Connect with us

Finansial

Bahas Tuntas Apa itu NPWP dan Cara bikin NPWP Online

Apa pekerjaan kamu saat ini? Apakah Pegawai Negeri Sipil (PNS), wiraswasta, investor, atau lainnya? Apapun pekerjaan kamu saat ini, kamu tetap wajib untuk membayar pajak penghasilan.

Pajak merupakan bentuk kontribusi kamu pada negara untuk pembangunan. Besarnya pajak yang harus dibayarkan setiap orang tentu saja berbeda. Untuk membayar pajak ini, kamu perlu memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pajak nomor SE-60/PJ/2013, setiap wajib pajak hanya diberikan satu NPWP, di mana NPWP tersebut terdiri dari 15 digit, dengan rincian 9 digit pertama merupakan kode wajib pajak, kemudian tiga digit berikutnya merupakan kode administrasi kantor wajib pajak terdaftar, dan 3 digit selanjutnya merupakan kode status wajib pajak (pusat atau cabang).

Untuk lebih lengkapnya, kali ini Income.id akan membahas lengkap mengenai NPWP, mulai dari pengertian NPWP, pengelompokkan wajib pajak, sanksi tidak memiliki NPWP, NPWP Pribadi, fungsi dan manfaat memiliki NPWP, syarat membuat NPWP Pribadi, cara bikin NPWP online, hingga syarat penghapusan NPWP. Berikut uraiannya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Pengertian NPWP

(sumber : klikpajak.id)

Berdasarkan pasal 1 Nomor 6 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) adalah identitas atau tanda pengenal yang diberikan Ditjen Pajak kepada wajib pajak.

Dengan kata lain, NPWP adalah nomor yang berfungsi sebagai sarana administrasi perpajakan. Nomor ini dipergunakan sebagai tanda pengenal diri wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan.

NPWP menjadi identitas yang melekat dengan wajib pajak sehingga kepemilikan dan penggunaannya harus dilaksanakan sesuai peraturan perpajakan yang berlaku.

NPWP ini wajib dimiliki oleh perorangan yang memperoleh penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) selama satu tahun.

Selain itu, semua badan usaha dan orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas, seperti dokter, akuntan, notaris, dan pengacara juga wajib memiliki NPWP.

Pada dasarnya, tidak semua orang wajib mendaftarkan diri pada kantor Direktorat Jenderal Pajak untuk dicatat sebagai wajib pajak dan sekaligus untuk mendapatkan NPWP.

Hanya wajib pajak yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif yang harus mendaftarkan diri untuk memiliki NPWP.

Yang dimaksud dengan persyaratan subjektif adalah persyaratan yang sesuai dengan ketentuan mengenai subjek pajak dalam undang-undang pajak penghasilan.

Dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 7 tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU Nomor 36 tahun 2008, yang menjadi subjek pajak adalah orang pribadi, warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan menggantikan yang berhak, badan dan bentuk usaha tetap.

Sedangkan yang dimaksud dengan persyaratan objektif adalah persyaratan bagi subjek pajak yang menerima atau memperoleh penghasilan atau diwajibkan untuk melakukan pemotongan/ pemungutan sesuai dengan ketentuan UU PPh dimaksud.

Untuk lebih jelasnya, pengertian objek pajak dijelaskan dalam pasal 4 UU Nomor 36 tahun 2008. Objek pajak adalah penghasilan, yaitu setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh wajib pajak baik berasal dari Indonesia, maupun dari luar Indonesia, yang dapat dipakai untuk konsumsi atau untuk menambah kekayaan wajib pajak yang bersangkutan dengan nama dan dalam bentuk apa pun.

NPWP tidak berubah meskipun wajib pajak pindah tempat tinggal/tempat kedudukan atau mengalami pemindahan tempat terdaftar.

Pihak yang disebut sebagai wajib pajak adalah orang yang menerima penghasilan, baik yang bekerja maupun dari hasil mendirikan usaha.

Wajib pajak itu digolongkan menjadi dua, yaitu Orang Pribadi dan Badan. Maksudnya, orang pribadi itu perorangan, sedangkan badan adalah perusahaan.

Jika kamu merupakan seorang pemiliki bisnis, perusahaan, enterpreneur, maka kamu harus memiliki dua NPWP, yakni NPWP pribadi dan NPWP badan.

NPWP berfungsi untuk mempermudah administrasi pajak. Berguna juga sebagai identitas wajib pajak untuk mengurus kewajiban dan hak yang terkait dengan pajak.

Kode ini akan selalu dicantumkan dalam dokumen-dokumen perpajakan. Dan juga jika kamu sudah memiliki NPWP, maka ketika mengurus pengajuan kredit bank, pembuatan pembukaan rekening di bank serta mengurus pembuatan paspor akan menjadi lebih mudah.

Jadi kesimpulannya, NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah nomor yang wajib dimiliki wajib pajak, baik perorangan maupun badan usaha sebagai sarana administrasi perpajakan serta identitas dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

NPWP juga menjadi persyaratan pelayanan umum, seperti pengajuan kredit, pembuatan paspor, dan sebagainya.

Pengelompokan Wajib Pajak

(sumber : Liputan6.com)

Dikutip dari laman pajak.go.id, berikut pengelompokan wajib pajak secara lengkap:

Kelompok Wajib Pajak orang pribadi

1. Orang Pribadi (Induk)

Wajib pajak belum menikah, dan suami sebagai kepala keluarga.

2. Hidup Berpisah (HB)

Wanita kawin yang dikenai pajak secara terpisah karena hidup berpisah berdasarkan putusan hakim.

3. Pisah Harta (PH)

Suami-istri yang dikenai pajak secara terpisah karena menghendaki secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan harta dan penghasilan secara tertulis.

4. Memilih Terpisah (MT)

Wanita kawin, selain kategori Hidup Berpisah dan Pisah Harta, yang dikenai pajak secara terpisah karena memilih melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan terpisah dari suaminya.

5. Warisan Belum Terbagi (WBT)

Sebagai satu kesatuan merupakan subjek pajak pengganti, menggantikan mereka yang berhak, yaitu ahli waris.

Kategori Wajib Pajak Badan

1. Badan

Sekumpulan orang dan/atau modal yang merupakan kesatuan baik yang melakukan usaha maupun yang tidak melakukan usaha.

2. Joint Operation

Bentuk kerja sama operasi yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak dan/atau Jasa Kena Pajak atas nama bentuk kerja sama operasi.

3. Kantor Perwakilan Perusahaan Asing

Wajib Pajak perwakilan dagang asing atau kantor perwakilan perusahaan asing (representative office/liaison office) di Indonesia yang bukan Bentuk Usaha Tetap (BUT).

4. Bendahara

Bendahara pemerintah yang membayar gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain dan diwajibkan melakukan pemotongan atau pemungutan pajak.

5. Penyelenggara Kegiatan

Pihak selain empat wajib pajak badan sebelumnya yang melakukan pembayaran imbalan dengan nama dan dalam bentuk apapun sehubungan dengan pelaksanaan kegiatan.

Sanksi Tidak Memiliki NPWP

Jika kamu menerima penghasilan kena pajak dari suatu perusahaan ataupun usaha sendiri, kamu wajib menyetorkan pajak terutang tersebut pada negara. Oleh karena itu, kamu diwajibkan memiliki NPWP untuk semua transaksi perpajakan.

Namun sayangnya, masih banyak orang beranggapan kalau bikin NPWP online itu ribet dan memakan waktu lama. Hal itulah yang membuat segelintir orang tidak membuat NPWP.

Ada konsekuensi yang bisa mereka terima jika tidak memiliki NPWP. Beberapa akibat apabila seseorang yang telah memenuhi persyaratan subjektif dan objektif namun tidak mendaftarkan NPWP adalah sebagai berikut:

1. NPWP-nya akan diterbitkan secara jabatan kepada wajib pajak. Kewajiban perpajakan akan dimulai sejak saat wajib pajak memenuhi persyaratan subjektif dan objektif paling lama lima tahun sebelum diterbitkan NPWP.

2. Apabila wajib pajak sengaja tidak melakukan pendaftaran untuk diberikan NPWP sehingga dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara, maka menurut Undang-Undang No. 6 Tahun 1983 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan, dengan perubahan terbaru pada Undang-Undang No. 28 Tahun 2007, terdapat dua sanksi, yakni:

  • Pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 6 tahun.
  • Denda senilai dua kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar, dan paling banyak empat kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.

3. Wajib pajak dengan penghasilan yang dikenai PPh Pasal 21, jika tidak memiliki Identitas Pajak ini, akan dikenakan tarif 20 persen lebih besar dari tarif aslinya.

Contoh:

Tarif Pajak Penghasilan Pasal 21 Anda misalkan sebesar 15 persen, tanpa NPWP akan menjadi = 15 persen + (15 persen x 0.2) = 18 persen

Sedangkan untuk PPh Pasal 22 dan PPh Pasal 23, kenaikan tarif yang berlaku adalah sebesar 100 persen.

NPWP Pribadi

(sumber : Detik.com)

NPWP pribadi adalah Nomor Pokok Wajib Pajak yang diberikan Ditjen Pajak untuk orang perorangan.

Fungsi NPWP untuk wajib pajak orang pribadi adalah sebagai kartu identitas resmi untuk transaksi perpajakan, seperti hitung, setor, dan lapor pajak pribadi dan tidak ditujukan untuk transaksi perpajakan badan usaha.

Fungsi dan Manfaat Memiliki NPWP

Sebenarnya banyak fungsi dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari kepemilikan NPWP, di antaranya sebagai sarana dalam hal administrasi perpajakan, kemudian salah satu usaha dalam menjaga ketertiban dalam hal pembayaran dan pengawasan administrasi perpajakan.

NPWP juga menjadi salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan umum serta persyaratan untuk pengurusan dokumen-dokumen bagi wajib pajak yang melakukan usaha.

Selain sebagai tanda pengenal dalam melaksanakan hak dan kewajiban di bidang perpajakan, saat ini sudah banyak instansi yang menambahakan NPWP sebagai salah satu persyaratan untuk mendapatkan pelayanan yang disediakan oleh instansi tersebut.

Lalu sebenarnya apa saja manfaat memiliki NPWP? Berikut berbagai fungsi dan manfaat memiliki NPWP:

1. Pengajuan Kredit ke Bank

Selain KTP, NPWP menjadi dokumen yang harus ada ketika ingin mengajukan pinjaman ke bank. Melalui NPWP, pihak bank bisa mengetahui apakah calon debiturnya taat pajak atau sebaliknya.

Bila sudah memiliki NPWP, proses pengajuan kredit pun bisa sedikit lebih mudah. Berikut fasilitas kredit yang butuh NPWP dalam persyaratannya:

  • Kredit kepemilikan rumah (KPR).
  • Kredit tanpa angunan (KTA).
  • Kartu kredit.
  • Kredit multiguna.
  • Kredit kendaraan bermotor.

2. Membuat SIUP

Ingin mendirikan sebuah badan usaha? Kamu tentu membutuhkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sebagai dokumen yang membuktikan legalitas badan usaha tersebut.

Untuk membuat SIUP, ada beberapa dokumen yang wajib dimiliki sebagai syarat administrasi. Salah satu dokumen tersebut adalah NPWP.

3. Melaksanakan Urusan Perpajakan

Inilah fungsi NPWP yang paling utama. Bagi wajib pajak yang ingin membayar dan melaporkan pajak, tentu wajib memiliki NPWP.

Selain itu, wajib pajak yang memiliki NPWP juga akan terhindar dari keharusan membayar tarif pajak lebih mahal ketimbang tarif aslinya. Poin inilah yang paling dirasakan manfaatnya oleh pemegang kartu NPWP.

4. Melamar Pekerjaan

Banyak perusahaan mewajibkan para calon pekerjanya memiliki NPWP. Namun, apakah bisa membuat NPWP bila belum bekerja?

Ditjen Pajak rupanya memiliki kebijakan untuk membantu pembuatan NPWP bagi mereka yang akan masuk dunia kerja. Sejumlah Kantor Pelayanan Pajak biasanya mensyaratkan surat rekomendasi dari perusahaan atau meminta keterangan mengenai perusahaan tempat pemohon NPWP yang bersangkutan bekerja.

5. Syarat Membuat Rekening Bank

Dalam proses pembukaan rekening di bank, kita mengenal istilah Customer Due Diligence (CDD). CDD merupakan upaya bank untuk mengidentifikasi dan memverifikasi data calon nasabah. Salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk verifikasi data calon nasabah tersebut adalah NPWP.

Syarat melampirkan NPWP dalam pembukaan rekening dilakukan semata-mata merupakan bentuk kepatuhan pihak bank kepada Bank Indonesia.

Sebab, menurut peraturan Bank Indonesia Nomor 14/27/PBI/2012 pasal 14 ayat 1 huruf a menjelaskan bahwa calon nasabah yang memiliki benefical owner wajib menyerahkan NPWP untuk mencegah pencucian uang dan pencegahan pendanaan teroris oleh bank umum.

6. Membeli Produk Investasi

Reksa dana merupakan salah satu jenis investasi yang cocok digunakan oleh pemula yang baru saja terjun ke dunia investasi. Nah, NPWP menjadi syarat yang harus terlampir dalam dokumen pengajuan investasi jenis ini.

Tujuan pemenuhan data NPWP hampir sama dengan fungsi NPWP nomor 5, yaitu memberantas dan mencegah tindak pidana pencucian uang serta pendanaan kegiatan teroris.

7. Syarat Mengikuti Lelang Proyek Pemerintah

Beberapa daerah di Indonesia mewajibkan peserta lelang proyek memiliki NPWP. Hal ini dilakukan untuk melaksanakan peraturan Dirjen Pajak yang mengharuskan peserta lelang/tender memiliki NPWP. Alasan utamanya tentu saja untuk menjaring Wajib Pajak lebih banyak lagi.

Syarat Membuat NPWP Pribadi

Berikut ini beberapa persyaratan membuat NPWP:

1. NPWP pribadi untuk karyawan

  • Fotocopy identitas diri, yaitu KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Fotocopy paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk Warga Negara Asing (WNA).
  • Surat keterangan kerja dari tempat kerja
  • Bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa membawa Surat Keputusan (SK).
  • Mengisi formulir pengajuan NPWP.

2. NPWP pribadi bagi wirausaha

  • Fotocopy identitas diri, yaitu KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Fotocopy paspor, Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS), atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) untuk Warga Negara Asing (WNA).
  • Surat Keterangan Usaha (SKU) minimal dikeluarkan oleh lurah atau bukti tagihan listrik.
  • Surat pernyataan yang sudah ditandatangani di atas materai yang menjelaskan bahwa wajib pajak memang benar memiliki usaha.

3. NPWP untuk wanita yang sudah menikah yang ingin hak dan kewajiban pajaknya terpisah dari suami

Ada beberapa kasus di mana penghasilan sang istri lebih besar dibanding suami. Karena itulah, kamu bisa mengajukan NPWP secara terpisah, dengan persyaratan:

  • Fotocopy NPWP, KTP, dan KK suami
  • Surat keterangan kerja dari perusahaan.
  • Surat perjanjian pemisahan harta dan penghasilan yang dikehendaki oleh kedua belah pihak.
  • Mengisi formulir pengajuan NPWP.

Membuat NPWP ada beberapa cara berikut penjelasanya:

1. Cara Bikin NPWP Online

Bagi kamu yang merasa repot datang ke kantor pelayanan pajak dan mengantri untuk membuat NPWP, kini tak perlu pusing dan beralasan lagi.

Karena di era yang sudah serba digital seperti saat ini, kamu sudah bisa melakukan berbagai macam hal hanya bermodalkan internet. Salah satunya adalah bikin NPWP online.

Kamu hanya perlu mengisi data dan mengikut langkah-langkahnya. Pendaftaran pun selesai. Setelah itu, baru melengkapi persyaratan membuat NPWP dan mengirimkannya ke Kantor Pajak Pratama (KPP) tempatmu mendaftar.

Meski cenderung praktis, proses yang dibutuhkan untuk bikin NPWP online ternyata cenderung lebih lama (1-14 hari kerja) dibandingkan mengurus langsung ke kantor pelayanan pajak.

Berikut panduan cara bikin NPWP online untuk pribadi:

  1. Kunjungi situs pendaftaran NPWP di e-Registration (E-REG DJP) ereg.pajak.go.id.
  2. Bagi kamu yang belum pernah mengisi ereg.pajak.go.id, buat akun baru terlebih dahulu. Klik “Daftar” yang berada pada bagian paling bawah.
  3. Lengkapi seluruh data pendaftaran dengan benar. Data yang diminta meliputi nama, alamat e-mail (pastikan e-mail yang kamu masukkan aktif), password, dan sebagainya.
  4. Kamu kemudian akan mendapatkan panduan untuk melakukan aktivasi dari Dirjen Pajak yang dikirimkan via e-mail yang telah didaftarkan.
  5. Ikuti petunjuk pada e-mail untuk melakukan aktivasi.

Langkah selanjutnya dalam cara bikin NPWP online ialah:

  1. Setelah proses aktivasi berhasil dilakukan, login kembali ke sistem e-Registration dengan memasukkan e-mail dan password yang telah kamu buat. Kamu kemudian akan melihat tampilan Registrasi Data WP (wajib pajak) untuk pembuatan NPWP.
  2. Lengkapi semua data dengan benar pada formulir persyaratan membuat NPWP yang tersedia.
  3. Jika data sudah diisi, selanjutnya klik daftar untuk mengirim registrasi wajib pajak secara elektronik ke KPP tempat wajib pajak terdaftar.
  4. Kemudian cetak formulir registrasi beserta surat keterangan terdaftar yang ada pada layar.
  5. Tandatangani formulir registrasi wajib pajak dan lengkapi dokumen lain yang diperlukan.
  6. Setelah itu, kirimkan semua dokumen ke KPP tempatmu mendaftarkan diri. Berkas tersebut dapat dikirim via pos atau diserahkan langsung. Perlu diketahui, kalau pengiriman dokumen harus dilakukan selambatnya 14 hari setelah formulir dikirim secara elektronik.
  7. Kamu juga bisa mengirimkan berkas tanpa mendatangi KPP ataupun melalui pos. Caranya, scan semua dokumen dan unggah dalam bentuk soft file melalui aplikasi e-Registration.
  8. Setelah berkas dikirim, tunggulah sampai kartu NPWP sampai ke alamat rumahmu. Kamu dapat memeriksa status pendaftaran melalui e-mail atau halaman history pendaftaran pada aplikasi e-Registration. Jika ternyata kartu NPWP tidak dikirim dalam waktu yang lama, bisa jadi karena syarat-syarat belum dipenuhi sehingga dianggap tidak sah. Segera lengkapi data yang perlu diperbaiki.

Mudah bukan bikin NPWP online? Kamu tinggal mengikuti cara pengisian di atas atau menghubungi Kring Pajak di nomor 1500-200 untuk mendapatkan panduan pengisian formulir pembuatan NPWP online.

2. Datang langsung ke kantor pelayanan pajak

Jika bikin NPWP online terlalu lama buat kamu. Jangan khawatir karena Cara membuat NPWP tidak hanya online saja, tapi juga bisa datang langsung ke kantor pelayanan pajak.

  1. Datang ke kantor pelayanan pajak saat hari dan jam kerja
  2. Bawa syarat-syarat yang dibutuhkan.
  3. Untuk catatan, pembuatan kartu NPWP tidak dipungut biaya
  4. Isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan benar.
  5. Serahkan syarat-syarat membuat kartu NPWP ke petugas.
  6. Setelah selesai, kartu NPWP akan dikirim lewat pos sesuai prosedur yang berlaku. Namun bisa saja langsung jika tempat kamu terpencil.

3. Cara pendaftaran NPWP melalui notaris

Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) bekerja sama dengan Ikatan Notaris Indonesia (INI) dalam memudahkan layanan kepada masyarakat, khususnya wajib pajak (WP) badan untuk mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Nantinya, WP badan yang ingin membuat NPWP tak perlu mendatangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama, namun cukup mendatangi Kantor Notaris tertentu.

Kasubdit Pengembangan Pelayanan Ditjen Pajak Ferliandi Yusuf mengatakan program ini akan berlaku mulai 1 November 2018 dan dilayani oleh sebanyak 28 notaris yang telah ditunjuk dengan Keputusan Direktur Jenderal Pajak.

Dia menjelaskan, penerbitan NPWP Badan dilakukan secara elektronik setelah notaris melengkapi data dan mengunggah dokumen yang dipersyaratkan melalui aplikasi e-registration. Meski begitu, pencetakan kartu NPWP tetap dilakukan di KPP dengan menunjukkan surat terdaftar.

Selain meningkatkan kemudahan bagi wajib pajak, program ini memberikan manfaat juga bagi Direktorat Jenderal Pajak sendiri, yaitu meningkatkan validitas dan akurasi data pendaftaran wajib pajak sehingga akan lebih meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan dan evaluasi kepatuhan wajib pajak.

NPWP Tidak Memiliki Masa Kedaluwarsa

Sejak seseorang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak, maka pada saat itulah kewajiban serta hak sebagai pemegang NPWP melekat pada dirinya seumur hidup. Dengan kata lain, NPWP tidak memiliki masa kedaluwarsa.

Meski begitu, bukan berarti hak serta kewajiban pemegang kartu NPWP tidak dapat dihilangkan. Sebagai wajib pajak, kamu juga berkewajiban untuk menjaga kartu agar tidak rusak dan hilang.

Syarat Penghapusan NPWP

(sumber : klikpajak.id)

Syarat penghapusan NPWP adalah apabila Wajib Pajak sudah tidak lagi memenuhi persyaratan subjektif dan atau objektif, termasuk karena meninggal dunia, kembali ke negara asal, dan penghapusan NPWP istri yang ikut suami.

Baca juga: Bingung Cari Ide Bisnis ? ini Lho Daftar Peluang Usaha Modal 10 Juta

Bagi Pemilik NPWP yang sudah tidak memiliki usaha atau pekerjaan lagi, lebih baik mengajukan permohonan pencabutan NPWP. Pencabutan NPWP diperlukan untuk menghindari penerbitan STP (Surat Tagihan Pajak) karena tidak melaporkan SPT. Denda administrasi karena tidak melaporkan SPT mulai Rp100.000 sampai dengan Rp1.000.000,00.

Penghapusan NPWP dilakukan berdasarkan permohonan Wajib Pajak/kuasanya atau hasil analisis data dan penelitian terhadap administrasi perpajakan oleh Petugas Pajak.

NPWP akan dihapuskan setelah dilakukan pemeriksaan lanjut terlebih dahulu. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas fungsional pemeriksa pajak untuk memastikan bahwa NPWP memang ‘layak’ dicabut dan telah memenuhi syarat.

Perlu diingat, pajak adalah komponen utama pendapatan negara dengan kontribusi terbesar mencapai 75-80 persen.

Maka dari itu, sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita taat dan peduli terhadap kewajiban perpajakan dimulai dengan memiliki NPWP. Memiliki NPWP dan membayar pajak bukti kepedulian kamu kepada bangsa.

Buat kamu yang belum punya NPWP, yuk segera buat!

Milenial yang tertarik dengan bisnis, keuangan, dan kuliner. Meski tak terlalu jago bertutur kata, namun senang menyalurkannya dalam sebuah tulisan. Semoga bermanfaat!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Finansial

17 Kode Bank Di Indonesia Yang Paling Sering Digunakan Untuk Transaksi

Dewasa ini hampir seluruh kalangan masyarakat membutuhkan rekening bank untuk menunjang kebutuhan akan transaksi keuangan, seperti mengirim dan menerima uang. Apalagi mengingat pada era digital semacam ini banyak orang yang memilih hal praktis dan cepat, seperti membuat transaksi belanja online. Kegiatan transaksi itu menimbulkan adanya perjanjian jual beli dan membutuhkan pengiriman uang dengan kode Bank di Indonesia.

Banyak dari orang-orang yang melakukan transaksi tidak berada dalam satu lini bank yang sama, sehingga membutuhkan kode antar bank. Kode Bank di Indonesia sendiri ada banyak sekali, mengingat memang jenis bank di Indonesia cukup beragam. Nah, bagi kalian yang ingin melakukan transaksi antar bank, bisa melakukan penyetoran dengan mencantumkan kode bank berikut.

Kode Bank Indonesia Memiliki Ciri Berikut

Sudah diulas singkat diatas bahwa kode bank di Indonesia menjadi instrument penting dari sebuah keberhasilan transaksi. Mengingat pentingnya kode bank, maka seseorang perlu sekali memperhatikan dan mengetahui ciri-ciri kode bank dengan baik. Kode transfer antar bank di Indonesia biasanya memiliki jumlah digit setidaknya tiga angka.

Meski pada setiap bank memang memiliki kode angka yang berbeda-berbeda untuk melakukan transaksi ke rekening bank lain. Ada banyak sekali kode bank yang dapat dilihat dan dicari pada mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM. Namun itu akan sangat menyulitkan, maka lebih baik untuk memperhatikan uraian berikut mengenai kode Bank di Indonesia dengan ciri tiga digit.

Kegunaan Kode Bank Dalam Transaksi

Kode bank digunakan sebagai salah satu sarana keberhasilan dari sebuah transaksi. Misalnya saja, ada seorang pembeli pada sebuah online shop yang ingin membeli sebuah barang, dia harus mentransfer sebuah uang tentunya. Namun dia menggunakan rekening yang berbeda dengan penjual yang menawarkan barang yang akan dibelinya, maka ia memerlukan kode bank.

Kode bank mampu mempermudah transaksi yang hanya dapat dilakukan melalui ATM, SMS Banking atau pun Internet Banking. Kode bank digunakan untuk mengidentifikasi transaksi antar bank yang dilakukan. Jangan sampai memasukkan kode bank yang salah atau tidak melakukan transaksi dengan kode bank jika mengirim pada bank yang berbeda.

Mengingat pentingnya kode bank sebagai salah satu media keberhasilan transaksi maka dalam ulasan ini akan dibahas mengenai semua kode bank di Indonesia. Simak ulasan berikut untuk dijadikan informasi dan perhatian bagi yang ingin melakukan transaksi. Agar tidak mengalami kegagalan transaksi.

Daftar Kode Bank di Indonesia Untuk Beberapa Bank

Setelah membahas dan mengulas ringkas mengenai ciri dan kegunaan kode bank dewasa ini. Berikut adalah ulasan mengenai kode bank di Indonesia yang paling sering digunakan.

1. Bank Mandiri

Untuk kode Bank Mandiri yang dibutuhkan sebagai sarana transaksi ada pada kode 008. Gunakan dan masukan kode tersebut sebelum memasukkan nomor rekening penerima dana. Setelah itu masukan nominal yang diinginkan dan lakukan transaksi.

2. Bank Mandiri Syariah

Meski sama-sama dari lisensi Bank Mandiri, namun bagi yang harus melakukan pengiriman ke Mandiri Syariah memiliki kode yang berbeda. 451 adalah kode yang harus dimasukkan jika harus melakukan transaksi pada bank Mandiri Syariah. Masukan kode bank tersebut sebelum nomor rekening penerima dan besaran dana yang akan disetorkan.

3. Bank BCA

Bagi yang ingin melakukan transaksi dengan Bank BCA maka untuk kode bank nya sendiri ada pada kode 014. Pelaku transaksi bisa memasukkan kode bank tersebut sebelum akhirnya memasukkan nomor rekening tujuan. Kemudian barulah masukan nominal transaksi dan lakukan pengiriman sejumlah dana yang diinginkan.

4. Bank BRI

Kode bank selanjutnya adalah dari Bank BRI yang memiliki kode tiga digit angka yaitu 002. Jadi jika ingin melakukan transaksi pada Bank BRI perlu memasukkan kode 002 tersebut terlebih dahulu. Sebelum memasukkan nomor rekening penerima dan besaran nominal yang diinginkan.

5. Bank BRI Syariah

Sama-sama berasal dari perusahaan yang sama dengan BRI, namun untuk pengiriman pada Bank BRI Syariah kodenya berbeda ya. Kode untuk Bank BRI Syariah ada pada tiga digit angka yaitu 422. Sama seperti transaksi umumnya, masukan kode bank sebelum nomor rekening penerima dan nominal.

6. Bank BNI

Bagi yang ingin melakukan transaksi dengan Bank BNI tentu harus memasukan kode 009 terlebih dahulu. Kemudian masukan nomor rekening tujuan dan disusul oleh nominal uang yang ingin ditransfer. Pastikan untuk memasukkan kode bank di Indonesia ini ya, jika kalian menggunakan bank diluar Bank BNI.

7. Bank BNI Syariah

Untuk transaksi pada Bank BNI Syariah kode transaksinya ada pada angka 427. Sama halnya seperti petunjuk diatas, masukan kode bank sebelum nomor rekening penerima. Masukan nominal yang dimasukkan dan transaksi bisa diidentifikasi.

8. Bank BTPN

Jika ingin melakukan transaksi ke Bank BTPN dari bank lain wajib untuk memasukkan kode dari Bank BTPN yaitu 213. Jangan lupa masukan kode bank sebelum nomor rekening penerima. Kemudian baru bisa masuk pada langkah pengisian nominal untuk transaksi lanjutannya.

9. Bank BTN

Bank BTN sendiri memiliki kode transaksi bank pada digit 200, masukan kode bank tersebut jika transaksi dilakukan dari bank diluar BTN. Masukan digit kode sebelum nomor rekening penerima Bank BTN. Selanjutnya baru bisa memasukkan nominal dan verifikasi transaksi.

10. Bank CIMB Niaga

Kode bank untuk transaksi pada Bank CIMB adalah 022,dan wajib dimasukan jika pengirimnya menggunakan bank lain. Masukan kode bank 022 sebelum memasukkan nomor rekening dari penerima. Untuk selanjutnya adalah memasukkan nominal transaksi sesuai yang ingin dikirimkan.

11. Bank CIMB Syariah

Untuk transaksi dengan Bank CIMB Syariah kode banknya sama dengan Bank CIMB umum yaitu ada pada angka 022. Masukan kode bank 022 sebelum memasukkan nomor rekening dari penerima. Untuk selanjutnya adalah memasukkan nominal transaksi sesuai yang janjikan.

12. Bank Danamon

Bagi yang ingin bertransaksi keuangan ke Bank Danamon dari bank lain wajib memasukkan kode Bank Danamon yaitu 011. Masukan kode bank tersebut sebelum nomor rekening penerima. Setelah langkah tersebut dilakukan, barulah verifikasi jumlah uang yang ingin ditransfer.

13. Bank Mega

Kode bank bagi yang ingin bertransaksi dengan Bank Mega adalah 426. Kode 426 ini wajib dimasukkan sebelum nomor rekening penerima Bank Mega. Dan langkah selanjutnya bisa memasukkan nominal dan menyelesaikan transaksi.
14. Bank Sinarmas

Bagi yang menggunakan rekening bank lain dan ingin transfer sejumlah uang pada Bank Sinarmas tentu membutuhkan kode bank khususnya. Kode bank untuk Bank Sinarmas sendiri ada pada nominal 153. Pengirim bisa memasukkan kode 153 diikuti nomor rekening penerima dan selanjutnya nominal yang dijanjikan.

15. Bank Muamalat

Kode bank untuk transaksi pada Bank Muamalat adalah 147. Kode bank tersebut wajib dimasukkan sebelum nomor rekening penerima. Kemudian disusul dengan memasukkan sejumlah uang sesuai dengan transaksi yang dimaksudkan.

16. Bank Permata

Kode Bank di Indonesia selanjutnya adalah dari Bank Permata yang memiliki kode 013. Kode ini wajib dicantumkan ketika akan melakukan transaksi ke Bank Permata. Diikuti dengan nomor rekening penerima dan besaran uang yang akan ditransfer.

17. Bank BII Maybank

Kode bank terakhir dari beberapa bank yang paling sering transaksi adalah Bank BII Maybank dengan kode banknya 016. Seperti transaksi umumnya, masukan kode tersebut sebelum nomor rekening penerima. Masukan nominal uang yang akan ditransfer kemudian klik transfer.

Itulah beberapa kode bank di Indonesia yang paling sering digunakan transaksi. Sehingga bagi yang ingin bertransaksi antar bank dengan bank-bank diatas sudah tidak perlu bingung lagi. Pastikan untuk memasukkan kode seperti yang tertera diatas ya, agar transaksi bisa diidentifikasi.

Continue Reading

Personal Finance

Manfaat Lain Slip Gaji Karyawan yang Jarang Diketahui

Bagi kamu yang berstatus sebagai karyawan atau pekerja di sebuah perusahaan, tentu sudah tak asing lagi dengan slip gaji karyawan yang selalu diterima setelah menerima gaji bulanan.

Secara umum, slip gaji karyawan merupakan bukti otentik atau bukti resmi penerimaan gaji dari pemberi kerja kepada pekerja atau pegawai.

Dalam slip gaji karyawan yang diberikan perusahaan, terdapat bagian-bagian nominal tertentu, baik terperinci maupun hanya sekadar rangkuman. Terkait dengan gaji bersihnya, seperti gaji pokok, penambah gaji, dan pengurang gaji termasuk nilai pinjaman jika ada.

Slip gaji tetap diterbitkan, baik perusahaan tersebut memberikan gaji take home pay atau yang lain.

Bagi perusahaan, slip gaji karyawan berfungsi sebagai dokumentasi atas pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Atau dengan kata lain sebagai bukti resmi bahwa perusahaan telah melakukan kewajibannya terhadap karyawan yang bersangkutan berkaitan dengan sejumlah nominal tertentu yang menjadi hak karyawan.

Hal ini tercatat dalam Pasal 17 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang berbunyi, “Pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah (slip gaji) yang memuat rincian upah yang diterima pekerja pada saat upah dibayarkan”.

Sementara untuk pekerja, slip gaji merupakan bukti kejelasan proses penggajian atau sebagai informasi potongan pajak dan penyetoran pajak penghasilan.

Nah, yang sering terjadi, masih banyak dari kita yang belum mengetahui manfaat lain dari slip gaji. Memang apa saja sih manfaat lainnya? Berikut manfaat lain dari slip gaji karyawan yang telah dirangkum oleh Income.id:

Slip Gaji Karyawan Sebagai Syarat Kartu Kredit

Slip gaji karyawan bisa digunakan ketika akan mengajukan sebuah kartu kredit. Slip gaji menjadi penentu apakah pengajuanmu akan diterima dan berapa jumlah limit yang diterima setiap bulannya.

Slip Gaji Karyawan untuk Kredit Alat Elektronik

Sering kali keinginan membeli alat-alat elektronik harus dikesampingkan mengingat masih banyak kebutuhan lain yang harus lebih diprioritaskan. Hal itulah yang menyebabkan sebagian orang memilih membeli televisi, kulkas, mesin cuci, atau peralatan elektronik lain secara kredit.

Untuk yang belum tahu, sudah ada beberapa perusahaan seperti FIF atau ADIRA yang menawarkan jasa pembelian alat-alat elektronik secara kredit.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah ketersediaan slip gaji karyawan, sebagai pertimbangan kemampuan debitur dalam membayar cicilan setiap bulannya dan menentukan jangka waktu cicilannya.

Kredit Motor dan Mobil

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari slip gaji karyawan adalah dalam hal pengajuan kredit kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor.

Jika ingin membeli sebuah kendaraan dengan sistem cicil, kamu harus melampirkan slip gaji bersamaan dengan dokumen lainnya sebagai syarat mengambil kredit tersebut.

Tentu saja jenis, merek, dan DP atau uang muka kendaraan akan berpengaruh terhadap jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan.

Slip Gaji Karyawan Sebagai Syarat KPR

Bagi kamu yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), memiliki slip gaji karyawan menjadi syarat utama yang harus dipenuhi.

Melalui slip gaji, bank penyedia akan menganalisa kemampuanmu dalam membayar cicilan rumah setiap bulannya.

Idealnya, slip gaji yang diserahkan atau gaji bulanan kamu harus tiga kali lipat lebih besar dari jumlah cicilan per bulan. Oleh karena itu, pastikan untuk menyesuaikan cicilan dengan jumlah pendapatanmu.

Syarat KTA

Ingin mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Slip gaji karyawan juga merupakan syarat wajib jika kamu ingin mengajukan pinjaman dana kepada KTA.

Kesesuaian dengan kemampuan membayar dapat dilihat dari slip gaji dan disertakan dalam formulir pengajuan kredit tanpa jaminan tersebut.

Sama seperti pengajuan KPR, besarnya slip gaji berpengaruh pada penilaian dan persetujuan Bank terhadap kredit yang kamu ajukan.

Menawar Gaji di Perusahaan Baru

Mungkin banyak yang tidak tahu ada beberapa perusahaan yang mensyaratkan pelamarnya untuk melampirkan slip gaji saat melamar pekerjaan.

Nah, gunanya slip gaji karyawan ini sebagai alat untuk tawar-menawar (negosiasi) gaji di tempat kerja baru dengan pihak HRD perusahaan.

Pelamar dalam hal ini bisa menaikkan (mark up) gajinya di kantor lama, lalu memasang gaji jauh lebih tinggi di kantor baru.

Tapi dengan slip gaji, HRD perusahaan dapat mengetahui kebenaran berapa sebenarnya gajimu di kantor lama, sehingga kamu tidak bisa seenaknya memberikan penawaran gaji tinggi. HRD perusahaan kantor baru pun dapat memperkirakan gaji yang pas sesuai dengan pengalaman kerjamu.

Intinya, kunci saat negosiasi gaji adalah buka harga dengan permintaan gaji naik dari kantor sebelumnya, namun tetap melihat kemampuan dan pengalaman kerjamu.

Yuk, Simpan Slip Gajimu

Berdasarkan penjabaran yang telah diuraikan di atas, kini kita tahu bahwa banyak manfaat dan kegunaan yang bisa kamu dapat dari slip gaji karyawan.

Selain untuk mengetahui angka gaji bersih yang memuat berapa gaji pokok, tunjangan-tunjangan, maupun potongan-potongan seperti untuk BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, sampai pajak yang harus dibayar, slip gaji karyawan ternyata sangat membantu kamu untuk berbagai urusan, mulai dari mengajukan kartu kredit, mengajukan kredit alat elektronik, mengajukan kredit motor dan mobil, mengajukan KPR, mengajukan KTA, hingga menawar gaji di perusahaan baru.

Seiring perkembangan, slip gaji kini tak hanya menggunakan kertas, tapi dapat diberikan dalam bentuk elektronik atau via e-mail sehingga mudah disimpan serta tak takut hilang ataupun rusak.

Baca Juga: Peluang Usaha Yang Bisa Bikin Kamu Jadi Sultan, Cek Yuk!

Mengingat begitu banyak manfaat yang diperoleh dari slip gaji karyawan, yuk simpan baik-baik slip gajimu.

Bagi kamu yang  masih mendapatkan slip gaji menggunakan kertas, taruh di tempat yang mudah diingat ya, sehingga nantinya mudah ditemukan saat kamu membutuhkan.

Continue Reading

Personal Finance

Pinjaman Online Terbaik Buat Kamu Yang Gak Punya Jaminan

Saat ini sudah ada beberapa layanan fintech pinjaman online yang menawarkan kemudahan untuk masyarakat. Terutama bagi yang sedang butuh pinjaman dana pribadi, pinjaman cicilan, atau yang lagi butuh pinjaman uang cepat.

Kemudahan yang ditawarkan layanan pinjaman online tersebut adalah mampu memberikan kredit cepat, langsung cair, serta tanpa jaminan.

Namun rata-rata masih memberikan tenor pinjaman jangka pendek yaitu 10 hingga 30 hari saja. Padahal saat ini masyarakat tidak hanya membutuhkan pinjaman tanpa agunan jangka pendek saja.

Mereka juga mencari yang dapat memberikan pinjaman cicilan selama beberapa bulan. Apakah ada fintech yang mampu memberikan fasilitas tersebut? Berikut uraian selengkapnya

Pinjaman Online Tunai Kita

tunaikita.com

Salah satu rekomendasi pinjaman online yang mampu menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan cicilan per bulan adalah Tunai Kita.

Dana plafon yang bisa diberikan oleh Tunai Kita ini bekisar antara Rp4 hingga Rp20 juta. Sementara untuk tenor pinjaman sendiri mulai dari 3 hingga 6 bulan. Tenor cicilan ini sangat menarik.

Pasalnya jika di bank, biasanya cicilan bulanan dilakukan minimal 6 bulan yang bagi sebagian orang waktu tersebut cukup lama.

Sementara pinjaman online Tunai Kita mampu memberikan pinjaman dengan bayar bulanan dalam waktu 3 bulan saja. Bahkan proses peminjaman dana di Tunai Kita ini sangat cepat.

Jika semua syarat mampu dipenuhi pemohon, uang bisa langsung cair dalam hitungan menit. Namun ada sejumlah peraturan yang diberlakukan bagi calon nasabah Tunai Kita.

Diantaranya, jika ingin melakukan pengajuan pinjaman saat ini hanya bisa melalui aplikasi Android saja. Tidak bisa melalui website atau IOS.

Selain itu bagi pemohon juga harus telah berusia 21 hingga  55 tahun. Harus mempunyai KTP, NPWP, serta rekening bank atas nama pemohon.

Tunai Kita juga hanya melayani pencairan dana pada 7 bank terpilih. Termasuk BCA, Mandiri, BRI, Danamon, Bank Mega, dan Bank Permata.

Pinjaman Online Tunaiku

tunaiku.com

Tunaiku bisa menjadi rekomendasi pinjaman online tanpa jaminan dan memberikan tenor pinjaman mulai 6 hingga 12 bulan.

Dana plafon yang mampu diberikan juga cukup besar yaitu mulai dari Rp2 hingga Rp20 juta rupiah. Yang menarik pada Tunaiku ini adalah mampu memberikan masa bayar bulanan hingga 12 bulan.

Padahal fintech lain rata-rata hanya mampu memberikan layanan cicilan bulanan maksimal 6 bulan. Jika ingin mencoba melakukan pinjaman di Tunaiku, syaratnya cukup mudah.

Pemohon hanya harus telah berusia 21 hingga 55 tahun, memiliki rekening bank yang masih aktif, dan sedang bekerja atau berpenghasilan. Bisa pekerja swasta atau kalangan PNS.

Ada ketentuan khusus yang diperuntukkan bagi calon peminjam Tunaiku. Diantaranya adalah mereka hanya akan memberikan pinjaman dana bagi pemohon yang bekerja.

Jadi bagi yang berprofesi sebagai pengusaha, tidak diperkenankan untuk melakukan pinjaman. Selain itu ada wilayah tertentu di Indonesia yang bisa mereka layani.

Termasuk Jabodetabek, Bandung, Semarang, Gresik, Jogjakarta, Surabaya, Sidoarjo, Medan, Surabaya, Pekan baru. Denpasar, Palembang, dan Makassar.

Ketentuan terakhir, proses pencairan dana di Tunaiku sedikit lebih lama yaitu 1 hingga 3 hari kerja. Hal ini karena proses pengajuan tidak sepenuhnya online, harus bertemu kurir dulu untuk konfirmasi KTP dan tanda tangan kontrak.

Pinjaman Online Julo

julo.co.id

Pinjaman online Julo bisa dipilih bagi yang ingin mencari pinjaman dana online tanpa jaminan apapun.

Julo mengklaim punya kelebihan dari sisi kemudahan dan kecepatan dana bisa cair. Plafon yang mampu diberikan mulai dari Rp2 hingga Rp8 juta. Pengembalian pinjaman tersebut juga bisa dilakukan dengan mencicil selama 3 hingga 6 bulan.

Pemohon hanya diharuskan berdomisili di area yang telah ditentukan. Termasuk area Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Manado, Kaltim, Bali, serta Riau.

Selain itu pemohon juga harus berstatus sebagai pekerja (bisa PNS atau swasta dengan penghasilan minimal Rp2 juta per bulan). Saat pengajuan, pemohon diharuskan mengunggah beberapa dokumen.

Diantaranya seperti KTP, Slip gaji atau Surat Keterangan Penghasilan, serta Foto diri saat memegang KTP.

Penting untuk diketahui, nanti dana yang cair hanya akan ditransfer pada rekening atas nama pemohon sendiri. Dari mulai pengajuan hingga pencairan dana, pada umumnya hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 hari kerja saja.

Soal bunga, sebetulnya Julo memberikan bunga pinjaman yang cukup rendah yaitu 1,5% sampai 4% untuk per bulannya.

Namun, Julo juga mengenakan biaya provisi yang besarnya 5% dari pinjaman awal saat sebelum dicairkan. Jika dihitung-hitung setelah ditambah biaya provisi ini jumlah bunga yang dibayarkan tidak bisa dikatakan kecil.

Dana Kini

danakini.co.id

Pinjaman online untuk beli barang?

Coba saja Dana Kini. Dana Kini punya pilihan beberapa jenis pinjaman.

Pertama layanan cicilan tanpa kartu kredit. Dengan layanan ini pemohon akan dibantu untuk pembiayaan pembelian barang pada toko tertentu yang sudah menjadi partner Dana Kini.

Menariknya pembelian barang yang dicicil tersebut tanpa perlu menggunakan kartu kredit dengan jangka waktu pembayaran cicilan yang bisa dipilih sendiri. Bisa 6, 12, 18, hingga paling lama 24 bulan. Layanan kedua adalah Dana Kini Produktif.

Pada layanan produktif ini pemohon akan dibantu untuk pembiayaan pembelian produk dari toko yang telah bekerja sama dengan Dana Kini (Kawan Lama).

Namun, syaratnya pembelian barang tersebut harus dengan tujuan untuk mendukung usaha produktif yang sedang dikembangkan pemohon. Bunga yang dikenakan rendah dan jangka waktu cicilan bisa mencapai 24 bulan.

Tenor pinjaman 24 bulan inilah keistimewaan dari Dana Kini. Sementara pinjaman online lain hanya mampu memberikan masa pembayaran bulanan rata-rata maksimal 12 bulan saja.

Namun ingat, Dana Kini merupakan pinjaman yang hanya bisa dipergunakan untuk pembelian barang saja, bukan untuk dana tunai.

DanaFix

danafix.id

Ingin pinjaman tanpa agunan, tanpa proses rumit dan panjang, tanpa dokumen yang banyak? Dana Fix ini bisa dicoba.

DanaFix merupakan salah satu fintech yang melayani pinjaman online bagi masyarakat dan beroperasi di bawah naungan PT Danafix Online Indonesia.

Tidak seperti beberapa fintech pinjol pada umumnya, yang hanya mampu melayani pemohon di area tertentu.

Danafix bisa melayani masyarakat seluruh Indonesia. Layanan Danafix ini adalah memberikan pinjaman dana bagi pemohon dan bisa dicicil. Plafon yang mampu diberikan mulai dari Rp500 ribu hingga Rp6 juta.

Sementara tenor pinjaman bisa dipilih, mulai dari 61 hingga 180 hari. Pemohon dana hanya harus telah berumur 21 hingga 60 tahun. Sudah berpenghasilan minimal Rp2 juta perbulan, serta tinggal dan bekerja di Indonesia.

Bunga cicilan DanaFix cukup rendah yaitu 15% perbulan, dengan biaya keterlambatan sebesar Rp100 ribu.

Untuk melakukan pengajuan pinjaman, pemohon harus mengunduh aplikasi DanaFix ini melalui GooglePlay.

Setelah itu tinggal menyiapkan dokumen seperti KTP, nama kontak saudara yang serumah, serta kontak kantor tempat bekerja. Jika semua sudah siap hanya harus ikuti saja prosesnya hingga dana bisa cair.

Itulah beberapa rekomendasi pinjaman online yang dapat dicicil pembayarannya per bulan. Saat ini sudah banyak fintech yang mampu memberikan pinjaman dana untuk masyarakat. Hal ini karena kemudahan dan kecepatan dana pinjaman bisa langsung cair dalam waktu singkat.

Namun yang juga harus diperhatikan bagi peminjam dana online adalah penggunaan dana itu sendiri.

Oleh karena dana plafon pinjol relatif kecil, maksimalkan hanya digunakan untuk hal-hal yang paling dibutuhkan saja.

Selain itu, jangan lupa juga setiap bulan sisihkan uang untuk membayar bunga pinjaman berikut cicilannya. Karena jika terlambat akan terkena biaya administrasi penagihan  yang jumlahnya bisa lebih besar.

Continue Reading

TOP STORIES