Connect with us

Tech

Cara Melacak HP yang Hilang, Simpel !

Dikutip dari laman Support Google yang diterbitkan 24/7/2019, Hp hilang bisa ditemukan asalkan memenuhi syarat. Hp harus mode aktif serta masih terhubung dengan akun google.

Namun, sebetulnya ada cara menemukan hp yang hilang walaupun dalam mode mati. Berikut Cara melacak hp yang hilang baik saat aktif maupun sedang dalam mode mati.

Cara Melacak HP Yang Hilang Lewat Email

image: Pixabay

Jika yang hilang adalah smartphone, sudah pasti sudah otomatis terkoneksi dengan email. Selain itu, pengguna smartphone wajib menyertakan alamat email saat akan menggunakan google playstore. Email inilah yang bisa digunakan untuk melacak hp yang hilang, begini caranya

  • Buka internet dengan menggunakan hp lain. Setelah itu buka laman gmail, ketikan email yang dipakai pada hp yang hilang. Lalu klik berikutnya
  • Setelah itu akan disuruh memasukkan alamat sandi, lalu klik “berikutnya”.
  • Kemudian akan muncul halaman gmail sesuai alamat email yang tadi dimasukkan. Jangan lupa untuk mengubah tampilannya menjadi versi Web.
  • Cari ikon titik Sembilan yang berada di bagian sisi kanan atas. Klik ikon tersebut.
  • Maka otomatis akan masuk ke google account. Silahkan scroll halaman tersebut ke bawah.
  • Akan ada pilihan “temukan ponsel anda”, klik “mulai”
  • Akan muncul nama hp yang hilang, kemudian klik “temukan”.
  • Selanjutnya akan muncul laman google maps. Dari sini silahkan pilih opsi “tutup”.
  • Berikutnya silahkan pilih jenis hp yang ingin ditemukan. Setelah itu klik “refresh”, dengan begitu hp yang hilang akan otomatis terbaca oleh google maps.
  • Sampai disini HP yang hilang pasti langsung terlihat lokasi terakhirnya

Jika sudah yakin tempat terakhir lokasi hp yang dicari, maka sebaiknya segera ambil. Oleh karena pelacakan seperti ini kadang akan banyak menguras baterai HP.

Cara Melacak HP Yang Hilang Dengan Google Maps

image: Pixabay

Google maps merupakan aplikasi pemetaan berbasis web yang dikembangkan oleh google. Ada banyak fitur yang memudahkan pengguna ketika memakai applikasi ini.

Seperti misalnya memudahkan mencari peta jalan, kondisi lalu lintas, dan lain-lain.

Namun di balik itu semua, sebenarnya aplikasi ini bisa berguna untuk menentukan lokasi hp ketika hilang, berikut caranya

  • Pertama, dengan menggunakan hp lain silahkan buka aplikasi Google maps.
  • Setelah aplikasi Google maps terbuka, silahkan pergi ke menu setting.
  • Dilanjutkan dengan membagi lokasi dan mulai. Tab ini letaknya ada di pojok kiri atas.
  • Akan muncul laman yang menampilkan opsi waktu pelacakan. Isi sesuai keinginan. Di sana terdapat 2 opsi waktu pelacakan selama 1 jam serta hingga non aktif. Sebaiknya pilih opsi hingga non aktif, karena agar hp yang hilang dapat terus dilacak meskipun harus memakan waktu yang lama.
  • Selanjutnya akan muncul opsi pilih orang, pilih tab tersebut. Isi dengan alamat email serta nomor hp yang hilang dan ingin dilacak.
  • Kemudian tinggal pilih opsi “bagikan”. Dilanjutkan dengan pilih opsi “aktifkan”
  • Lokasi hp yang hilang akan otomatis terlacak selama 24 jam. Jika sudah ketemu lokasi pastinya segera cari ke tempat tersebut.

Cara Melacak HP Yang Hilang Menggunakan Aplikasi ADM

image: GooglePlay

ADM yaitu android device manager adalah aplikasi gratis yang disediakan google. Aplikasi ini sangat berguna terutama untuk mendeteksi lokasi dimana HP berada saat hilang.

Jika HP yang hilang berjenis Android maka akan lebih mudah terdeteksi. Berikut cara melacak HP yang hilang dengan menggunakan aplikasi ADM

  • Pertama siapkan HP lain atau bisa juga gunakan laptop sebagai media pelacakan HP yang hilang.
  • Setelah itu buka aplikasi ADM baik di smartphone maupun melalui laptop.
  • Log ini ke aplikasi ADM menggunakan akun HP yang hilang.
  • Ketikkan sandi serta alamat id secara lengkap dan benar.
  • Setelah isi id serta kata sandi, segera klik “accept”.
  • Secara otomatis, akan terkoneksi dengan nama smartphone  yang menggunakan alamat email yang diketikan tadi. Artinya HP yang hilang sudah terdeteksi lokasi terakhirnya.
  • Segera catat alamat lokasi terakhir HP yang hilang tersebut. Setelah itu langsung datang ke tempat itu, untuk mengambil HP yang hilang.

Jika ditemukan misalnya aplikasi android device manager tidak mampu memunculkan nama smartphone yang hilang ada satu kemungkinan. Yaitu HP dalam keadaan mati atau off.

Maka sebaiknya gunakan cara lain untuk menemukan HP yang hilang tersebut. Karena cara ini tidak bisa diaplikasikan untuk mencari HP yang hilang saat dalam keadaan mati.

Baca Juga: 6 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Cara Melacak HP Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Menggunakan cara sebelumnya hanya bisa diaplikasikan jika kondisi HP dalam posisi nyala atau aktif.

Lalu bagaimana cara menemukan lokasi HP yang hilang jika kebetulan HP mati?

Jangan khawatir, tentu saja ada cara untuk mendeteksi lokasi terakhir HP yang hilang walaupun kondisi HP tersebut mati. Simak cara selengkapnya di bawah ini

  • Gunakan HP lain untuk mendeteksi lokasi Hp yang hilang tersebut.
  • Menggunakan HP lain tersebut, segera buka menu Google Maps.
  • Selanjutnya jika menu google maps telah terbuka, silahkan arahkan kursor ke arah pojok kiri atas.
  • Di bagian tersebut ada ikon garis tiga, pilih ikon tersebut.
  • Kemudian akan muncul sebuah halaman, arahkan kursor kembali ke bagian pojok kanan.
  • Bagian pojok kanan akan muncul tampilan ikon segitiga kecil, pilih ikon tersebut.
  • Selanjutnya bisa langsung pilih opsi “tambahkan akun”.
  • Pada pilihan tambahkan akun, akan ada perintah untuk memasukkan alamat email. Isikan alamat email HP yang hilang dan sedang ingin dicari lokasi terakhirnya.
  • Selanjutnya klik opsi berikutnya.
  • Muncul kotak isian yang menyuruh untuk memasukkan kata sandi email. Masukkan sandi email tersebut. Jangan sampai salah isi, karena proses akan mengulang terus sehingga makin lama.
  • Setelah email berhasil terdeteksi, maka akan muncul tab persetujuan. Segera klik “setuju”.
  • Arahkan kembali kursor pada bagian kanan atas, maka akan ditemukan ikon segitiga kecil kemudian pilihlah.
  • Selanjutnya pilih tab “linimasa anda”, kemudian klik tab “OK”.
  • Sampai tahap ini, layar akan otomatis menampilkan maps. Tampilan maps inilah yang akan menunjukkan dimana letak HP yang hilang dan sedang ingin dicari.
  • Jika sudah paham lokasinya segera menuju ke tempat tersebut untuk mengambil HP yang hilang.

Itulah beberapa pilihan dari cara melacak HP yang hilang. Baik dalam keadaan HP sedang aktif maupun kebetulan sedang kondisi mati.

Di samping itu semua, sebaiknya perhatikan untuk tidak meletakkan HP di sembarang tempat agar lebih aman.

Header image: Pixabay

Mendirikan situs income.id sebagai perwujudan pengabdian kepada bangsa dan negara indonesia melalui media yang informatif dan edukatif

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Apps

Wajib Tahu, Ini Cara Aktifkan Instagram Dark Mode yang Lagi Hits

The new dark mode feature is now available under the iOS 13 update and on Android 10. Shutterstock

Apa kamu termasuk pengguna aktif media sosial, terutama Instagram? Jika ya, maka kabar baik bagi kamu karena Instagram telah resmi menghadirkan fitur Dark Mode atau mode gelap untuk aplikasinya di platform iOS dan Android.

Kabar baik ini sendiri telah disambut dengan suka cita oleh netizen. Terbukti dari hastag #instagramdarkmode yang sempat memuncaki trending topic Twitter.

Lalu apa sebenarnya fitur Dark Mode itu? Fitur Dark Mode merupakan salah satu fitur yang banyak ditunggu pengguna. Fitur Dark Mode di Instagram hadir dengan latar belakang berwarna hitam dan teks berwarna putih.

Selain dapat menghemat daya baterai perangkat yang digunakan, fitur ini juga mereduksi cahaya pada layar agar tidak menyakiti mata alias membuat mata lebih nyaman ketika scrolling Instagram ataupun ketika sedang melihat foto maupun video di Instagram yang biasanya terasa mencolok karena latar aplikasi yang berwarna putih.

Dikutip dari laman Kompas.com, fitur Dark Mode ini hadir dalam pembaruan Instagram versi 114.0 di perangkat iOS maupun Android. Syarat utamanya, perangkat harus menjalankan iOS versi 13 atau Android 10. Namun di beberapa kasus, pengguna Android versi 9 juga telah kebagian.

Sayangnya, mode gelap Instagram tidak memiliki tombol khusus di dalam aplikasi untuk mengaktifkan dan menon-aktifkan secara manual.

Dengan kata lain, mode ini tidak dapat diaktifkan apabila ponsel tidak sedang menggunakan mode gelap. Jika mode gelap pada ponsel dimatikan, maka tampilan Instagram akan kembali seperti biasa.

Lantas, bagaimana sih cara mengaktifkan Instagram Dark Mode untuk iOS dan Android? Tenang, Income.id telah merangkumnya dari berbagai sumber. Berikut uraiannya:

Instagram Dark Mode untuk iOS

(Image: businessinsider.sg)

1. Pastikan iPhone Menggunakan iOS 13

Fitur Dark Mode di Instagram untuk iOS, hanya bisa diaktifkan jika perangkat kalian sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide yang hadir bersama sistem operasi iOS 13.

Jadi, pastikan dulu kalau perangkat kalian sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide yang hadir bersama sistem operasi iOS 13. Kalau belum, kamu bisa unduh dahulu, ya.

2. Aktifkan Dark Mode di iPhone

Jika iPhone sudah menjalankan sistem operasi paling anyar, selanjutnya aktifkan fitur Dark Mode atau mode gelap di perangkat. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display, dan pilih opsi Dark Mode (Settings -> Display -> Dark Mode).

3. Unduh Instagram Versi Terbaru

Setelah fitur Dark Mode di perangkat aktif, pastikan juga bahwa kalian sudah menginstall aplikasi Instagram ke versi terbaru yang bisa kalian unduh di Apple App Store.

4. Buka Aplikasi Instagram

Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi Instagram di iPhone kalian dan tampilan aplikasi secara default akan berubah menjadi gelap.

Jika kalian ingin mengubahnya kembali jadi ‘mode normal’, kalian bisa menonaktifkan mode gelap langsung di pengaturan iPhone. Mudah, bukan?

Instagram Dark Mode untuk Android

Instagram has rolled out ‘dark mode’ to its users on iOS and Android after a short beta test was announced late last month (Image: dailymail.co.uk)

Tak perlu berkecil hati bagi kamu para pengguna Android. Pasalnya, pengguna Android juga sudah bisa lho mencicipi fitur Instagram Dark Mode ini. Meski sudah bisa mencicipinya, namun sayang jika fitur tersebut masih dalam tahap uji coba beta.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut cara mengaktifkan Instagram Dark Mode di ponsel Android:

1. Pastikan Ponsel Mendukung Mode Gelap

Sama seperti iOS, untuk mengaktifkan Instagram Dark Mode di ponsel Android, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel kalian sudah menggunakan sistem operasi Android 10. Ini dikarenakan Android 10 sudah mendukung fitur Dark Mode System Wide.

Tapi jika ponsel kalian menggunakan skin atau antarmuka yang mendukung Dark Mode seperti One UI buatan Samsung, kalian juga bisa menggunakan Dark Mode di aplikasi Instagram.

2. Aktifkan Mode Gelap di Ponsel

Jika ponsel kalian telah dipastikan menggunakan Android 10, aktifkan Dark Mode atau mode gelap di ponsel. Caranya masuk ke aplikasi Settings, kemudian Display, setelah itu pilih opsi Night Mode dan aktifkan (Setting -> Display -> Night Mode -> On).

3. Bergabung dengan Uji Coba Beta

Karena untuk Android baru tersedia dalam versi beta, kalian harus bergabung terlebih dahulu untuk mengikuti uji coba beta. Caranya buka Google Play Store dan cari aplikasi Instagram (Play Store -> Instagram).

Klik halaman Instagram di Google Play Store dan scroll hingga menemukan “You’re a beta tester” dan klik Join Beta. Kemudian tunggu sesaat.

Namun perlu diingat bahwa beberapa aplikasi membatasi jumlah orang yang bisa mengikuti uji coba beta. Jika sudah tidak ada slot lagi, kalian akan melihat pesan yang mengatakan bahwa slot sudah penuh.

4. Install Instagram Versi Beta

Jika kalian sudah berhasil bergabung dalam uji coba beta, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Instagram dalam versi beta.

Setelah proses instalasi selesai, aplikasi Instagram akan secara default tampil dengan Dark Mode.

Apa kalian sudah mencobanya? Jika belum, yuk buruan coba. Jika sudah mencobanya, kira-kira apa tanggapan kamu setelah mencoba fitur yang lagi hits ini? Kasih tahu, ya!

Continue Reading

Tech

Cara Merubah PDF ke JPG, Mudah Banget

Format PDF seringkali tidak bisa dibaca di beberapa perangkat sehingga harus dikonversi dahulu ke format JPEG.

Format JPEG biasanya digunakan pada file gambar atau foto sehingga nantinya jika PDF diubah ke JPEG akan lebih besar.

Bagi yang ingin mengubah file PDF ke JPEG ada beberapa cara merubah pdf ke jpg dan berikut adalah caranya.

1. Menggunakan PDF To JPEG Di Microsoft Store

image: microsoft.com

Aplikasi perubah pdf ke jpg sudah tersedia gratis di Microsoft Store. Cara ini hanya bisa dicoba di Windows 10 dan Windows 8.1 yang mana memiliki toko aplikasi layaknya Google Play Store.

Bagi yang ingin merubah PDF ke JPG dengan aplikasi di Windows Store, berikut adalah cara-caranya.

  • Tekan Windows kemudian ketikkan store dan klik pada tulisan Microsoft Store.
  • Setelah masuk ke Microsoft Store, klik pada tab Apps. Pastikan kamu para pengguna Windows sudah login terlebih dahulu dengan menggunakan akun Microsoft sebelum mencoba cara ini.
  • Klik pada search bar lalu ketikkan PDF to JPEG. Berikutnya pilih yang paling atas yang mana ikonnya bergambar dua panah.
  • Berikutnya setelah masuk ke halaman aplikasi tersebut, klik Get dan tunggu sampai selesai.
  • Klik Launch untuk membuka aplikasi PDF to JPEG. Apabila tombol Launch tidak muncul maka bisa langsung menekan windows kemudian ketik PDF to JPEG dan buka aplikasi tersebut.
  • Setelah aplikasi terbuka, selanjutnya klik Select file dan cari file PDF yang ingin diubah.
  • Berikutnya klik Select folder lalu pilih folder mana yang ingin digunakan untuk menyimpan file JPG. Para pengguna Windows juga bisa membuat folder baru dengan mengklik kanan kemudian pilih New dan Folder.
  • Jika sudah selesai memilih folder, berikutnya klik Convert. File JPG akan dipecah menjadi beberapa halaman tergantung banyaknya halaman dari file PDF yang dikonversi.

2. Menggunakan Adobe Acrobat Pro

image: acrobat.adobe.com

Salah satu aplikasi pembuka file PDF yang digunakan di Indonesia adalah Adobe Acrobat Pro.

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan serta memiliki fungsi untuk mengubah file PDF ke JPG. Untuk merubah PDF ke JPG dengan Adobe Acrobat Pro, berikut adalah caranya.

  • Buka file PDF yang ingin dikonversi dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro. Jika hanya ada Adobe Acrobat Pro sebagai pembuka file PDF, maka tinggal klik dua kali pada file PDF. Akan tetapi jika ada aplikasi lain, maka klik kanan pada file PDF kemudian pilih Open With lalu Adobe Acrobat Pro.
  • Apabila file PDF sudah dibuka dengan Adobe Acrobat Pro, selanjutnya klik File pada toolbar dan pilih Save As.
  • Selanjutnya akan muncul jendela untuk menyimpan file. Kemudian ubah tipe file yang sebelumnya PDF menjadi JPEG.
  • Pilih folder untuk tempat file JPG.
  • Klik Save untuk menyimpan file JPG yang dikonversi dari file PDF.

3. Menggunakan Preview Di Mac OS

Untuk yang menggunakan Mac OS, ada salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk merubah PDF ke JPG yaitu dengan menggunakan aplikasi Preview.

Aplikasi tersebut adalah aplikasi bawaan sehingga para pengguna Mac OS tidak perlu mengunduh aplikasi baru. Berikut ini adalah cara merubah pdf ke jpg dengan aplikasi Preview.

  • Buka dock Mac kemudian klik pada ikon Preview.
  • Klik file lalu Open untuk membuka file dan pilih file yang ingin diubah.
  • Jika file PDF sudah terbuka, klik File kemudian Export untuk mengubah file PDF menjadi JPG.
  • Pilih format dan ubah dari PDF ke JPG sama seperti ketika menggunakan cara di atas.
  • Untuk merubah folder tempat file JPG, klik pada Where lalu letakkan pada lokasi yang diinginkan.
  • Berikutnya klik Save dan tunggu beberapa saat dan file PDF sudah berhasil diubah ke JPG.

4. Menggunakan Lightpdf Di Android

image: lightpdf.com

Dalam mengubah file PDF ke JPG di Android, sebenarnya bisa menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store.

Akan tetapi untuk cara ini bisa menggunakan browser yang mana tujuannya tidak membuang kuota untuk mengunduh aplikasinya. Lebih lanjut bisa juga kesini ya: lightpdf.com

Para pengguna Android hanya membutuhkan browser yang sering digunakan misalnya Google Chrome. Berikut ini adalah cara merubah pdf ke jpg dengan menggunakan lightpdf.

  • Buka browser yang sering digunakan kemudian ketikkan lightpdf.com pada kolom alamat.
  • Gulir ke bawah kemudian klik pada pilihan Convert to PDF. Berikutnya akan muncul beberapa pilihan dan untuk mengubah ke JPG klik PDF to JPG.
  • Klik Choose file dan kemudian cari file PDF yang ingin diubah.
  • Jika sudah ditemukan pilih file PDF tersebut dan secara otomatis browser akan langsung mengkonversi file tersebut.
  • Hasil file JPG yang dikonversi akan dimasukkan dalam file ZIP dan harus diekstrak. Klik file ZIP tersebut dan secara otomatis file akan diunduh ke hp.
  • Buka file yang sudah didownload kemudian ekstrak ke folder yang diinginkan.

Jadi Intinya Ketika kamu ingin file PDF ingin dibaca tanpa menggunakan aplikasi lain, maka bisa dilakukan dengan cara mengubahnya ke file JPG.

Header Image: Pixabay

Continue Reading

Tech

Cara Merubah PDF Ke Excel Secara Online dan Offline

Excel merupakan aplikasi yang berperan penting bagi pekerjaan manusia. Terutama yang berhubungan dengan kalkulasi matematis terkait angka.

Bahkan, software bawaan Microsoft office ini bisa menghitung dengan tepat.

Maka menjadi wajar, kalau saat ini, app Microsoft excel (Mungkin) menjadi wajib kamu gunakan.

Ternyata, excel dan PDF merupakan perangkat lunak yang memiliki sistem kerja agak sama.

Sehingga pada moment tertentu, file PDF bisa dialihkan ke excel tanpa merusak data maupun tampilan data.

Cara Convert PDF ke Excel Online

Nah, untuk kamu yang ingin mengubah atau convert PDF ke Excel, caranya sudah banyak. Ada yang berjalan secara online maupun offline.

Tentunya, yang non internet, dibutuhkan aplikasi pihak ketiga yang memang khusus konversi. Ini dia beberapa diantaranya, yaitu:

1. Convert PDF ke Excel di Situs PDFtoExcel.com

image: pdftoexcel.com

Cara pertama ini merupakan teknik convert secara online. Kelebihannya adalah pengguna tidak perlu melakukan editing kolom karena perubahan berjalan secara otomatis.

Selain itu, hasil convert bisa diubah ke berbagai format file. Selain segala macam tipe excel, output juga bisa diubah ke format LibreCalc dan OpenCalc.

Yang paling disuka dari teknik konversi semacam ini adalah, pengguna tidak dibebani dengan biaya tertentu.

Karena penyedia adalah situs online yang tentunya untuk bisa akses, hanya dibutuhkan jaringan internet. Ini dia cara convert-nya, yaitu:

  • Open Browser
  • Ketik link PDFtoExcel.com
  • Tekan Enter
  • Klik tombol upload atau drag & drop file PDF
  • Cari dan pilih file PDF
  • Klik open untuk meng-upload file tersebut
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Klik Tombol download

2. Convert PDF ke Excel di Situs Hipdf.com

image: hipdf.com

Situs Pdf Hipdf.com merupakan App Web convert PDF to Excel secara online. Sama dengan cara konversi nomor 1, situs ini bisa menghasilkan convert tanpa harus editing kolom dan tabel.

Sedangkan kecepatan conversion ditentukan oleh ukuran file yang dirubah. Kapasitas jaringan internet juga menjadi penentu keberhasilan proses konversi. Begini cara melakukannya, yaitu:

  • Open Browser
  • Ketika Pdftoexcel.com di kotak pencarian
  • Klik enter
  • Tekan Upload file
  • Pilih file PDF yang akan dirubah
  • Tunggu konversi
  • Download file
  • Klik Save
  • Done

3. Convert PDF ke Excel di Situs sodapdf.com

image: sodapdf.com

Situs sodapdf.com memiliki tool cerdas yang bisa digunakan untuk convert PDF ke Excel dengan mudah. Dengan app ini, semua halaman PDF akan dirubah menjadi spreadsheet yang sudah terpisah secara otomatis.

Pasalnya, sistem software bisa mengenali baris dan kolom pada PDF secara total, sehingga mengubahnya menjadi kolom Excel dengan singkat sangatlah mudah.

Cara praktiknya relatif sama dengan cara convert secara online yang lain. Yaitu, tinggal seret file PDF, klik pilihan convert, akhiri dengan klik ubah. Selesai, file sudah berubah menjadi Excel.

Cara Convert PDF ke Excel Offline

Cara merubah PDF ke Excel secara offline, artinya tidak perlu tersambung dengan internet. Maka dari itu, pengguna harus mengunduh aplikasi tertentu, salah satunya adalah Foxit Reader.

Ada dua teknik convert PDF to Excel dengan Foxit Reader. Ada cara biasa (konvensional) dan ada tutorial terbaru. Ini dia penjelasannya, yaitu:

1. Convert PDF ke Excel Menggunakan Foxit Reader Konvensional

Sistem konversi ini memiliki banyak kelebihan. Selain cukup dengan copy paste file, kolom dan tabel juga ikut dipindah tanpa merusak layout-nya yang asli. Namun, terkhusus App PDF Adobe Reader, software konversi ini tidak bisa digunakan. Karena output akan tertolak oleh sistem.

Syarat keberhasilan proses konversi adalah pengguna harus memiliki aplikasi Foxit Reader terlebih dahulu. Setelah itu, baru lakukan pemindahan format. Ini dia caranya, yaitu:

  • Buka PDF di aplikasi Foxit Reader
  • Pilih tab Home
  • Tekan Select
  • Klik Select Text
  • Blok isi PDF
  • Klik kanan pada area yang diblok
  • Pilih copy atau tekan tombol ctrl+c di keyboard
  • Buka Microsoft Excel
  • Klik kanan pada sheet kosong
  • Pilih paste
  • Pilih File lalu save

Baca Juga: 7 Merk Laptop Terbaik Di Dunia

2. Convert PDF ke Excel Menggunakan Foxit Reader Terbaru

Untuk sistem terbaru ini, fitur aplikasi tidak berubah. Yang berbeda hanya tutorial proses konversinya saja. Selain itu, syarat keberhasilan tetap, yaitu harus mengunduh aplikasi Foxit Reader terlebih dahulu, baru proses bisa dijalankan. ini dia cara kerjanya, yaitu:

  • Buka PDF di aplikasi Foxit Reader
  • Pilih tab File > Save As > Computer > Browse
  • Pilih direktori penyimpanan file
  • Ketik nama file dan TXT Files
  • Pilih Save
  • Buka Microsoft Excel
  • Import file txt dengan cara pilih tab Data > From Text
  • Pilih file PDF yang telah diubah
  • Pilih import
  • Klik fixed width > Next
  • Setting kolom
  • Pilih General > Finish
  • Klik OK

Jika tutorial di atas dilakukan dengan baik dan benar, tentu pengguna bisa mengubah file PDF ke Excel dengan cepat. Sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah dan outputnya lebih bagus dan rapi.

Demikian beberapa cara merubah PDF ke Excel yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat.

Terutama para profesional termasuk pegawai perusahaan yang selalu berinteraksi dengan angka, tabel, kolom dan selainnya.

Header Image: Pixabay

Continue Reading

TOP STORIES