Connect with us

Education

Begini Cara Membuat Jurnal ilmiah yang Baik dan Benar

Jurnal merupakan sebuah publikasi yang bersifat ilmiah, dimana didalamnya memuat tulisan yang diterbitkan dalam jangka waktu tertentu.

Tujuan dibuatnya jurnal adalah untuk dijadikan sebagai salah satu referensi penulisan. Tata Cara membuat jurnal sendiri diperlukan teknik penulisan yang baik dan benar.

Bagaimana cara membuatnya?

1. Membuat Judul Yang Menarik

Tahapan pertama dalam cara membuat jurnal yang baik dan benar adalah membuat judul yang menarik. Judul harus mencerminkan pokok pembahasan tulisan tersebut. Dengan membaca judul tersebut, diharapkan pembaca dapat mengetahui garis besar materi yang dibahas.

Dalam menentukan sebuah judul, tidak boleh memiliki makna ganda karena bisa menyebabkan kesalahan persepsi.

Apabila menulis judul menggunakan bahasa Indonesia, maka tidak boleh melebihi 12 kata. Sedangkan apabila menulis menggunakan bahasa Inggris, maka tidak boleh melebihi 10 kata.

Penulisan judul dalam dokumen haruslah menggunakan huruf kapital semua dan dicetak tebal. Adapun posisi teksnya berada di tengah atas halaman tersebut.

2. Menulis Abstrak Secara Singkat dan Berisi

Perlu diingat bahwa abstrak tidak sama dengan ringkasan. Dalam sebuah jurnal, abstrak memiliki fungsi untuk menyampaikan secara singkat isi jurnal yang dibahas.

Tata cara penulisan abstrak sendiri harus memuat minimal 250 kata yang memasukkan unsur tujuan, metode, hasil serta kesimpulannya. Dalam penulisannya dilarang menggunakan kutipan ataupun singkatan.

Salah satu tips menulis abstrak yang mudah adalah dengan mengambil poin-poin penting setiap bagian dari jurnal. Setelah mengetahui poin-poin tersebut, maka tinggal menyusunnya menjadi kalimat yang mudah dipahami.

Pada dasarnya dalam penulisan abstrak ini ditulis paling akhir setelah membuat kesimpulan agar memudahkan dalam menyusunnya.

Jangan lupa untuk menuliskan kata kunci yang digunakan pada bagian akhir penulisan abstrak. Kata kunci mengandung 3-5 kata dan dapat diambil dari inti pokok pembahasan tersebut. Format penulisannya adalah Kata Kunci : (masukkan kata kunci yang digunakan).

3. Menjabarkan Pendahuluan Dengan Jelas

Dalam cara membuat jurnal ilmiah yang benar, pendahuluan ditulis dengan sungguh-sungguh dan secara jelas.

Pendahuluan harus memuat hal-hal seperti latar belakang, permasalahan yang akan dibahas hingga manfaat dari jurnal penelitian tersebut. Adapun format penulisannya adalah diketik dengan menghabiskan halaman sekitar 4-6 halaman tergantung dari pembahasan jurnal.

4. Mendata Barang dan Metode Yang Digunakan

Seperti yang diketahui bahwasanya jurnal memiliki banyak macamnya. Apabila memilih untuk menyusun sebuah jurnal penelitian, maka barang-barang yang digunakan dalam penelitian wajib dituliskan. Selain mendaftar barang, wajib menuliskan metode yang digunakan dalam penelitian tersebut.

Pada dasarnya penulisan metode penelitian ini bergantung pada tema jurnal yang diambil.

Contohnya apabila jurnalnya berupa penelitian, maka harus memuat hal-hal seperti lokasi dan menjelaskan metode apa yang digunakan. Dalam penulisannya harus disampaikan dengan rinci dan jelas agar pembahaca dapat mengetahui permasalahan yang sedang dibahas.

5. Menuliskan Hasil Penelitian Secara Singkat dan Jelas

Penulisan hasil dalam cara membuat jurnal penelitian disarankan untuk menggunakan tabel. Tujuannya adalah untuk memudahkan pembaca untuk menganalisa data yang diperoleh. Disisi lain, penggunaan tabel juga memudahkan dalam membandingkan hasilnya. Data yang dituliskan haruslah data asli, tidak dibuat-buat, memiliki bukti yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

6. Menguraikan Pembahasan Dengan Detail

image: pixabay

Pembahasan ditulis dengan menganalisa hasil yang telah diperoleh. Dalam penulisannya harus disesuaikan dengan dasar teori dan metode penelitian yang digunakan. Pembahasan dalam cara membuat jurnal makalah yang baik disertai dengan analisa permasalahan yang dihadapi dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

7. Membuat Kesimpulan

Kesimpulan ditulis secara ringkas dan jelas dari pembahasan yang telah dibahas. Dalam kesimpulan harus mencakup pembuktian dari hipotesis penelitian yang telah dilakukan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode yang digunakan.

Di akhir tulisan bisa disematkan kalimat yang berisikan tentang meminta saran perbaikan dari metode yang digunakan agar lebih baik lagi.

8. Menuliskan Daftar Pustaka

Ada beberapa aturan penting dalam penulisan daftar pustaka yang benar. Apabila jurnal tersebut merupakan karya ilmiah, maka daftar pustaka bisa ditulis setelah teks terakhir. Artinya bisa di bawah dari kesimpulan yang dibuat tanpa harus berganti halaman.

Akan tetapi apabila jurnal tersebut merupakan sebuah makalah, buku ataupun penelitian, maka penulisan harus berganti halaman. Aturan penulisan daftar pustaka yang benar adalah harus dicetak huruf kapital dan tebal. Unsur-unsur yang termuat dalam daftar pustaka diantaranya adalah:

  • Nama pengarang buku yang dijadikan sebagai acuan.
  • Tahun berapakah buku tersebut pertama kali diterbitkan.
  • Judul buku beserta dengan subjudul yang dijadikan sebagai acuan penulisan.
  • Lokasi penerbitan buku hingga nama penerbitnya.

Perlu diingat bahwa unsur di atas tergantung dari sumber mana yang digunakan sebagai pustakanya. Akan berbeda lagi jika sumber pustakanya berasal dari website terpercaya atau bisa juga dari jurnal lain.

Baca juga ya: Sejarah Perkembangan Internet di dunia dari Tahun ke Tahun

Dalam cara membuat jurnal dengan susunan yang benar, poin utamanya adalah isinya harus benar-benar dapat dipertanggungjawabkan. Penulisan jurnal harus mematuhi aturan yang berlaku sesuai dengan kategori yang ingin diambil.

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Education

Pengertian ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Agar tidak salah dalam mengatur perekonomian, alangkah baiknya kamu untuk mempelajari ilmu ekonomi. Jika ada kesalahan dalam pengaturan ekonomi, maka akan berakibat fatal terhadap kehidupan.

Misalnya saja di dalam suatu Negara terjadi kesalahan dalam pengaturan ekonomi, maka nantinya rakyat akan terkena imbasnya.

Ilmu ekonomi berhubungan erat dengan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi yang ingin mengenal lebih jauh tentang ilmu ekonomi, berikut adalah beberapa penjelasan tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli beserta ruang lingkupnya

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi adalah sebuah cabang ilmu yang di dalamnya terdapat berbagai macam asas-asas produksi, distribusi dan pemakaian sebuah barang atau kekayaan.

Agar lebih memahami tentang ilmu ekonomi, berikut adalah beberapa penjelasan tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli

1. Ilmu Ekonomi Menurut Adam Smith

Seorang ahli bernama Adam Smith merupakan seorang filsuf politik ekonomi yang cukup terkenal, selain itu Adam Smith juga pernah mencetuskan sistem ekonomi kapitalis pada abad ke 18 dan 19. Perlu diketahui bahwa Adam Smith sangat terkenal sekali dengan salah satu teorinya yakni teori keunggulan mutlak.

Arti dari ilmu ekonomi menurut Adam Smith adalah suatu ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang tingkah laku manusia.

Tingkah laku manusia tersebut diartikan sebagai sebuah usaha yang dilakukan manusia untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas dan tidak terbatas dalam mencapai sebuah tujuan ataupun cita-cita.

2. Ilmu Ekonomi Menurut Aristoteles

Arti dari ilmu ekonomi menurut Aristoteles adalah sebuah ilmu kajian yang dapat dilakukan dengan 2 cara jalan. Cara jalan yang pertama ialah dengan cara menggunakan atau memakai semua hal yang mendekatinya untuk dipakai.

Sedangkan cara jalan yang kedua ialah menggunakan segala hal yang kemungkinan dapat ditukarkan dengan sebuah barang. Jadi dari situlah dapat disimpulkan bahwa ekonomi dapat memunculkan nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

3. Ilmu Ekonomi Menurut John Stuart Mill

Perlu diketahui bahwa John Stuart Mill merupakan seorang filsuf yang sangat terkenal di Inggris. John Stuart Mill merupakan anak dari seorang sejarawan bernama James Mill. Tak hanya itu saja, John Stuart Mill ternyata juga pernah berjasa dalam melakukan reformasi Utilitarianisme sosial di Negara Inggris.

Pengertian ilmu ekonomi menurut John Stuart Mill adalah sebuah cabang ilmu praktis atau sains praktikal yang mana di dalamnya terdapat pembahasan tentang seluk beluk pengeluaran dan penagihan. Selain itu dalam ilmu tersebut juga terdapat pembahasan tentang kegiatan distribusi dan produksi.

4. Ilmu Ekonomi Menurut Abraham Maslow

Seorang ahli bernama Abraham Maslow merupakan seorang psikolog dan inspirator dalam hal teori identitas, kepribadian dan softskill.

Abraham Maslow mempunyai pendapat tersendiri tentang ilmu ekonomi yaitu salah satu cabang ilmu yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah kehidupan manusia.

Masalah dalam kehidupan manusia yang dimaksud oleh Abraham Maslow adalah masalah yang berhubungan dengan perekonomian. Untuk menyelesaikan masalah tersebut nantinya harus dengan cara menerapkan sumber perekonomian yang ada dan sesuai dengan teori dan prinsip yang bersifat efektif dan efisien.

5. Ilmu Ekonomi Menurut Paul Anthony Samuelson

Pengertian ilmu ekonomi menurut Paul Anthony Samuelson adalah suatu ilmu yang di dalamnya terdapat cara-cara yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan dan penggunaan berbagai sumber terbatas.

Setelah itu sumber terbatas tersebut nantinya akan dapat digunakan untuk memunculkan dan menghasilkan berbagai macam produk dan berbagai macam komoditi. Setelah itu, produk komoditi tersebut akan dipasarkan ke seluruh lapisan masyarakat dengan cara didistribusikan..

Dengan begitu, setiap orang akan memiliki peluang untuk mendapatkan banyak keuntungan dengan modal yang kecil. Jadi intinya adalah, ilmu ekonomi merupakan sebuah studi atau ilmu tentang semua kegiatan manusia sehari-hari yang dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan dan menikmati kehidupan yang layak dan makmur.

6. Ilmu Ekonomi Menururt Khursid Ahmad

Arti ilmu ekonomi menurut Khursid Ahmad adalah sebuah ilmu yang di dalamnya terdapat berbagai macam hal yang berhubungan dengan upaya-upaya untuk memahami setiap adanya permasalahan ekonomi dengan perilaku manusia. Khursid Ahmad mengatakan bahwa kedua hubungan tersebut dilihat melalui sudut pandang ajaran agama Islam.

7. Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut M. Manullang

Arti dari ilmu ekonomi menurut M. Manullang adalah sebuah ilmu pengetahuan yang di dalamnya terdapat pelajaran-pelajaran tentang semua hal yang ada dalam kehidupan masyarakat yaitu usaha untuk mencapai kemakmuran.

Kemakmuran menurut M Manullang adalah sebuah keadaan dimana setiap orang dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan sehari-hari yang biasa digunakan manusia adalah berupa barang dan jasa.

8. Ilmu Ekonomi Menurut Hermawan Kertajaya

Perlu diketahui bahwa Hermawan Kertajaya merupakan seorang tokoh pakar pemasaran yang lahir di Indonesia namun prestasinya sudah dikenal di mata dunia. Hermawan Kertajaya pernah menempuh pendidikan di Institut Teknologi Surabaya namun Hermawan Kertajaya tidak menyelesaikan pendidikannya.

Walaupun pendidikannya tidak diselesaikan, Hermawan Kertajaya malah mendapatkan gelar Honoris Causa dari Institut Teknologi Surabaya atas dedikasi ilmu yang dimilikinya dalam sektor ekonomi dan pemasaran level dunia.

Pengertian ilmu ekonomi menurut Hermawan Kertajaya adalah sebuah wadah yang terdapat berbagai macam sektor-sektor industri yang telah melekat di dalamnya.

Mau Kuliah ? Baca ini ya : Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun ini

Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi

image: Pixabay

Setelah mempelajari tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, sekarang saatnya untuk mempelajari tentang ruang lingkup ilmu ekonomi. Ruang lingkup ilmu ekonomi terbagi menjadi 2 yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang ruang lingkup ilmu ekonomi :

1. Ekonomi Makro

Pengertian dari ekonomi makro ialah sebuah cabang ilmu atau studi yang di dalamnya terdapat pelajaran tentang keseluruhan perilaku ekonomi melalui pemakaian efisien dari berbagai macam faktor produksi demi tercapainya masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ekonomi makro merupakan penentuan tingkat kegiatan ekonomi yang nantinya dapat diukur dari hasil pendapatan. Hal tersebut menjadi sebuah alasan mengapa ekonomi makro selalu disebut sebagai teori pendapatan.

2. Ekonomi Mikro

Pengertian dari ekonomi mikro ialah sebuah cabang ilmu yang di dalamnya terdapat pelajaran tentang aspek-aspek individual dari suatu kegiatan ekonomi.

Perlu diketahui bahwa ekonomi mikro selalu menggunakan analisis produsen dan analisis konsumen dalam suatu pasar.

Jadi intinya, ekonomi mikro merupakan penentuan dari sebuah harga. Hal tersebut menjadi sebuah alasan mengapa ekonomi mikro selalu disebut sebagai teori harga.

Itu tadi merupakan beberapa penjelasan tentang pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli beserta ruang lingkupnya.

Jadi ilmu ekonomi itu sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari karena setiap hari semua masyarakat selalu melakukan transaksi ekonomi.

Jika setiap orang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang ekonomi maka perekonomian di suatu Negara akan tertata dan tidak akan kacau.

Header Image: Pixabay

Continue Reading

Education

Urutan Universitas Terbaik di Indonesia Tahun ini

Membahas tentang urutan universitas terbaik di Indonesia tentunya akan sangat membantu bagi kamu pelajar yang ingin meneruskan jenjang pendidikan. Pembahasan seperti ini bertujuan memudahkan dalam mencari pekerjaan di masa depan dan jangka panjang.

Terutama untuk pelajar yang akan lulus SMA, pasti saat ini sedang sibuk-sibuknya untuk mencari universitas atau Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana yang terbaik dengan membaca beberapa referensi universitas yang ada di Indonesia.

QS World University Rankings akhir-akhir ini sudah merilis data tentang urutan universitas terbaik di Indonesia. QS World University Rankings merupakan kegiatan publikasi rutinan yang dilakukan setiap tahun untuk menentukan peringkat universitas di dunia yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS).

Pada tahun ini diketahui sudah terdapat sekitar 22 universitas di Indonesia yang berhasil masuk dalam daftar riset. Dibawah ini merupakan beberapa perguruan tinggi yang paling top dari urutan universitas terbaik di Indonesia tahun ini.

1. Universitas Indonesia

image: Fanspage Universitas Indonesia

Urutan universitas terbaik di Indonesia yang pertama adalah Universitas Indonesia (UI). Perguruan tinggi ini terletak di daerah perbatasan kota Depok dan juga Jakarta, akan tetapi banyak orang sering mengatakan Universitas Indonesia ini sebagai universitas di Jakarta.

Perguruan tinggi negeri yang berada di Jakarta ini didirikan pertama kali pada tahun 1849.

Kemudian Universitas Indonesia ini juga sempat merajai dunia perguruan tinggi di Indonesia, karena UI pernah beberapa kali mendapatkan peringkat pertama dari urutan universitas paling top di Indonesia seperti saat ini.

UI pada tahun 2019 ini masuk dalam peringkat 57 di Asia yang pada tahun lalu UI menduduki peringkat 54 di Asia.

2. Institut Teknologi Bandung

image: itb.ac.id

Kemudian untuk universitas yang kedua merupakan salah satu universitas yang berlokasi di daerah Jawa Barat. Biasanya orang-orang menyebut dengan ITB yang dimana nama itu merupakan kependekan dari Institut Teknologi Bandung.

Perguruan Tinggi Negeri di bandung ini unggul dalam bidang pengembangan teknik sains dan menjadi universitas terbaik di Indonesia.

Institut Teknologi Bandung ini berdiri sejak tahun 1959 dan mampu bersaing dengan universitas lainnya dengan mempertahankan kualitas sebagai PTN terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019, ITB masuk dalam peringkat 73 di Asia yang pada tahun lalu menduduki peringkat 65 di Asia.

3. Universitas Gadjah Mada

image: aceh.tribunnews.com

Daftar urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Perguruan Tinggi Negeri ini terletak di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di daerah Sleman yang dimana perguruan tinggi negeri ini sudah berdiri sejak tahun 1949.

Hampir sama dengan Universitas Indonesia, hanya saja UGM juga sering menempati posisi pertama untuk PTN terbaik di Indonesia. Pada tahun 2019 Universitas Gadjah Mada berhasil naik ranking dan masuk dalam peringkat 74 di Asia, yang pada tahun lalu UGM menduduki peringkat 85 di Asia.

4. Institut Pertanian Bogor

image: ipb.ac.id

Perguruan Tinggi Negeri Institut Pertanian Bogor (IPB) ini sama seperti Institut Teknologi Bandung karena terletak di daerah Jawa Barat.

Akan tetapi IPB terletak di daerah Kota Bogor dan Institut Pertanian Bogor ini lebih fokus dalam bidang pertanian meskipun terdapat banyak jurusan non-agraris disitu. IPB juga sering masuk sepuluh besar dalam urutan universitas terbaik di Indonesia seperti pada tahun ini.

Institut Pertanian Bogor pertama didirikan pada tahun 1963 di Bogor Jawa Barat tepatnya di awal bulan September. IPB saat ini masuk dalam peringkat 199 di Asia, yang pada tahun lalu sempat menduduki peringkat 171 di Asia.

5. Universitas Airlangga

image: idntimes.com

Urutan universitas terbaik di Indonesia selanjutnya adalah salah satu PTN yang tepatnya berada di Kota Surabaya, yaitu Universitas Airlangga (UNAIR).

UNAIR berhasil masuk dalam 10 besar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia pada tahun ini dan universitas ini telah dikenal banyak orang akan kredibilitas dan moralitas yang tinggi.

Universitas Airlangga pertama kali berdiri pada 10 November 1954. Pada saat ini UNAIR telah menduduki peringkat 199 di Asia, yang pada tahun lalu berada di posisi nomor 171 di Asia.

6. Universitas Padjajaran

image: Facebook Fanspage UNPAD

Perguruan Tinggi Negeri ini terletak di daerah Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Universitas Padjajaran (UNPAD) di tahun 2019 ini berhasil menempati posisi 10 besar di urutan universitas terbaik di Indonesia.

UNPAD pertama didirikan pada tahun 1957 yang sampai saat ini sudah memiliki sekitar 30.000 mahasiswa.

UNPAD memiliki program resmi untuk menawarkan kursus yang lebih mengarah pada gelar pendidikan tinggi. Program tersebut diantaranya adalah gelar pra-sarjana, gelar sarjana, magister, dan juga gelar doktor.

Universitas Padjajaran pada saat ini masuk dalam peringkat 225 di Asia, yang pada tahun lalu sempat menduduki peringkat 176 di Asia.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

image: its.ac.id

Selanjutnya untuk urutan universitas terbaik di Indonesia adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Perguruan Tinggi Negeri ini berdiri sejak tanggal 10 November 1957 di daerah Surabaya, Jawa Timur.

ITS sendiri saat ini lebih fokus dalam pengembangan bidang teknologi dan juga bidang maritim di Indonesia. Institut Teknologi Sepuluh Nopember kini masuk dalam peringkat 229 di Asia, yang pada tahun lalu menduduki peringkat 232 di Asia.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun ini

8. Universitas Diponegoro

image: UNDIP Facebook Fanspage

Kini Semarang hadir dengan membawakan Perguruan Tinggi Negeri Semarang yang dimana tetap mampu bersaing dengan universitas di Indonesia bahkan dunia.

Kini, universitas di Jawa Tengah ini berhasil masuk ke dalam peringkat 10 besar di urutan universitas terbaik di Indonesia maupun di Jawa Tengah pada tahun ini. UNDIP didirikan pada tanggal 9 Januari 1957 di Semarang, Jawa Tengah.

Letak PTN ini sangat strategis dan UNDIP juga sudah memiliki pilihan konsentrasi atau jurusan yang bervariasi, sehingga PTN ini bisa menjadi salah satu rekomendasi tempat kuliah yang enak.

Universitas Diponegoro pada saat ini masuk dalam peringkat antara 271-280 di Asia, yang pada tahun lalu menduduki peringkat 240 di Asia.

9. Universitas Brawijaya

image: ub.ac.id

Kemudian untuk urutan universitas terbaik di Indonesia yang terakhir adalah Universitas Brawijaya (UB). Perguruan Negeri terbaik ini didirikan pada tahun 1963 di Kota Malang, Jawa Timur.

Pada tahun 2019, UB masuk dalam peringkat antara 271-280 di Asia, yang pada tahun lalu menempati posisi 291-300 di Asia.

Nah, diatas merupakan list urutan universitas terbaik di Indonesia terbaru tahun 2019 yang bisa menjadi rekomendasi bagi yang ingin berkuliah.

Dengan adanya pemeringkatan ini akan memudahkan calon mahasiswa untuk mencari kampus yang diinginkan dan dapat memunculkan rasa untuk berlomba-lomba guna dapat mengantarkan kelulusan menuju kesuksesan.

Header Image: Pixabay

Continue Reading

Education

Ilmu Administrasi Negara [Ulasan Lengkap]

Dari sekian banyak jurusan kuliah, ada salah satu yang cukup menarik perhatian. Jurusan tersebut dikenal dengan ilmu administrasi negara.

Walaupun banyak peminatnya, namun masih banyak juga yang belum paham betul tentang seluk beluk ilmu tersebut.

Berikut serba serbi tentang Ilmu administrasi negara yang bisa diketahui terutama bagi yang masih awam.

Pengertian Ilmu Administrasi Negara     

Untuk mengenal lebih jauh tentang jenis ilmu ini, sebetulnya ada 2 pengertian. Ada pengertian secara umum dan dalam artian lebih khusus.

Jika dilihat dalam arti secara umum, ilmu ini lebih kepada sebuah program studi yang mempelajari tata kelola. Tata kelola disini juga termasuk semua hal yang berhubungan dengan manajemen administrasi negara.

Tata kelola serta manajemen akan dipelajari lebih spesifik dalam ilmu ini. Diantaranya pelajaran tentang administrasi pemerintah, termasuk semua unsur di dalamnya. Ada juga pengertian dalam artian lebih khusus dan lebih kompleks.

Ilmu tentang administrasi negara yaitu cabang ilmu yang di dalamnya akan mempelajari segala proses yang dilakukan baik oleh seseorang maupun kelompok organisasi.

Segala rangkaian proses tersebut ada kaitannya dengan pelaksanaan atau penerapan peraturan dan hukum yang ada hubungannya dengan urusan-urusan negara.

Dan yang paling penting, semua peraturan yang dimaksud disini adalah peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Termasuk diantaranya badan legislatif, eksekutif, serta yudikatif.

Yang Dipelajari Dalam Ilmu Administrasi Negara

Jika dilihat dari namanya “administrasi”, maka ilmu yang dipelajari tentu saja tidak jauh-jauh dari merapikan, atau mengelola sesuatu.

Mahasiswa yang belajar ilmu ini akan berkutat dengan sejumlah data-data, berkas, atau aturan-aturan dibarengi dengan belajar teknologi untuk mengimplementasikannya. Mahasiswa dalam studi ilmu ini setidaknya dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi yaitu

1. Menganalisis Interaksi Antar Pelaku Dalam Sebuah Pemerintahan Publik

Nantinya mahasiswa setelah mempelajari ilmu ini, diharapkan akan mampu menyusun kebijakan termasuk manajemen pelayanan publik. Selain itu, mereka juga perlu memahami interaksi pelaku dengan pemerintah lainnya. Termasuk dalam aspek ekonomi, sosial, politik, budaya, serta pertahanan dan keamanan. Dengan menggunakan pendekatan ekonomi politik.

2. Mampu Untuk Menganalisis Serta Mengevaluasi Kebijakan Yang Ditujukan Untuk Publik

Setelah memahami interaksi pelaku dengan pemerintah, mahasiswa juga dituntut untuk semakin pandai untuk melakukan evaluasi serta menganalisis. Tentu dalam bidang kebijakan publik dengan memakai prinsip-prinsip. Selain itu juga menggunakan metode kuantitatif serta kualitatif untuk seluruh siklus kebijakan yang ada.

3. Mampu Mengkaji Regulasi

Mahasiswa juga dituntut untuk kemudian bisa melakukan pengkajian terhadap regulasi yang relevan. Selain itu juga mengkaji lebih dalam tentang hasil analisis kebijakan . Nantinya hasil tersebut dapat berupa catatan, uraian, atau kertas kerja kebijakan. Nantinya hal tersebut akan menjadi bahan membuat naskah kebijakan.

4. Mampu Mengorganisasikan Kegiatan

Kemudian setelah kebijakan berhasil dibuat, maka mahasiswa juga harus bisa untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut. Untuk mengimplementasikannya, diperlukan kelihaian dalam mengorganisasikan kegiatan. Hal ini bermanfaat karena dapat meningkatkan kinerja pelayanan publik.

5. Mampu Mengusulkan Ide Atau Gagasan Reformasi Kebijakan

Menurut sumber dari fia.ui.ac.id, seorang mahasiswa jurusan ilmu administrasi negara juga dituntut untuk mampu mengusulkan ide sekaligus gagasan. Tentu saja yang berhubungan dengan reformasi kebijakan serta manajemen layanan publik.

Mata Kuliah Yang Harus Diambil Pada Ilmu Administrasi Negara

image: Pixabay.com

Secara umum ada beberapa mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa jurusan ini. Seperti diantaranya ilmu Sistem Dan Hukum Administrasi Negara, Statistik Sosial, Sumber daya Manusia. Ada juga ilmu Demografi, Manajemen, Administrasi Pemerintah daerah dan masih banyak lagi.

Setidaknya untuk bisa lulus, mahasiswa jurusan ini harus dapat menyelesaikan sekitar 144 hingga 146 SKS. Di antara jumlah sks tersebut di dalamnya terdapat macam-macam mata kuliah yang sempat dijelaskan diatas. Selain itu, ada juga tambahan mata kuliah lain. Diantaranya seperti mata kuliah pengembangan kepribadian.

Di dalamnya termasuk pendidikan agama serta kewarganegaraan. Ada juga mata kuliah keahlian dan ketrampilan, yang mencakup pengantar sosiologi, ilmu politik, filsafat administrasi, dan lain-lain. Selain itu ada yang namanya mata kuliah keahlian berkarya yaitu sudah masuk ke penjurusan.

Yang termasuk dalam mata kuliah keahlian berkarya adalah pengantar ilmu administrasi negara, ilmu manajemen publik, dan masih banyak lagi.

Selain itu mahasiswa juga harus memilih mata kuliah untuk penjurusan yang disesuaikan dengan minatnya. Ada juga mata kuliah khusus yang harus ditempuh setelah mengambil konsentrasi.

Baca Juga: Rekomendasi Universitas Swasta Terbaik di Indonesia Tahun ini

Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Sebelum memutuskan untuk kuliah dengan mengambil jurusan ini, tentu penting untuk mengetahui prospek kerja nantinya setelah lulus. Tidak usah takut jurusan ini nantinya tidak akan dapat bekerja.

Karena tidak mungkin jurusan dibuka namun tidak menyediakan lapangan kerja untuk lulusannya. Berikut prospek kerja apa saja setelah lulus dari jurusan administrasi negara :

1. ASN (Aparatur Sipil Negara)

Karena jurusan ini banyak membahas tentang administrasi negara tentu saja lulusannya paling cocok bekerja di pemerintahan. Salah satunya menjadi aparatur sipil negara atau dulu yang lebih familiar disebut pegawai negeri sipil. Di kantor pemerintahan, nanti mereka akan bekerja untuk mengurusi administrasi serta mengawasi pelaksanaan kebijakan serta manajemen publik.

2. Sebagai Seorang Akademisi

Mahasiswa jurusan administrasi negara yang telah lulus menempuh S1 dan ada niatan melanjutkan S2 maka akan berpeluang menjadi akademisi. Menjadi seorang akademisi baik di tingkat dosen maupun ke level peneliti. Setelah paham benar tentang ilmu ini bukan hal yang tidak mungkin jika nanti bisa menjadi pakar.

Dengan menjadi pakar maka bisa lebih lebar mengembangkan ilmu ini. Bisa menjadi bahan rujukan untuk orang-orang baik untuk bidang yang sama maupun untuk bidang lainnya.

3. Menjadi Staf Anggota Badan Legislatif

Bahkan setelah lulus, bisa juga menjadi anggota badan legislatif. Namun untuk mewujudkannya, harus dimulai dengan menjadi anggota partai politik dulu. Ilmu yang telah dipelajari tentu saja sangat berguna di badan legislatif. Hal ini karena badan legislatif memang bertugas untuk menampung aspirasi publik tang dijadikan acuan membuat kebijakan.

4. Seorang Aktivis LSM

Seumpama kurang suka dengan hal yang berbau politik, bisa juga terjun di bidang non politik. Misalnya dengan mendirikan atau bergabung dengan LSM. Memang LSM lahir dari aspirasi masyarakat, namun mereka juga punya kewenangan untuk mengawasi kebijakan pemerintah. Termasuk memberikan masukan terkait pelayanan yang diberikan untuk masyarakat.

5. Menjadi Konsultan Pemerintahan

Selain langsung terjun ke pemerintahan, bisa  juga dengan menjadi mitra mereka. Menjadi mitra pemerintahan artinya dapat membantu memecahkan masalah administrasi hingga masalah pemerintah lainnya dengan bertindak sebagai konsultan.

Itulah apa saja yang menjadi serba-serbi ilmu administrasi negara. Baik tentang pengertian, apa saja yang dipelajari, mata kuliah yang harus ditempuh, serta prospek kerja bagi lulusan.

Bisa menjadi inspirasi bagi yang masih bingung memilih jurusan kuliah, dan menjadi pengetahuan yang masih awam dengan ilmu ini.

Header Image: Pixabay

Continue Reading

TOP STORIES