Connect with us

Investasi

7 Cara Membeli Saham Perusahaan Bagi Pemula!

Cara membeli saham perusahaan menjadi dasar paling penting bagi investor pemula. Tidak banyak orang yang tahu cara membeli saham lalu mengalami kegagalan. Tidak hanya kegagalan kecil, tapi banyak investor pemula yang mengalami kebangkrutan usaha.

Cara Membeli Saham Perusahaan

Umumnya, investasi saham bertujuan untuk investasi jangka panjang yang dilakukan secara bertahap dan tidak bisa dalam waktu singkat. Resiko pasti tetap ada, tapi kegagalan penting untuk diminimalisir. Saham sendiri banyak dipilih oleh investor karena memberikan keuntungan besar dalam waktu yang lama, tapi dengan langkah yang benar. Berikut 7 cara membeli saham perusahaan bagi pemula!

1. Tentukan Modal dan Tujuan untuk Investasi Saham

Di era sekarang bisa terbilang investasi membutuhkan modal yang kian terjangkau. Pasalnya, para investor pemula tidak lagi mengkhawatirkan modal berpuluh-puluh juta. Hanya dengan Rp 50.000 saja investor pemula bisa melakukan nabung saham,. Bedanya, uang yang ditabungkan akan diinvestasikan dalam bentuk pembelian saham berupa persentase kepemilikan.

Tentukan dulu berapa modal yang disisihkan sebelum membeli saham. Sisihkan setiap 10% gaji untuk investasi sebelum akhirnya berkembang menjadi investasi besar. Selain itu, penting menentukan tujuan saat berinvestasi.

Perlu ditekankan bahwa investasi saham akan berlangsung dalam waktu yang panjang. Saham tidak bisa sewaktu-waktu dicairkan karena tidak seperti emas yang bisa dijual dengan cepat. Investasi cenderung melihat kinerja perusahaan, karena itu kemampuan membaca kesempatan juga diperlukan dalam investasi saham.

2. Registrasi Rekening Saham

Cara membeli saham perusahaan kedua adalah melakukan registrasi rekening saham. Setelah memastikan uang yang dimiliki, selanjutnya adalah meregistrasikan diri untuk memiliki rekening saham atau rekening efek. Pembelian saham yang tercatat di BEI hanya bisa dilakukan melalui perusahaan sekuritas di Indonesia. Jangan mudah percaya dengan situs-situs investasi yang namanya asing secara online atau website yang tidak memiliki kredibilitas.

Investor individu tidak bisa langsung membeli saham ke perusahaan tersebut. Butuh perantara yang disebut perusahaan sekuritas yang harus memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Nantinya, perusahaan sekuritas akan membelikan saham individu ke suatu perusahaan dengan nama orang itu sendiri. Sehingga transaksi pun aman dan tidak memiliki resiko yang tinggi.

3. Rutin mengecek deposit awal di setiap perusahaan sekuritas

Tidak semua perusahaan sekuritas mematok harga deposit awal yang sama. Biaya transaksi atau fee jual beli saham pun berbeda-beda. Ada baiknya mengecek besaran deposit awal dan fee transaksi di perusahaan sekuritas sebelum berinvestasi.

4. Instal Aplikasi Online Trading

Banyak perusahaan saham yang telah menyediakan aplikasi online trading untuk memudahkan investor saat membeli saham. Tapi, pastikan aplikasi yang diunduh benar-benar terbukti kredibilitasnya. Pastikan perusahaan sekuritas yang dituju memiliki aplikasi online yang tersedia di Website atau Play Store.

Saat ini banyak sekali aplikasi investasi penipuan yang menimbulkan banyak kerugian. TIdak hanya jutaan, tapi hingga ratusan juta. Karena itulah ketelitian dalam bermain saham memang sangat diperlukan. Setelah itu, bisa lanjutkan dengan login sebelum membeli saham.

5. Setor dana deposit awal

Setelah perusahaan sekuritas mengonfirmasi bahwa akun dan RDN investor telah aktif, selanjutnya investor bisa langsung menyetor dana atau deposit awal. Besaran ini bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial atau minimal deposit awal perusahaan sekuritas.

Siapkan dana dari tabungan, lalu setor ke nomor RDN. Penyetoran ini bisa dilakukan melalui ATM, mobile banking, atau internet banking. Lalu setelahnya silahkan cek dana yang masuk ke aplikasi online.

6. Lakukan Transaksi Saham

Setelah mengisi deposit awal, yang selanjutnya bisa dilakukan adalah membeli saham. Minimal pembelian saham adalah 1 lot atau sama dengan pembelian 100 lembar saham. Hal ini juga berlaku saat hendak menjual saham dengan besaran 1 lot.

Jangan lupa kalau setiap transaksi dikenakan fee transaksi seperti yang telah ditentukan. Saham di BEI memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan nilai perusahaan. Semakin rendah harga, semakin banyak lot yang bisa dimiliki, begitu pula sebaliknya. Semakin tinggi harga, semakin sedikit lot yang dimiliki.

BEI menyediakan banyak indeks agar investor tidak bingung dalam memilih saham. BEI indeks saham merupakan ukuran pergerakan harga sekumpulan saham yang mencakup harga seluruh saham dan dievaluasi secara berkala. Investor pemula bisa memulai dari indeks LQ45, IDx30, IDX Value 30, hingga Jakarta Islamic Index.

Selain itu, jangan fokus pada satu saham karena harganya fluktuatif. Berinvestasilah di bagian saham yang berlainan sector dan pastikan saham itu berada di indeks BEI untuk meminimalisir kerugian.

7. Tetaplah Konsisten dan Jangan Terpengaruh Rumor

Rumor atau berita buruk seringkali memengaruhi banyak pemegang saham. Seperti saat diterpa isu vaksin Covid 19, harga saham Indofarma dan Kimia Farma melonjak drastis. Banyak investor yang termakan berita itu lalu ikut-ikutan membeli saham tanpa melakukan analisis terlebih dahulu.

Inilah alasan mempelajari fundamental perusahaan serta rutin mengikuti perkembangan ekonomi sangat penting saat hendak berinvestasi saham.

Berinvestasi saham memang menggiurkan. Banyak investor-investor baik dalam negeri atau luar negeri yang sukses melalui investasi. Akan tetapi, para pemula harus berhati-hati ketika mulai berinvestasi. Itulah 7 cara membeli saham perusahaan yang wajib diketahui para investor pemula!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Investasi

Jenis Investasi Crypto Jangka Panjang dan Kelebihan yang Ditawarkan

Investasi Crypto Jangka Panjang

Investasi jangka panjang menjadi pilihan bijak untuk mempersiapkan dana masa depan. Ada banyak jenis instrumen investasi yang saat ini bisa diandalkan, salah satunya cryptocurrency. Investasi crypto jangka panjang dapat menjadi langkah pilihan selama modal ilmu dan dananya cukup kuat. Kali ini akan dibahas apa saja jenis crypto untuk dan tips melakukannya.

Pilihan Crypto

Ada beberapa jenis koin crypto yang dinilai sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Tentunya pilihan jenis crypto ini harus diambil dengan pertimbangan yang matang. Berikut adalah pilihan jenis koin crypto terbaik yang cocok menjadi investasi:

1. Bitcoin

Pilihan pertama ada bitcoin yang sudah sangat populer di dunia cryptocurrency. Hingga saat ini bitcoin menjadi salah satu koin crypto yang difavoritkan sebagai investasi jangka panjang. Sebanyak 60% bitcoin yang beredar tercatat dimiliki oleh individu atau perusahaan yang berinvestasi jangka panjang.

Sebagian besar investor bitcoin tercatat tidak menjual aset yang dimiliki selama bertahun-tahun. Ini artinya para investor percaya bahwa bitcoin bisa mendatangkan profit yang menjanjikan sehingga cocok jadi investasi jangka panjang. Kredibilitas bitcoin juga terus meningkat, bahkan sudah menjadi alat pembayaran sah di beberapa negara seperti El Salvador.

2. Chain Link Token

Meskipun tidak populer bitcoin, chainlink token juga menjadi pilihan investasi crypto jangka panjang yang menjanjikan. Jenis aset yang satu ini memiliki risiko penurunan nilai yang sangat kecil. Artinya, peluang untuk meningkat di masa depan sangatlah tinggi. Bahkan disebutkan bahwa potensi kenaikan nilai untuk aset ini masuk kategori terbesar.

3. Ether

Pilihan selanjutnya adalah ether yang merupakan jenis crypto yang juga cukup populer. Memiliki kemiripan dengan bitcoin, blockchain ether ini dikenal begitu transparan. Aset crypto ini juga cocok dijadikan pilihan investasi jangka panjang karena peluang profit dan kenaikan nilainya cukup menggiurkan.

4. UNI

Jenis investasi crypto jangka panjang selanjutnya adalah UNI. UNI ialah token ERC20 yang masuk ke kategori blockchain ethereum. Disebut sebagai salah satu pilihan investasi jangka panjang karena kenaikan nilainya sangat memuaskan. Dalam jangka waktu 3 bulan, kenaikan nilai UNI bisa mencapai nilai 8 kali lipat.

5. Binance Coin

Berikutnya ada binance coin atau BNB sebagai salah satu rekomendasi aset crypto yang dapat diandalkan untuk jangka panjang. Aset ini mulai populer dan dijadikan pilihan banyak orang sejak tahun 2017 silam. Meskipun peningkatannya dari tahun ke tahun tergolong kecil namun BNB menunjukkan kenaikan nilai yang sangat stabil dan konsisten.

Binance coin juga disebut sebagai salah satu aset investasi crypto jangka panjang yang lebih baik dari bitcoin. Tentunya opini ini dipercaya oleh sebagian investor di bidang crypto. Disebut lebih baik karena investor dapat menerima pengembalian yang besar dengan biaya yang terjangkau.

Tentukan pilihan jenis crypto yang akan dijadikan aset investasi dengan cermat. Cari tahu karakteristiknya dan kenali apa saja kelebihan yang ditawarkan. Jika sudah menemukan pilihan terbaik maka langkah investasi selanjutnya dapat segera diambil.

Kelebihan yang Ditawarkan

Tentunya crypto memang bisa jadi pilihan investasi jangka panjang selama cara berinvestasinya tepat. Jika memang ingin memilih langkah investasi ini maka harus dilakukan secara cermat. Langkah investasi crypto ini memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh aset crypto sebagai pilihan investasi jangka panjang:

1. Profit Tinggi

Investasi crypto dapat dijadikan pilihan investasi karena nilai profitnya begitu tinggi. Jenis investasi ini bisa dikatakan punya high return sehingga akan dirasa sangat menguntungkan. Investor bisa membeli aset crypto dengan harga terjangkau dan mendapatkan profit atau imbal balik yang besar.

2. Bersifat Universal

Investasi aset crypto ini bersifat universal yang artinya sangat fleksibel diakses oleh siapa saja. Aset ini dapat dijadikan pilihan oleh siapa saja dari berbagai negara. Jadi bukan hal aneh jika jenis investasi ini diminati banyak orang dari negara yang berbeda.

3. Transparan

Investasi aset crypto juga menguntungkan karena sifat transparan yang dimilikinya. Jenis aset ini bisa diperjualbelikan dan diakses datanya dengan mudah. Investor memang tidak akan bisa melihat nama orang yang melakukan jual beli. Tidak ada identitas yang ditampilkan melainkan hanya berupa angka transaksi.

4. Praktis dan Cepat

Crypto dikenal sebagai aset investasi yang jual belinya sangat praktis dan bisa berlangsung cepat. Jual beli aset ini bisa dilakukan hanya dalam hitungan jam. Hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab aset crypto punya banyak peminat sampai sekarang.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai investasi crypto jangka panjang. Jenis investasi ini memang bisa diandalkan karena nilai profitnya cukup tinggi. Namun pastikan untuk tetap berhati-hati karena aset crypto memiliki nilai yang sangat fluktuatif dan risikonya cukup tinggi.

Continue Reading

Investasi

8 Resiko Investasi Properti yang Harus Dipahami

Resiko Investasi Properti

Investasi menjadi pilihan dalam mendapatkan penghasilan tambahan mengingat potensi keuntungannya yang sangat besar. Ada banyak pilihan investasi seperti investasi properti yang juga cukup sering dipilih oleh masyarakat Indonesia. Seiring dengan tingginya potensi keuntungan, ada juga resiko investasi properti yang perlu dihadapi.

Beberapa tahun belakangan, kenaikan harga properti turut menggenjot ranah investasi ini yang menjadikannya semakin populer. Seperti investasi lainnya, sebelum memulai sebaiknya pikirkan dengan cermat terlebih dahulu bagaimana meletakkan dan mengelola aset investasi. Saat hendak memulai, sebaiknya pahami resiko investasi properti berikut ini:

1. Likuiditas Rendah

Instrumen investasi memiliki sesuatu penentu keuntungan yang disebut dengan nama likuiditas termasuk dalam investasi properti ini. Ketika likuiditas instrument mengalami kenaikan maka keuntungan yang akan didapatkan juga semakin meningkat. Likuiditas sendiri merupakan seberapa mudahnya sebuah instrumen untuk ditukarkan dengan uang.

Untuk properti sendiri, tingkat likuiditasnya sangat rendah karena harus menunggu seorang pembeli terlebih dahulu. Inilah yang menjadikan banyak sekali aset dari investor sering mengendap pada beberapa instrumen yang sudah dibeli.

2. Beban Perawatan

Sebuah properti yang dimiliki seseorang atau perusahaan tidak boleh hanya terfokus pada keuntungan saja. Ada beban biaya perawatan yang harus ditanggung mengingat meskipun tidak terjual atau terpakai, pemilik harus memastikan properti punya kondisi baik.

Setiap waktu, akan selalu ada biaya perawatan yang diperlukan jadi pengeluaran tidak hanya di awal saja untuk pembelian. Ada juga biaya tambahan misalnya untuk merawat sebuah bangunan supaya nantinya biaya sewa tidak menurun bahkan bisa meningkat.

3. Investasi Padat Modal

Investasi di bidang properti bukan merupakan investasi yang bisa dimulai oleh semua orang apalagi jika melihat kebutuhan modal.  Jenis investasi ini dikategorikan ke dalam investasi dengan sifat padat modal.

Hal ini karena ketika melihat modal yang diperlukan, biasanya kebutuhan modal akan sangat besar untuk memulainya. Selain itu, ada juga prinsip dimana pihak dengan modal yang lebih besar memiliki keuntungan relatif yang akan lebih besar pula.

4. Keterjangkauan Investasi

Berbeda dengan investasi yang lain, harga di properti sendiri lebih mencerminkan secara langsung bagaimana kondisi permintaan dan penawaran. Harga yang dipatok untuk sebuah properti secara langsung dengan melihat bagaimana pasar lokal dan juga tren yang berlangsung.

Perbedaan utama dalam investasi saham dan properti terletak pada keterjangkauan atau affordability ini. Di saham sendiri, setiap transaksi umumnya dilakukan secara tunai langsung sedangkan di properti bisa melibatkan pembiayaan pihak lain. Resiko investasi properti semakin meningkat karena ada banyak pihak yang campur tangan di dalam transaksi.

5. Biaya Transaksi Cukup Tinggi

Investasi properti juga punya biaya transaksi yang cukup tinggi dan bisa beresiko terhadap keuntungan yang diperoleh. Biaya transaksinya saja sudah bisa menghabiskan biaya lebih tinggi jika dibandingkan dengan investasi di bidang lain.

Misalnya saja pada transaksi pembelian dan penjualan dimana ada pajak yang harus ditanggung masing-masing oleh penjual dan pembeli. Keduanya akan mendapatkan pajak sebesar 5% secara langsung oleh negara yang membuat beban pembayaran semakin meningkat.

6. Butuh Waktu Lama

Ketika hendak membeli sebuah properti selalu ada beragam faktor yang menjadi pertimbangan dan memang tidak bisa dalam waktu singkat. Sebuah properti bisa terjual biasanya tidak hanya dalam hitungan minggu atau bulan, transaksinya memerlukan banyak pertimbangan.

Inilah yang menjadikan properti bersifat likuiditasnya rendah karena sulitnya terjual dan dicairkan dalam bentuk uang. Saat mencari properti seseorang mungkin akan membandingkan sekitar 100 properti lalu kemudian hanya akan memilih satu yang terbaik.

7. Penyusutan Bangunan

Dalam properti, harga dari sebidang tanah memang akan terus meningkat seiring dengan kebutuhan yang ada dan ketersediaan yang tetap. Tetapi ada resiko terkait dengan bangunan yang berdiri di atas sebuah bidang tanah tersebut.

Bangunan sendiri memiliki umur dalam kelayakan untuk digunakan, tidak bisa berumur panjang seperti halnya tanah. Bergantung dari kualitas infrastruktur dan fungsinya, umur bangunan hanya berkisar antara 20-40 tahun dan bisa mengalami penurunan harga.

8. Kemungkinan Rusak Saat Bencana

Bencana alam adalah resiko tersendiri bagi bidang properti mengingat hal ini tidak menjadi resiko investasi di bidang lain. Ketika terjadi bencana seperti gempa atau banjir, ada kemungkinan bangunan properti menjadi rusak. Indonesia sendiri merupakan wilayah yang sebenarnya rawan bencana jadi resiko ini cukup besar bagi para investor properti di sini.

Meski terlihat menakutkan sebenarnya resiko ini bisa ditanggulangi dengan mendaftarkan properti ke dalam asuransi tersendiri. Hal ini membuat ketika terjadi bencana, masih ada biaya yang didapat dari pembayaran asuransi meski memang memerlukan tambahan modal.

Itulah beberapa resiko investasi properti yang dihadapi oleh seluruh pebisnis properti baik yang sudah mahir maupun para ahli. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, lakukan analisis mendalam terlebih dahulu terhadap properti yang hendak dibeli. Memang ada keuntungan yang menjanjikan dalam bisnis ini tetapi lebih baik pahami juga resikonya.

Continue Reading

Investasi

7 Cara Cek Emas Antam Asli atau Tidak dengan Mudah

Cara Cek Emas Antam Asli

Perusahaan Antam mengeluarkan produk emas teruji berkualitas terbaik terlebih digunakan untuk berinvestasi penting mengetahui cara cek emas Antam asli agar tidak tertipu. Dikarenakan emas satu ini merupakan emas murni yang dikeluarkan oleh perusahaan resmi. Dengan demikian, banyak digunakan sebagai investasi namun seringkali ditemukan emas Antam palsu. Berikut cara membedakannya:

1. Perhatikan Fisik Emas

Cara cek emas Antam asli yang pertama kali bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan melihat bentuk fisiknya. Emas Antam dalam bentuk emas murni akan dicap dengan logo serta nama perusahaan Antam. Serta sertifikatnya yang dikeluarkan oleh perusahaan Antam resmi. Bila dilihat dari fisik emas murni, akan memancarkan kilau yang sempurna.

Adapun sertifikatnya bukan terbuat dari kertas biasa. Untuk saat ini menggunakan kertas semi magnetik dengan logo hologram perusahaan Antam. Jika emas tersebut memiliki sertifikat seperti ini, maka bisa dipastikan emas tersebut asli dari produk Antam, maka sangat dianjurkan untuk membedakan fisiknya dengan sertifikat yang dilampirkannya.

2. Perhatikan Warna Emas

Langkah selanjutnya dengan memperhatikan warna emas. Warna emas dari emas murni Antam asli berwarna kuning emas yang terang. Apabila warnanya berubah kemerahan, maka itu bukan emas Antam Warna kuningnya berkilau, layaknya berkualitas tinggi karena memang emas ini berkualitas terbaik.

Dibutuhkan waktu bila melihat cirinya berdasarkan warnanya. Emas palsu akan kusam dalam kurun waktu beberapa tahun. Berbeda dengan emas Antam asli, warna emasnya akan tetap berkilau meskipun telah disimpan bertahun-tahun. Dengan demikian, warna emas Antam asli tidak akan pudar oleh waktu.

3. Cek Certieyenya

Emas Antam asli kemasan terbaru dilengkapi dengan certi eye, yaitu sejenis sertifikat magnetik.  Meskipun disebut sertifikat magnetik namun sebetulnya sebuah aplikasi untuk mengecek emas antam. Pada dasarnya, certi eye berfungsi sebagai fitur keamanan sehingga emas antam tersebut tidak mudah dipalsukan. Emas antam yang dilengkapi dengan certi eye keasliannya terjamin.  

Antam, tbk sebagai produsen emas batangan ini cukup pandai untuk memberikan kemudahan bagi pembeli emas batangan tersebut agar mengetahui cara cek emas antam asli. Bahkan certi eye tersebut bisa diunduh melalui gadget pribadi, lalu scanning barcode pada emas tersebut. Emas akan terbukti asli apabila muncul sebuah tulisan AUTHENTICATED .

4. Membawanya ke Pegadaian

Pegadaian merupakan perusahaan BUMN tempat menggadaikan barang. Apabila seseorang membutuhkan uang dalam keadaan mendesak, maka pegadaian merupakan solusi terbaik. Termasuk emas akan diterima sebagai barang gadai. Selanjutnya emasnya akan digadaikan oleh nasabah pegadaian dicek terlebih dahulu oleh petugas pegadaian.

Hal tersebut dijadikan kesempatan agar emas Antam asli bisa dicek. Dikarenakan pegadaian memiliki alat khusus untuk mengecek kadar emas, termasuk mengecek sertifikatnya. Maka dari itu, bila ingin mengecek keaslian emas Antam, sebaiknya untuk datang ke pegadaian terdekat agar mendapatkan informasi mengenai keaslian emas tersebut.

5. Gosokan Emas pada Kain

Mengecek keaslian emas  bisa dilakukan sendiri, dengan cara menggosokkannya  pada kain. Cara cek emas Antam asli ini bisa dilakukan sendiri di rumah. Apabila setelah digosokan kain, warnanya memudar atau terdapat serbuk kuning di kain yang berasal dari emas tersebut. Maka itu bukan emas Antam asli.

Emas antam asli bila digosokan pada kain, maka warnanya akan lebih mengkilap. Kemilaunya akan jauh lebih berkilau bila digosokan pada kain. Maka, membedakan emas Antam asli dan palsu lebih mudah dengan menggunakan cara ini dan yang pastinya jauh lebih ekonomis karena bisa menggunakan jenis kain apa saja.

6. Pastikan Sertifikatnya Asli

Periksa keaslian sertifikatnya sebagai cara cek emas antam asli. Apabila sertifikat tersebut asli, maka emasnya asli Adapun sertifikatnya bisa dicek dengan menerawangnya. Pastikan berada di bawah sinar matahari untuk menerawangnya. Simbol huruf C yang muncul merupakan bukti bahwa sertifikat tersebut asli, maka dipastikan emas tersebut asli.

Huruf C yang terdapat pada sertifikat tersebut, terdiri dari 2 buah huruf C yang saling berkaitan. Huruf tersebut ditulis dengan vertikal sehingga sepintas menyerupai huruf S. Padahal sebetulnya huruf tersebut adalah huruf C yang saling berkaitan. Pastikan sertifikat tersebut memiliki hal ini jika diterawang untuk mengecek keasliannya. . 

7. Sesuaikan Nomor Seri Emas dengan Sertifikat

Dalam sertifikat emas Antam asli akan ditulis nomor seri emas tersebut. Maka bila ingin mengetahui cara cek emas Antam asli, harus menyesuaikan nomor serinya. Biasanya nomor seri yang terdapat pada emas serta sertifikatnya akan sama. Dikarenakan sertifikatnya akan mencantumkan nomor seri tersebut.

Apabila berbeda antara nomor seri yang terdapat pada sertifikat dengan yang terdapat pada emasnya maka bisa dipastikan bahwa emas tersebut bukan emas Antam. Terlebih bila emasnya tidak terdapat nomor seri sama sekali. Maka bisa dipastikan, emas tersebut palsu. Pada dasarnya, semua produk emas dari Antam akan diberikan nomor seri serta tanggal pembuatannya.  

Banyak orang memilih emas agar bisa diinvestasikan, maka sebaiknya untuk mengetahui perbedaan emas Antam yang asli dan palsu. Terlebih dari perusahaan Antam, karena perusahaan resmi pembuat emas murni sehingga kadar emasnya jauh lebih tinggi. Namun masih banyak ditemukan emas Antam palsu, maka pentingnya mengetahui  cara cek emas 

Continue Reading

TOP STORIES