Connect with us

Apps

Cara Membuat Animasi 2D Untuk Beragam Kebutuhan

Pada dasarnya sebuah tampilan yang bisa dikatakan 2D pasti tidak sama dengan tampilan 3D. Dimana 2D hanya dapat dilihat tinggi dan panjangnya saja. Sedangkan tampilan 3D bisa dilihat panjang, tinggi dan juga kedalamannya. Banyak tampilan 2D bisa dimanfaatkan sebagai sebuah animasi, dan untuk cara membuat animasi 2D sendiri memiliki beberapa tahapan. 

Cara Membuat Animasi 2D

Diantaranya seperti tahapan pra produksi, tahapan produksi dan juga tahapan pasca produksi. Dari beberapa tahapan tersebut masih dibagi lagi menjadi sejumlah bagian, seperti pada tahapan pra produksi yang terdiri dari sekian langkah awal semisal pembuatan ide dan yang lainnya. 

Sedangkan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka diperlukan tahap pasca produksi dimana akan dilakukan pengecekan untuk menilai dan mengevaluasi melalui aplikasi alight motion. Berikut beberapa cara yang bisa diikuti ketika ingin membuat animasi dengan tampilan 2D:

1. Tentukan Layout

Sebelum mempraktekkan cara membuat animasi 2D berupa layout, pastikan terlebih dahulu bahwa rancangan telah siap untuk diproses. Diantara rancangan tersebut meliputi ide gagasan, alur cerita, desain karakter dan juga penggunaan pengaturan suasana. Jika sudah telah siap, maka baru bisa diproses dengan layout.

Layout sendiri merupakan tahapan permulaan ketika melakukan pembuatan animasi. Dalam sebuah layout akan dijabarkan mengenai informasi dari keseluruhan animasi yang akan dibuat. Dimana informasi tersebut dikemas dengan lebih detail dan rinci namun tetap menarik dan informatif.

2. Rigging

Rigging merupakan sebuah tahapan yang cukup penting ketika ingin membuat animasi 2D. Fungsi Rigging dalam sebuah pembuatan animasi adalah untuk menambahkan bentuk kerangka pada bagian karakter supaya lebih mudah ketika digerakkan. Sedangkan untuk cara membuat karakter dapat bergerak, maka animator bisa mengatur pergerakan pada keyframe. Dalam proses ini sudut pandang yang berbeda juga sangat diperlukan seperti bagian depan, serong dan juga samping.

3. Membuat Character

Dalam proses pembuatan karakter pada animasi sangat bergantung pada tingkat kreativitas animator ketika merancang atau menggambar. Menggambar sendiri bisa dilakukan secara manual dengan pensil dan kertas atau bisa juga dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi melalui beberapa aplikasi.

Untuk hasil gambar karakter manual bisa di scan dan dimasukkan ke dalam komputer lalu dilanjutkan dengan proses penyuntingan. Hal tersebut perlu dilakukan supaya hasil gambar tidak berantakan. Penyuntingan bisa dilakukan dengan menambahkan warna atau menghapus beberapa bagian gambar yang kurang tepat dan terkesan mengganggu.

4. Animation

Apabila tahap sebelumnya telah selesai dikerjakan. Maka tahap selanjutnya untuk cara membuat animasi 2D adalah dengan proses animation. Dalam proses ini akan ditambahkan beberapa perlengkapan seperti background, karakter, dan juga beragam objek lainnya. 

Dimana dalam pembuatan animation ini sangat bergantung dengan yang namanya suasana yang telah direncanakan. Beragam komponen pelengkap tersebut bisa diatur supaya tidak melenceng dari alur yang telah dibuat.

5. Rendering

Rendering merupakan tahapan terakhir ketika ingin membuat atau memproduksi sebuah animasi 2D. Kegunaan dari proses Rendering ini adalah untuk memasukkan hasil animasi pada sebuah software agar format file bisa disesuaikan seperti yang diinginkan. 

Selain itu, animator juga bisa melakukan pengaturan konversi, format, bit rate dan yang lainnya pada tahapan ini. Maka dari itu hasil animasi bisa tampil lebih maksimal dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan pembuatnya.

Demikian informasi tentang cara membuat animasi 2D untuk berbagai macam keperluan. Diantara beberapa tahapan tersebut terdapat prinsip yang tidak dapat diremehkan. Seperti misalnya penetapan pada frame atau gambar dan shot atau tata letak kamera saat pengambilan gambar. Secara tidak langsung hal tersebut dapat mempengaruhi hasil dari animasi yang akan dirancang.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apps

6 Rekomendasi Aplikasi Rekam Video Call yang Bisa Digunakan Secara Gratis!

Di era modern seperti sekarang, berkomunikasi jarak jauh menjadi terasa lebih mudah dilakukan. Interaksi tatap muka tanpa bertemu seseorang cukup dengan menggunakan aplikasi yang mendukung video call, seperti Line atau Whatsapp. Namun, sayangnya aplikasi itu tidak bisa disimpan secara langsung karena tidak memiliki fitur untuk merekam. Tapi, jangan khawatir! Saat ini sudah banyak aplikasi rekam video call yang bisa digunakan secara gratis!

Biasanya sebagian orang melakukan video call di ponsel atau laptop yang menyediakan webcam. Dengan aplikasi rekam video call, para pengguna bisa menonton ulang percakapan yang telah dilakukan. Berikut 6 rekomendasi aplikasi rekam video call yang bisa digunakan secara gratis!

1. AZ Screen Recorder 

Pertama adalah AZ Screen Recorder. Aplikasi ini berfungsi merekam aktivitas di layar ponsel penggunanya secara gratis dan tanpa iklan yang mengganggu. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi fitur seperti menjeda perekaman, tanpa watermark, dan fitur-fitur lainnya. Pengguna juga bisa menghitung waktu mundur, menambahkan logo, teks, atau memberi efek time lapse.

AZ Screen Recorder juga membebaskan penggunanya untuk mengatur sendiri resolusi video. Namun, semakin besar resolusinya, akan semakin bagus hasil video, dan sizenya semakin besar. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan karena tidak perlu repot-repot melakukan root. Tidak hanya sebagai perekam video call, aplikasi ini bisa digunakan untuk merekam aktivitas layar lain, seperti bermain game, membuat tutorial, dan lain-lain.

2. Mobizen Screen Recorder

Mobizen Screen Recorder juga termasuk aplikasi rekam video call yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini masuk jajaran aplikasi perekam paling populer dan telah diinstal lebih dari 100 juta!

Kualitas video yang dihasilkan pun bagus. Terdapat pilihan antara 240p hingga 1080p.  Tidak hanya itu, Mobizen Screen Recorder juga menyediakan fitur untuk memotong video hasil rekaman yang dapat digunakan secara gratis! Uniknya, ada fitur FaceCam yang mampu merekam ekspresi wajah sekaligus layar si pengguna saat yang bersamaan.

Sama seperti AZ Screen Recorder, aplikasi ini bisa digunakan untuk keperluan selain merekam video call, seperti bermain game atau merekam video. Namun, tampilannya yang kurang simple akan membingungkan pengguna baru dan juga ukurannya yang lumayan besar.

3. DU Recorder

DU Recorder juga menjadi salah satu aplikasi yang digunakan pengguna ponsel. Tidak hanya menyediakan aplikasi perekam dengan kualitas video yang tinggi, DU Recorder juga menyediakan fitur streaming ke beberapa platform seperti YouTube dan Facebook.

Pengguna juga tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi pemotong video karena DU Recorder sudah dilengkapi dengan video editor. Sehingga para pengguna bisa mengedit video dengan cepat.

4. Record Video Call

Agak berbeda dengan aplikasi sebelumnya, aplikasi ini memang berfungsi sebagai perekam video call dari berbagai aplikasi. Cocok untuk para pengguna yang sering melakukan video call dengan berbagai kepentingan. Misal saja, WhatsApp, Skype, Facebook, dan aplikasi video call yang lain.

Aplikasi ini juga bisa merekam suara dengan jelas sehingga tidak merepotkan pengguna saat digunakan. Hanya saja, aplikasi ini tidak dapat memotong video secara langsung dan membutuhkan aplikasi video editor. Aplikasi ini juga bisa diunduh secara gratis dengan ukuran yang amat kecil, yaitu 4 MB.

5. Video Call Record

Sama seperti aplikasi nomor 4, aplikasi ini ditujukan untuk merekam video call dengan mudah. Cukup mengklik tombol start untuk merekam dan stop, maka video call sudah bisa direkam. Tampilannya yang sederhana pun memudahkan para pengguna baru. Video yang dihasilkan juga berkualitas tinggi sehingga tidak perlu khawatir resolusinya akan pecah atau buram.

Aplikasi ini juga dapat merekam video call dari berbagai aplikasi seperti WhatsApp, IMO, bahkan Google Duo. Memiliki ukuran install yang kecil hanya 5 MB saja tidak akan memberatkan ponsel. Namun, sama seperti Record Video Call, aplikasi ini tidak menyediakan fitur untuk memotong video secara langsung dan membutuhkan aplikasi tambahan.

6. Automatic Call Recorder

Aplikasi satu ini merupakan gabungan antara perekam layar sekaligus perekam video call. Aplikasi yang dikembangkan oleh Photo Corner ini sekilas sama seperti aplikasi sebelumnya. Tampilan yang sederhana sehingga para pengguna tidak akan kesulitan menggunakannya. Kualitas video yang dihasilkan juga HD.

Tidak seperti aplikasi nomor 4 dan 5 yang tidak dilengkapi fitur edit, Automatic Call Recorder telah menyediakan fitur untuk mengedit video. Walau tidak terlalu lengkap seperti DU Recorder atau Mobizen Recorder, fitur ini tetap cocok untuk mengedit video secara sederhana. Ukuran filenya juga tidak terlalu besar sehingga tetap cocok di ponsel-ponsel dengan penyimpanan kecil.

 Mengabadikan momen penting memang sangat diperlukan. Apalagi di masa digital saat ini tidak ada kesulitan untuk melakukan panggilan tatap muka via Zoom, WhatsApp, atau Skype. Nah, itulah 6 rekomendasi aplikasi rekam video call yang bisa digunakan secara gratis!

Continue Reading

Apps

Hilangkan Watermark Dengan Aplikasi Kinemaster Diamond Biru

Aplikasi Kinemaster Diamond Biru

Kinemaster adalah salah satu aplikasi editing video pada smartphone yang memiliki beragam fitur canggih. Akan tetapi, satu hal yang disayangkan adalah aplikasi ini menghasilkan watermark apabila digunakan.

Terlebih apabila aplikasi ini digunakan secara gratis. Sehingga pengguna harus membeli lisensi kinemaster agar dapat menggunakan aplikasi ini tanpa adanya watermark. Namun, tak perlu khawatir sebab kini telah tersedia aplikasi kinemaster diamond biru bisa di dapat di https://savepapajohns.com/. Berikut penjelasan selengkapnya!

Apa Itu Kinemaster Diamond Biru?

Aplikasi yang satu ini merupakan versi modifikasi dari Kinemaster yang dirancang oleh Kinemaster Corporation. Kinemaster Diamond Biru sendiri dirancang oleh perusahaan NextStreaming asal Korea Selatan.

Meskipun merupakan versi modifikasi, aplikasi ini tetap dilengkapi dengan berbagai fitur asli milik Kinemaster. Dan berita baiknya lagi, semua fitur dapat digunakan secara gratis dan tentu saja tanpa watermark.

Pengguna dapat mengedit video berupa gambar maupun teks. Kemudian pengguna juga dapat memotong dan menggabungkan beberapa video atau gambar menjadi satu.

Keunggulan utama dari aplikasi ini adalah tidak adanya watermark pada hasil editing. Pengguna tidak perlu berlangganan apabila ingin menghilangkan fitur watermark pada video.

Keunggulan Aplikasi Kinemaster Diamond Biru

Aplikasi editing video yang satu ini dikemas dengan berbagai fitur unik dan menarik. Sehingga tak heran apabila aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi editing favorit bagi konten creator maupun youtuber. 

1. Interface And Project Assistant

Aplikasi Kinemaster Diamond Biru dilengkapi dengan interface yang sederhana. Yakni hanya terdiri dari market, Project Assistant,serta share YouTube. Sehingga memungkinkan penggunanya dalam mengedit video dengan mudah.

2. Fitur And Quality

Selanjutnya, aplikasi ini juga memiliki beragam fitur yang dapat mendukung pembuatan video. Seperti diantaranya sebagai berikut:

  • Terdapat berbagai macam efek.
  • Menyediakan beberapa jenis layer pada video yang diedit.
  • Dapat menambahkan beragam jenis audio. Salah satunya voice dan juga musik.
  • Pengguna dapat menambahkan tulisan atau font pada video.
  • Kemudian pengguna juga dapat mengekspor video dengan kualitas HD
  • Video yang telah diedit dapat langsung diunggah ke platform YouTube.

3. Results Video

Setelah selesai melakukan proses editing video, pengguna juga dapat menyimpannya pada fitur Project Assistant, Berkas Manager, maupun langsung membagikan video tersebut ke berbagai sosial media seperti Line, Facebook, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya.

Fitur yang tak kalah menarik adalah, pengguna dapat menghapus watermark yang terdapat pada video. Maka dari itu aplikasi Kinemaster Diamond Biru ini sangat cocok bagi pengguna yang berkecimpung sebagai konten kreator.

4. Layer Video Yang Terdiri Dari Beberapa Lapis

Fitur pembuka milik aplikasi ini adalah terdapat susunan layer yang sangat banyak. Sehingga hal ini memungkinkan penggunanya untuk mengedit video dengan menggunakan berbagai lapisan gambar serta gabungan video lainnya.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan musik atau audio ke dalam layer tersebut. Tak hanya audio, gambar juga dapat disisipkan ke dalam layer. Terdapat beberapa format gambar yang didukung layer. Seperti salah satunya adalah PNG.

5. Menghapus Latar Belakang Hijau Atau Lainnya

Keunggulan lainnya dari aplikasi ini adalah terdapat fitur yang dapat digunakan untuk menghapus background. Namun, lebih tepatnya, aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menyamarkan background yang berwarna hijau ataupun gelap.

Fitur yang satu ini cukup bermanfaat di kalangan konten kreator. Terutama youtuber gaming maupun konten creator lainnya. Sehingga pengguna dapat mengganti ataupun menyamarkan background yang dirasa dapat mengganggu kenyamanan.

Nah, itulah beberapa informasi seputar aplikasi Kinemaster Diamond Biru. Kini para editor video tidak perlu lagi risau mengenai keberadaan watermark. Sebab, dengan menggunakan aplikasi ini, watermark pada video dapat dihilangkan. Semoga bermanfaat, ya!

Continue Reading

Apps

Inila Cara Download Kinemaster Tanpa Watermark

Kinemaster pro merupakan salah satu aplikasi desain dan edit video yang dapat dilakukan melalui ponsel android. Kinemaster Apk ini termasuk aplikasi editing video yang banyak digunakan oleh para editor. Sebab, aplikasi ini memiliki berbagai fitur editing yang mampu menjadikan smartphone seperti alat editing profesional. Namun, ada permasalahan yang sering ditemukan saat editing video, yaitu watermark. Nah, maka dari itu artikel ini akan membahas cara download kinemaster tanpa watermark. Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Download Kinemaster Tanpa Watermark

Fitur-Fitur Kinemaster Pro

Sebagai aplikasi editing video profesional, aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak terdapat pada aplikasi lainnya. fitur-fitur tersebut diantaranya adalah:

  • Terdapat berbagai template video, gambar, teks, stiker, serta video dengan bentuk tulisan tangan.
  • Pengguna dapat melakukan pemotongan, penggabungan, hingga memangkas bingkai-bingkai video.
  • Tanpa watermark.
  • Dapat mendukung semua jenis versi.
  • Terdapat kontrol kecepatan untuk klip video.
  • Mendukung segala format video.
  • Dapat mengoptimalkan video yang tidak didukung oleh aplikasi lain.
  • Pengguna dapat membagikan hasil editan ke berbagai sosial media seperti Youtube, Facebook, Google+, dan lain-lain.

Spesifikasi Kinemaster Pro

Aplikasi yang satu ini dapat digunakan pada perangkat android 4.1.3 (Jelly Bean) hingga android terbaru. Namun, untuk android jenis lama mungkin terdapat pembatasan dalam beberapa fitur pengeditan. Kemudian untuk mendapatkan pengalaman editing yang optimal, disarankan menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 800 atau menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi.

Cara Install Kinemaster Pro

Adapun langkah-langkah untuk menginstall aplikasi kinemaster pro adalah dengan terlebih dahulu mengaktifkan sumber yang tidak dikenal. Kemudian unduh file aplikasi melalui website yang menyediakan link tersebut. Selanjutnya cari lokasi file pada perangkat. Buka aplikasi dan aktifkan semua fitur pengaturan yang dibutuhkan.

Cara Download Kinemaster Tanpa Watermark Melalui Kinemaster Pro

Aplikasi editing video pada umumnya akan terasa nyaman apabila tidak memiliki watermark. Namun, biasanya beberapa aplikasi menetapkan ketentuan biaya sebagai komitmen berlangganan. Jika pengguna merasa keberatan, cobalah untuk menggunakan cara berikut ini:

  • Unduh Kinemaster pro.
  • Cari lokasi file kinemaster pro yang telah di unduh.
  • Klik file dan lakukan proses install.
  • Tunggu hingga proses install selesai.
  • Buka aplikasi setelah proses install selesai.
  • Kinemaster pro telah siap untuk digunakan.
  • Menggunakan Kinemaster Diamond

Cara download kinemaster tanpa watermark yang selanjutnya dapat dilakukan melalui kinemaster diamond. Aplikasi jenis ini merupakan kinemaster versi MOD yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan editing video tanpa watermark. Adapun cara menggunakan aplikasi mod ini adalah:

  • Unduh aplikasi terlebih dahulu.
  • Cari lokasi penyimpanan file pada perangkat.
  • Klik dan tekan tombol guna melakukan proses install.
  • Tunggu hingga proses install selesai.
  • Setelah proses install selesai, buka aplikasi dan izinkan akses untuk foto, video, serta audio.
  • Kinemaster diamond telah dapat digunakan.

Menghapus Watermark Menggunakan Kinemaster Gold MOD

Selain menggunakan beberapa cara di atas, cara selanjutnya untuk menggunakan kinemaster tanpa watermark adalah dengan aplikasi kinemaster gold MOD. Untuk langkah-langkahnya sedikit mirip dengan aplikasi kinemaster diamond.

Pengguna hanya perlu mengunduh serta menginstal kinemaster gold MOD. Kemudian edit video dan dapatkan kualitas video yang tak kalah dengan kinemaster versi pro.

Cara Download Kinemaster Tanpa Watermark Dengan Berlangganan

Opsi yang satu ini mungkin membutuhkan biaya yang harus dibayarkan rutin berdasarkan jangka waktu yang dipilih. Namun, tentu saja manfaat yang didapat juga maksimal. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Buka aplikasi kinemaster pada perangkat.
  • Klik logo berbentuk mahkota.
  • Pilih jangka waktu berlangganan. Pengguna dapat memilih tempo perbulan atau pertahun.
  • Kemudian lakukan proses pembayaran.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Pilih opsi langganan.
  • Lakukan setiap step pembayaran yang diinstruksikan.
  • Tunggu proses konfirmasi.
  • Langkah selesai dan aplikasi sudah dapat digunakan.

Nah, itulah beberapa cara download kinemaster tanpa watermark yang dapat dicoba di https://uptodown.co.id/. Kini, pengguna sudah dapat melakukan editing video tanpa perlu khawatir dengan watermark. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Continue Reading

TOP STORIES