading layu, kering dan mudah mati. 

4. Cahaya Yang Cukup

Pada awal menanam sirih gading jangan ditaruh pada bawah sinar matahari langsung. Hal itu tidak dianjurkan karena dapat membuat bibit sirih gading kering dan mati. Cukup taruh di teras rumah yang tidak langsung terkena cahaya sinar matahari. Letakan sirih gading di area yang lumayan redup hingga sirih gading berkembang dengan baik.

5. Pemupukan

Menanam sirih gading di dalam pot juga membutuhkan pemupukan.  Biasanya pemupukan untuk tanaman di pot lebih  dianjurkan dilakukan 2-3 bulan sekali dengan kadar pupuk yang sesuai  Pemupukan ini bertujuan untuk tetap mempertahankan kualitas tanah didalam pot.

Pupuk yang digunakan dalam pot sama dengan pupuk yang digunakan saat menanam di tanah. Idealnya pupuk yang digunakam untuk pot adalah pupuk organik. 

Cara Menanam Sirih Gading Dalam Air

Saat ini dunia pertanian dan perkebunan berkembang pesat. Menanam tidak hanya di tanah namun juga bisa dilakukan di air. Tanaman sirih gading juga bisa dilakukan secara hydroponic atau di dalam air. Pengguna media ini sudah berkembang pesat saat ini. Media dan alat yang dibutuhkan yaitu

1. Pilih Media Yang Tepat

Memilih media yang tepat menjadi kunci dalam menanam sirih gading di air. Biasanya media yang digunakan yaitu botol kaca bening. Setelah mendapatkan media yang tepat, berilah air dan nutrisi yang cukup. Nutrisi yang diperlukan dalam penanam ini bisa didapatkan di toko pertanian. kemudian campurlah air dan nutrisi dengan perbandingan 1:1.

2. Pilih Bibit Unggul

Pemilihan bibit unggul untuk menanam sirih gading menggunakan air harus betul diperhatikan. Pilih bibit yang tidak memiliki batang dan daun yang kering atau yang tidak terdapat hama.Pembibitan untuk penanam hydrophonic bisa dengan batang.  Batang yang digunakan untuk bibit tanaman sirih gading haruslah batang tua dan kuat. 

3. Tanam Dan Tata

Setelah mendapatkan bibit yang unggul, ambil bibit dengan membiarkan tangkai daun sirih gading tetap ada. Kemudian potong batang hingga akar kelihatan disela-sela tangkai daun. Kemudian masukan dan tata bibit sirih gading di dalam botol.

Setelah mengetahui kupas tuntas cara menanam sirih gading, mari mulai mendekorasi rumah dengan sirih gading. Selain sebagai media mendekorasi rumah, tanaman hias sirih gading juga bisa di jual dan menambah penghasilan di musim pandemi. 

Continue Reading

TOP STORIES