Connect with us

Tech

Cara Melacak HP yang Hilang, Simpel !

Dikutip dari laman Support Google yang diterbitkan 24/7/2019, Hp hilang bisa ditemukan asalkan memenuhi syarat. Hp harus mode aktif serta masih terhubung dengan akun google.

Namun, sebetulnya ada cara menemukan hp yang hilang walaupun dalam mode mati. Berikut Cara melacak hp yang hilang baik saat aktif maupun sedang dalam mode mati.

Cara Melacak HP Yang Hilang Lewat Email

image: Pixabay

Jika yang hilang adalah smartphone, sudah pasti sudah otomatis terkoneksi dengan email. Selain itu, pengguna smartphone wajib menyertakan alamat email saat akan menggunakan google playstore. Email inilah yang bisa digunakan untuk melacak hp yang hilang, begini caranya

  • Buka internet dengan menggunakan hp lain. Setelah itu buka laman gmail, ketikan email yang dipakai pada hp yang hilang. Lalu klik berikutnya
  • Setelah itu akan disuruh memasukkan alamat sandi, lalu klik “berikutnya”.
  • Kemudian akan muncul halaman gmail sesuai alamat email yang tadi dimasukkan. Jangan lupa untuk mengubah tampilannya menjadi versi Web.
  • Cari ikon titik Sembilan yang berada di bagian sisi kanan atas. Klik ikon tersebut.
  • Maka otomatis akan masuk ke google account. Silahkan scroll halaman tersebut ke bawah.
  • Akan ada pilihan “temukan ponsel anda”, klik “mulai”
  • Akan muncul nama hp yang hilang, kemudian klik “temukan”.
  • Selanjutnya akan muncul laman google maps. Dari sini silahkan pilih opsi “tutup”.
  • Berikutnya silahkan pilih jenis hp yang ingin ditemukan. Setelah itu klik “refresh”, dengan begitu hp yang hilang akan otomatis terbaca oleh google maps.
  • Sampai disini HP yang hilang pasti langsung terlihat lokasi terakhirnya

Jika sudah yakin tempat terakhir lokasi hp yang dicari, maka sebaiknya segera ambil. Oleh karena pelacakan seperti ini kadang akan banyak menguras baterai HP.

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Google Maps

image: Pixabay

Google maps merupakan aplikasi pemetaan berbasis web yang dikembangkan oleh google. Ada banyak fitur yang memudahkan pengguna ketika memakai applikasi ini.

Seperti misalnya memudahkan mencari peta jalan, kondisi lalu lintas, dan lain-lain.

Namun di balik itu semua, sebenarnya aplikasi ini bisa berguna untuk menentukan lokasi hp ketika hilang, berikut caranya

  • Pertama, dengan menggunakan hp lain silahkan buka aplikasi Google maps.
  • Setelah aplikasi Google maps terbuka, silahkan pergi ke menu setting.
  • Dilanjutkan dengan membagi lokasi dan mulai. Tab ini letaknya ada di pojok kiri atas.
  • Akan muncul laman yang menampilkan opsi waktu pelacakan. Isi sesuai keinginan. Di sana terdapat 2 opsi waktu pelacakan selama 1 jam serta hingga non aktif. Sebaiknya pilih opsi hingga non aktif, karena agar hp yang hilang dapat terus dilacak meskipun harus memakan waktu yang lama.
  • Selanjutnya akan muncul opsi pilih orang, pilih tab tersebut. Isi dengan alamat email serta nomor hp yang hilang dan ingin dilacak.
  • Kemudian tinggal pilih opsi “bagikan”. Dilanjutkan dengan pilih opsi “aktifkan”
  • Lokasi hp yang hilang akan otomatis terlacak selama 24 jam. Jika sudah ketemu lokasi pastinya segera cari ke tempat tersebut.

Cara Melacak HP Yang Hilang Menggunakan Aplikasi ADM

image: GooglePlay

ADM yaitu android device manager adalah aplikasi gratis yang disediakan google. Aplikasi ini sangat berguna terutama untuk mendeteksi lokasi dimana HP berada saat hilang.

Jika HP yang hilang berjenis Android maka akan lebih mudah terdeteksi. Berikut cara melacak HP yang hilang dengan menggunakan aplikasi ADM

  • Pertama siapkan HP lain atau bisa juga gunakan laptop sebagai media pelacakan HP yang hilang.
  • Setelah itu buka aplikasi ADM baik di smartphone maupun melalui laptop.
  • Log ini ke aplikasi ADM menggunakan akun HP yang hilang.
  • Ketikkan sandi serta alamat id secara lengkap dan benar.
  • Setelah isi id serta kata sandi, segera klik “accept”.
  • Secara otomatis, akan terkoneksi dengan nama smartphone  yang menggunakan alamat email yang diketikan tadi. Artinya HP yang hilang sudah terdeteksi lokasi terakhirnya.
  • Segera catat alamat lokasi terakhir HP yang hilang tersebut. Setelah itu langsung datang ke tempat itu, untuk mengambil HP yang hilang.

Jika ditemukan misalnya aplikasi android device manager tidak mampu memunculkan nama smartphone yang hilang ada satu kemungkinan. Yaitu HP dalam keadaan mati atau off.

Maka sebaiknya gunakan cara lain untuk menemukan HP yang hilang tersebut. Karena cara ini tidak bisa diaplikasikan untuk mencari HP yang hilang saat dalam keadaan mati.

Baca Juga: 6 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Melacak HP Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Menggunakan cara sebelumnya hanya bisa diaplikasikan jika kondisi HP dalam posisi nyala atau aktif.

Lalu bagaimana cara menemukan lokasi HP yang hilang jika kebetulan HP mati?

Jangan khawatir, tentu saja ada cara untuk mendeteksi lokasi terakhir HP yang hilang walaupun kondisi HP tersebut mati. Simak cara selengkapnya di bawah ini

  • Gunakan HP lain untuk mendeteksi lokasi Hp yang hilang tersebut.
  • Menggunakan HP lain tersebut, segera buka menu Google Maps.
  • Selanjutnya jika menu google maps telah terbuka, silahkan arahkan kursor ke arah pojok kiri atas.
  • Di bagian tersebut ada ikon garis tiga, pilih ikon tersebut.
  • Kemudian akan muncul sebuah halaman, arahkan kursor kembali ke bagian pojok kanan.
  • Bagian pojok kanan akan muncul tampilan ikon segitiga kecil, pilih ikon tersebut.
  • Selanjutnya bisa langsung pilih opsi “tambahkan akun”.
  • Pada pilihan tambahkan akun, akan ada perintah untuk memasukkan alamat email. Isikan alamat email HP yang hilang dan sedang ingin dicari lokasi terakhirnya.
  • Selanjutnya klik opsi berikutnya.
  • Muncul kotak isian yang menyuruh untuk memasukkan kata sandi email. Masukkan sandi email tersebut. Jangan sampai salah isi, karena proses akan mengulang terus sehingga makin lama.
  • Setelah email berhasil terdeteksi, maka akan muncul tab persetujuan. Segera klik “setuju”.
  • Arahkan kembali kursor pada bagian kanan atas, maka akan ditemukan ikon segitiga kecil kemudian pilihlah.
  • Selanjutnya pilih tab “linimasa anda”, kemudian klik tab “OK”.
  • Sampai tahap ini, layar akan otomatis menampilkan maps. Tampilan maps inilah yang akan menunjukkan dimana letak HP yang hilang dan sedang ingin dicari.
  • Jika sudah paham lokasinya segera menuju ke tempat tersebut untuk mengambil HP yang hilang.

Itulah beberapa pilihan dari cara melacak HP yang hilang. Baik dalam keadaan HP sedang aktif maupun kebetulan sedang kondisi mati.

Di samping itu semua, sebaiknya perhatikan untuk tidak meletakkan HP di sembarang tempat agar lebih aman.

Header image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tech

Mengenal Audio Mixer Yang Digunakan Pada Sound System

Pernahkah Anda bertanya – tanya tentang peralatan yang digunakan pada sound system? Kekompleksan rangkaian produk itu dilakukan untuk menghasilkan suara yang sesuai keinginan. Mulai dari mikrofon, input mixer, audio mixer, hingga keluar suara yang lebih lantang dari speaker. Salah satu komponen yang cukup penting adalah audio mixer. Sebelum Anda beli produk di tempat jual audio sound system, berikut info tentang peralatan yang satu ini.   

Audio Mixer

Mengenal Audio Mixer Sebagai Alat Pencampur Suara

Sebelum Anda membeli peralatan lengkap untuk sound system, ada baiknya Anda pahami komponen tersebut. Dalam hal ini, audio mixer adalah alat pencampur suara yang tidak bisa dilewatkan. Dikenal juga dengan nama mixing console, digital mixer, atau analog mixer, bahkan soundboard, adalah perlatan yang gunanya adalah untuk mixing suara. Mencampur beberapa sumber suara hingga menjadi kesatuan yang terlihat jernih, nyaman, dan layak di dengar. 

Alat ini lebih banyak digunakan untuk keperluan studio rekaman, live show performance, hingge penyiaran radio atau televisi. Secara garis besar, audio mixer adalah titik besar dimana semua suara akan datang. Pengaturan besar kecilnya suara dan level keseimbangan bunyi adalah fungsi utama alat ini. jika Anda ingin membeli di tempat yang jual sound system, ada baiknya untuk menyertakan produk lain yang sepaket atau sudah kompatibel. 

Digunakan Sebagai Media Setelah Mikrofon atau dari segala input yang digunakan

Pembelian sepaket bukan berarti beli semua perangkat, dari mikrofon hingga speaker. Namun, lebih ke memilih produk yang kompatibel dengan audio mixer yang akan digunakan. Sebagai contoh adalah mikrofon yang merupakan sumber input untuk mixer. Bagaimanapun masukan yang keluar dari mikrofon akan terekam dan dicampur dalam mixer. Keseimbangan dua kanal akan diproses ke speaker, karena itu kompatibilitas dan kualitas mik akan sangat berpengaruh.  

Empat Menu utama Yang Ada Pada Audio Mixer (Gain dan bermacam Equalizer)

Jika Anda lihat tampilan dari audio mixer, jangan heran dengan begitu banyknya tombol dan panel yang ada. Semua itu ada sebagai menu mixer yang akan membantu proses mixing suara. Jika Anda bingung, Anda bisa tanya pada tempat jual sound system untuk instruksi singkat. Yang paling pertama adalah gain yang berfungsi untuk menentukan apakah suatu input diterima atau tidak. Terdapat juga EQ (equalizer) Channel, EQ FIX, dan Sweepable EQ.

Itulah ulasan singkat mengenai Audio mixer. Sebagai salah satu komponen penting untuk sound system, tentunya akan sangat penting untuk memahami tentang produk ini. Karena itulah lebih baik Anda mencari tahu, bertanya, dan beli produk pada tempat yang sudah terpercaya. Anda bisa lakukan transaksi dari Goshen, distributor asli produk sound system terpercaya di Indonesia. terdapat banyak macam produk yang bisa Anda beli sesuai kebutuhan.

Continue Reading

Finansial

Tips Melakukan Pinjaman dengan Aplikasi Pinjaman Online

Pertumbuhan fintech di Indonesia terus berkembang dengan pesat. Terbukti saat ini masyarakat Indonesia bisa dengan mudah untuk mendapatkan pinjaman secara online. Mengajukan pinjaman secara online memang sah-sah saja. Namun, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum melakukan pinjaman melalui aplikasi pinjaman online agar tetap aman ketika mendapatkan pinjaman.

1. Gunakan Aplikasi Terpercaya

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan bantuan pinjaman secara online dengan mudah. Namun, tidak semua aplikasi tersebut aman untuk digunakan. Beberapa aplikasi menawarkan pinjaman dengan sangat mudah hingga membuat konsumen terlena. Pada ujungnya, konsumen dibuat kesulitan membayar karena berbagai hal.

Aplikasi yang terpercaya adalah aplikasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dilansir dari rancahpost.com, setidaknya saat ini ada delapan aplikasi pinjaman yang sudah terbukti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Aplikasi yang sudah terdaftar di OJK tidak akan memberikan beban yang berlebihan kepada konsumennya dan dijamin keamanannya oleh OJK.

Otoritas Jasa Keuangan merupakan sebuah lembaga yang ditunjuk oleh negara untuk mengatur tentang perlindungan konsumen di bidang keuangan. Salah satu yang diatur adalah perihal bunga yang tidak boleh di atas batas wajar. Oleh sebab itu, hanya aplikasi-aplikasi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sajalah yang terbukti aman.

2. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Setelah melihat berbagai aplikasi yang menawarkan pinjaman online, selanjutnya perhatikan syarat dan ketentuan yang diajukan oleh aplikasi tersebut. Setiap aplikasi pasti memiliki syarat dan ketentuan sendiri-sendiri yang bisa dibaca oleh para penggunanya, tak terkecuali aplikasi pinjaman online. Perhatikan dengan betul setiap isi dari syarat dan ketentuannya agar tidak terjadi hal yang merugikan di kemudian hari.

Beberapa hal yang perlu dicurigai adalah ketika aplikasi tersebut meminta akses terhadap berbagai hal ada smartphone konsumen. Otoritas Jasa Keuangan sudah mengatur batasan-batasan akses yang bisa dilakukan oleh aplikasi terhadap smartphone konsumen. Aplikasi yang meminta akses berlebihan sangat berbahaya dan dapat dicurigai telah keluar dari regulasi yang dibuat oleh OJK.

3. Memiliki Layanan Konsumen

Sama seperti pinjaman secara offline melalui bank atau perusahaan P2P lainnya, aplikasi pinjaman online juga wajib memiliki Layanan Konsumen. Pastikan juga aplikasi yang digunakan untuk mengajukan pinjaman memiliki layanan konsumen yang jelas dan bisa dihubungi dengan mudah. Aplikasi yang terpercaya memiliki nomor telepon, email, bahkan alamat kantor yang jelas.

Adanya Layanan Konsumen ini juga menjadi salah satu syarat yang diatur oleh OJK. Dengan adanya Layanan Konsumen ini membuat konsumen mudah untuk melakukan komunikasi terkait dengan status pinjaman yang diajukan. Adanya Layanan Konsumen ini menjadi bukti bahwa aplikasi tersebut tidak hanya mementingkan keuntungan semata, tetapi juga bertujuan untuk membantu konsumennya.

4. Pelajari Bunga dan Biaya Pinjaman

Satu hal yang juga wajib diperhatikan adalah mempelajari bunga dan biaya pinjaman yang diajukan oleh aplikasi pinjaman online. Otoritas Jasa Keuangan telah mengatur agar bunga pinjaman tidak berlebihan yang berpotensi menyebabkan konsumen mengalami kesulitan pembayaran. Sesuai ketentuan yang sudah disepakati, bunga untuk pinjaman online dibatasi 24% perbulan flat atau 0,8% per hari maksimal.

Memahami bunga dan biaya pinjaman ini penting agar di kemudian hari tidak ada komplain terkait tingginya bunga dan tempo bayar pinjaman. Aplikasi yang mematok bunga terlalu tinggi sangat berbahaya karena bisa membuat konsumennya kesulitan untuk membayar pinjaman beserta bunganya.

Melakukan pinjaman online sebaiknya perlu berhati-hati. Pastikan aplikasi yang dituju telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, konsumen akan tetap terlindung akan hak-haknya yang berkaitan dengan pinjaman online.

Continue Reading

Apps

Aplikasi Telegram PC dan Macam-macam OS yang Mendukungnya

Aplikasi yang menjadi pesaing Whatsapp ini, pada mulanya dirilis untuk versi mobile. Hingga saat ini, aplikasi tersebut dikembangkan untuk PC. Joshswiller.com juga telah mengulas tentang hal ini di websitenya. Terdapat Macam-macam operating system yang mendukung aplikasi Telegram PC tersebut, yaitu:

1. Telegram Windows 

Windows merupakan salah satu operating system yang mendukung aplikasi Telegram PC. Berbeda dengan Whatsapp yang mengharuskan sinkronisasi dengan mobile phone terlebih dahulu. Khusus untuk Telegram tidak perlu melakukan hal tersebut. Aplikasi bisa langsung digunakan. 

Fiturnya pun memiliki keunggulan yang sama dengan versi mobile phone. Tidak hanya bisa saling berkirim pesan teks saja. Versi dekstop menggunakan OS ini pun bisa melakukan panggilan suara, layaknya versi mobile. Termasuk diantaranya dalam menjalankan bot. 

2. Telegram Mac OS 

Tidak ketinggalan komputer dengan basis MacOS pun bisa mendukung penggunaan aplikasi Telegram ini. Aplikasi ini pun bisa diunduh secara gratis di App Store ataupun website resmi Telegram. Tidak ada perbedaan antara Telegram versi Windows dan Mac OS dari segi tampilan. 

Demikian juga dengan fitur yang digunakan terdapat pada Mac OS ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan antara keduanya. Keduanya bisa memanfaatkan aplikasi Telegram ini dengan lebih mudah. Dan pastinya dapat diandalkan dalam berkomunikasi. 

3. Telegram Linux 32 Bit 

Aplikasi Telegram PC pun didukung oleh operating system Linux 32 Bit. Walaupun tidak ada perbedaan dari segi interface dengan OS lainnya. Namun, adanya Telegram dengan desktop berbasis Linux tersebut sangat dibutuhkan oleh para programmer. Pasalnya terdapat banyak grup Telegram khusus untuk para programer yang membahasnya. 

Telegram Linux ini bisa dijalankan di semua sistem operasi Linux. Sebut saja, seperti Ubuntu, Redhat, Debian, serta sistem operasi Linux lainnya. Keunggulan lainnya, Telegram memiliki fitur bots untuk semua aplikasi. Termasuk diantaranya adalah sistem Linux ini. 

4. Telegram Linux 64 Bit 

Sistem operasi Linux untuk Telegram ini terdapat dua versi, yaitu versi 32 Bit dan juga 64 Bit. Keduanya tidak terlalu memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bahkan dari segi tampilannya terlihat sama. Pasalnya yang membedakannya hanyalah sistem operasi yang digunakannya ketika melakukan instalasi. 

Sebelum melakukan pengunduhan aplikasi tersebut, pastikan terlebih dahulu untuk memilih sistem operasi yang sesuai dengan yang digunakan agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih versi. Pasalnya, aplikasi tidak akan dapat diinstal apabila terdapat kesalahan dalam memilih versi. 

5. Telegram Unix 

Aplikasi Telegram PC didukung pula untuk sistem operasi Unix. Terutama jika aplikasi tersebut membutuhkan kapasitas sistem operasi yang lebih besar karena peruntukannya yang mengharuskan saling berkirim file dalam jumlah yang lebih besar. Oleh sebab itu, sistem operasi ini sangat cocok untuk digunakan di perkantoran. 

Sistem operasi yang satu ini biasa digunakan oleh aplikasi – aplikasi yang memerlukan kapasitas yang lebih besar. Namun, walaupun aplikasi Telegram sendiri tidak membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Tetapi beberapa pekerjaannya membutuhkan kapasitas yang lebih besar. Oleh sebab memilih sistem operasi ini sangat disarankan. 

Baca Juga: Download VN Mod Apk, Aplikasi Edit Video yang Mudah

Itulah macam-macam sistem operasi yang dapat mendukung aplikasi Telegram di desktop. Walaupun dari segi interface, tidak ada perbedaan yang menonjol dari penggunaan sistem operasi tersebut. Yang membedakannya adalah sistem operasi yang digunakan, yang harus diketahui dengan pasti saat melakukan instalasi. 

Menggunakan aplikasi Telegram PC dapat mempermudah komunikasi dan berbagai macam jenis pekerjaan yang mengharuskan saling mengirim file baik besar maupun kecil. Pastikan terlebih dahulu sebelumnya untuk menggunakan PC dengan operating system yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Continue Reading

TOP STORIES