Connect with us

Finansial

Mau Tau Apa Itu Tabungan Berjangka? Simak Artikel Ini:

Apa Itu Tabungan Berjangka

Menabung adalah cara terbaik untuk menyisihkan uang untuk berbagai macam kebutuhan mulai dari pos dana darurat, pendidikan, liburan hingga investasi. Namun, tidak semua orang bisa menabung dengan konsisten maka dari itu munculah produk tabungan berjangka. Lantas apa itu tabungan berjangka? Simak baik-baik artikel berikut ini.

Hal Banyak produk perbankan untuk menyimpan uang. Ada tabungan biasa, giro, deposito, dan yang sekarang sedang hits adalah tabungan berjangka. Saat ini tabungan berjangka sudah tersedia di berbagai bank baik bank nasional maupun swasta. Nah, informasi berikut ini akan membahas tentang serba-serbi tentang tabungan berjangka.

Apa Itu Tabungan Berjangka?

Produk yang sedang ramai sejak tahun 2010-an adalah tabungan berjangka. Apa itu tabungan berjangka? tabungan berjangka adalah produk tabungan yang membantu nasabah untuk menabung secara konsisten. Berbeda dengan tabungan biasa, tabungan ini tidak memiliki ATM dan buku tabungan. 

Tabungan ini didesain seperti itu agar nasabah dapat menabung dengan konsisten tanpa tergoda untuk mengambil dana simpanan di tabungan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Seperti namanya, tabungan ini secara teknis menggunakan sistem setoran autodebet dari rekening tabungan induk setiap bulannya. Sistem ini benar-benar membuat nasabah konsisten dalam menabung, karena nasabah harus mempersiapkan dananya di rekening induk sebelum dipindahbukukan ke rekening tabungan berjangka. 

Selain itu setoran bulanan untuk tabungan berjangka juga dapat disesuaikan dengan kemampuan menabung nasabah. Dari berbagai tabungan berjangka yang beredar di Indonesia, setoran bulanan untuk tabungan ini mulai dari minimal Rp100.000,- hingga Rp500.000,- per bulannya. Nominal setoran bulanan pun juga bisa beragam, ada bank yang menawarkan kelipatan Rp50.000,- dan Rp10.000,-. Menariknya lagi, bank juga memberikan kebebasan bagi nasabah untuk menambah dana tabungan berjangka di luar perjanjian dengan metode transfer antar rekening. 

Kemudian, jangka waktu menabung yang ditawarkan minimal 1 tahun atau 12 bulan hingga 20 tahun atau 240 bulan. Cukup lama bukan untuk mempersiapkan dana untuk ibadah, liburan, dana darurat, hingga pensiun. Hebatnya lagi, beberapa bank telah memberikan manfaat asuransi di setiap tabungan rencana yang ditawarkan. 

Persyaratan Buka Rekening Tabungan Berjangka

Persyaratan untuk membuka rekening tabungan berjangka cukup mudah. Hal yang perlu diperhatikan adalah tanyakan kepada petugas Customer Service mengenai produk tabungan berjangka, karena hampir setiap bank pasti memiliki produk tabungan berjangka. 

Persyaratan yang harus dilengkapi untuk membuka rekening tabungan berjangka adalah KTP, NPWP, dan yang pasti dana yang sudah siap di rekening tabungan biasa atau tabungan induk untuk menjadi setoran pertama. Dokumen dan dana tersebut dapat dibawa ke bank terdekat. Namun saat ini banyak bank yang mulai memberikan kemudahan bagi nasabah untuk membuka rekening tabungan berjangka melalui layanan mobile banking dan internet banking seperti Bank Mandiri dan Bank BCA. 

Manfaat Tabungan Berjangka

Berikutnya, manfaat apa saja yang bisa didapat dengan membuka tabungan berjangka? Terdapat beberapa manfaat tabungan berjangka sebagai berikut:

1. Konsistensi Dalam Menabung

Memiliki tabungan berjangka, artinya harus siap untuk konsisten menabung sampai nominal yang ingin dicapai terwujud. Memang, tabungan berjangka ini terkesan cukup berat untuk dilakukan konsisten bagi orang-orang yang boros. Namun, yakinlah bila menabung berjangka ini dilakukan maka secara tidak langsung dapat menghemat biaya-biaya yang tidak perlu.

2. Adaptasi Kebiasaan Baru

Tabungan berjangka ini sebaiknya diisi setiap tanggal gajian. Mengapa harus begitu? Hal ini dikarenakan jika menyisihkan diawal maka secara tidak langsung akan menganggap bahwa menabung adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan. 

3. Bunga Lebih Kompetitif

Bunga antara tabungan biasa dan tabungan berjangka memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Bila tabungan biasa dilihat dari jumlah saldo bulanan dan memiliki suku bunga yang berjenjang. Berbeda dengan tabungan berjangka memiliki suku bunga tetap tanpa melihat nominalnya. 

4. Penawaran Menarik 

Manfaat yang paling menyenangkan bagi nasabah dengan membuka rekening ini ADALAH memperoleh penawaran menarik. Penawaran tersebut mulai dari merchandise berupa payung, boneka, tempat tisu, bantal, dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa bank menawarkan doorprize dan kupon undian dengan hadiah utama mobil, emas batangan, dan handphone. 

Baca juga: 5 Cara Bermain Olymp Trade Sesuai Pengalaman Olymp Trade yang Telah Berhasil

5. Memiliki Asuransi 

Beberapa produk tabungan berjangka ini sudah dilengkapi dengan asuransi. Manfaat asuransi ini dipergunakan untuk memproteksi dana tabungan berjangka yang sudah direncanakan. Jadi, jika nasabah tutup usia maka asuransi tersebut akan melunasi setoran tabungan berjangka yang telah disepakati.

Kemudian, apabila nasabah mengalami resiko jiwa hingga tutup usia. Manfaat tambahannya adalah ahli waris akan menerima manfaat uang pertanggungan jiwa yang sudah disepakati ketika membuka rekening tabungan berjangka.  

Nah, dari penjelasan di atas masihkah ada pertanyaan apa itu tabungan berjangka? Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan tentang informasi tabungan berjangka. Segera ke bank dan buka rekening tabungan berjangka demi masa depan. 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Finansial

Ingin Berinvestasi? Yuk Simak Bank dengan Bunga Deposito Tertinggi Berikut Ini:

Bank dengan Bunga Deposito Tertinggi

Bagai seseorang yang hendak menyimpan uangnya di sebuah bank,  tentu memilih bunga deposito yang besar menjadi salah satu bahan pertimbangannya. Pasalnya dari beberapa jasa perbankan yang ada, penawaran bunga deposito beraneka ragam. Dalam Pusat Informasi Pasar Uang atau yang lebih dikenal dengan istilah PIPU,  ada beberapa bank dengan bunga deposito tertinggi yang bisa didapatkan. 

Untuk besarnya suku bunga tersebut tentunya juga disesuaikan dengan tenor yang ada.  Suku bunga yang ditawarkan relatif berubah tergantung dari penawaran jasa perbankan yang ada.  Dengan selalu update informasi, tentu akan lebih memudahkan dalam mengetahui pihak mana yang akan memberikan keuntungan ketika hendak melakukan deposit.  Nah, berikut beberapa informasi pihak perbankan yang menawarkan suku bunga deposito tinggi dengan tenor 1 bulan, di antaranya:

1. Bank Mayora dengan Khas Lambang Merahnya

Bank yang satu ini menawarkan suku bunga yang paling tinggi dibandingkan dengan bank yang lainnya. Dengan bunga bank yang didapatkan yaitu 5,5%. Bagi perorangan maupun perusahaan yang hendak melakukan deposito tentu memilih bank Mayora bisa menjadi sarana yang menguntungkan. Pilihan waktu yang fleksibel juga menjadi keuntungan lainnya. 

Untuk bisa bergabung dalam deposito uang di bank ini,  ada 2 pilihan mata uang yang tersedia, yaitu Rupiah dan USD.  Adanya jaminan dari pemerintah maupun lembaga penjamin simpanan tentu akan menjadikan uang lebih aman.  Suku bunga yang kompetitif tentunya bisa menjadikan hasil yang lebih maksimal. 

2. Bank Bukopin 

Untuk bank dengan bunga deposito tertinggi selanjutnya yaitu bank Bukopin.  Bank imi merupakan sebuah jasa perbankan yang memberikan layanan deposit dengan persyaratan waktu penarikan hanya dapat dilakukan ketika jangka waktu tlah sesuai.  Hal ini menjadikan kesepakatan antara pihak bank dengan nasabah untuk melakukan penarikan bunga dan juga dana ketika telah jatuh tempo.  

Dengan besar bunga 5% inci,  nasabah akan diuntungkan karena deposito bisa dijadikan sarana agunan ketika mengajukan kredit.  Adanya bunga yang ada bisa menambah nominal serta dapat dilakukan perpanjangan otomatis dalam fasilitas Automatic Roll Over (ARO).  Untuk melakukan deposit ini, perlu melakukan setoran pertama sebesar 8 juta rupiah.  

3. Bank Tabungan Negara Atau BTN

Untuk bisa melakukan deposito di bank yang satu ini,  setoran pertama yang harus dikeluarkan terbilang murah dan sangat terjangkau.  Hal ini karena setoran pertama minimal yang ada yaitu Rp. 1.000.000,- saja. Adanya deposito BTN ritel rupiah ini memberikan kemudahan ketika hendak berinvestasi dan tentunya benefit yang dihasilkan bisa tinggi.  Ketentuan dari bank ini salah satunya yaitu adanya bunga deposito yang bisa dikapitalisasikan ke dalam pokok serta bunga yang ada dapat dipindahbukukan.  

Bunga yang ada bisa digunakan untuk melakukan pembayaran seperti halnya angsuran rumah,  tagihan telepon dan listrik. Tidak hanya itu saja, untuk bunga yang ada juga bisa dijadikan jaminan kredit seperti kredit swadana. Ketika melakukan deposito di bank BTN ini, akan mendapatkan sebuah sertifikat deposito (bilyet deposito). Suku bunga yang didapatkan pada bank ini yaitu 4,63%.

4. ICBC Dengan Deposito Optimal 

Jenis deposito yang dapat dilakukan pada bank ini meliputi deposito berjangka Rupiah,  USD, dan juga RMB. Keuntungan yang ada ketika melakukan deposito di ICBC terbilang optimal terlebih suku bunga sangat kompetitif dan juga tenot yang sangat bisa disesuaikan.  Suku bunga yang ditawarkan ketika melakukan deposito di ICBC yaitu 4,50%. Hasil yang didapatkan ketika berinvestasi tentu akan mendapatkan imbalan yang menguntungkan serta aman. 

Dengan memilih ICBC ketika hendak melakukan instrumen investasi ini bisa menjadi langkah yang menguntungkan.  Meskipun tenor yang dipilih hanya 1 bulan, namun tetap memberikan keuntungan seseorang dalam melakukan investasi tersebut.  Suku bunga yang dijanjikan juga relatif tetap tidak fleksibel seperti bank yang lainya. 

Baca juga: Inilah 5 Manfaat Pinjaman Online yang Bisa Didapatkan:

5. Bank Danamon Indonesia dengan Valas Beragam

Bank dengan bunga deposito tertinggi yang terakhir dalam daftar ini adalah yang dimiliki oleh Bank Danamon. Suku bunga yang didapatkan ketika deposit di bank yang satu ini yaitu 4,25%. Meskipun relatif berbeda dengan bank yang lainnya,  namun untuk melakukan deposit bank yang satu ini relatif mudah. Mata uang yang bisa dijadikan deposito pada bank ini sangat beragam seperti halnya USD, SGD, AUD, EUR, GBP JPY, NZD dan CNY. Dengan melakukan deposito di bank Danamon ini, akan mendapatkan keleluasaan untuk memilih jangka waktu yang ditentukan.  

Tidak perlu khawatir ketika jumlah deposito telah besar,  pasalnya keamanan berinvestasi di sini sangat terjamin. Terlebih adanya kemudahan dana yang bisa dijadikan sarana jaminan kredit. Tentunya kebutuhan cash flow akan lebih mudah pula.  Investasi jangka pendek atau istilah Deposito on Call juga bisa dilakukan di bank ini. Selain bunganya yang tinggi dan kompetitif tentu ada banyak hal yang akan didapatkan keuntungannya.

Beberapa bank dengan bunga deposito tertinggi tersebut bisa menjadi gambaran ketika hendak berinvestasi.  Dengan mencermati beberapa bank tersebut bisa menjadi pertimbangan tersendiri mana yang sekiranya menguntungkan dan menarik. Deposito dengan tenor 1 bulan bisa menjadi salah satu pilihan yang paling mudah. 

Continue Reading

Finansial

Inilah 5 Manfaat Pinjaman Online yang Bisa Didapatkan:

Manfaat Pinjaman Online

Teknologi yang semakin canggih, membuat segala hal dilakukan secara online.  Salah satu yang cukup populer saat ini yakni pinjaman online. Kini, cukup marak suguhan pinjaman online yang bisa dipilih, seperti Gopinjol.com. Terdapat beberapa manfaat pinjaman online yang bisa didapatkan setiap peminjam. Hal ini tentunya bisa didapatkan dengan sikap bijak dan penuh waspada.

Zaman yang semakin canggih, tentunya mudah untuk melakukan berbagai hal. Di satu sisi, pinjaman online mungkin terlihat memiliki risiko penipuan yang tinggi. Namun, hal itu tentunya bisa dicegah dengan sikap bijak peminjam, sehingga terhindar dari penipuan. Alih-alih tertipu, peminjam dapat merasakan manfaat yang didapatkan dari pinjaman online. Di antara manfaat tersebut yakni sebagai berikut.

1. Prosesnya dapat Dilakukan Secara Mudah

Manfaat pertama yang bisa didapatkan yakni prosesnya dapat dilakukan secara mudah. Bagi yang sudah terbiasa melakukan pinjaman offline, tentu akan terasa perbedaannya ketika melakukan pinjaman online. Kemudahan pertama dari pinjaman online yakni peminjam tidak diharuskan bertatap muka langsung. Hal ini tentunya bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi pinjaman online dan selanjutnya mengikuti instruksi yang berlaku.

Ketika mengajukan pinjaman online, berbagai data seperti biodata diri, nomor rekening serta data lainnya yang menunjang akan diminta. Prosesnya dapat dilakukan secara mudah, dengan memasukkan setiap data yang diminta. Selanjutnya, permintaan meminjam dana pun akan diproses dan jika berhasil, maka dana yang diinginkan pun akan segera dicairkan.

2. Pinjaman Online Lebih Praktis

Selanjutnya, manfaat pinjaman online lainnya yang bisa didapat yakni lebih praktis dibanding pinjaman offline. Dikatakan lebih praktis, karena pinjaman online tidak menjadi beban ketika persyaratan kurang. Jika dilihat ketika melakukan pinjaman offline, maka akan menguras tenaga lebih terutama ketika persyaratan ada yang kurang.

Pinjaman online yang dilakukan secara praktis, tentu akan menghemat berbagai hal, mulai dari waktu hingga pembiayaan. Persyaratan tidak akan ada yang kurang, karena pendaftaran dilakukan di rumah secara online. Lain halnya dengan pinjaman secara offline, jika ada persyaratan yang kurang, peminjam diharuskan bolak-balik tanpa batas waktu yang tidak ditentukan hingga persyaratan terpenuhi.

3. Dapat Dilakukan Lebih Cepat

Pinjaman online juga dapat dilakukan lebih cepat. Manfaat yang satu ini tentunya bisa dijadikan sebagai salah satu pertimbangan, terutama yang memiliki kegiatan / aktivitas yang padat. Proses yang lebih cepat  tentunya menjadi salah satu solusi yang tepat untuk peminjam dalam mendapatkan dana yang diinginkan.

Kecepatan pinjaman online ini bisa dilihat mulai dari proses pengajuan hingga pencairan. Pengajuan untuk meminjam dana memiliki proses yang lebih hemat waktu. Selain itu, proses pencairannya pun bisa lebih cepat hanya dalam hitungan hari. Lain halnya dengan pinjaman offline yang biasanya bisa dicairkan setelah hitungan minggu/ bulan. Pinjaman online menjadi solusi bagi setiap orang yang membutuhkan pinjaman cepat dan tergesa-gesa.

4. Pinjaman Online Memiliki Biaya Lebih Hemat

Manfaat pinjaman online lainnya yakni memiliki pembiayaan yang lebih hemat. Seperti yang telah disinggung sebelumnya,prosesnya yang praktis tidak mengharuskan peminjam bertatap muka, sehingga tidak akan mengeluarkan biaya transport. Selanjutnya, peminjam hanya membutuhkan akses internet yang bagus tanpa pergi ke mana pun.

Pinjaman online hanya dilakukan melalui aplikasi yang terunduh. Selanjutnya, mengikuti instruksi yang disuguhkan dalam aplikasi. Pengisian data pun dapat dilakukan dengan mudah, tentunya dengan waktu yang singkat. Tidak hanya hemat biaya, tapi juga hemat dalam perihal waktu.

Baca juga: Mau Tau Apa Itu Tabungan Berjangka? Simak Artikel Ini:

5. Memiliki Suku Bunga yang Rendah

Selanjutnya, pinjaman online biasanya memiliki bunga yang lebih rendah. Hal ini menjadi salah satu keringanan yang bisa didapatkan peminjam, sehingga proses pelunasan pun bisa dilakukan secara lancar. Hal ini bisa didapatkan ketika peminjam memiliki kehati-hatian dan kredibilitas dalam memilih situs pinjaman yang baik.

Dalam perihal pelunasan, pinjaman online biasanya melakukan negosiasi dengan peminjam. Proses pengembalian bisa dilakukan dengan masa yang disepakati. Selain itu, masa pembayaran pun bisa diperpanjang dengan kesepakatan antara dua belah pihak.

Nah, itulah beberapa manfaat pinjaman online yang bisa didapatkan. Hal ini tentunya harus disertai dengan sikap bijak dan penuh kewaspadaan. Semakin canggih teknologi tidak memungkiri kecanggihan beberapa orang untuk memanipulasi data yang ada. Oleh karena itu, pinjaman online hendaknya dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

Continue Reading

Finansial

5 Cara Bermain Olymp Trade Sesuai Pengalaman Olymp Trade yang Telah Berhasil

Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan kemudahan bagi kebutuhan dan keuangan manusia. Salah satunya ialah olymp trade. Mungkin sudah banyak yang tahu apa itu olymp trade, tapi belum semua paham bagaimana cara bermainnya. Namun, lebih baik lagi bila mengetahui cara bermain dari seseorang yang sudah memiliki pengalaman olymp trade.

Olymp trade merupakan salah satu platform dari bagian broker binary option. Platform ini sudah ada sejak 2014 silam. Untuk yang belum pernah bermain olymp trade, mungkin platform ini terlihat sulit. Namun, sesuai pengalaman saat bermain olymp trade, hal tersebut bukan perkara yang sulit. Maka, inilah beberapa cara bermain olymp trade.

1. Buat Akun Olymp Trade

Sebelum memulai untuk bermain olymp trade, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun. Tentu saja jika tak memiliki akun, maka tidak akan bisa mengakses platform olymp trade. Daftarkan terlebih dahulu data diri untuk membuat akun olymp trade. Tak butuh waktu banyak untuk mendaftar akun, sebab prosesnya hanya sebentar.

Cara membuat akunnya adalah dengan mengunjungi situs olymp trade. Kemudian pilih Start Trading dan langsung isi formulir pendaftaran. Setelah mendaftar akan ada instruksi untuk melakukan verifikasi. Lalu, bagaimana cara memverifikasi akun? Verifikasi akun akan dikirim melalui email yang telah ditulis di formulir pendaftaran. Akan diberikan instruksi untuk mengirimkan dokumen-dokumen.

2. Pahami Setiap Produk dan Probabilitasnya

Di dalam olymp trade terdapat beberapa produk perdagangan. Untuk dapat menguasai hal ini, perlu memahami produk terlebih dahulu. Sesuai dengan pengalaman olymp trade yang pernah dilakukan, dengan memahami produk di awal, akan lebih memudahkan untuk menjalankan tahap berikutnya. Tak hanya sekadar produk, probabilitasnya pun bahkan perlu dipahami.

Untuk probabilitas, pahami bagaimana  cara memilih urutan yang benar agar bisa mendapat sebuah probabilitas yang paling tinggi. Kapan waktu terjadinya turun ataupun naik dalam akurasi yang paling tinggi. Dengan memahami produk dan probabilitas maka dijamin akan mendapatkan uang yang lebih banyak.

3. Melakukan Penyetoran Uang ke Olymp Trade

Untuk usaha apapun jika ingin mendapatkan sesuatu, biasanya pasti memerlukan penyetoran uang di awal sebagai modal. Termasuk dalam bermain olymp trade, perlu melakukan penyetoran uang untuk mendapatkan hasil keuntungan yang besar. Memang pada saat awal bermain sudah diberikan uang virtual sebesar $10.000 namun itu tak bisa dicairkan.

Untuk dapat mencairkan segala uang yang ada di olymp trade perlu menyetor uang modal terlebih dahulu. Penyetoran bisa dilakukan melalui Webmoney, Fasapay, Neteller, dan lain-lain. Jika belum memahami layanan yang disebutkan, lakukan penyetoran melalui bank yang tersedia di Indonesia dan dikirim ke rekening olymp trade.

4. Pilih Besarnya Jumlah Transaksi

Ketika sudah melakukan penyetoran uang yang dijadikan modal awal. Cara bermain olymp trade sesuai dengan pengalaman olymp trade yang pernah dilakukan berikutnya adalah dengan memilih jumlah transaksi. Pemilihan jumlah transaksi juga saat berpengaruh pada keuntungan uang yang didapat saat bermain olymp trade.

Ada berbagai pilihan jumlah transaksi yang bisa dipilih sesuai keinginan dan masing-masing uang yang dimiliki. Namun, perlu diingat, semakin besar jumlah transaksi yang dipilih untuk dijadikan investasi, keuntungan juga akan semakin besar. Akan tetapi, resiko yang didapatnya juga akan semakin tinggi, jadi perlu kehati-hatian saat memilih dan bermain olymp trade.

5. Tentukan dan Perhatikan Tenggat Waktu Kadaluwarsa

Ketika bermain olymp trade, menentukan tenggat waktu kadaluarsa juga penting untuk diperhatikan. Sebab jika tidak memperhatikan tenggat waktu kadaluarsa yang telah ditentukan, maka akan berdampak kemungkinan hilangnya uang investasi. Jika selalu memperhatikan tenggat waktu, maka keuntungan besar akan segera datang.

Demikian 5 cara bermain olymp trade sesuai dengan pengalaman olymp trade yang sudah berhasil dilakukan. Bermain olymp trade bukan perkara sulit, namun perlu mengetahui caranya agar mendapatkan untung besar. Semoga ulasan mengenai cara bermain olymp trade ini bisa menjadi referensi.

Continue Reading

TOP STORIES