Connect with us

Kerja Sampingan

3 Cara Anda Dapat Menghasilkan Uang dengan Gitar Akustik

Apa yang lebih baik daripada melakukan hobi yang paling Anda sukai, dan mendapatkan uang dari hobi itu? Wah, rasanya pasti sangat menyenangkan. Tapi terkadang, ada kesulitan dalam memulainya, terutama jika Anda sama sekali belum tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan.

Jangan khawatir, dengan kreativitas dan kepercayaan diri, Anda bisa menghasilkan uang tambahan, bahkan membangun bisnis, dari gitar akustik Anda. Simak beberapa kemungkinan berikut yang mungkin cocok untuk Anda.

1. Tampil di panggung

Ini mungkin salah satu cara paling umum untuk menghasilkan uang sebagai pemain gitar. Anda bisa menjadi performer bersama band sendiri atau untuk orang lain. Anda bisa memulainya dengan tampil di tempat-tempat seperti bar, restoran, kafe, atau festival musik.

Anda juga bisa menemukan banyak peluang untuk tampil dalam acara lain, misalnya peresmian gedung, pernikahan, atau pembukaan pameran. Anda juga bisa menawarkan jasa sebagai pemain gitar sewaan untuk pertunjukan, tur, layanan gereja, atau bahkan sebagai pemain cadangan untuk penyanyi atau band lokal.

Selain mendapatkan uang, ada manfaat lain ketika Anda tampil secara live. Misalnya, Anda bisa bertemu banyak musisi lain yang berpikiran sama, Anda bisa belajar cara tampil di depan orang banyak, dan sebagainya.

Anda bisa memulai dengan langkah-langkah berikut:

· Buatlah daftar acara dan pertunjukan di area Anda yang mungkin membutuhkan layanan Anda

· Buatlah kartu nama untuk mempermudah orang-orang mendapatkan kontak Anda

· Buatlah rekaman permainan gitar Anda (video atau audio) untuk ditunjukkan kepada penanggung jawab acara

· Hubungi dan tawarkan layanan Anda kepada manajer atau penyelenggara acara

· Ingatlah bahwa Anda mungkin harus memainkan beberapa pertunjukan gratis atau menerima bayaran lebih sedikit sebagai awalan

Perjalanan untuk tampil di panggung mungkin agak sulit bagi Anda yang tidak memiliki koneksi. Tetapi seiring waktu, dengan semakin baiknya portofolio Anda, ini bisa menjadi cara yang sangat nyaman untuk menghasilkan uang karena umumnya, inilah yang ingin dilakukan setiap musisi sebagai karier.

2. Menjadi pengajar

Mungkin Anda suka bermain gitar, tapi tidak terlalu suka tampil di panggung? Opsi kedua ini bisa Anda pertimbangkan. Ini salah satu cara menghasilkan uang yang memberi Anda banyak kepuasan dan kebebasan.

Sebagai pengajar gitar, Anda bisa memilih untuk mengajar kelas pemula atau kelas lanjutan. Jika Anda termasuk orang yang suka menularkan pengetahuan dan tahu cara menjelaskan hal yang kompleks menjadi langkah-langkah kecil yang lebih mudah, Anda akan senang mengajar. Yang Anda butuhkan adalah gitar, beberapa lembar not musik, dan ruangan.

Anda perlu memasarkan diri sendiri untuk mendapatkan siswa. Anda bisa memulai dengan menggunakan media sosial, menawarkan jasa di forum-forum musik, atau mencetak selebaran dan membagikannya ke komunitas Anda. Anda juga dapat melamar pekerjaan di tempat-tempat les gitar yang sedang membutuhkan guru.

Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang pengajar, ingatlah bahwa kelas yang lebih kecil akan lebih efektif agar Anda benar-benar dapat memberikan pengetahuan dan mengikuti perkembangan siswa Anda.

Beberapa langkah berikut perlu Anda pertimbangkan:

· Pilih satu atau beberapa metode pemasaran, dan mulailah dengan itu

· Tentukan jumlah siswa yang Anda inginkan di kelas Anda, atau Anda bisa mengajar privat

· Ingat, syarat utama dalam mengajar adalah kesabaran

Mengajar adalah cara yang menarik untuk menggunakan keterampilan Anda karena Anda akan terus belajar dalam prosesnya. Di sisi lain, jika kemampuan Anda belum cukup, Anda perlu jujur tentang apa yang bisa Anda ajarkan.

Baca Juga: Inilah Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

3. Masuk ke dunia bisnis

Dengan semakin populernya video online dan YouTube, Anda dapat memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan Anda dalam bermain gitar di platform ini. Buatlah channel YouTube Anda sendiri. Hubungi sebanyak mungkin produsen dan merek gitar, lalu ajukan tawaran untuk me-review produk mereka di saluran Anda. Setelah Anda banyak mendapat pengikut dan orang-orang mulai menonton video Anda, Anda dapat membuat perjanjian afiliasi dan pembayaran komisi untuk setiap penjualan melalui channel Anda.

Opsi ini bisa lebih menguntungkan karena video Anda memiliki jangkauan yang lebih luas dan memungkinkan Anda untuk terlibat dengan ribuan pemirsa. Yang Anda perlukan untuk melakukannya adalah memastikan Anda benar-benar memahami peralatan yang akan Anda review.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ambil:

· Buatlah channel YouTube dengan akun Anda sendiri.

· Lakukan pencarian di Google untuk mendapatkan kontak para produsen gitar

· Jadwalkan dan unggah video review Anda secara teratur

Selain mengulas beberapa produk gitar, selipkan video penampilan Anda sendiri di channel YouTube Anda. Ini akan membuka peluang Anda untuk dikenal lebih banyak orang seiring dengan semakin populernya channel Anda. 

Kerja Sampingan

Inilah Kerja Sampingan yang Cocok Untuk Mahasiswa

Kebutuhan mahasiwa semakin banyak dan mahal saat ini. Hal ini membuat sebagian dari mereka harus rela mengeluarkan biaya lebih banyak diluar uang semester.

Selalu meminta orang tua juga kurang baik. Salah satu solusi untuk masalah tersebut dengan melakukan kerja sampingan. Ada banyak jenis kerja sampingan yang bisa dicoba untuk mahasiswa.

Jika memang jam kerja sama sekali tidak mengganggu waktu kuliah, kerja sambilan sebetulnya sangat layak untuk kamu coba kerjakan.

Apalagi selain bisa mendapatkan tambahan uang, kadang di tempat kerja pun dapat memberikan pengalaman berharga. Siapa tahu bisa berguna di masa depan nanti. Berikut alternatif kerja sampingan yang cocok dijalankan oleh para mahasiswa.

Kerja Sampingan Menjadi Asisten Dosen

Kerja sampingan yang paling cocok untuk mahasiswa adalah menjadi asisten dosen. Dengan melakoni pekerjaan ini, semua ilmu yang telah dipelajari di kelas dapat terpakai semuanya.

Dosen memang punya kesibukan lain selain mengajar mahasiswa, yang kadang harus terpaksa meninggalkan kelas. Oleh karena itu peran asisten dosen diperlukan.

Tugas utama dari seorang asisten dosen adalah menggantikan dosen menerangkan materi di depan kelas, dikala dosen sedang berhalangan.

Biasanya karena keterbatasan waktu juga kadang ada beberapa materi yang tidak sempat disampaikan dosen di kelas. Sebagai penggantinya para asisten dosen lah yang menerangkan pada mahasiswa.

Menjadi Guru Privat

Saat ini lagi musimnya para orang tua yang ingin mencarikan guru les privat anaknya. Ini bisa dijadikan peluang pekerjaan terutama untuk mahasiswa.

Mahasiswa jurusan keguruan sedikit diuntungkan jika menggeluti pekerjaan ini karena memang lebih berpengalaman. Namun, untuk mahasiswa jurusan non keguruan pun sebetulnya masih bisa melakukannya.

Selain bisa mendapatkan uang, bekerja sebagai guru les privat ini juga punya manfaat lain. Misalnya dapat menyalurkan secara langsung ilmu yang telah dipelajari di sekolah maupun di kampus. Kuncinya adalah harus lebih sabar ketika menyampaikan materi pada anak didik.

Dalam hal ini les privat sebetulnya tidak melulu soal pelajaran. Les privat lain seperti bidang keahlian tertentu juga bisa menjadi pilihan. Misalnya mengajar les musik, les renang, atau silat, dan lain sebagainya.

Kerja Sampingan Menjadi Wartawan Freelance

Contoh Market Plan Usaha Makanan

Saat ini, semakin menjamur beberapa media cetak maupun elektronik yang butuh berita lokal suatu daerah. Ini bisa dijadikan pilihan kerja sampingan yang ditekuni oleh para mahasiswa.

Menjadi wartawan freelance, artinya membuat tulisan-tulisan berita yang terjadi di sekitar. Ada banyak bahan yang bisa ditulis selain berita.

Misalnya saja opini, resensi buku, ulasan film, cerita pendek, dan lain sebagainya. Nanti tinggal kirimkan saja ke sejumlah media-media massa. Upah hasil menulis ini memang tidak banyak, namun setidaknya cukup sebagai tambahan uang saku dan membeli kebutuhan kuliah.

Kerja Sampingan Sebagai Penerjemah Bahasa Asing

Peluang kerja sampingan lain untuk mahasiswa adalah dengan mencoba untuk menjadi penerjemah bahasa asing.

Mahasiswa jurusan bahasa mungkin sangat dianjurkan untuk mencobanya. Namun meskipun bukan jurusan bahasa, beberapa mahasiswa jurusan lain pun kadang memang punya kelebihan khusus yaitu pandai berbahasa asing. Manfaatkan kelebihan tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Saat ini banyak sekali literature text book materi kuliah, maupun jurnal yang menggunakan bahasa asing.

Hal ini akan menyulitkan para mahasiswa untuk mencari bahan tugas kuliah maupun skripsi. Nah, jadikan peluang ini untuk membantu mereka.

Jika memungkinkan, coba juga dengan menghubungi jasa penerjemah yang sering ada di internet. Siapa tahu masih ada lowongan.

Jasa Ketik Tugas

Bagi seorang mahasiswa yang namanya tugas bagaikan tidak ada habisnya.

Satu belum selesai, sudah banyak tugas lain yang menunggu untuk dikerjakan. Kadang mereka sering tidak punya waktu untuk menyelesaikan semuanya. Apalagi buat mahasiswa yang selain kuliah juga harus bekerja di luar waktu perkuliahan.

Rata-rata tugas mahasiswa memang diharuskan untuk diketik. Coba saja untuk membuka jasa ketik tugas. Ini akan sangat membantu sekali terutama bagi mahasiswa yang tidak sempat menyelesaikan ketikan tugasnya.

Tidak hanya tugas, layani juga jasa ketik skripsi, makalah, atau jurnal. Selama punya laptop, pekerjaan seperti ini aman dilakukan.

Jadi Tour Guide Atau Pemandu Wisata

Jika punya hobi jalan-jalan manfaatkanlah kesenangan ini dengan mencari kerja sampingan menjadi seorang pemandu wisata.

Dengan begitu bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan. Syarat untuk bisa menjadi pemandu wisata adalah dengan memahami betul tempat wisata tertentu.

Hal ini karena nantinya, lingkup kerja pemandu wisata adalah harus mampu memberikan penjelasan pada peserta tour. Untuk mendalami pekerjaan ini setidaknya harus punya ketrampilan berkomunikasi yang baik. Selain itu, harus mampu menghadirkan suasana gembira pada seluruh peserta tour agar mereka tidak kebosanan.

Menjadi pemandu tour juga setidaknya dituntut untuk bisa berbahasa asing minimal bahasa inggris. Ini bisa menjadi nilai plus, yang bisa membuat makin banyak tawaran untuk memandu tour. Turis yang datang tidak sedikit yang berasal dari luar negeri, mereka butuh penerjemah bahasa setidaknya bahasa inggris.

Jadi Perancang Acara (Event Organizer)

Satu lagi salah satu alternatif kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Jika kebetulan punya hobi untuk merencanakan acara, coba saja dengan menjadi EO. Jenis pekerjaan seperti ini cukup menyenangkan dan lumayan berpeluang.

Sebagai percobaan, tangani saja event-event kecil dulu. Selain karena masih harus disibukkan dengan urusan kuliah, untuk mengurus event besar kadang perlu memakan banyak waktu.

Coba saja dengan membantu menyiapkan ulang tahun, acara anniversarry, atau acara persiapan hari kelulusan. Perlu diketahui, mempersiapkan sebuah acara seperti ini butuh banyak tim.

Jika tidak memungkinkan untuk ditangani sendiri, cobalah untuk mengajak teman-teman mahasiswa lain. Atur sedemikian rupa tugas-tugas sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing.

Delivery Makanan Atau Driver Ojek Online

Foto: Gojek.com
Foto: Gojek.com

Bagi yang suka jalan-jalan untuk menghabiskan waktu luang di sela-sela kegiatan kuliah, coba saja dengan kerja sampingan menjadi tukang delivery order.

Biasanya pekerjaan seperti ini banyak dibutuhkan oleh sejumlah restoran cepat saji. Kebanyakan mereka punya fasilitas delivery order untuk mengantarkan makanan ke rumah pembeli.

Bekerja sebagai delivery order, syaratnya tidak boleh tersesat ketika mengantarkan makanan ke pelanggan. Selain itu sebisa mungkin harus mengantarkan makanan dengan tepat waktu. Oleh karena itu, mahasiswa yang mencoba bekerja di bidang ini sebaiknya harus paham betul lokasi sekitar restoran.

Selain pengantar makanan, jika memang sudah punya sim dan suka jalan-jalan memakai motor, coba saja dengan menjadi driver ojek online. Aplikasi transportasi online membuka kesempatan banyak lowongan bagi yang mau menjadi mitra, tidak terbatas profesi. Artinya mahasiswa pun bisa mencobanya.

Pelayanan Toko Dan Restoran

Bagi yang kurang suka berkutat dengan jalanan, polusi, dan kemacetan bisa mencoba dengan menjadi pelayan toko atau restoran. Ada banyak sekali lowongan penjaga toko yang membutuhkan pekerja part time. Biasanya swalayan, atau tempat-tempat yang menyediakan jasa fotocopy.

Selain itu menjadi pelayan restoran juga layak untuk dipertimbangkan. Sejumlah café dan rumah makan sering mencari tenaga tambahan untuk membantu kegiatan operasional mereka.

Biasanya mereka yang bekerja sebagai pelayan restoran selain mendapatkan uang kadang juga diberikan jatah makanan sendiri untuk karyawan. Lumayan kan bisa menghemat ongkos makan.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Bagi Wanita Supaya Cepat Berkembang

Baca Juga: Bingung Cari Ide Bisnis ? ini Lho Daftar Peluang Usaha Modal 10 Juta

Itu tadi beberapa contoh kerja sampingan yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Kebutuhan mahasiswa memang semakin banyak dan menuntut mahasiswa untuk mencari tambahan uang.

Daripada harus selalu merepotkan orang tua, sebaiknya lakukan saja beberapa pekerjaan sampingan. Pilih salah satu dari alternatif di atas, yang setidaknya tidak mengganggu aktivitas belajar.

Continue Reading

TOP STORIES